Saturday, December 29, 2018

Liburan ke Bali Naik Mobil? Lakukan Persiapan Berikut Agar Perjalanan Jadi Menyenangkan

liburan ke bali murah

Libur telah tiba! Liburan akhir tahun yang bertepatan dengan libur sekolah ini sudah lama dinanti. Pengen banget ajak anak-anak pergi berlibur. Mau pergi kemana? Saya punya saran: gimana kalau liburan ke Bali naik mobil? Iya, naik mobil. Menyusuri jalan darat sepanjang pulau Jawa. Berani nggak? 


Kenapa naik mobil? Kenapa nggak naik pesawat atau kereta aja? Eits. tunggu dulu. Liburan bawa mobil sendiri itu banyak banget untungnya. Mau liburan ke Bali murah ya lewat jalan darat. Lebih hemat. Kita nggak perlu bayar tiket pesawat yang mahal dan sewa mobil selama berkeliling di Bali.

Liburan ke Bali naik mobil itu lebih seru. Mampir dari kota ke kota di sepanjang pulau Jawa, pemandangan menarik kerap memanjakan mata. Banyak tempat-tempat wisata yang bisa disinggahi sejenak saat melakukan perjalanan. 

Nggak ketinggalan, dengan naik mobil waktu jadi lebih fleksibel. Kita bisa berhenti kapan saja untuk beristirahat atau menikmati keindahan wisata setempat. Karena waktunya yang santai, membawa anak-anak bahkan adek bayi naik mobil ke Bali juga bisa, lho.

Friday, December 28, 2018

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Bagikan Saat Sedang Berlibur



Saat musim liburan tidak ada salahnya jika kamu ingin pergi ke suatu tempat untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas pekerjaan dan sedikit menjauh dari hiruk pikuk perkotaan. Menikmati waktu sendiri selama liburan menjadi fokus utama kamu berlibur. Tapi jangan sampai lupa dengan keadaan sekeliling kamu ya, apa lagi mengunjungi tempat yang punya adat istiadat yang sama sekali berbeda dengan kamu.

Ada beberapa hal kecil yang bisa kamu bagikan untuk menunjukan kepedulian kamu saat pergi berwisata ke tempat tempat baru. Beberapa diantaranya mungkin tanpa sadar sudah sering kamu lakukan, apa saja? 

Wednesday, December 19, 2018

Target Blogging 2019. Hindari Nomor 5 Jika Ingin Jadi Blogger Profesional

Hindari Nomor 5 Jika Ingin Jadi Blogger Profesional


Yihaaaa! Hari terakhir #BPN30dayChallenge2018!

Akhirnya... bisa juga saya menuntaskan challenge menulis selama 30 hari berturut-turut. Mau ikutan ini sempet maju mundur, lho. Mikir lagi, sanggup nggak nih. Lalu teringat dari challenge serupa yang pernah saya ikuti. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan sukses. Kuncinya harus konsisten membagi waktu setiap hari untuk menulis, itu aja sih.

Sesuai dengan tema hari ke 30 alias hari terakhir yaitu target blogging 2019. Pas banget ya, mau pergantian tahun nih. Tahun 2018 sebentar lagi udahan dan tahun 2019 siap disongsong. Yuk, kita semangat bareng!

Tuesday, December 18, 2018

5 Situs yang Sering Dikunjungi Saat Menulis Blog

saat menulis blog


5 Situs yang sering dikunjungi? Nah lho, malu-maluin karena ketahuan kalau saya jarang beredar dengan baik dan benar. Jadi bingung, saya ke mana aja ya? Perasaan cuma muter-muter di situ aja, hehehe.


Biasanya, situs yang saya kunjungi selalu berhubungan dengan materi postingan blog. Jadi, saya nyari bahan lewat situs tersebut. Yang pasti, setiap hari wajib pisan buka situs website pribadi alias blog sendiri. Ya iya lah.


Setelah buka blog pribadi dan berhasil posting, tulisan terbaru saya share. Saya buka deh situs website media sosial. Ini juga wajib dikunjungi buat share tulisan, yaitu: Facebook, Twitter, Instagram. Linkedin. Buka Facebook aja bisa makan waktu karena tempat yang saya share adalah di timeline pribadi, Fanpage pribadi, dan grup komunitas (ini kadang nggak semua saya share). 

Monday, December 17, 2018

5 Situs Belanja Favorit

belanja online


5 Situs belanja favorit jadi tema di #BPN30dayChallenge2018 hari ke 27. Wah, asyik! Sebentar lagi tuntas sudah 30 hari nonstop nulis blog. Saya udah lumayan kewalahan soalnya, haha. Mohon maaf kalau baca postingan saya yang banyak ngaconya. Nggak sempet edit lagi karena buru-buru diposting.

Ngomongin situs belanja online, saya lagi absen belanja dulu. Terakhir saya beli kasur buat mobil untuk jalan-jalan ke Bali bulan Juli kemarin. Setelah itu ya pas lagi nggak ada kebutuhan yang mau dibeli online aja. 

Etapi datengin situs belanja online itu nggak harus beli juga. Saya suka lihat-lihat sekedar cuci mata dan untuk tahu harga. Waktu beli keperluan umroh, saya hunting sendiri ke ITC Depok. Sebelumnya, saya browsing dulu di beberapa situs belanja untuk perbandingan harga.

Sunday, December 16, 2018

5 Simple Happiness



As I said before, bahagia adalah kunci dari awet muda. Masih inget postingan 5 Simple Tips for Healthier Life? Ketika ditanya apa rahasia saya nggak kelihatan seperti berumur 40 tahun, saya menjawab: bahagia. Uhuk, jangan muntah kalo ada yang muji saya begitu ya, hihihi.


Bahagia itu penting. Cita-cita saya waktu kecil dulu malah bukan pengen jadi insinyur atau dokter gigi. Tapi pengen bahagia, sesederhana itu namun butuh perjuangan panjang untuk mencapainya. 

