Saturday, April 30, 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Alhamdulillah tidak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Banyak yang merasa bahwa Lebaran kali ini istimewa. Gimana enggak, setelah terhalang pandemi selama 2 tahun, baru sekarang ini kita diizinkan untuk mudik, bertemu sanak keluarga di kampung halaman. Wah pasti seneng banget ya!

Saya sendiri adalah tim yang tidak mudik. Alias jaga kandang aja di komplek. Seperti yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya, saya dan suami memang selalu pulang kampung ke Bogor waktu masih merantau. Setelah menetap di Bogor, yaa nggak perlu pulang kampung lagi dong.

Rumah saya berada di pinggiran Kota Bogor. Dulu, suami punya pertimbangan untuk mengambil rumah di daerah ini karena letaknya pas di tengah rumah kedua orang tua kami. Yaitu antara Ciapus Bogor dan Depok. Setelah Eyang (ibu) ikut saya, tinggal kakak yang ada di Depok. Tetap posisinya di tengah kan.

Biasanya kami sekeluarga shalat Idul Fitri dulu di halaman mesjid dekat rumah. Dulu di ruko depan komplek, sejak mesjid direnov dan punya halaman luas, warga pun bisa shalat Ied di halamannya yang lapang. Alhamdulillah, jadi makin dekat dari rumah saya.

Setelah shalat Ied, kami berkumpul di gang. Satu RT saling bersilaturahim dan bermaaf-maafan. Setelah itu, cuss langsung menuju ke Ciapus, kediamaan orangtua suami. Besoknya baru kami ke Depok, menemui kakak dan Eyang yang ikut berlebaran di sana. Lusanya, kami mengunjungi Aki (ayah saya) di Cikampek. Yup, orangtua saya sudah bercerai.

Namun makin ke sini, suasana Idul Fitri jadi berbeda. Orangtua kami dipanggil satu per satu ke hadapan Allah. Pertama Nenek (ibu mertua), lalu Eyang (ibu saya), dan terakhir beberapa bulan yang lalu Kakek (bapak mertua). Ini kali pertama kami berlebaran tanpa Kakeknya anak-anak. 

Sempat bingung, Lebaran nanti kami harus pergi ke rumah mana? Rumah almarhum Kakek sudah diisi oleh pengontrak. Mau ke rumah kakak ipar, mereka sekeluarga pasti ke rumah orang tua istrinya. Ke rumah kakak saya juga, biasanya hari pertama mereka mengunjungi keluarga suami kakak saya.

Kemudian teringat bahwa saya masih punya keluarga dari Eyang yang dituakan, yaitu adik tiri ibu saya yang tinggal di ujung Bogor satunya lagi. Setelah berdiskusi dengan suami, kami pun berencana datang ke sana pada hari pertama Lebaran nanti. 

Rencana pada hari kedua Lebaran, kakak saya dan keluarganya mengajak pergi bareng ke Cikampek untuk bertemu Aki. Ini kali pertama kami pergi barengan. Biasanya waktunya tidak bersamaan karena kesibukan masing-masing. 

Selalu ada yang baru di setiap langkah kehidupan. Memulai sesuatu yang baru tanpa seseorang yang selalu dekat pastinya bikin sedih. But life must go on. Namanya hidup pasti tidak akan lepas dari namanya kehilangan. Insha Allah kami siap menyambut Hari Raya Idul Fitri pertama tanpa kehadiran Kakek....

Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H
Mohon maaf lahir dan batin dari saya dan keluarga ^_^


No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top