Sunday, April 10, 2022

5 Hal yang Ingin Saya Lakukan Di Bulan Puasa


Bulan puasa, bulan penuh berkah dan ampunan. Semua umat muslim memperbanyak kegiatan ibadah di bulan suci ini. Sama seperti muslimah pada umumnya, saya pun ingin sekali banyak beribadah dan mencari pahala.

Pada bulan puasa tahun ini yang kebetulan adalah puasa tahun ketiga di tengah pandemi, keinginan kita di bulan puasa banyak yang terpentok oleh social distancing. Bersyukur sekarang situasi sudah mulai membaik dan kita bisa beribadah dengan leluasa di mesjid.

Berikut ini adalah hal yang ingin saya lakukan selama bulan puasa:

1) Mengaji di rumah lebih banyak

Saya masih belajar mengaji. Membaca belum bisa terdengar indah dan masih lambat terbata-bata. Namun saya berusaha untuk belajar lebih baik. Dengan cara ikut kelas pengajian ibu-ibu setiap minggu.

Sebagian ibu-ibu pengajisn


2) Memasak Enak untuk keluarga tercinta

Selain bulan puasa, saya selalu memasak untuk suami dan anak-anak. Jarang beli makanan dan sesekali makan di luar saat akhir pekan. Yap, kan saya juga perlu berlibur dari kegiatan memasak.

Memasuki hari kedelapan bulan puasa, saya masih semangat memasak setiap hari untuk sahur dan buka puasa. Kadang beli tambahan cemilan kalau dirasa masih kurang.

Menu buka puasa: nasi kebuli, gulai kambing,
martabak rendang, oseng kacang panjang

Memasak enak untuk keluarga membuat saya merasa bahagia. Apalagi kalau mereka makan dengan lahap tanpa sisa. 

3) Meluangkan waktu untuk menulis

Saya tidak bisa berpisah dari menulis blog. Sudah pernah dicoba nggak nulis beberapa waktu. Bahkan sempat kepikiran mau pensiun juga. Tapi... saya nggak sanggup. Ternyata saya terlalu cinta dengan ngeblog.

Saking cintanya sama ngeblog, saya nekad ikutan challenge menulis blog selama 30 hari yang diselenggarakan Blogger Perempuan Network. Meski keteteran, tapi saya bersemangat untuk bisa konsisten menulis.

4) Berolahaga rutin supaya sehat

Sejak sakit dan sampai sekarang masih dalam masa pemulihan, saya belum berolahraga lagi sepeti biasa. Dulu saya rutin joging atau jalan sore setiap hari. 

Saat puasa, kita bisa berolahraga seperti biasa. Namun gerakannya dibatasi jangan yang terlalu sulit dan melelahkan. Waktu olahraga juga bagusnya dilakukan pada sore hari, mendekati waktu berbuka puasa. Jadi saat haus dan tubuh kehilangan cairan (keringat), kita bisa menggantinya dengan cepat saat berbuka puasa.

Saya waktu jalan sore bareng tetangga

Berhubung waktu olahraga di bulan puasa idealnya di sore hari, saya jadi kewalahan mengatur waktu. Maklum, saya masih ketuwelan di dapur menyiapkan hidangan buka puasa.

5) Me time seperlunya untuk recharge

Di antara waktu sempit dan banyaknya kegiatan selama bulan puasa, saya merasa perlu menyelipkan seuprit waktu me time untuk diri sendiri. Me time itu perlu banget supaya kita nggak terlalu 'kelelep' dalam rutinitas dan merasa lelah.

Yang saya lakukan untuk me time cukup sederhana saja: sepedahan keliling komplek sebentar. Menghirup udara segar. Keluar dari rumah sebentar. Sekedar beli sayuran saya masukkan jadi me time rutin. Atau beli keperluan lain ke minimarket.

Me time nggak selalu sendirian. Saya juga punya teman keluar rumah bareng. Yaitu beberapa tetangga yang asik diajak ngobrol. Ketawa-ketiwi sebentar saja saya sudah merasa fresh dan hepi.

Yap... itu saja hal yang ingin saya lakukan di bulan puasa. Mudah-mudahan semuanya bisa terlaksana, aamiin.

1 comment :

  1. Nah ini semua bagian dari kegiatan self healing ang pengin dari lama aku lakukan, memang jarang ada hari-hari damai kayak gini mengingat sibuknya pekerjaan dan kegiatan. Me time, me time mantep ini.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top