Wednesday, May 25, 2022

Kapok Bikin Review Kafe Viral di Instagram

 

Suka nongkrong di kafe atau resto kekinian? Pasti pernah atau mungkin  sering. Saat di tempat makan tersebut, kalau ada yang menarik, suka diposting di sosial media juga nggak?

Pas nemuin tempat yang makanan dan minumannya enak, atau suasananya yang nyaman bahkan instagramable. Rasanya sayang kalau nggak dibagi alias dishare di media sosial, supaya orang lain tahu ada tempat makan yang oke seperti ini.

Atau kebetulan lagi menikmati quality time bareng keluarga dan orang terdekat. Momen manis di tempat makan itu juga kepengen dibagikan di sosial media. Ya nggak?

Wednesday, May 11, 2022

Satu Bulan Ter-riweuh


Satu bulan ter-riweuh setelah sekian dekade.

Maksudnya apa, Mak? Kok pake dekade segala? 

Ahaha, enggak kok. Dekade itu mencerminkan umur saya. Sudah sekian lama saya nggak seriweuh tempo hari. Mungkin ada sekian dekade saking lamanya. 

Oia, selamat datang kembali di blog Inna Riana. Akhirnya saya update blog lagi setelah rehat tiga minggu lebih. Blog ini emang nggak serajin update kayak blog resep masakan di Dapur Ngebut. 

Saturday, April 30, 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Alhamdulillah tidak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Banyak yang merasa bahwa Lebaran kali ini istimewa. Gimana enggak, setelah terhalang pandemi selama 2 tahun, baru sekarang ini kita diizinkan untuk mudik, bertemu sanak keluarga di kampung halaman. Wah pasti seneng banget ya!

Saya sendiri adalah tim yang tidak mudik. Alias jaga kandang aja di komplek. Seperti yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya, saya dan suami memang selalu pulang kampung ke Bogor waktu masih merantau. Setelah menetap di Bogor, yaa nggak perlu pulang kampung lagi dong.

Friday, April 29, 2022

Alasan Suka Belanja Sayur Online

Sejak 6 bulan terakhir, saya senang berbelanja sayur online. Tepatnya pas saya pindah rumah ke gang belakang. Lokasi rumah saya ini berdekatan dengan 2 tukang sayur. Tapi kok saya malah punya langganan sayur baru, yaitu aplikasi online.

Ketika orang-orang sibuk belanja sayur online saat pandemi, saya nggak ikutan. Justru belanja sayur ke luar rumah adalah alasan saya buat me time. Daripada stress terkurung di rumah, Kalau keluar kan ada alasan: beli sayur.

Thursday, April 28, 2022

Cara Mudah untuk Menghemat Uang THR


Teh yang paling ditunggu selama bulan Ramadan... adalah teh ha er. Hihi, garing ah. Etapi bener kan, siapa sih yang nggak berharap THR segera cair untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. 

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, tentu saja banyak keperluan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Sebagian besar pasti setuju, kalau uang THR banyak habis untuk mudik. Terus buat yang tidak mudik seperti saya ini bagaimana? Ya ditabung, dong.

Wednesday, April 27, 2022

Mudahnya Membuat Kue Koko Krunch Coklat untuk Lebaran



Kue Lebaran Favorit keluarga saya sebenarnya standar aja. Sama seperti keluarga lain pada umumnya. Pas Lebaran pasti tersedia kue yang wajib ada dan disukai oleh anggota keluarga. Nggak mungkin kan, beli (atau bikin) kue yang kurang disukai anak-anak dan suami.

Saya sendiri selama menikah belum pernah bikin kue kering sendiri. Alasannya karena sudah riweuh dengan masakan di rumah sehari-hari. Maklum, saya tim yang masak semuanya sendiri baik untuk sahur dan buka puasa. Beli lauk matengan itu jarang banget. Paling ya sesekali aja kalau saya lagi bosan memasak.

Tuesday, April 26, 2022

Ide Baju Lebaran Senada untuk Keluarga

Siapa yang kepengen seragaman bajunya pas Lebaran nanti untuk sekeluarga? Saya sih maunya begitu. Biar kelihatan serasi pas ketemu saudara dan kerabat saat silaturahim. 

