Thursday, April 14, 2022

Bukan Uang. Ini Tujuan Saya Ngeblog


"Mam, ajain dong nulis blog. Pengen dapet duit juga..."

Pinta Emak A suatu hari setelah tahu 'pekerjaan sampingan' saya sebagai blogger. Saya mengiyakan. Mempersilakan Emak A untuk datang ke rumah untuk belajar. Awalnya setuju, setelah sekian lama, ada pesan baru meminta saya untuk datang ke rumahnya karena dia sibuk.

Jelas saya mengelak. Sebenarnya yang butuh siapa sih? Masa saya yang datengin dia? Mana gratisan pula nggak dibayar. Saya sendiri untuk bisa ngeblog banyak belajar dari kelas online bahkan offline. Dari yang gratisan sampai yang berbayar. Berbagi ilmu itu sedekah, tapi nggak segitunya juga kalii nyuruh dateng buat ngajarin.

Lalu ada lagi Emak B, tetangga dekat rumah. Tahu aktivitas saya kadang mereview produk, dikirimi barang gratisan dan tulisannya dibayar, dia pun mupeng minta diajari. Kembali saya persilakan untuk datang ke rumah. Sampai detik ini, beberapa tahun berlalu, dia sudah lupa minta diajari...

Tujuan mulai ngeblog itu apa?

Jika murni untuk mencari uang, ya diseriusin dong. Lakukan berbagai macam cara supaya monetasi blog berjalan dengan lancar. Caranya bagaimana, mangga googling sendiri ya.

Tujuan saya ngeblog apa?

Sampai sekarang, hingga detik ini, setelah 11 tahun menulis blog... tujuan saya tetap sama: me time dan terapi jiwa. Menulis blog itu menyenangkan. Bikin hati riang dan ada kebanggaan tersendiri setelah publish blog.

Ibarat numpang curhat, rasanya lega sudah menuangkan unek-unek di kepala. Kalau nggak diungkapkan jadi jerawat eh bakal jadi sesuatu yang terpendam. Lama dipendam nanti numpuk. Lama numpuk nanti saya stress. Yah begitulah hahaha.

Ngeblog dapat duit, siapa menolak?

Yaiya dong, masa dapat rejeki halal ditolak. So far saya menikmati prosesnya dari sepi job sampai rame, nolak job sampe nyari job. Dan  akhirnya duduk manis, menanti masa pensiun, menerima kalau ada yang nawarin job. 

Berhubung ngeblog bukan prioritas utama saya, jadi enjoy nikmati apa adanya. Ada job alhamdulillah, enggak ada juga gapapa. Pokoknya ngeblog dibawa hepi weh jangan jadi beban.

Keep blogging with your heart! 

No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top