Friday, April 15, 2022

Pilih Monetize atau Santuy Blog?

 


Sejak ngeblog dari tahun 2011, saya mulai mikirin untuk pensiun. Menyambut usia 50 tahun, saya nggak punya target ngeblog. Cukup jalani apa adanya. Tapi kalau tetiba berhenti nggak aktif ngeblog lagi, sayang juga rasanya.

Andai saya berhenti ngeblog, saya harus punya kesibukan lain yang nggak kalah menarik dan memuaskan jiwa. Berhubung sampai saat ini belum ada, jadi saya nggak jadi pensiun ngeblog.

Nggak capek apa, terus bayar domain blog tapi blognya nggak dimaksimalin buat tambah penghasilan? So far sih masih nggak rugi. Maksudnya, bayar domain belum nombok karena pengasilan dari nulis masih ada.

Berhubung saya diantara masih aktif dapat penghasilan dari blog dan rencana mau pensiun, boleh dibilang sekarang ini blog saya statusnya monetize but santuy. Ahaha istilah macam apa itu Makk...

Pilih monetize atau santuy blog? Saya pilih keduanya. Jadi blog saya masih monetize. Yang menurut saya adalah pakai top level domain doang karena nggak pakai dongkrak monetize lain seperti SEO dan sebagainya (saya juga nggak paham).

Saya sudah melepaskan 1 blog TLD kembali ke semula, yaitu blog gratisan. Dari www.emakriweuh.com kembali ke www.emakriweuh.blogspot.com. Alasannya anak-anak sudah besar dan saya sudah tidak merantau lagi. Jadi merasa nggak ada yang seru buat diceritain hahaha. 

Padahal masih bisa lhoo, tetap bertahan dengan blog parenting. Khusus buat job yang masih melibatkan peran anak, saya menaruhnya di blog lifestyle. Tepatnya di blog www.innariana.com ini. Namanya lifesyle alias gaya hidup, boleh dong tema apa aja masuk :D

Bersama blog khusus masak www.dapurngebut.com, saya menjalani monetize but santuy untuk keduanya. Blog lifestyle dan blog cooking. Oia blog lain juga ada, cuma jadi penggembira doang (baca juga: Me and My Blogs).

Kesimpulanya, saya akan terus pakai cara monetize but santuy blog sampai bosan. Kalau dunia blog sudah dirasa nggak asyik lagi. Sudah nggak ada sama sekali job yang masuk untuk umur tua saya, baru saya alihkan jadi santuy blog seutuhnya. Berhenti monetize. Balik lagi ke gratisan semua... yihaaa!

Apa pun pilihanmu, monetize atau santuy blog, yang penting tetap semangat menulis blog dan menebar manfaat ya ^_^


2 comments :

  1. Akuuuu....hmm...pilih pensiunan blog...😁😁😁

    ReplyDelete
  2. Kalau bisa keduanya, kenapa harus salah satu bisa jalanin aja keduanya mantep gak tuh bisa ngeblog untuk menyalurkan hobi juga menghasilkan. Mantep, ngeblog santuy mode on.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top