Namun buat bisa seragaman itu nggak gampang. Bagi saya yang hanya perempuan sendiri, sebenarnya gampang aja tinggal cari baju senada untuk suami dan 3 anak laki-laki. Jadi saya yang menyamakan diri dengan baju mereka. Kenyataanya kok susah ya buat bisa seragam...

Monday, April 25, 2022

Rekomendasi Online Shop Peralatan Dapur Favorit


Rekomendasi online shop peralatan dapur favorit ini semuanya saya beli di aplikasi belanja Shopee. Saya menulis ini buka endorse atau promo berbayar ya. Hanya ingin share akun toko online tempat saya belanja aja. Dijamin aman karena ada yang sudah beberapa kali repeat order.

Pada jaman sebelum belanja online dipermudah, saya selalu membeli peralatan dapur dan alat rumah tangga di toko langganan yang letaknya jauh di dalam kota Bogor.

Sunday, April 24, 2022

Dipaksa Produktif Biar Nggak Mager

 


Ijinkan saya menggunakan tema bebas untuk 30 Day Ramadan Blog Challenge dari Blogger Perempuan Network. Seharusnya tema untuk hari ke 24 ini adalah: 7 Rekomendasi Blog yang Asik untuk Dikunjungi. Apa daya, saya sudah jarang blogwalking lagi. Jadi kurang paham blog mana saja untuk direkomendasikan.

Sebagai tema pengganti, saya pilih buat curhat ringan saja ya. Yaitu tentang kegiatan 'tambahan' di bulan Ramadan tahun ini. Tentunya kita semua sudah tahu, kalau bulan puasa itu para emak pasti sibuk di dapur, urus rumah seperti biasa, urus anak dan suami, urus kerjaan juga, plus tidak lupa perbanyak beribadah.

Pengalaman Pertama Perawatan Tubuh di ZAP Clinic Cibinong City Mall


Duh, kok jadi deg-degan. Nanti diapain aja ya?

Itu yang ada di pikiran saya saat datang ke ZAP Clinic di Cibinong City Mall. Lho, kenapa deg-degan? Emang nakutin? Bukan begitu. Engg anu... ini pertama kalinya dalam seumur hidup saya melakukan perawatan.

Boleh percaya atau tidak. Di usia ke 46 tahun ini, saya belum pernah sama sekali melakukan yang namanya perawatan wajah dan perawatan tubuh di klinik kecantikan. 

Saturday, April 23, 2022

Akun Instagram Luar Negeri untuk Belajar Membuat Reel

Dua bulan terakhir ini saya tertarik untuk mempelajari Reel. Fitur baru di Instagram berupa video yang jangkauannya bisa dilihat banyak orang bahkan yang bukan followers akun kita.

Sebagai blogger, mau nggak mau, suka atau tidak suka, kita harus mengikuti perkembangan jaman. Dalam garis besar yaitu perkembangan trend di media sosial. Iyes, kita kan blogger yang nggak bisa dipisahkan dengan media sosial. Apalagi buat promosi konten blog. Pasti pakai sosial media kan?

Friday, April 22, 2022

Nonton Lewat yang Legal Biar Hati Tenang

 

Hiburan sekarang ada di genggaman tangan. Kalau dulu cuma ada televisi untuk hiburan tontonan keluarga. Sekarang bisa nonton apa saja via laptop dan smartphone. Bisa lewat televisi dengan siaran gratis atau berbayar, tinggal pilih saja.

Makin banyak pilihan dengan adanya aplikasi nonton berbayar. Banyak beredar karya film atau serial menarik di penjuru dunia yang bisa ditonton via aplikasi  tersebut. 

Thursday, April 21, 2022

Persahabatan dan Cinta di Drama Korea Soundtrack No. 1



Tema blogpost challenge untuk hari ke 21 dari Blogger Perempuan Network adalah tentang review film. Berhubung saya belum nonton lagi film yang berkesan (terutama film Korea), jadi saya mereview drama saja ya.

