Tuesday, December 11, 2018

Saya Adalah Blogger Apa Adanya



Tidak pernah menyangka sebelumnya, kalau saya bakalan kecemplung di dunia blog. 
Awalnya, saya ngeblog murni buat mengabadikan cerita riweuh keluarga di rantau. Setelah menetap, saya tidak lagi menulis dengan tema family dan traveling. Postingan yang lebih banyak ditulis selama tujuh tahun terakhir adalah tentang lifestyle dan resep masakan.

Saya sangat menikmati jadi blogger. Aih, keren amat. Saya berasa punya profesi baru. Profesi? Apakah ngeblog menghasilkan? Tentu saja. Setelah sekian tahun menulis blog, saya belajar monetasi blog juga. Alhamdulillah, meski hasilnya nggak wah banget, saya bisa punya duit sendiri dari nulis blog dan menjadi buzzer di media sosial.


Salah satu produk yang saya promosikan sebagai buzzer adalah kerudung ini:




Pengen punya penghasilan dari blog? Kamu harus rajin dulu! Ya rajin nulis, rajin ngutak-ngatik blog, rajin berinteraksi dengan teman sesama komunitas, rajin apa lagi ya... coba tambahin sendiri. Soalnya saya sebenernya nggak rajin-rajin amat, haha.

Ketika menjalani kegiatan sebagai blogger, ada istilah blogger full time atau blogger part time. Tingkat kesuksesan memang tidak selalu berdasarkan pilihan jadi blogger full time atau blogger part time. Kesuksesan seorang blogger merupakan buah dari konsitensi dan dedikasinya untuk terus ngeblog sehingga dikenal banyak orang. Full time atau part time itu masalah bagi waktu saja.

Untuk emak riweuh seperti saya, jadi blogger full time adalah hal yang mustahil. Buat bisa nulis aja saya harus mengatur jadwal. Kadang mengorbankan waktu memasak buat suami dan tiga anak. Saya pernah curhat tentang ini di postingan Jungkir Balik NgeBlog.

Meskipun riweuh, saya masih  belagu aja mau nyempetin nulis blog. Habis gimana, ngeblog sudah bikin saya jatuh hati. Kalau nggak ngeblog, rasanya hidup tuh hampa. Saya pun sengaja menambah jumlah blog biar makin riweuh, haha. Tentang blog apa saja yang saya kelola sampai sekarang bisa dibaca di postingan Me and My Blogs

Tidak semua blog aktif dan update terus. Saat ini cuma dua blog yang rutin saya update. Sisanya ya nunggu belas kasihan dari saya aja, hahaha. Saya banyak memposting resep makanan di blog www.dapurngebut.com dan tentang lifestyle di blog ini. Karena menyenangkan, saya pengen lebih fokus lagi jadi food blogger.

Saya sendiri suka siwer kalau lagi sok sibuk ngeblog. Makanya saya bikin agenda khusus ngeblog biar nggak lupa. Boleh baca juga: Mengatur Postingan Blog dengan Blogpost Agenda.

Menurut saya, profesi blogger dan profesi ibu rumah tangga yang sedang saya jalani ini adalah dunia yang berbeda. Satu di dunia nyata, satu lagi di dunia maya. Namun dunia blog bisa merambah dunia nyata jika saya hadir pada suatu acara (walaupun nanti mempromosikannya teuteup di dunia maya). Nah, karena merasa di dunia berbeda ini, saya belum bisa fleksibel loncat sana sini. Saya terlalu fokus dengan mengurus keluarga.


Baca juga: Kartu Nama Untuk Dua Dunia

Itulah sebabnya saya memilih jadi part time blogger dan bukan full time blogger.

Sesuai namanya, full time blogger berbeda dengan part time blogger. Waktu yang didedikasikan lebih banyak. Konsistensi untuk fokus pada kegiatan blogging para full time blogger patut diacungi jempol. Sudah banyak contoh para blogger yang berhenti dari pekerjaannya di dunia nyata dan memilih dunia maya blogger sebagai tempat mata pencaharian utama. 