Bahagia akan terasa begitu berharga setelah kita melewati ujian untuk mencapainya. Itu yang terjadi pada saya. Setelah ujian berat nan panjang yang bikin saya depresi berat, saya bisa bahagia dan hidup tenang bersama keluarga kecil saya. Berkah yang luar biasa, masya Allah... sujud syukur tiada henti atas karunia ini. Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah.

Saturday, December 15, 2018

5 Produk Kecantikan yang Saya Pakai Saat Ini



Saya nggak paham soal kosmetik dan kurang telaten dengan perawatan wajah. Selama ini cuma pakai make up seperlunya aja jika bepergian. Minimal bedak dan lipstik aja udah cukup. Makin ke sini, printilan kosmetik semakin bertambah seiring dengan mood dan hadiah gratisan yang didapat. 


Dapat kosmetik gratis dari mana? Meski bukan beauty blogger, saya pernah dapat perangkat kosmetik gratisan dari salah satu campaign. Kosmetik gratisan lain sebagian besar dari kakak saya yang bekerja di bank. Alhamdulillah, saya nggak puyeng dengan anggaran belanja kosmetik karena dapat kosmetik secara cuma-cuma.

Emang nggak pernah beli kosmetik? Ya suka dong. Tapi jarang banget. Tahu sendiri kan kalau saya jarang dandan. Jadi otomatis kosmetik yang saya beli pada awet nggak abis-abis, haha! Saya biasa membeli kosmetik kalau ada yang habis aja (ya iya atuh). Kadang udah abis juga saya masih cuek belum beli lagi. Yah, gimana sikon deh beli kosmetiknya :D

Friday, December 14, 2018

Bersepeda dan Kenangan Masa Kecil


Bersepeda sepertinya adalah kenangan masa kecil yang masih dijalani sampai sekarang. Tiada hari tanpa bersepeda. Kalau nggak bersepeda, keluarga saya nggak makan. Lho, emang sepeda buat nyari nafkah, Mak? Enggak. Sepeda saya pakai tiap hari buat belanja ke warung sayur. Kalau saya nggak pergi belanja, ya serumah nggak makan, hehehe.


Sepeda baru dibeli saat saya pindah menetap di Bogor. Waktu masih merantau nggak mungkin juga punya sepeda. Nanti bingung dibawa pindahannya. Kalau sepeda anak yang ukuran kecil masih sempat beli waktu tinggal di Solo. Pas pindahan ke Bali tinggal angkut aja ke truk. Begitu pindah lagi, sepeda ditinggal karena sudah rusak.

Cukup lama juga saya tidak mengendarai sepeda. Mungkin terakhir naik sepeda itu pas SMA atau kuliah. Itu juga pakai sepeda balap punya Papi saat saya pulang ke rumah di Cikampek (saya tidak tinggal di rumah ortu sejak SMA). Baru naik sepeda lagi pas tinggal di Solo. Pinjam sepeda tetangga buat nguber tukang sayur. Lama nggak naik sepeda, saya pun berlalu dengan bolak-balik ngegeleyong karena kagok tea...

Thursday, December 13, 2018

5 Keinginan yang Belum Tercapai



Sudah hari ke 24 ikut tantangan #BPN30dayChallenge2018. 


Mulai kewalahan kalau mau akhir pekan begini. Soalnya inget kudu bikin draft buat postingan yang bakal terbit pada hari Sabtu dan Minggu. Lebih riweuh kalau pas saya lagi ada tugas dari kelas online #NgeblogPro. Berasa panas pantat duduk di depan laptop terus-terusan, haha.

Etapi meski riweuh, saya masih semangat. Bentar lagi challenge ini selesai, juga kelas online. Artinya, saya dapat baaanyak pelajaran dan pengalaman baru dari kedua kegiatan tersebut. Dapet tambahan ilmu dari kelas online itu pasti. Sedangkan dari challenge ngeblog selama 30 hari, saya dapat teman baru dan berlatih konsistensi menulis tiap hari.

Nah, tema hari ini adalah 5 keinginan yang belum tercapai. Agak lama juga saya mikirnya. Soalnya saya bingung merasa nggak punya keinginan yang terlalu menggebu-gebu. Maksudnya, mikirinnya santai aja. Kalau terlaksana syukur, kalo belum kesampean ya sudahlah. 

Wednesday, December 12, 2018

Jangan Mau Dihantui Rasa Menyesal



Jangan menyesal... jangan menyesal 
Syukuri apa adanya... hidup adalah anugrah

Mak, itu jangan menyerah bukan menyesal. Nggak papa. Emang sengaja kok disambungin, hehe. Pernah nggak berpikir tentang sesuatu yang disesali dalam hidup? Andai waktu bisa berputar ulang, rasanya pengen ngembaliin situasi sesuai harapan supaya nggak menyesal di kemudian hari. Iya nggak?

Tidak masalah punya pikiran seperti itu. Masih manusiawi. You know what... jalan hidup kita sudah diatur oleh Sang Maha Kuasa. Jika ada kejadian yang bikin penyesalan mendalam, itu adalah salah satu dari skenario Tuhan. Sebagai umat yang sedang diuji oleh-Nya, kita bisa mengambil hikmah dari rasa sesal yang timbul dan menggantinya dengan rasa syukur.

Tuesday, December 11, 2018

Saya Adalah Blogger Apa Adanya



Tidak pernah menyangka sebelumnya, kalau saya bakalan kecemplung di dunia blog. 
Awalnya, saya ngeblog murni buat mengabadikan cerita riweuh keluarga di rantau. Setelah menetap, saya tidak lagi menulis dengan tema family dan traveling. Postingan yang lebih banyak ditulis selama tujuh tahun terakhir adalah tentang lifestyle dan resep masakan.