Kali ini tentang drama Korea berjudul Sountrack No. 1, drakor pendek 4 episode dengan durasi 30 menit setiap episodenya. Kalau digabungkan, jadi 1 film pas bukan?

Drama Korea Soundtrack No 1 bisa ditonton di Disney+ Hotstar. Pemeran utamanya adalah Park Hyung Sik dan Han Sohee. Keduanya cocok banget dipasangkan di drama ini. Chemistry antara mereka oke banget menurut saya.

Wednesday, April 20, 2022

Doa dan Keinginan di Tahun 2022

 

Doa dan keinginan di tahun 2022.

Saya rasa akan seragam dengan doa kebanyakan umat manusia di muka bumi ini. Yaitu berharap pandemi Covid 19 segera musnah selamanya. Tentu saja, di luar standar doa dan keinginan banyak orang: ingin sehat, ingin bahagia, ingin sukses, bahkan ingin kaya juga hehe.

Tuesday, April 19, 2022

Emak Hepi = Rumah Nyaman


Emak hepi = rumah nyaman. Kok bisa? Iya dong. Kalau emak hepi di rumah kan enak, nggak denger atau lihat yang lagi misuh-misuh. Sedangkan kalau emak hepi, di rumah rasanya adem tenteram. 

Sederhana aja sebenarnya sih. Emak alias ibunya anak-anak, istrinya pak suami, di rumah punya peran sebagai ibu rumah tangga. Mengurus semua anggota keluarga dan memastikan isi rumah nyaman dan tersedia makanan yang bergizi. Tambahan lagi, untuk emak pekerja, ada tugas profesi yang harus diselesaikan.

Monday, April 18, 2022

Bangga Jadi Ibu Rumah Tangga

 


Ceritakan tentang profesimu adalah tema dari Blogpost Challenge dari Blogger Perempuan Network pada hari ke 18. Sebenarnya profesi saya apa ya? 

Mau dibilang blogger, kayaknya saya sudah nggak terlalu eksis lagi karena menjelang pensiun. Masih aktif ngeblog sih. Tapi nggak buat mendulang rupiah. Andai ada job juga hasilnya nggak seberapa. 

Sunday, April 17, 2022

Hobi Motret Makanan Membawa Berkah

Menjadi blogger membuat saya belajar banyak hal. Termasuk fotografi. Karena punya blog resep makanan, saya ingin foto resep dan makanan yang tampil di blog jadi enak dilihat. Minimal nggak blur gitu. Syukur-syukur kalau fotonya kelihatan menggugah selera.

Objek yang paling sering dipotret adalah makanan. Untuk blog resep makanan, saya memotret bahan makanan, proses pembuatan, sampai hasil jadinya. 

Sedangkan untuk blog lifestyle ini, saya memotret produk atau tempat yang akan direview. Keduanya harus kelihatan jelas karena untuk berpromosi lewat blog.

Saturday, April 16, 2022

Cerita Jualan Ayam Kampung di Awal Ramadan 2022

Bagaimana pengaruh pandemi Covid 19 terhadap keluargamu? Pada keluarga saya, gara-gara pandemi, saya dan suami kini berjualan ayam kampung potong.

Tidak pernah terbersit sedikitpun untuk berjualan ayam kampung. Apalagi punya petenakannya sendiri. Namanya takdir, lahan kosong di Ciapus yang tadinya dipinjamkan untuk ditanami aneka sayuran, disulap jadi peternakan kecil lengkap dengan rumah mungil di sampingnya.

Friday, April 15, 2022

Pilih Monetize atau Santuy Blog?

 


Sejak ngeblog dari tahun 2011, saya mulai mikirin untuk pensiun. Menyambut usia 50 tahun, saya nggak punya target ngeblog. Cukup jalani apa adanya. Tapi kalau tetiba berhenti nggak aktif ngeblog lagi, sayang juga rasanya.

Andai saya berhenti ngeblog, saya harus punya kesibukan lain yang nggak kalah menarik dan memuaskan jiwa. Berhubung sampai saat ini belum ada, jadi saya nggak jadi pensiun ngeblog.

Thursday, April 14, 2022

Bukan Uang. Ini Tujuan Saya Ngeblog


"Mam, ajain dong nulis blog. Pengen dapet duit juga..."

