Sunday, April 3, 2022

Tempat Ngabururit Asik di Sekitar Rumah

 

Ngabuburit kini jadi istilah nasional yang artinya menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa. Bisa jalan-jalan, jajan, atau bahkan berolahraga. Jika ditanya tempat ngabuburit asik buat jalan-jalan, jelas saya nggak bisa jawab. 

Kami sekeluaga tidak pernah sengaja ngabuburit ke suatu tempat. Kecuali bener-bener kepaksa harus keluar rumah pada sore hari, baru deh kita sekalian ngabuburit.

Alasan nggak pernah pergi ke suatu tempat buat ngabuburit adalah adalah ingin berbuka puasa di rumah saja. Kemudian pergi shalat maghrib ke mesjid, pulang lagi untuk makan berat, kemudian kembali ke mesjid untuk shalat tarawih.

Jika kami pergi jauhan dikit dari rumah untuk ngabuburit, otomatis yaa buka puasa di luar rumah. Lalu shalat tarawih juga di luar rumah. Bahkan kalau situasi di tempat makan tidak memungkinkan, misalnya antrian shalat di mushala restoran mengular, terpaksa deh nggak sempat shalat tarawih di mesjid.

Apalagi sekarang suami saya jadi pengurus mesjid. Beliau tidak bisa jauh dari mesjid dekat rumah. Plus, sejak kami pindah rumah, posisinya makin mendekati mesjid. Setiap waktu shalat sudah pasti langsung 'lari' ke mesjid karena dekat (kecuali saya yang perempuasn, lebih banyak shalat wajib di rumah saja).

Well... ngabuburit buat kami yaa paling jalan-jalan tipis di sekitar komplek aja. Nggak jauh dari nyari jajanan buat buka puasa. Berhubung saya lumayan rajin masak dan bebikinan cemilan di dapur, anak-anak jarang minta jajan ngabuburit saat buka puasa (alhamdulillah bikin dompet hemat yak hahaha).

Berikutnya saya bikin daftar aja yaa biar kelihatan. Kelihatan kalau saya akhirnya ngelayap gitu, hihihi. Tempat ngabuburit asik di sekitar rumah:

1) Taman depan rumah

Di rumah yang baru ditempati sekarang ini, kami sekeluarga punya halaman depan yang lumayan luas dan bisa ditaruh banyak pot tanaman. Posisi rumah yang ada di pojok gang seberang lapangan membuat kami punya banyak pemandangan. Jadi, nongkrong di taman depan rumah saat sore hari buat ngabuburit itu rasanya nikmat sekali.

2) Pusat jajanan di sekitar komplek

Setiap bulan puasa, jalanan di komplek saya ramai penjual kaki lima. Seru deh lihat aneka jajanan untuk berbuka puasa yang menggugah selera. Mulai dari yang umum seperti tajil kolak, bubur kacang ijo, bubur sumsum dan aneka kue manis.  Minuman segar mulai es kelapa muda, teh, coklat, aneka juice, dan minuman kekinian seperti boba juga ada. 

Makanan khas Bogor tentu ada dong. Seperti soto mie dan mie gelosor, juga makanan khas sunda seblak, cimol-cireng-cilung-dan ci ci lainnya. Aah bingung masih banyak lagi kalau disebutin semua hahaha.

3) Berolahraga mengitari kampung di belakang komplek

Selain bulan puasa, saya biasa berolahraga jalan sore atau sepedahan mengitari kampung di dekat komplek. Pas puasa ini cocok juga dijadikan kegiatan ngabuburit. Sengaja ngitarin dari belakang dulu, lalu ke depan biar pulangnya bisa beli jajanan hehe.

4) Main ke rumah tetangga

Main ala emak-emak ke tetangga itu sebenernya nggak jauh dari ngobrol. Eits, jangan ngegosip ya. Nggak baek ngomongin orang di bulan puasa. Biasanya saya mampir say hi aja ke rumah tetangga yang masih di dalam komplek. Tetangga jauh biasanya pakai sepeda dulu. Cuma menyapa gitu aja saya dan yang didatengin udah seneng kok.

Nah itu dia daftar tempat ngabuburit asik di sekitar rumah ala saya. Nggak perlu riweuh cari tempat ngabuburit. Cuma ngabuburit di sekitar rumah ini bikin aman buat kantong. Dan tentunya aman buat kesehatan karena di masa pandemi ini kita masih menjaga jarak alias social distancing.

1 comment :

  1. Nah mantep gak tuh malahan ngabuburit dekat rumah, minim budget tapi tetap asyik dan aman ga harus jauh-jauh. Apalagi di masa pandemi kayak gini ga kita perlu cari aman agar tidak terpapar virus di saat sistem imun tubuh bisa dibilang ga sepenuhnya kuat saat puasa. Bisa dicontoh nih caranya.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top