Saya sangat menikmati jadi blogger. Aih, keren amat. Saya berasa punya profesi baru. Profesi? Apakah ngeblog menghasilkan? Tentu saja. Setelah sekian tahun menulis blog, saya belajar monetasi blog juga. Alhamdulillah, meski hasilnya nggak wah banget, saya bisa punya duit sendiri dari nulis blog dan menjadi buzzer di media sosial.

Monday, December 10, 2018

6 Reasons Why I Love Cooking

suka masak





Jika ditanya pekerjaan rumah tangga yang disukai, apa jawaban buibu sekalian? Pasti macem-macem, ya. Ada yang suka bebenah rumah, nyuci baju, nyuci piring, masak, nyetrika, ngosrek kamar mandi... wah banyak banget pokoknya mah. Kalau saya yang ditanya, buat yang udah kenal pasti tahu dong jawabannya. Iyes, saya pasti jawab memasak!

Kenapa suka masak? Engg nggak tahu juga sih kapan saya mulai suka memasak. Yang pasti, saya aslinya nggak bisa masak ketika baru menikah lho. Sebelumnya emang suka masak iseng aja di dapur kos dan dapur rumah. Itu juga nggak sering. 

Waktu kecil suka ikut bantuin masak di dapur karena asisten pada mudik. Menu yang dimasak juga cuman makaroni skotel karna itu yang dibawa oleh keluarga saya setiap kumpul Lebaran di rumah nenek. Jadi saat saya dan kakak bikin makaroni skotel, Mami bisa memasak hidangan yang lainnya.

Sunday, December 9, 2018

Riweuh Maksimal Setiap Hari Libur

hari libur



Selamat Hari Minggu!



Apa yang biasa moms lakukan di hari libur? Santai bareng keluarga di rumah, pergi jalan-jalan, atau... sibuk sendiri? Tema #BPN30dayChallenge2018, adalah tentang apa yang dilakukan di hari libur. Jujur, nulis postingan pas hari libur itu berat buat saya. Karena pada hari libur saya justru sangat sibuk!



Berbeda dengan working mom kantoran, hari libur identik dengan santai dan leyeh-leyeh. Saya juga pasti begitu karena ngerasain sendiri capeknya setiap hari pulang pergi ke kantor selama hari kerja. Wajar dong, hari libur adalah hari yang istimewa. Bisa santai sekaligus quality time bareng keluarga. 


Sama juga dengan saya soal quality time bareng keluarga. Selama hari kerja, suami ngantor dan anak-anak sekolah. Pas libur, semua ngumpul di rumah. Waktu yang tepat buat spending time together gitu. Mau leyeh-leyeh bareng di rumah, pergi jalan-jalan, atau makan-makan juga cucok.

Saturday, December 8, 2018

10 + 3 OST Drama Korea Penyemangat Menulis

ost drama korea pembangkit semangat



Senengnya ikut tantangan #BPN30dayChallenge2018 adalah bisa nulis artikel organik alias tanpa sponsor. Etapi, nggak ada tawaran job juga blog ini sepi karena saya malas nulis. Kebetulan isi blog emang lebih banyak curhat daripada postingan berbayar. Saya lebih memilih sok sibuk di blog Dapur Ngebut buat posting resep masakan. Kasihan kan, blog ini jadi dicuekin.

Nah, sekarang ikut tantangan nulis 'memaksa' saya buat posting blog setiap hari dengan tema yang sudah ditentukan. Nggak usah mati gaya lagi bingung mau nulis tentang apa. Kebetulan saya punya label baru di blog, yaitu Cerita Drama Korea. Berhubung lagi nggak ada drama menarik yang pengen saya bahas, label itu dianggurin deh. Syukurlah, beberapa tema challenge bisa disambungin untuk label berbau drama korea.

Setelah cerita sinopsis dan sedikit review drama korea, sekarang saya mau ngebahas tentang soundtrack alias OST (original soundtrack) drama korea. OST di tiap drama korea itu jadi kewajiban. Kayaknya nggak afdol kalau nggak ada lagu pengiring ciamik di beberapa adegannya. Nggak harus lagu baru, ada juga yang pakai lagu lama.

Friday, December 7, 2018

Buat Apa Rejeki Nomplok 100 Juta?



Tantangan #BPN30dayChallenge2018 dengan tema 5 Youtuber favorit tidak bisa saya tulis. Alasannya karena saya jarang stalking akun Youtube. Kalau buka Youtube cuma numpang liat drama korea kesayangan atau sambil dengerin soundtracknya juga. 

Jadi, saya emang nggak paham akun Youtube populer atau yang viral atau apa lah yang sesuai dengan niche-nya. Meski suka memasak, buka akun Youtube khusus masakan juga nyaris nggak pernah.

Makdarit alias maka dari itu, saya pilih tema pengganti saja, yaitu: kalau kamu dapat hadiah uang 100 juta, apa yang akan kamu lakukan? Rejeki nomplok pernah saya peroleh sekitar tahun berapa ya 2010 atau 2011. Saat itu saya kebagian hasil penjualan milik keluarga. Engg nilainya yah lumayan.

Thursday, December 6, 2018

5 Hal yang Ingin Dilakukan di Tahun 2019



Tahun 2018 sebentar lagi berakhir. Tiap pergantian tahun, biasanya ada yang suka bikin resolusi untuk tahun berikutnya. Saya nggak ikutan bikin resolusi. Memang resolusi itu bagus, jadi pemicu semangat untuk mewujudkannya. Bukan saya lagi nggak bersemangat, boleh dibilang kalau saya sudah nggak punya resolusi lagi untuk diwujudkan. Sombong ya? Sepertinya begitu, hehe.