Pinta Emak A suatu hari setelah tahu 'pekerjaan sampingan' saya sebagai blogger. Saya mengiyakan. Mempersilakan Emak A untuk datang ke rumah untuk belajar. Awalnya setuju, setelah sekian lama, ada pesan baru meminta saya untuk datang ke rumahnya karena dia sibuk.

Wednesday, April 13, 2022

Alasan Sederhana Mengapa Saya Bertahan di Blogspot

Pertama kali membuat blog, saya menggunakan platform Blogspot yang gratisan. Bikinnya juga mendadak, alias nggak pernah diniatin punya blog. Kebetulan yang ngajarin saya bikin blog yaa pakai Blogspot, makanya saya ikutin aja.

Ternyata nggak susah ya bikin blog untuk pemula di Blogspot. Kebetulan saya waktu itu seneng nulis di Facebook Notes. Setelah punya blog, diangkutlah semua tulisan di notes ke blog.

Tuesday, April 12, 2022

Tips Ngeblog Sukses untuk Pemula. Nomor 8 Belum Saya Lakukan


Selama punya jabatan sebagai blogger, saya banyak belajar hal baru seputar menulis dan maintenance blog. Waktu awal nulis blog dulu, sama sekali nggak tahu apa-apa. 

Kemudian saya belajar lewat komunitas blogger. Mulai dari cara menulis, bikin template, mengedit tulisan, sampai memotret untuk bahan postingan blog juga. 

Awalnya saya coba-coba, terus eh kok enak. Lalu ketagihan. Ahaha, apaan sih! Engg menulis blog waktu itu saya bukan iseng tapi emang diniatin. Niat murni untuk bisa menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan. 

Monday, April 11, 2022

7 Alasan Ikut BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022

 

Menantang diri sendiri ikut blog challenge (lagi).

Saat diberitahu oleh Mbak Alma di grup Whatsapp Asinan Blogger, bahwa ada blog challenge di Blogger Perempuan Network (BPN), hati saya tergelitik. Pengen ikutan juga ah, BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022. Yaitu menulis rutin di blog selama 30 hari berturut-turut selama bulan Ramadan.

Dulu banget, saya pernah ikutan challenge ini di tahun 2018 (cek postingannya di label #BPN30dayChallenge2018 Alhamdulillah lulus dengan selamat. 

Sunday, April 10, 2022

5 Hal yang Ingin Saya Lakukan Di Bulan Puasa


Bulan puasa, bulan penuh berkah dan ampunan. Semua umat muslim memperbanyak kegiatan ibadah di bulan suci ini. Sama seperti muslimah pada umumnya, saya pun ingin sekali banyak beribadah dan mencari pahala.

Pada bulan puasa tahun ini yang kebetulan adalah puasa tahun ketiga di tengah pandemi, keinginan kita di bulan puasa banyak yang terpentok oleh social distancing. Bersyukur sekarang situasi sudah mulai membaik dan kita bisa beribadah dengan leluasa di mesjid.

Saturday, April 9, 2022

5 Kegiatan Bermanfaat di Rumah Selama Puasa Sebagai Hiburan

 

Selama satu bulan penuh berpuasa, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Selain wajib berpuasa untuk menahan hawa nafsu, kegiatan ibadah lainnya juga ditingkatkan. 

Kegiatan beribadah meliputi: membaca Al Qur'an, shalat tarawih di mesjid, dan ikut berbagai kajian jika  waktu memungkinkan. Bahkan tidur juga (asal jangan kebanyakan menjadi sunah di bulan puasa). Tidak lupa banyak bersedekah untuk menambah pahala.

Terlepas dari rutinitas ibadah tersebut, boleh dong kita butuh hiburan. Seling sejenak, istirahat. Setelah itu pikiran fresh dan lanjut untuk fokus pada kegiatan ibadah.

Friday, April 8, 2022

Menu Sahur Praktis: Empal Gepuk Khas Sunda


Mikirin menu sahur itu pasti pengennya yang praktis dan bikinnya cepat. Betul, apa betul? Sebelum puasa, saya sudah bikin beberapa lauk matengan siap goreng atau diolah sebentar. Macam frozen food buatan sendiri gitu.

