Wednesday, April 27, 2022

Mudahnya Membuat Kue Koko Krunch Coklat untuk Lebaran



Kue Lebaran Favorit keluarga saya sebenarnya standar aja. Sama seperti keluarga lain pada umumnya. Pas Lebaran pasti tersedia kue yang wajib ada dan disukai oleh anggota keluarga. Nggak mungkin kan, beli (atau bikin) kue yang kurang disukai anak-anak dan suami.

Saya sendiri selama menikah belum pernah bikin kue kering sendiri. Alasannya karena sudah riweuh dengan masakan di rumah sehari-hari. Maklum, saya tim yang masak semuanya sendiri baik untuk sahur dan buka puasa. Beli lauk matengan itu jarang banget. Paling ya sesekali aja kalau saya lagi bosan memasak.

Namun, ada yang berbeda di Ramadan tahun ini. Berhubung anak-anak sudah besar dan saya 'cuma' sibuk masak doang, makanya saya penasaran pengen bisa bikin kue kering sendiri.

Sebagai pemula, tentu saja saya cari kue kering untuk Lebaran yang cara pembuatannya mudah. Kue kering yang paling ingin saya buat sendiri adalah kastengel keju. Dulu, waktu kecil saya sering membantu mami saya membuat kastengel. Terus, sudah besar saya malah malas mencobanya.

Kue berikutnya adalah nastar. Kebetulan saya baru saja belajar mmebuat kue nastar pada tetanggga. Baru sekedar mengamati saja. Resepnya juga sudah dicatat. Kapan-kapan saya mau praktekin.

Kenapa saya belum praktek bikin kue kering adalah karena saya perfeksionis. Saya tidak mau ada kegagalan. Andai gagal, yah masih bisa dimaafkan kesalahannya haha. 

Suami saya bilang: kalau mau belajar bikin kue, nanti saja kalau bukan bulan puasa. Tepat sekali! Karena saat bulan puasa itu, kita (tepatnya saya) sudah sibuk dengan masakan rumah. Dan semoga tidak ada tambahan kesibukan belajar bikin kue. Biar saya nggak stress.

Jadi, kue lebaran kali ini mau bikin apa? 

Saya ingat-ingat lagi kue kering Lebaran yang disukai anak-anak saya. Yap, ada kastengel, nastar, dan apa pun yang punya rasa coklat. Tingg! Itu dia! Saya akan bikin kue kering dengan bahan coklat yang cara bikinnya super gampang.

Setelah bertapa dan googling dari yutub, saya memutuskan untuk membuat kue kering dari sereal Koko Krunch yang biasa dimakan untuk sarapan. Dulu banget sempat beli kue Koko Krunch dan anak-anak suka.

Kue Koko Krunch

Kue Koko Krunch ini cara membuatnya super gampang. No oven, no mixer. Cukup diaduk-aduk begitu saja dengan coklat leleh. Ditabur sprinkle warna-warni biar cantik, selesai. Sayang sekali, saya kehabisan sprinkle, jadi saya pakai meses warna-warni sebagai penggantinya.

Yuk, kita mulai bikin kue...

Resep Koko Krunch Coklat

Menteganya ketinggalan :D

Bahan:
  • 75 gram coklat batang
  • 75 gram Koko krunch
  • 20 pcs cup kertas kecil
  • 1 sdm mentega
  • springkle secukupnya (saya pakai meses warna-warni)
Cara membuat:
  1. 1) Lelehkan coklat dengan cara di tim dalam panci berisi air mendidih.

  2. 2) Campur dengan mentega, aduk rata. Biarkan uap panasnya hilang.
  3. 3) Campur koko krunch dan coklat lelah, aduk rata.
  4. 4) Tuang 1 sdm adonan ke cup kertas. 
  5. 5) Beri sprinkle di atasnya. 
  6. 6) Biarkan sampai dingin dan mengeras di kulkas selama 15 menit.
  7. 7) Masukkan ke dalam toples kue.

  8. 8) Kue koko krunch siap dinikmati.

Gimana... nggak susah kan bikin kuenya? Sebentar saja sudah jadi. Bisa banget lho, ajak anak-anak untuk membuatnya. Ini jadi quality time sambil ngabuburit asik bersama si kecil.

Kue Koko Krunch buatan saya

Berhubung ini kali pertama saya membuat kue Koko Krunch, bentuknya tidak cantik dan takaran di tiap cup kurang seragam. Nggak apa-apa kan? Yang penting adalah rasanya. Setuju?

Ukurannya nggak sama :D

Kebetulan saat membuat kue ini, saya sedang berhalangan tidak puasa. Jadi saat kue sudah jadi (yaitu mengeras), langsung saya ambil satu dan dicicipi. Rasanya enak. Alhamdulillah, saya berhasil bikin kue.

Selamat mencoba ya ^_^




2 comments :

  1. Wah enak, nih, menarik juga kalau buat ini untuk lebaran apalagi mudah dan bahannya murah. Suka banget sama koko crunch yang renyah, coklat ditambah coklat lagi jadi pengin praktekkin buat. Terima kasih!

    ReplyDelete
  2. Saya juga bikin inii! Tapi koko crunch -nya pake cornflake. Mese warna warni nya pake gula warna warni. Wah sepertinya mending pake meses aja kali ya, soalnya lebih lembut hehe. Trims sharingnya bu

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top