Boleh dibilang, pada usia kepala empat ini apa yang saya idamkan sudah tercapai. Saya sudah nggak punya cita-cita apalagi ambisi. Tinggal mengalir saja menikmati hidup. Pensiun sudah di depan mata, euy! Jadi, sekarang saya lagi enjoy 'masa jelang tua' ini mumpung fisik lagi kuat. Lalu 'menabung' kebahagiaan buat masa tua dan akhir hayat nanti.

Wednesday, December 5, 2018

11 Kota Tempat Saya Pernah Tinggal



Postingan hari ke 16 untuk #BPN30DayChallenge2018 bertema 10 List blog favorit untuk blogwalking. Sayang sekali, saya bukan blogger yang rajin blogwalking. Buat nulis di dua blog aja saya udah megap-megap. Jadi saya jarang banget blogwalking. Kecuali berkunjung balik ke teman-teman yang sudah komentar di blog saya. Tolong maafkan ya.

Oleh karena itu, saya pilih tema pengganti yaitu kota-kota yang pernah ditinggali. Berikut ini adalah 11 kota yang pernah menjadi tempat tinggal saya, yaitu:

Tuesday, December 4, 2018

10 Akun Instagram Inspiratif untuk Memotret Makanan



Suka motret makanan? Bingung gimana bisa menghasilkan foto makanan  yang kece, instagramable, dan ngilerable? Sama, saya juga bingung. Pegangan bareng, yuk... eh nggak deng, kita belajar bareng, yuk! Belajar lewat Instagram juga bisa, lho.

Tinggal intipin aja foto-foto keren di beberapa akun Instagram berikut ini, kalau beruntung kita bisa tahu bts alias behind the scene pemotretannya. Mau tahu apa dan siapa saja akun Instagram yang sering saya intip? Ini dia 10 Akun Instagram yang  Memberi Saya Inspirasi untuk Memotret Makanan:

Monday, December 3, 2018

7 Kepribadian Zodiak Leo yang Melekat pada Saya


"Syalala lala ini bintangku... syalala lala mana bintangmu... Marilah kita coba menebak pribadimu pribadiku...Boleh percaya tidak pun boleh...Bintang peramal bukan menentukan..."

Ada yang baca lirik di atas sambil bernyanyi? Jika iya,  berarti kita seangkatan. Sama-sama angkatan jadul, hihihi. Saya lupa judul lagu dan nama penyanyinya. Yang pasti, jaman saya masih SD dulu, masih banyak orang percaya dengan zodiak dan ramalannya. Bahkan di majalah dan koran, kolom zodiak selalu ada. Lengkap dengan ramalan minggu ini dan nasehat bagi setiap zodiaknya. 

Sunday, December 2, 2018

Kuingin Kembali ke Madinah



Jika ditanya tempat destinasi wisata impian, jujur saya nggak tahu pengen pergi ke mana lagi selain menginjakkan kaki ke Negara Arab. Pengennya bisa segera menunaikan ibadah haji, dan saya harus bersabar cukup lama menunggu antrian keberangkatan. 

Sambil menunggu berangkat haji, bulan Oktober lalu saya dan suami mendapat rejeki umroh ke tanah suci. Pengalaman selama umroh membuat saya jatuh hati pada Madinah yang menentramkan hati. Jadi, kalau ditanya tempat destinasi wisata impian, jawaban saya sekarang adalah: Madinah.

Saturday, December 1, 2018

5 Simple Tips for Healthier Life




"What's your secret?"

Tanya gadis muda asal Pakistan yang berkenalan dengan saya. Kami berjumpa di Masjidil Haram Mekah ketika sama-sama umroh bulan lalu. Dia tidak percaya saat diberi tahu bahwa usia saya sudah 42 tahun. Menurutnya, saya tidak terlihat seperti perempuan berusia kepala empat. Apakah saya awet muda? Hihi, ge er banget ya. 

Kemudian saya jawab, "Just be happy."

Iya, itu aja rahasia dari saya. Rahasia apa, Mak? Eng anu, apa ya...

Saya orangnya nggak pede. Jadi suka salah tingkah kalau ada yang muji. Alhamdulillah, biar penampilan standar nggak modis dan nggak mudeng make up, ternyata masih ada yang muji kalau saya awet muda, hehe. Ngomong soal awet muda, menurut saya itu nggak lepas dari hidup sehat. Tentu dong, semakin sehat tubuh, semakin segar pula penampilan kita. Setuju?

Friday, November 30, 2018

Menata Koleksi Buku dengan Lemari Buku Custom




Saya suka baca buku. Suami juga. Setelah menikah, kami mengajarkan anak-anak untuk cinta buku sejak dini. Alhamdulillah, mereka ketularan suka baca juga. Toko buku adalah tempat utama yang kami datangi jika main ke mall. Sudah puas nangkring di toko buku, kami pun segera keluar dari mall untuk mencari makan siang. 

Jadi cuma ke toko buku doang? Keluarga kami bukan keluarga mall. Main ke mall kalau ada perlunya aja. Misalnya, perlu beli baju atau tas untuk salah satu anak, mau benerin kacamata atau jam tangan, atau barang khusus yang harus dibeli dan cuma ada di mall A. Soal selera makan, kami lebih suka makan di luar mall. Bukan masalah harga, cuma masalah selera aja. 

Balik lagi soal buku. Begitu mentinginnya buku, saya merelakan anak-anak membeli buku meski kondisi duit lagi pas-pasan. Asal bukunya jangan terlalu mahal ya, Nak (teuteup pengen hemat, haha).

Thursday, November 29, 2018

5 + 3 Drama Korea Berseting Tempat Kerja yang Asyik untuk Ditonton



Saya nggak pernah menyesal karena tidak sengaja kejebur di dunia drama korea. Mulanya kebawa oleh teman-teman Asinan Blogger yang kadang suka ngomongin drama korea. Dari cuma tahu Lee Min Ho namanya doang (nggak tahu yang mana orangnya). Sekarang saya jadi tahu ada banyak oppa lain yang nggak kalah menawan, haha.

