Friday, April 22, 2022

Nonton Lewat yang Legal Biar Hati Tenang

 

Hiburan sekarang ada di genggaman tangan. Kalau dulu cuma ada televisi untuk hiburan tontonan keluarga. Sekarang bisa nonton apa saja via laptop dan smartphone. Bisa lewat televisi dengan siaran gratis atau berbayar, tinggal pilih saja.

Makin banyak pilihan dengan adanya aplikasi nonton berbayar. Banyak beredar karya film atau serial menarik di penjuru dunia yang bisa ditonton via aplikasi  tersebut. 

Dengan aplikasi, jika berlangganan kita bisa bebas nonton tanpa diganggu iklan. Saat menjeda tontonan, ketika balik lagi bisa dilanjut yang tertunda tadi. Nggak perlu ulang nyari dari awal lagi.

Sebenarnya mau nonton itu sekarang mah bebas merdeka aja, banyak jalurnya. Dunia online itu luas banget. Banyak tempat nonton yang ilegal alias nggak resmi. 

Tapi yaa sebaiknya kita nonton lewat platform yang legal saja, yang berbayar. Untuk menghargai hasil karya para sineas yang sudah bersusah payah membuat karya. Ibaratnya kita beli karya mereka dari hasil bajakan kalau nonton via platform ilegal. Kalau lewat platform atau situs resmi, mereka dapat royalti dari jumlah penonton. Itulah penghargaan dari kita, para penontonnya.

Terus, biasa nonton lewat mana? Berikut adalah platform nonton yang sudah pernah saya coba walau belum banyak diekplor karena masa langganan yang tidak diperpanjang...

1) VIU

Aplikasi VIU jadi andalan saya untuk menonton drama Korea kesayangan. Kadang ada film Korea yang saya simak juga. Bahkan drama Thailand juga sempat dicicipi. Beberapa drama series dari negeri sendiri juga saya tonton di sini.

Awalnya saya pakai yang gratisan, namun terganggu iklan jadi saya bayar premium. Saat ini saya belum melanjutkan lagi langganan saya karena memasuki bulan Ramadan, waktu untuk menonton ditiadakan dulu. So far saya puas dengan VIU. 

2) Netflix

Ketika rangorang heboh membicarakan serial Netflix ini dan itu, saya bengong aja. Oh nontonnya di Netflix ya? Ada satu serial yang bikin saya penasaran sampai akhirnya beli langganan 1 bulan. Yaitu Emily in Paris. Usai nonton series ini sampai tamat, saya belum sempat nonton yang lain.

Beberapa drama Korea yang bagus juga tayang di Netflix. Berhubung lagi fokus sama Emily in Paris, jadi drakor skip dulu. Sampai akhirnya masa berlangganan saya habis, saya belum terusin lagi karena sibuk.

3) Disney +

Platform ini pernah saya coba karena dapat langganan gratis dari provider simcard yang saya pakai. Sebulan doang gratisannya. Saya sempat cicipi sedikit series yang lagi diomongin rangorang, tapi nggak sampai habis. Lupa namanya apa. Kurang tertarik juga jadi nontonnya nggak tuntas.

Saya belum sempat ngulik ada apa saja di Disney + Hotstar ini. Kayaknya sih asik karena banyak tontonan anak-anaknya ya. Kapan-kapan kalau punya waktu luang mau lebih ngulik lagi ah.

Yak begitulah rekomendasi platform nonton legal dari saya yang jarang nonton. Ahahah, salah orang ya kalau tanya tontonan mah jangan ke saya. Buat nonton 1 drakor saja saya bisa lama banget nyicilnya. 

Biarpun nonton pake nyicil, tapi saya hepi kok. Bisa ada hiburan nonton di tengah keriweuhan masak di dapur. Nonton adalah salah satu me time saya biar tetap waras. Setuju?


1 comment :

  1. Bener banget memang bagaimanapun enakan yang legal, kalau nonton drakor atau film lainnya memang lebih mudah di aplikasi. Netflix terutama mantep emang, VIU juga sih walaupun agak mahal tapi fitur dan drama yang tersedia sesuailah.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top