Tuesday, April 12, 2022

Tips Ngeblog Sukses untuk Pemula. Nomor 8 Belum Saya Lakukan


Selama punya jabatan sebagai blogger, saya banyak belajar hal baru seputar menulis dan maintenance blog. Waktu awal nulis blog dulu, sama sekali nggak tahu apa-apa. 

Kemudian saya belajar lewat komunitas blogger. Mulai dari cara menulis, bikin template, mengedit tulisan, sampai memotret untuk bahan postingan blog juga. 

Awalnya saya coba-coba, terus eh kok enak. Lalu ketagihan. Ahaha, apaan sih! Engg menulis blog waktu itu saya bukan iseng tapi emang diniatin. Niat murni untuk bisa menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan. 

Saya belum kepikiran buat serius bahkan cari penghasilan lewat blog. Seiring bertambahnya waktu, ketika mulai berdatangan tawaran job menulis blog. Baru deh saya niatin untuk serius ngeblog.

Alhamdulillah, setelah 11 tahun ngeblog, saya merasakan manfaatnya. Menikmati proses belajar menulis, punya penghasilan sendiri dari blog, menang lomba blog dan dapat hadiah, sampai jadi pembicara juga pernah.

Sekarang kepikiran mau pensiun kok sayang, haha. Saya memilih untuk tidak aktif lagi di komunitas dan selektif memilih tawaran job karena kesibukan mengurus keluarga. Maklum, sudah faktor U. Cepat lelah kalau masih aktif ngeblog, hehe.

Jangan lupa cemilannya saat menulis

Buat kamu yang pengen eksis sebagai blogger... ada tipsnya lho untuk bisa survive dalam memantapkan diri di dunia blogging dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 

Berikut ini adalah tips ngeblog sukses untuk pemula yang saya rangkum dari berbagai sumber: 

  1. Tentukan niche. Saya punya blog lifestyle, cooking, dan parenting.
  2. Pilih tampilan blog yang tidak berat. Karena gaptek, saya membeli template blog dari orang lain. 
  3. Monetasi blog dengan membeli domain juga menyisipkan iklan.
  4. Konsisten mengisi tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. 
  5. Belajar mengedit tulisan.
  6. Menikmati prosesnya, jangan buru-buru ingin dapat penghasilan dari blog
  7. Menjalin networking dengan sesama blogger lewat komunitas, serta rajin blogwalking.
  8. Menerapkan SEO (search engine optimation) pada setiap postingan blog.
Dari semua tips, yang terakhir alias nomor 8 belum saya lakukan sampai sekarang. Menerapkan SEO bisa mempermudah pencarian tulisan kita di search engine. Jadi kalau ada orang yang search via internet tentang tema A misalnya, tulisan kita tentang A akan muncul di halaman pertama (jika SEO dilakukan dengan baik).

Dulu sempat belajar sekilas tentang SEO, tapi sampai sekarang saya belum paham juga. Apalagi menerapkannya dalam blog. Melihat teman-teman seangkatan saya sudah pada jago SEO, saya cuma bisa melongo...

Pengen banget bisa belajar SEO. Nyesel waktu lihat di beranda Facebook dibuka pendaftaran kelas SEO dan saya nggak bisa ikutan karena sedang riweuh. Saya nggak mau ikut kelas online tapi nggak bisa fokus dan mengerjakan tugasnya dengan baik. 

Semoga suatu saat nanti, ada kelas SEO untuk blog yang bisa saya ikuti dan waktunya cocok ^_^



Sumber: dewaweb, teknoiot, romeltea

2 comments :

  1. Saya lagi otak atik artikel lama
    demi memperbaiki seo

    ReplyDelete
  2. Bener banget ini penting untuk para blogger, jika ingin artikel dijangkau banyak orang yang kedelapan penting walau agak rumit. Yuk, semangat belajar SEO.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top