Kapan saya bisa nonton drama korea? Kalau lagi senggang, tentu saja. Kalau nggak senggang gimana? Ya dipaksain senggang. Enggak deng. Saya nonton pas lagi ada yang mau ditonton aja dan pas ada waktunya. Kadang 1 judul bisa beres lama, kadang dalam seminggu juga udah beres. Gimana sikon.

Berhubung saya ini emak-emak, drama yang mau ditonton kudu disaring dulu. Kalau nggak ada rekomen dari temen atau pas googling bilang itu drama nggak menarik. ya nggak saya liat. Saya harus selektif memilih drama korea yang worthed biar nggak berasa buang-buang waktu pas nonton, hehe.

Wednesday, November 28, 2018

5 Blogger Perempuan Inspiratif versi Inna Riana



O ow, kamu ketahuan... jarang blogwalking! Duh, malu aku malu pada semut merah jadinya deh. Bukannya sombong, saya memang nggak sempat blogwalking alias mampir ke blog teman-teman blogger karena riweuh. Riweuh ngerjain postingan sendiri atau dikejar deadline kerjaan padahal saya belum masak, dan itu bisa bikin panik.

Punya blogger favorit? Pasti dong! 

Saya punya blogger panutan meskipun saya sudah jarang berkungjung rutin ke blog mereka tersebut. Maapken ya para suhu. Penyebabnya adalah saya belum siap buat belajar. Mampir ke blog para suhu selalu mendatangkan pencerahan. Kalau nggak buru-buru disimpan dan dipraktekkan, keburu nguap ilmunya. Dan jeleknya, saya belum sempet aja buat praktek ilmu yang diperoleh dari postingan yang baru dibaca... hiks...

Tuesday, November 27, 2018

5 Barang yang Selalu Ada di Tas




Barang apa saja yang selalu ada di tas? Namanya perempuan, apalagi emak-emak, maunya sih bawa segala endah di dalam tas. Berasa kayak punya kantong Doraemon, apa saja yang dibutuhkan langsung ada. Enaknya! Etapi, kalau semua dibawa nanti tasnya berat. Jadi yah kudu dipilah pilih mana yang wajib dibawa dan mana yang tidak.

Isi tas buat perempuan yang sudah jadi emak-emak biasanya disesuaikan dengan usia dan jumlah anak. Bener nggak? Jaman saya masih punya anak kecil dan sudah nggak perlu ribet bawa tas bayi lagi, perlengkapan anak bisa ikutan masuk ke dalam tas milik saya. Jadi lebih mudah dibawa daripada harus menenteng dua tas seperti waktu masih punya bayi. 

Monday, November 26, 2018

5 Jajanan Berkuah yang Enak dan Mudah Ditemui di Bogor



Pertama menginjakkan kaki kembali ke kota Bogor, salah satu hal yang membuat saya exited adalah kulinernya. Ketika merantau, saya sering kangen makanan khas kota ini. Sekarang mau makan enak nggak perlu ngidam lagi karena semuanya ada dalam jangkauan. Kalau mau, tinggal cari dan dapat. Senangnya!

Tidak heran. berat badan saya cepat sekali naik karena banyak makanan enak yang menggoda iman. Namanya selera lidah sunda, apa aja yang ada di Bogor kayaknya saya mah demen aja. 

Kali ini saya mau ngebahas kuliner bogor berupa jajanan kaki lima. Lebih khusus lagi yaitu jajajan berkuah. Berhubung namanya jajanan kaki lima, makanan ini memang banyak dijual di pinggir jalan kota Bogor. Kebanyakan menggunakan gerobak dorong atau di warung makan sederhana.

Sunday, November 25, 2018

5 Fakta tentang Inna Riana

#BPN30dayChallenge2018


Sebenarnya, saya malu jika disuruh ngomongin tentang diri sendiri. Berhubung ini adalah tema keenam dari #BPN30dayChallenge2018, maka saya mau menulis fakta tentang diri sendiri. Sebelumnya, perkenalkan dulu nama saya Inna Riana, lengkapnya Riana Wulandari. Saya ibu dari tiga putra dan tinggal di Bogor. Keseharian saya hanyalah ibu rumah tangga biasa yang kebetulan suka menulis blog.

Jika berkenalan, kesan pertama mungkin saya adalah orang yang pemalu dan tidak banyak bicara. Tapi anehnya kalau lewat chat dan tulisan di blog, saya malah terkesan bawel, hehe. Kok bisa? Ya bisa dong. Kan bahasa tulisan di dunia maya tidak sama dengan tutur kata saat berhadapan langsung. Sepertinya, kalau lewat tulisan saya bisa meleber ngomongin macem-macem.  

Saturday, November 24, 2018

Media Sosial untuk Meningkatkan Jumlah Pembaca Blog

#BPN30dayChallenge2018


Media sosial semakin menancapkan eksistensinya seiring dengan perkembangan jaman. Hari gini, siapa sih yang nggak punya akun media sosial? Aneka platform media sosial bertebaran di dunia maya. Kita tinggal memilih media sosial yang mana sesuai dengan kebutuhan. 
Social media are interactive computer-mediated technologies that facilitate the creation and sharing of information, ideas, career interests and other forms of expression via virtual communities and networks (Wikipedia)
Beraneka ragam media sosial, hanya segelintir saja yang saya tahu. Yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Pinterest, Google+, dan Linkedin. Media sosial lainnya seperti Tumblr, Weibo, Reddit, Ask.fm, Flickr, dan lainnya masih asing buat saya. 

Friday, November 23, 2018

5 Alasan Mengapa Harus Bergabung di Blogger Perempuan Network

#BPN30dayChallenge2018


Awal punya blog, saya nggak tahu ada yang namanya komunitas blogger. Saya pikir, saya nulis blog ya nulis aja. Ternyata, sesama penulis blog yang disebut blogger itu punya tempat berkumpul yaitu komunitas blogger. Begitu tahu, langsung deh saya gabung dengan beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia. 

