Wednesday, April 6, 2022

Rekomendasi Pempek Enak di Bogor yang Bisa Dipesan Online


Suka pesan makanan via online? Saya jarang. Mungkin terhitung pesan makanan online itu sebulan minimal dua atau tiga kali. Waktu anak tengah masih di pesantren, suka minta dipesankan makanan online sebulan dua kali. 

Saya jarang pesan makanan online karena hampir setiap hari masak. Jadi kalau ada yang dipesan itu jajanan cemilan atau minuman. Sesekali pesan makanan untuk lauk, kalau saya lagi lelah memasak.

Selain jarang pesan secara online, saya lebih suka beli makanan langsung di depan komplek. Tinggal gowes sepeda ke depan, terpampanglah banyak yang jualan makanan di ruko depan komplek. Di jalan utama juga banyak penjaja kaki lima. Tinggal pilih aja mau makan apa. Enak kan.

Lebih suka membeli langsung makanan, jajanan, or minuman di sekitar komplek karena saya lagi malas menunggu. Alasan utama sih sebenarnya adalah demi penghematan. Maklum, harga makanan beli online dengan yang beli langsung itu lumayan selisihnya, menurut saya. Terserah sih kalau ada yang bilang saya ini sok hemat bin pelit.

Satu lagi nih alasan saya jarang pesan makanan online. Bahkan juga termasuk jarang beli lauk matengan buat makan sehari-hari. Yaitu suka kesal sendiri. Begitu beli, eh ternyata makanannya lebih enak buatan saya sendiri haha. 

Jadi, saya pesan makanan yang jarang saya bikin atau malah nggak pernah, juga makanan yang prosesnya ribet, lalu cemilan, juga minuman kekinian.

Tema hari ke 6 dari Blogger Perempuan Network 30 Day Ramadan Challenge 2022 adalah rekomendasi restoran untuk pesan online. Saya pilih restoran (ada juga yang berupa kedai) pempek Palembang.

Kenapa pempek? Karena bikinnya riweuh, bestiee. Bisa sih bikin sendiri, cuma saya lebih banyak malesnya hahaha. Pas kangen, ya pesan online. Walau harganya lebih mahal, tapi nggak apa-apa deh daripada ngidam pempek nggak kesampean.

Maaf cuma ada dua tempat yang saya rekomendasikan. Karena memang itu yang jadi langganan tetap keluarga saya. Pernah coba pempek merk lain, eh kok nggak nendang di hati.

Duh kepanjangan ya pembukaannya. Ini dia rekomendasi pempek enak di Bogor yang bisa dipesan online:

1) Restoran Pondok Bahrein 

Restoran Pondok Bahrein adalah restoran khas Palembang yang cukup punya nama di Bogor. Di tempat ini dijual pempek Jukfin favorit saya dan suami sejak jaman kuliah.

Dulu banget, setiap suami (dulu masih pacar) pulang ke Bogor, saya selalu minta dibawakan pempek Jukfin. Belinya di depan Ngesti dekat terminal bus. Sampai sekarang, lapaknya juga masih ada.

Nah kalau di Restoran Pondok Bahrein, kita bisa menikmati pempek dan makanan lainnya dengan suasana resto ala rumah panggung khas Sumatra. Ada saung tempat makannya juga (walau cuma ada 3 buah). Pemandangannya adalah perempatan lampu merah Jambu Dua. Enakeun deh buat nongkrong.

Varian pempeknya beragam, kumplit nggak kayak di tempat jualan pempek lainnya. Ada pempek telor, lenjer, pistel, keriting, adaan, kulit, lenggang goreng dan bakar, juga model. 

Pempek Jukfin

Masakan khas Palembang lain yang sudah pernah kami sekeluarga cicipi di Resto Pondok Bahreain adalah tekwan, pindang ikan patin, dan es kacang merah. Semuanya enak! 

Tekwan

Menu lainnya ada Iga bakar, pindang iga, brengkes patin tempoyak, ayam bakar, mie celor, sarikayo, dan bakso juga ada. Bisa pesan online via Grab, Gojek atau Shopee Food. 

Ulasan saya di Google (fotonya sudah hilang)

Kalau kebetulan lagi main ke Bogor dan pengen santap langsung, ini dia alamatnya:



2) Pempek Palembang Henri K di Jambu Dua, Bogor. 

Sejak pindah ke Bogor tahun 2011, saya jadi pelanggan setia pempek Henri. Ada kali sebulan sekali kami makan pempek di kedainya yang sederhana. Letaknya di perempatan Jambu Dua Bogor, depan minimarket Alfamart.

Sempat berjualan buka cabang satunya lagi dekat Informa, namun sekarang cukup fokus di satu cabang saja yang lapaknya diperluas. Jadi makan di tempat pun lebih nyaman nggak terlalu sempit lagi.

Pempek Henri (foto koleksi pribadi)

Mulai suka makan pempek Hendri ini sejak kami hunting pempek lain yang enak selain pempek Jukfin. Maklum, pempek Jukfin harganya premium. Kadang kami lagi pengen berhemat. Makan berlima lumayan juga lho beli pempeknya bisa 12 biji ukuran kecil (kami nggak suka pempek ukuran besar).

Pempek dan es kacang merah

Rasanya memang jadi nomer dua setelah pempek Jukfin. Namun sampai sekarang, saya belum nemuin rasa pempek di Bogor yang ngalahin pempek Hendri. Duh nulis begini jadi kangen pengen makan pempek deh! Besok-besok mau order online via Grab, Gojek, or Shopee ah!

Bagi yang pengen langsung makan pempek Hendri K di lokasi jualannya. Saya nggak sematkan peta ya. Lokasinya berdekatan dengan RM Pondok Bahrein. Nyaris bersebelahan malah. Bedanya, Kedai Pempek Hendri ada di depan jalan pas di halaman Alfamart, jadi lebih duluan kelihatan. Sedangkan RM Bahrein, tinggal nanjak dikit lihat ke atas sudah kelihatan saungnya yang bak rooftop.

Selamat menikmati pempek Palembang kesukaan. Kalau tahu ada pempek yang enak lagi di Bogor, kabari saya ya!


1 comment :

  1. Waduh pagi-pagi liat pempek yang biasanya jadi cemilan enak ini, tapi kalau di Malang sulit carinya karena jarang yang jual. Eh bisa beli online, tapi di Bogor. Coba cari di Malang barangkali ada hehe.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top