Punya stok makanan siap olah di kulkas itu jadi penyelamat banget lho buat menu sahur. Waktu memasak jadi lebih singkat. Pun rasanya sudah pasti enak dong. 

Salah satu lauk siap olah favorit saya adalah empal gepuk. Dulu banget, waktu pulang kampung ke Bogor, saya sering dibawain empal gepuk oleh almarhum Mamah mertua saat kembali ke tanah rantau. 

Thursday, April 7, 2022

Manfaat Kurma untuk Pencernaan di Bulan Puasa


Berbukalah dengan yang manis...

Eits jangan sembarang makan yang manis-manis saat berbuka puasa. Pilih yang manis dan sesuai dengan sunah Rasul, yaitu kurma. Kurma jadi makanan wajib untuk berbuka puasa.

Saya selalu menyimpan kurma di kulkas. Bahkan sehari-hari di luar bulan puasa, kurma selalu setia setiap saat eh selalu ready stok. Suami saya rajin berpuasa sunah, jadi kurma is a must buat buka puasa.

Wednesday, April 6, 2022

Rekomendasi Pempek Enak di Bogor yang Bisa Dipesan Online


Suka pesan makanan via online? Saya jarang. Mungkin terhitung pesan makanan online itu sebulan minimal dua atau tiga kali. Waktu anak tengah masih di pesantren, suka minta dipesankan makanan online sebulan dua kali. 

Saya jarang pesan makanan online karena hampir setiap hari masak. Jadi kalau ada yang dipesan itu jajanan cemilan atau minuman. Sesekali pesan makanan untuk lauk, kalau saya lagi lelah memasak.

Selain jarang pesan secara online, saya lebih suka beli makanan langsung di depan komplek. Tinggal gowes sepeda ke depan, terpampanglah banyak yang jualan makanan di ruko depan komplek. Di jalan utama juga banyak penjaja kaki lima. Tinggal pilih aja mau makan apa. Enak kan.

Tuesday, April 5, 2022

Puasa di Rumah Aja

 

Puasa di rumah aja. Hmm, memangnya mau puasa di mana lagi? Hihi, itu yang ada di pikiran saya. Harap maklum, keluarga saya memang dari awal menikah memang selalu puasa yaa di rumah aja, nggak kemana mana.

Selain bulan puasa, bahkan sebelum pandemi menyerang, keluarga saya memang jarang menghabiskan waktu yang lama di luar rumah. Paling banter ke rumah saudara yang masih di Bogor juga. Atau sekedar keluar makan bersama, membeli sesuatu di seputar Bogor.

Monday, April 4, 2022

Menu Buka Puasa Praktis: Steamboat ala Resto yang Nikmat

Menu buka puasa praktis enaknya bikin yang gampang bin nggak pakai riweuh. Setuju kan, Buibu? Berhubung saya lagi mager bikin sayur dan lauk. Sekalian aja bikin masakan sepanci gede yang sudah ada sayur dan lauk di dalamnya. Apa itu? Bikin steamboat ala resto all you can eat, cocok banget nih!

Ingat pas makan steamboat di resto, semua bahan yang ada boleh nyemplung bebas di dalam panci hotpot. Ada yang pakai sistem all you can eat alias ambil sepuasnya bahan yang akan dimasak. Atau sudah tersedia paketan steamboat untuk makan bareng. Kalau di rumah gimana? Yaa all you can eat juga tergantung apa isi kulkas hahaha.

Sunday, April 3, 2022

Tempat Ngabururit Asik di Sekitar Rumah

 

Ngabuburit kini jadi istilah nasional yang artinya menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa. Bisa jalan-jalan, jajan, atau bahkan berolahraga. Jika ditanya tempat ngabuburit asik buat jalan-jalan, jelas saya nggak bisa jawab. 

Kami sekeluaga tidak pernah sengaja ngabuburit ke suatu tempat. Kecuali bener-bener kepaksa harus keluar rumah pada sore hari, baru deh kita sekalian ngabuburit.

