Saturday, December 1, 2018

5 Simple Tips for Healthier Life




"What's your secret?"

Tanya gadis muda asal Pakistan yang berkenalan dengan saya. Kami berjumpa di Masjidil Haram Mekah ketika sama-sama umroh bulan lalu. Dia tidak percaya saat diberi tahu bahwa usia saya sudah 42 tahun. Menurutnya, saya tidak terlihat seperti perempuan berusia kepala empat. Apakah saya awet muda? Hihi, ge er banget ya. 

Kemudian saya jawab, "Just be happy."

Iya, itu aja rahasia dari saya. Rahasia apa, Mak? Eng anu, apa ya...

Saya orangnya nggak pede. Jadi suka salah tingkah kalau ada yang muji. Alhamdulillah, biar penampilan standar nggak modis dan nggak mudeng make up, ternyata masih ada yang muji kalau saya awet muda, hehe. Ngomong soal awet muda, menurut saya itu nggak lepas dari hidup sehat. Tentu dong, semakin sehat tubuh, semakin segar pula penampilan kita. Setuju?

Menurut saya, ada 5 tips simpel untuk mencapai hidup sehat, yaitu:

1. Be Happy

Berbahagialah. Dengan begitu, semuanya terasa indah. Menurut saya, ini yang bisa dilakukan supaya bahagia:
a) Mendekatkan diri pada Tuhan membuat batin jadi tenang dan perasaan lebih bahagia.
b) Selalu bersyukur. Ada masalah, ingatlah bahwa kita sedang diuji dan tetap bersyukur.
c) Penuh cinta untuk orang-orang terdekat.
d) Berpikir positif dan menjauhi orang-orang berpikiran negatif
e) Berbagi kebaikan pada sesama.


2. Jaga Pola Makan

You are what you eat. Pernah dengar istilah itu? Betul banget, apa yang kita makan ya itu adalah kondisi tubuh kita. Banyak makan yang tidak sehat bikin obesitas dan mengundang banyak penyakit. Sedikit makan bisa bikin kekurangan gizi. 

Pola makan yang baik yaitu:
a) Asupan makanan bergizi. Makan sayur dan buah jangan ketinggalan setiap hari.
b) Porsi makan tidak berlebihan.
c) Patuhi jadwal makan, jangan telat makan atau melewati waktu makan.
d) Jangan sering jajan junk food, makanan berpewarna dan pemanis buatan.


3. Minum Air Putih 

Tubuh kita perlu banyak cairan agar metabolisme berjalan lancar. Banyak minum air putih supaya badan tetap segar. Kurang minum bisa mendatangkan penyakit, lho. Nggak percaya? 

Cerita sedikit, saya pernah kurang minum sampai anyang-anyangan dan rasanya lumayan menyiksa. Beberapa tahun sebelumnya, saya pernah kena sakit di pinggang belakang. Setelah dicek, ada butiran pasir halus di ginjal saya. Beruntung saya tidak perlu dioperasi. Dengan banyak minum air putih, pasir di ginjal pun luruh dan saya kembali sehat.

Sejak itu, kapok deh. Saya harus minum banyak air putih. Mengurangi minum teh (masih minum sih tapi nggak sebanyak dulu). dan kopi juga (ini kadang-kadang saya masih suka minum kopi). Terus, kurangi juga minuman kemasan karena kadar gulanya yang lumayan tinggi.

4. Olahraga Teratur

Setiap pagi, saya selalu bersepeda untuk belanja sayur. Kebetulan di komplek saya ada banyak tukang sayur. Jadi kalau nggak ketemu bahan makanan yang dicari, bisa loncat ke tukang sayur yang lain. Saya menikmati suasana pagi yang masih segar untuk bersepeda.

Jika tidak bersepeda, badan langsung berasa nggak enak. Selain pagi hari, sorenya saya kembali bersepeda buat sekedar jalan-jalan ke depan komplek membeli keperluan di minimarket. 

Tidak cukup bersepeda saja, saya ikut senam aerobik seminggu sekali. Lumayan keringetan setelah berolahraga bareng ibu-ibu komplek selama 1 jam. 

5. Cukup Istirahat

Begadang jangan begadang... iya ah, saya mah udah nggak kuat begadang lagi. Dulu saya suka begadang kalau lagi ada deadline kerjaaan nulis. Sekarang sadar diri, badan protes diajak begadang. Lemes dan malah jadi sakit. 

Istirahat cukup itu penting. Badan bisa lebih segar dan kita mengerjakan apa saja dengan pikiran yang lebih jernih. Coba kalau orang kurang tidur, bawaannya pasti emosian melulu.

Buat saya, tidur cukup itu penting. Jam 9 malam biasanya saya sudah bersiap untuk tidur. Lalu jam 4 pagi sudah bangun dan menunaikan tugas sebagai ibu rumah tangga. Kalau kurang tidur, saya langsung kliyengan. Biasanya kalau sudah begitu, saya memanfaatkan waktu berangkat anak-anak ke sekolah untuk tidur sejenak. Begitu mereka pulang, saya sudah segar kembali.

Segitu aja my simple tips for healthier life. Saya jadi ngantuk, pengen tidur siang. Mumpung lagi libur hari Sabtu. 

Akhir postingan saya mau pajang kenalan baru saya...

Sampai ketemu lagi!




4 comments :

  1. Makasih tipsnya Mak😊 yg tersulit untuk saya sampai sekarang adalah olah raga.... Be happy juga kadang lolos kalau pas ada banyak masalah hehe.... Intinya bersyukur aja ya😊 makasih SDH diingatkan

    ReplyDelete
  2. Nomor 2 sampai 5 pr banget buatku. Terutama jaga pola istirahat dan minum yang cukup huhuhu .....

    ReplyDelete
  3. Palig suka jaga pola makan sama olahraga, tapi kao ingat anak sama suami jadi semangat :)

    ReplyDelete
  4. Insyaallah mulai rutin no 1, tapi sayang no 2-5 berantakan, hehehe...

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top