Ternyata, gabung di komunitas blogger itu asyik banget. Berasa dikelilingi dengan teman senasib, sama-sama pencinta blog. Dari berbagai komunitas blogger, saya merasa bahagia dan berbunga-bunga sejak bergabung dengan Blogger Perempuan Network. Mau ketularan bahagia kayak saya juga? Simak alasan mengapa kamu harus bergabung di Blogger Perempuan Network berikut ini:

Thursday, November 22, 2018

Blog Inna Riana sebagai Blog Pribadi





Melanjutkan tantangan menulis #BPNChallenge2018 dari Blogger Perempuan Network. Tema kali ini adalah: kenapa memilih nama blog yang sekarang digunakan? Blog Inna Riana diambil dari nama saya sendiri. Nama lengkap saya adalah Riana Wulandari dan biasa dipanggil Inna. Waktu masih sekolah, ada dua orang yang bernama Ina. Untuk membedakan Ina yang satu dengan lainnya, maka saya dipanggil Inna Riana. Nama panggilan inilah yang saya gunakan untuk jadi nama blog.

Mulanya blog Inna Riana ini bernama Cerita Emak Riweuh karena merupakan 'anak' dari blog pertama saya yang bernama Emak Riweuh. Sesuai dengan namanya, blog ini berisi cerita dari Emak Riweuh yaitu saya sendiri (karena saya merasa riweuh atau repot selalu). Yang namanya cerita ya isinya macem-macem. Apa saja yang pengen saya ceritain di blog pasti langsung ditulis.

Wednesday, November 21, 2018

Tema Blog Sesuai Minat


Tema blog sesuai minat bisa bikin kita makin semangat menulis.  Nggak percaya? Kalau buat saya sih iya banget, karena kita jadi fokus pada tema tertentu. Tentu saja, tema tersebut harus kita sukai dan lebih bagus lagi kita punya pengetahuan lebih tentang tema tersebut. Rasanya nikmat sekali jika kita mengerjakan sesuatu yang disukai, bener nggak?  

Saya sendiri menyukai blog bertema masakan, traveling, parenting, dan crafting. Karena suka, semua tema itu bisa ditemui di blog yang saya buat. Sering memang paling sering mampir ke blog lain dengan tema tersebut. Sesekali saya bersilaturahim ke teman-teman fashion blogger atau beauty blogger. Setelah itu langsung nganga kagum dengan kecantikan dan ciamiknya blog mereka.

Tuesday, November 20, 2018

Kenapa Menulis Blog?



Kenapa Menulis Blog? Jawabannya adalah untuk kenang-kenangan. Saya suka menulis dan ingin tulisan saya lebih 'kelihatan' dan mudah untuk dicari. Mulanya, saya hanya coba-coba saja menulis blog. Sepertinya lebih enak daripada menulis di notes Facebook. Apalagi blog punya alamat sendiri, kesannya keren gitu, punya rumah sendiri untuk tulisan-tulisan kita di dunia maya. Nggak disangka, saya malah keterusan menulis blog dari tahun 2011 sampai sekarang.


Saya membuat blog saat masih berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti pekerjaan suami. Isi blog tentang catatan perjalanan hidup keluarga kami di rantau. Saat itu saya berniat untuk mendokumentasikan kisah keluarga kami dan kelak bisa dibaca oleh anak-anak saya. Syukur syukur kalau tulisan saya itu bisa bermanfaat buat orang lain. Misalnya tulisan tentang parenting dan aneka tempat wisata yang sudah kami kunjungi.

Friday, October 5, 2018

Bersuka Ria di Taman Kita Oreo

taman heulang



Siapa suka Oreo? Biskuit hitam manis ini jadi kesukaan 3 boyz, anak-anak saya. Buat cemilan iseng, jajanan sambil tamasya, bahkan untuk bekal sekolah cocok banget ditemani biskuit Oreo. Isi krim lezat di tengah biskuit jadi sensasi tersendiri. 


Oreo bukan hanya dinikmati sebagai cemilan. Buat campuran kue bahkan minuman juga bisa. Kue dengan taburan biskuit Oreo, hidangan pencuci mulut seperti es krim dengan tambahan Oreo, juga minuman seperti milshake Oreo. Hmm, nikmat! 

Tahu nggak sih, ternyata Oreo adalah biskuit favorit yang sudah terkenal di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Biskuit legendaris ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. Biskuit Oreo merupakan biskuit yang paling laris dijual di abad milenial ini dengan hasil penjualan lebih dari $2 miliar secara global. Wow, nggak heran biskuit Oreo ini punya banyak pengemar di mana-mana.

Tuesday, September 25, 2018

7 Hal yang Saya Suka dari Thirty but Seventeen



Nonton drama korea baru saya lakukan dalam waktu tiga tahun terakhir. Awalnya karena nggak sengaja buka drakor donlotan yang dititip Melly (tetangga sekaligus teman blogger) di laptop saya. Setelah itu, keterusan minta file drakor ke teman-teman Asinan Blogger. Jadi, kalau saya kurang paham tentang dunia drakor, maapkan yaa. Harap maklum karena masih newbie.

Bosan nonton file donlotan, saya pindah ke aplikasi drakor Viu. Itu juga maunya gratisan. Sengaja, biar nggak ketagihan maksudnya, haha. Biasanya saya nonton drakor yang udah direkomen sama temen. Pastinya yang udah tamat. Saya jarang nonton yang on going. Tapi setelah mulai kenal nama-nama pemain drakor, mulai deh penasaran nonton drama on going terbaru mereka.

