Tuesday, April 5, 2022

Puasa di Rumah Aja

 

Puasa di rumah aja. Hmm, memangnya mau puasa di mana lagi? Hihi, itu yang ada di pikiran saya. Harap maklum, keluarga saya memang dari awal menikah memang selalu puasa yaa di rumah aja, nggak kemana mana.

Selain bulan puasa, bahkan sebelum pandemi menyerang, keluarga saya memang jarang menghabiskan waktu yang lama di luar rumah. Paling banter ke rumah saudara yang masih di Bogor juga. Atau sekedar keluar makan bersama, membeli sesuatu di seputar Bogor.

Kurang piknik? Kelihatannya begitu. Kami baru bisa piknik setelah anak-anak kumplit ada di rumah untuk liburan semua. Anak saya bergantian masuk pesantren. Rasanya ngga tega kalau pergi jalan-jalan tanpa pasukan komplit.

Satu hal yang bikin kami malas piknik or jalan-jalan ke luar rumah adalah... macet! Kota Bogor kalau akhir pekan itu padat dengan wisatawan lokal, lho. Jadi seputaran Kebun Raya Bogor jalanannya padat merayap.

Itu bulan biasa ya. Bulan puasa tentu saja kami sekeluarga makin mager alias males gerak. Yap, puasa di rumah aja sudah cukup buat kami. Biar fokus ibadahnya. 

Bahkan buat belanja baju lebaran pun sudah kami lakukan sebelum bulan puasa. Tujuannya supaya nggak keluar rumah cari baju lebaran pas lagi puasa. Selain malas karena lemes puasa, ya malas juga karena ramai orang yang berbelanja. 

Enaknya belanja baju lebaran sebelum bulan puasa itu adalah suasa di tempat perbelanjaan masih sepi. Jelang puasa biasanya orang-orang sibuk berbelanja kebutuhan makanan untuk sahur dan berbuka.

Suasana sepi di tempat belanja

Kalau lagi puasa di luar rumah itu ribet. Harus buru-buru pulang sebelum magrib demi menghindari buka puasa di luar rumah. Susah mau shalat magribnya. Belum lagi mefet mau tarawih di mesjid. 

Sejak pandemi, ya beneran total puasa di rumah aja. Seneng karena banyak temennya, tetangga semua juga pada berdiam di rumah selama puasa, hehehe.

Inget waktu jaman kuliah dan masih ngekost dulu. Puasa di rumah aja emang paling nyaman. Aman buat kantong karena nggak perlu beli makanan keluar kostan, haha. Plus seneng dong bisa kumpul bareng keluarga saat bulan puasa.

Yap, kebersamaan dengan keluarga membuat puasa di rumah aja menjadi penuh kesan. Dinikmati dengan senang dan hati bahagia. Percayalah, kalau sudah merantau atau jauh dari keluarga, momen berpuasa di rumah aja selalu bikin kangen. 

Sahur hari pertama di rumah baru

Dalam foto adalah suami dan ketiga anak saya yang sedang bersantap sahur di hari pertama puasa kemarin. Tahun 2022 ini adalah pertama kalinya kami berlima duduk bareng satu meja makan untuk bersantap sahur dan buka puasa. 

Sebelumnya, meja makan ditaruh di pojok karena rumahnya sempit. Sejak pindah ke rumah baru yang lebih lega, meja makan baru bisa digunakan. Biasanya mah lesehan di atas karpet. Alhamdulillah.

Puasa di rumah aja tetap asik dan seru. Ibadah selama bulan puasa pun lebih khusuk dilakukan di rumah. Apalagi beribadah bareng anak-anak di rumah. Mengaji bersama, shalat fardhu berjamaan. Masha Allah nikmatnya.

Buat yang sudah berkeluarga, pasti masih ingat momen berpuasa dari awal menikah, saat anak-anak kecil, bahkan ketika anak-anak tumbuh besar (seperti anak-anak saya). 

Foto Lebaran tahun 2012

Selagi bisa menikmati momen bersama keluarga tercinta, puasa di rumah aja jadi menyenangkan.

2 comments :

  1. Buat anak rantau pastinya buka puasa di rumah sesuatu banget apalagi bisa bareng keluarga melepas rindu sekali-sekali. Spesial memang buka puasa di rumah aja dan ngabuburitnya sama keluarga.

    ReplyDelete
  2. Karena dalam ingatan semasa kecil itu puasa di rumah, kebawa sampe sekarang. Jadi kalo puasa di luar rumah, rasanya gimanaaaa gitu. Kalau toh sampai puasa di luar, bisa dipastikan itu karena pekerjaan. Maklum masih #kulikantoran hehehe

    Selamat menjalankan ibada saum Ramadhan, yaaa

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top