Kenapa nggak jadi full time blogger aja sih? Bisa kok, ibu rumah tangga biasa jadi full time blogger. Rajin ngeblog, aktif di medsos, dan rajin ikut event atau acara yang mengundang para blogger untuk meliput. Maaf, saya tidak bisa. Tepatnya, tidak mau.


Sebenernya, saya agak malu mengakui kalau saya ini blogger part time. Apanya yang aktif? Saya lebih banyak mager, perasaan. Saya ngeblog suka-suka banget. Dateng ke undangan event juga tidak bisa lagi karena sesuatu hal (nggak usah dibahas di sini). 

Jadi...

Saya bukan blogger full time. 

Saya bukan blogger part time. 

Saya ngeblog bukan untuk mencari uang. 

Saya ngeblog hanya untuk hobi dan pengaktualisasian diri.

Saya ngeblog untuk perasaan bahagia.

Saya adalah Blogger Apa Adanya.








Update: dari hasil obrolan di grup whatsapp Asinan Blogger, ternyata blogger full time adalah blogger yang penghasilannya full dari ngeblog. Sedangkan blogger part time adalah kebalikannya. Jadi, jika diukur dari segi penghasilan, maka teuteup aja saya mah blogger apa adanya ^_^


15 comments :

  1. Kece mbak sudut pandangnya.. hahaha.. i am in the middle of no where.. hahhaa... Banyak pinginnya minim aktualisasi.. 🀣🀣🀣🀣

    ReplyDelete
  2. Saya suka sekali sama bagian terakhirnya. Sejujurnya saya pun masih agak-agak gimana gitu kalo memberi diri titel 'blogger'. Tapii saya senang lewat blogging bisa belajar banyak dan kenal banyak teman. Makasih, Mba sharing-nya (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba.
      aku pun seneng dapet titel blogger walau apa adanya :D

      Delete
  3. wkwwk lucu dah mba Inna.. samaaan kita mba, toss... apa adanya aja lah wong kalo dapat duit juga cuma buat jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayan ya mbaa... pas jajan ga merasa bersalah ngabisin duitnya hahaha

      Delete
  4. Aku tuh kayaknya jadi blogger parttimenya aja mba. Belum sanggup buat fulltime blogger :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku salut sama bagi waktunya mba lid meski sybuque kerja tetep bs aktif ngeblog juga :)

      Delete
  5. Wahahaha, lugas sekali ceritanya, Mbak. Saya sih cuma ngeblog seminggu sekali. Tapi ikutan tantangan 30 hari, jadi tiap hari ngeblog. Dan... ternyata berat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibayangin wow juga ya 30 hari, hihi.
      yuk kemon kita semangat bareng mba dyah :D

      Delete
  6. Saya bukan full time blogger. Part time jg sepertinya bukanπŸ€” mungkin saya lebih tepat disebut tukang curhat πŸ˜‚ yg bahkan untuk sekedar curhat pun TDK konsisten πŸ™„

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga tukang curhat yg waktunya suka2 ajah, mba rita :D

      Delete
  7. Menarik sekali artikel ini mbak, .....
    Memang ngeblog butuh perjuangan, konsistensi dll sebelum benar2 mendapatkan hasil yg diharapkan.
    Semoga saja saya bisa tetap konsisten update artikel.
    Salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  8. Kalau saya blogger apa ya? Ya mungkin tepatnya blogger yang menjadikan blognya mainan, haha... Wah kalau gitu nggak serius dong Nit ngurus blognya? Saya mainan blog dengan serius atau enggak, pembaca tulisan saya lah yang tau, itu tulisan dibikin dengan serius atau asal2an, haha...

    Mau full ataupun part time, tulisan Mba Inna keren2 dan jadi inspirasi juga kok untuk banyak pecinta masak, termasuk saya :D

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top