Salah satu drama on going yang menarik minat saya adalah Thirty but Seventeen atau Still 17. Dan beneran, nonton drama ini nyiksa banget karena bikin baper dan penasaran. Berikut 7 hal yang saya suka dari drama Korea Thirty but Seventeen.

Saturday, September 22, 2018

Mewujudkan Rencana Liburan Akhir Tahun dengan Cara yang Praktis dan Hemat



Liburan akhir tahun masih beberapa bulan lagi. Merencanakan libur akhir tahun dari jauh hari seperti sekarang ini bisa dapat keuntungan tersendiri. Tempat yang dituju lebih pasti dan anggaran budjet bisa disiapkan sesuai keperluan. Dulu, kami sekeluarga kerap dadakan saat menentukan ingin liburan ke mana. Tapi setelah merasakan sendiri enaknya punya rencana liburan, cara ini akan kami pakai untuk seterusnya.

Liburan terakhir kami adalah ke Bali dengan kendaraan pribadi. Liburan ini sudah direncanakan dari tahun sebelumnya. Itenary dan  budget sudah disusun. Reservasi hotel juga sudah dilakukan. Tinggal berangkat dengan hati gembira tanpa khawatir nggak dapat tempat menginap dan sudah tahu tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi. Senangnya!

Sunday, September 16, 2018

Nggak Update Bukan Berarti Hidup Lo Nggak Menarik




Nggak update, bukan berarti hidup lo nggak menarik. Itulah yang ada di pikiran saya tentang situasi yang sedang dihadapi saat ini. Betul, karena sesuatu hal, saya tidak bisa lagi aktif di media sosial dan blog. Padahal, sebagai blogger kan biasanya harus up to date dan aktif terus supaya bisa terus eksis. Makin eksis artinya makin dikenal banyak orang dan job pun berdatangan, betul tidak?

Sebenarnya, masalah nggak bisa eksis lagi di dunia blogger juga pernah saya bahas di postingan ini. Meski terbilang baru di dunia blogger dan belum bisa jadi blogger yang 'gimana gitu', saya sadar nggak bisa berbuat banyak karena faktor usia dan pilihan untuk lebih memprioritaskan keluarga. 

Thursday, September 13, 2018

Lakukan 7 Hal Ini untuk Menghemat Budget Belanja Smartphone Online




Pengunaan smartpone erat dengan lifestyle jaman now. Keseharian kita tidak bisa lepas dari gadget yang satu ini. Mulai bangun pagi pakai alarm smartphone, mengatur agenda harian, urusan komunikasi via telpon dan sms serta aplikasi online, update status keeksisan di media sosial, dan segala hal yang berhubungan dengan internet. Semuanya bisa dilakukan oleh smartphone, telepon seluler pintar dalam genggaman.


Meskipun saya nggak terlalu mengikuti perkembangan jaman now, sebagai emak blogger mau tidak mau saya ikutan juga berurusan dengan smartphone. Yap, smartphone adalah a must have gadget demi menunjang pekerjaan sampingan yang satu ini.

Dahulu kala, saya pakai telepon genggam alias hp yang bisa sms dan nelpon doang. Begitu ekonomi keluarga meningkat plus sudah kenal internet, baru deh saya mempertimbangkan smartphone yang tepat untuk menjadi pendamping hidup eh untuk keseharian saya.

Thursday, July 26, 2018

Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Terhindar dari Bahaya Radikal Bebas



Beberapa hari yang lalu, saya naik ojek online dari pusat kota Bogor menuju ke rumah. Panas matahari yang terik membuka percakapan antara saya dan abang ojek, "Panas banget ya, Bu. Mau hujan kayaknya, nih..." Betul, cuaca di Bogor saat ini sedang masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Dari tiba-tiba panas menyengat di siang hari, berubah menjadi hujan deras pada sore atau malam hari.

Perubahan suhu yang dirasakan memang cukup drastis. Dari panas menjadi dingin. Jika tidak menjaga kondisi tubuh, kita bisa jatuh sakit. Dan ini terjadi pada saya kemarin. Usai naik motor, saya merasa tidak enak badan. Bukan karena cuaca terik saja. Saat di luar rumah tadi, lalu lintas jalan raya lumayan padat. Paparan polusi dari asap kendaraan bermotor tidak bisa dihindari. 

Polusi udara dari asap knalpot merupakan radikal bebas yang ada di sekitar kita. Radikal bebas berbahaya lainnya adalah virus yang jelas tidak bisa tertangkap oleh mata, asap rokok, serta makanan yang menggunakan zat pengawet dan pewarna. 

Friday, July 20, 2018

Hijab Segi Empat yang Nyaman Dipakai dari I&U Apparel



Assalamualaikum!

Beberapa hari yang lalu, saya posting di akun Instagram tentang kapan saya mulai memakai hijab. Beberapa teman ikut sharing cerita mereka. Ada yang pakai hijab karena nazar, habis nikah, mau masuk sekolah, bahkan sudah terbiasa pakai hijab sejak sekolah TK. Masya Allah...

Saya sendiri mulai berhijab karena nazar: jika bekerja kantoran mau langsung pakai hijab. Setelah beberapa bulan menjadi sarjana pengangguran, saya diterima bekerja di salah satu bank swasta asing di kawasan Sudirman Jakarta. Seneng banget, dong! Sesuai nazar, hari pertama kerja saya langsung pakai hijab. Jaman dulu, saya belum internetan pakai smartphone. Nggak bisa lirik video tutorial hijab kayak jaman now. Jadinya yah gitu deh... saya pakai hijab mencong-mencong, hehe.

Saturday, July 7, 2018

Liburan Senang, Dompet Ikut Tenang ala Keluarga Surya



Halo semua! Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat ya, aamiin. Gimana? Sudah mulai sibuk beraktivitas, atau masih menikmati liburan? Libur kenaikan tahun ajaran baru tahun ini lumayan lama ya. Disatukan dengan libur Hari Raya Idul Fitri, ada mungkin sekitar satu setengah bulan anak-anak nganggur di rumah.

