Friday, April 1, 2022

Puasa Hari Pertama

 


Alhamdulillah, tidak terasa bulan Ramadan sudah di depan mata. Bulan suci penuh ampunan dan rahmat yang dinanti oleh seluruh umat muslim. Sudah mempersiapkan apa saja untuk menjalani ibadah puasa satu bulan penuh?

Sebelum puasa hari pertama, biasanya para ibu sudah riweuh. Tentunya sibuk untuk menyiapkan bahan makanan untuk menciptakan menu sahur dan buka puasa yang nikmat menggugah selera. Kalau makanannya enak, jadi makin semangat puasanya bukan?

Sebagai emak, tentu saja saya juga ikutan riweuh menyambut puasa pertama. Saya sengaja memenuhi isi kulkas dengan bahan makanan berupa lauk mentah, sayuran segar, buah, sampai lauk olahan siap masak. Yang terakhir ini penting banget demi kepraktisan masak buat sahur.

Pada puasa hari pertama, biasanya sekolah dan tempat mengaji anak-anak diliburkan. Tujuannya agar khusyuk menjalani ibadah puasa hari pertama. Namanya baru mulai puasa, puasa hari pertama itu terasa berat karena tubuh belum terbiasa. 

Merasa lemas pada puasa hari pertama biasanya pada orang-orang yang tidak terbiasa berpuasa sunah Senin Kamis. Termasuk saya, hehe. Kalau sudah biasa puasa sunah, saat puasa ramadan badan nggak kaget lagi. Beberapa orang bahkan sudah 'latihan' puasa beberapa hari sebelum ramadan lho.

Hal lain yang umum saat puasa hari pertama adalah tutupnya toko atau tidak ada yang berjualan. Kecuali tukang sayur mah harus jualan karena nanti pada masak apa haha.

Saya masih ingat dulu waktu kecil saat puasa hari pertama. Rasanya lemess banget. Bawaannya pengen tiduran aja. Gogoleran sambil ngadem karena hawa panas di siang hari. Mau tidur lagi, tadi pagi sudah tidur. Masa tidur melulu. 

Jaman dulu mah belum ada gadjet. Apalagi internet. Televisi juga siang nggak ada siaran. Jadi saya dan kakak cuma gelebakan nggak jelas gitu. Kemudian terdengar rengekan adik bungsu saya yang masih balita. Dia baru belajar puasa setengah hari. Siang tadi sudah buka puasa. Baru lanjut puasa beberapa jam, sudah rewel minta minum karena haus hihihi.

Hari pertama puasa yang identik dengan rasa lemas membuat banyak yang memilih untuk tidur. Tidur memang tidak membatalkan puasa dan tidak dilarang. Tapi jangan kebanyakan tidur yaa... jangan lupa ibadahnya juga harus diperbanyak selama bulan puasa.

Setelah melewati puasa hari pertama, tubuh sudah tidak kaget lagi. Nggak lemas lagi. Sudah mulai beradaptasi. Beraktivitas pun bisa dijalani seperti biasa. Tentu saja, rasa lapar dan haus mah harus tetap ada. Namanya juga puasa hehehe.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan ini menjadi berkah, aamiin.

1 comment :

  1. Wah ga kerasa ya udah mulai masuk puasa aja, ga sabar sama suasana-suasananya. Tapi kali ini perlu persiapan buat jaga stamina tubuh agar tetap fit walau di bulan puasa dan di tengah pandemi.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top