Saturday, April 2, 2022

Hikmah Puasa di Masa Pandemi

Hikmah puasa di tengah pandemi, semoga ini menjadi kenangan. Lho kok kenangan? Iya, saya berharap puasa di masa pandemi ini jadi kenangan dan jangan terjadi lagi. Cukup tiga kali ramadan, termasuk tahun ini, kita menjalani puasa di tengah pandemi. Mudah-mudahan tahun depan sudah terbebas sepenuhnya dari si virus nakal Corona, aamiin.

Kenangan puasa pertama saat pandemi adalah yang paling berkesan sekaligus yang paling berat. Gimana enggak, kita semua 'dikurung' di dalam rumah demi membatasi penyebaran virus. 

Friday, April 1, 2022

Puasa Hari Pertama

 


Alhamdulillah, tidak terasa bulan Ramadan sudah di depan mata. Bulan suci penuh ampunan dan rahmat yang dinanti oleh seluruh umat muslim. Sudah mempersiapkan apa saja untuk menjalani ibadah puasa satu bulan penuh?

Sebelum puasa hari pertama, biasanya para ibu sudah riweuh. Tentunya sibuk untuk menyiapkan bahan makanan untuk menciptakan menu sahur dan buka puasa yang nikmat menggugah selera. Kalau makanannya enak, jadi makin semangat puasanya bukan?

Saturday, March 5, 2022

Kulit Kusam? Atasi dengan Serum Pencerah Wajah Terbaik Pond’s Triple Glow Serum dan Triple Glow Serum Mask


Kulit wajah saya akhir-akhir ini kelihatan kusam. Mungkin karena habis sakit jadi terlihat pucat dan tidak terawat. Yah gimana mau merawat wajah, kondisi badan saja lemes banget. Meski bukan terkena virus Covid varian Omicron, selama sakit saya mengisolasi diri sendiri.

Jujurly, saya bukan orang yang rajin merawat kulit wajah. Pada usia kepala empat sekarang ini, saya masih bolong-bolong memakai skincare rutin. Terutama produk yang diaplikasikan pada malam hari. Saya lebih memilih langsung tidur daripada skincare-an hahaha.

Jangan tiru kelakuan saya ini ya. Sejatinya kulit wajah sehat dan cerah nan glowing itu adalah investasi yang berharga. Siapa sih yang nggak kepengen punya kulit wajah cerah? Bukan hanya enak dipandang mata, kulit wajah cerah bikin percaya diri dan merupakan penghargaan untuk diri kita juga. 

Saturday, January 29, 2022

Belajar Menghargai Kehidupan dari Drama Korea Our Beloved Summer



Sudah nonton drama Korea Our Beloved Summer? Drama yang tayang pada awal Desember 2021 ini baru saja tamat. Diangkat dari weebtoon populer dengan judul yang sama, drama yang disutradarai oleh Kim Yoon-jin ini menarik untuk disimak.

Tiga tokoh utama dalam drama Korea Our Beloved Summer ini bikin saya gemes. Pada episode ke 15 bahkan mereka disebut sebagai "Tiga Orang Bodoh" dalam judul episodenya.

Kenapa disebut bodoh? Mungkin karena mereka bertiga sama-sama terperangkap dalam perasaannya sendiri dan membuat batasan dengan sekitarnya. Merasa baik-baik saja dan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka kuat. Kenyataannya di dalam mereka berjiwa rapuh dan kesepian.

Saturday, January 15, 2022

Review Film Korea: A Tale of Two Sisters


Sudah lama saya nggak nonton film. Kalau ada waktu luang, saya nonton drama Korea ongoing karena waktu yang terbatas. Dengan nonton drakor ongoing maksimal 3 judul per minggu, saya bisa fokus mengerjakan yang lain.

Sekarang saya mau bahas film Korea yang ditonton setahun yang lalu. Tepatnya usai menonton drama It's Okay to Not be Okay yang dibintangi Kim So Hyun dan Seo Yeji. Dalam drama tersebut, disinggung kisah legendaris dari jaman dinasti Joseon yang berjudl "Janghwa Hongreyon-jon" atau A Tale of Two Sisters.
Back to Top