Mumpung liburan panjang dan lama, rasanya pengen banget ajak keluarga pergi liburan ke tempat yang jauh. Waktunya juga bisa lebih lama. Pokoknya, puas-puasain liburan deh! Waktunya bersenang-senang. Cuti kerja pun dibela-belain biar bisa pergi bareng kelurga tercinta. 

Kenapa liburan itu perlu? Buat saya, liburan itu ga sekedar refreshing. Bisa bikin bonding keluarga jadi lebih erat. Quality time banget gitu lho. Manfaat liburan yg paling penting adalah menorehkan memori indah untuk anak-anak kita. Di masa mendatang, kelak mereka akan ingat momen bahagia liburan bareng keluarga tercinta.

Tuesday, May 15, 2018

Perhatikan 8 Hal Ini Saat Memilih Tas Anak Sekolah Agar Awet Dipakai


Tidak terasa, sebentar lagi ujian akhir semester akan diselenggarakan. Tentu saja, usai ujian ada libur panjang kenaikan kelas. Yeay, libur telah tiba! Bukan anak-anak saja yang bergembira menyambut liburan sekolah, kita sebagai orang tuanya ikut seneng juga. Bisa jalan-jalan atau menghabiskan waktu lebih lama bersama buah hati kesayangan.

Saya dan keluarga sudah punya acara untuk libur sekolah nanti. Mau ke mana? Ah, rahasia dong! Doain semoga terwujud dengan lancar ya, aamiin. Seneng-seneng pas liburan sekolah sah-sah saja. Tapi jangan lupa, setelah liburan, anak-anak kembali masuk sekolah. Jadi, dana liburannya jangan dihambur-hambur ya. Sisihkan untuk keperluan masuk sekolah. 

Memasuki tahun ajaran baru, biasanya banyak keperluan sekolah yang harus dipersiapkan. Biaya paling besar adalah untuk membayar uang pendaftaran sekolah, jika ada anak yang baru masuk TK, SD, SMP, atau SMA. Keperluan sekolah yang wajib ada mulai dari alat tulis, seragam, sepatu, sampai tas anak sekolah.

Monday, May 14, 2018

Diet Aman dan Sehat dengan Slim & Fit


Dentuman musik penyemangat senam aerobik sudah berhenti. Studio senam berganti dengan suara riuh para ibu yang baru saja selesai berolahraga bersama. Saya berdiri menyender di dinding sambil mengatur napas dan menyeka keringat. Sesekali meneguk air dari botol minuman. Ah, segarnya setelah berolahraga!

Olahraga senam aerobik rutin saya lakukan seminggu sekali, setiap hari Selasa. Kadang suka bolos juga karena sibuk atau malas (seringnya sih yang terakhir, hehe). Tempat senam juga tidak jauh dari rumah. Bisa pakai sepeda sendiri atau nebeng naik motor bareng Mama Atha dan Mama Tiara (tetangga saya) naik motor. 

Tiba-tiba, seorang ibu berteriak lantang, "Jangan pulang dulu ya, ibu-ibu! Kita ngaliwet! Ada nasi liwet, jengkol, ikan asin, sambel, lalapan... wuih mantap!" Sontak suara riuh mengiyakan dan ungkapan riang terdengar sebagai jawaban. Saya cuma tersenyum saja, lalu pamit pulang karena harus memasak makan siang dan menyiapkan bekal sekolah untuk Kk Rasyad dan Dd Irsyad.

"Bu, hayuk sini bentar! Jangan pulang. Makanannya banyak, sayang nih..." kata ibu pemilik studio senam. Sekali lagi, saya pamit sambil meminta maaf pada semua ibu yang ada di studio senam lalu bergegas pergi. Dalam hati saya berpikir, sudah olahraga kok malah makan-makan? Percuma dong sudah capek senam malah nimbun lemak lagi.

Pernah mengalami situasi serupa? Habis olahraga malah terus makan banyak? Eng... saya sering sih, hahaha! Kejadiannya belum sebulan yang lalu. Saat kami sekeluarga berolahraga bareng ke Lapangan Sempur. Pulang jogging terus lapar, ya cari sarapan dong. Mau tahu kami sarapan apa? Soto betawi plus nasi! Lemaknya balik lagi dah!

Sunday, April 29, 2018

Tampil Unik dengan Cinta Produk Lokal Handmade dari Qlapa




Tampil menarik... siapa yang tidak kepingin? Terlihat menarik membuat rasa percaya diri meningkat saat bergaul dengan orang-orang di sekitar kita. Dalam urusan penampilan, bukan hanya penampilan fisik berupa wajah dan bentuk tubuh saja yang jadi perhatian. Mengenakan fashion yang pas juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

Dalam urusan fashion, selera saya termasuk klasik. Saya kurang suka mengikuti trend fashion yang sedang digandrungi para perempuan jaman now. Waktu masih muda dulu (uhuk, sekarang sudah tua) saya kerap mengikuti trend baju dan sepatu pada saat itu. Sayang tidak bertahan lama karena saya cepat bosan. Ketika baju dan sepatu tersebut sudah tidak ngetrend lagi, saya jadi malas memakainya. Malas apa malu ya, hihihi.

Seiring bertambahnya usia, apalagi semenjak berumah tangga, saya jadi makin selektif memilih fashion yang dikenakan. Awalnya karena alasan keuangan. Rasanya kok sayang mau beli baju, sepatu, atau tas yang lagi ngetrend tapi cuma bisa dipakai sebentar saja. Lebih baik uangnya dipakai untuk beli popok dan baju anak. Atau ditabung untuk membeli tiket mudik sekeluarga naik pesawat. Ah, emang ya emak-emak itu perhitungan banget.
Back to Top