Wednesday, February 19, 2020

7 Karakter Crash Landing on You yang Bikin Jatuh Hati

drama korea


Siapa yang masih baper dengan ending drama Korea Crush Landing on You? Belum bisa move on? Mari baca dulu postingan ini biar tambah baper, haha! Kalau saya sih lagi OTW. Makanya saya nulis di blog tentang drakor yang baru selesai ditonton. Usai menulis, rasanya plong dan bisa lanjut ke drakor berikutnya :D

Drama Korea Crush Landing on You atau Love’s Emergency Landing ditulis oleh Park Ji Eun dan disutradarai oleh Lee Jung Hyo. Tayang sebanyak 16 episode di tvN Korea mulai 14 Desember 2019 dan berakhir pada Februari 2020.

Sebelum mulai cerita, saya mau pajang foto-foto para pemeran Crash Landing on You yang lokasi syutingnya ada di Swiss. Pemandangannya cantik banget lho. Jadi pengen jalan-jalan ke Swiss deh!



drama korea

drama korea

drama korea


drama korea

drama korea


Pada postingan ini saya mau bahas tentang karakter di Crash Landing on You yang bikin jatuh hati. Namanya bikin jatuh hati, tentunya saya nggak bahas karakter antagonis dan  karakter yang nyebelin. Mau bahas yang nyenengin dan menghibur aja, yang bikin ngangenin pengen nonton lagi drama Crash Landing on You

Sinopsis Crash Landing on You

Drama Korea Crush Landing on You bercerita tentang kisah cinta Yoon Seri anak pengusaha kaya asal Korea Selatan dengan seorang perwira tinggi di Korea Utara bernama Kapten Ri Jung Hyuk.

drama korea
Poster Crash Landing on You

Mereka bertemu secara tidak sengaja saat paralayang yang dinaiki Yoon Seri tertiup angin puting beliung dan jatuh ke sebuah hutan di Korea Utara. Kebetulan Kapten Ri sedang berpatroli di wilayah tersebut. 

drama korea
Aku tidak jatuh, tapi turun dari langit

Situasi ini bisa mendatangkan masalah besar karena Yoon Seri dianggap menyelundup dan dihukum berat. Kapten Ri pun melepaskannya. Bukannya melarikan diri ke arah perbatasan, Yoon Seri malah nyasar ke kampung penduduk dan masuk ke rumah Kapten Ri. Dengan terpaksa, Kapten Ri menyembunyikan gadis itu.


drama korea
Tinggal di rumah Kapten Ri

Yoon Seri yang biasa hidup mewah, harus menyesuaikan diri dengan hidup sederhana di rumah Kapten Ri. Nggak ada kulkas, listrik sering mati, masak pakai kayu bakar, dan mau mandi harus ngerebus air dulu. Apalagi Yoon Seri rese banget karena nggak biasa hidup dengan fasilitas seadanya dan Kapten Ri menghadapinya dengan sabar. Kebersamaan mereka berdua lama-lama menimbulkan benih-benih cinta.


drama korea
Kapten Ri bawa lilin

Bukan hanya Kapten Ri yang kena masalah jika Yoon Seri ketahuan menyelundup. Para anak buahnya yang sama-sama bertugas di daerah perbatasan, yaitu Divisi Lima, juga ikut kena imbasnya. Bahkan kecerobohan ini bisa mempengaruhi karir ayah Ri Jung Hyuk,  yaitu Ri Chung-Ryeol sebagai petinggi militer di Korea Utara.

drama korea
Pasukan Divisi Lima, anak buah Kapten Ri 

Oleh karena itu empat orang anggota Divisi Lima kompak melindungi Yoon Seri agar tidak ketahuan. Bahkan Yoon Seri berteman akrab dengan keempatnya dan sempat bikin Kapten Ri cemburu.


drama korea
Yoon Seri dan para para anak buah Kapten Ri

Nggak bisa ngumpet lama-lama, Yoon Seri ketahuan oleh para ibu tetangga. Mereka yang mulanya julid dan selalu kepo kemudian malah berteman akrab dengan Yoon Seri.


drama korea
Temenan sama ibu-ibu tetangga

Suatu malam, pihak militer memergoki Yoon Seri saat bersembunyi di gudang makanan rumah Kapten Ri dan kemudian menangkapnya. Situasi ini dimanfaatkan oleh Cho Cheol Gang, yang punya niat untuk menjatuhkan kedudukan Kapten Ri dan ayahnya.

drama korea
Cho Cheol Gang

Untuk melindungi Yoon Seri, Kapten Ri mengakui gadis itu sebagai tunangannnya. Padahal sebenernya Kapten Ri sendiri sudah punya tunangan yang sedang belajar di Rusia, yaitu Seo Dan. Kebetulan di waktu yang sama, Seo Dan ujug2 balik ke Korea Utara untuk memajukan perjodohan mereka ke jenjang pernikahan. Nah mulai puyeng kan ketika dua wanita tunangannya Kapten Ri ini ketemu.

drama korea
Seo Dan, tunangan Kapten Ri

Pak Ri Chung-Ryeol akhirnya tahu kalau anaknya dalam masalah karena menyembunyikan Yoon Seri. Untuk melindungi Yoon Seri dari Cho Cheol Gang, Yoon Seri diculik dan disembunyikan di rumah orangtua Kapten Ri. 


drama korea
Dengerin tuh nasehat dari orang tua

Saat mereka dipertemukan kembali, Pak Ri Chung Ryeol (diperankan oleh Jeon Kuk Hwan) sempat kaget melihat cinta anak muda di depannya. Padahal Kapten Ri sama Seo Dang nggak gitu-gitu amat malah cenderung dingin satu sama lain.

drama korea
Aduh cobak ya anak-anak ini...


Berbagai usaha dilakukan Kapten Ri untuk memulangkan Yoon Seri secara diam-diam ke Korea Selatan. Lewat jalan laut, gagal. Yoon Seri mau kabur pake paralayang, juga gagal. Parahnya, saat mau berangkat ke bandara atas bantuan Pak Ri Chung-Ryeol, eh di tengah jalan malah ditembakin anak buah Cho Cheol Gang.

drama korea
Gagal nyebrang lewat laut
drama korea
Gagal terbang balik pakai paralayang


drama korea
Ditembakin saat mau ke bandara

Gara-gara insiden penembakan, Kapten Ri masuk rumah sakit dan Yoon Seri gagal naik pesawat. Menemani di rumah sakit membuat cinta antara Yoon Seri dan Kapten Ri semakin kuat. Apalagi sang kapten sudah membuktikan bahwa dia rela terluka demi melindungi sang pujaan hati.
drama korea
Curi-curi pandang di rumah sakit setelah dimarahi suster

Setelah pulih, Kapten Ri mengupayakan agar Yoon Seri bisa menyebrang ke Korea Selatan lewat hutan. Pak Ri Chung-Ryeol sengaja menugaskan anaknya dan Divisi Lima bertugas di perbatasan. Di tempat itulah Kapten Ri melepas Yoon Seri menyebrangi perbatasan lewat jalan kampung. Yoon Seri pun berpisah dengan Kapten Ri beserta pasukan Divisi Lima.
drama korea
Yoon Seri pulang ke Korea Selatan

Waktu bergulir. Usai kepulangan Yoon Seri ke Korea Selatan, Kapten Ri mengusut tuntas kejahatan yang dilakukan oleh Cho Cheol Gang. Terungkap pula bahwa Cho Cheol Gang adalah dalang dibalik kematian Kapten Ri Mu-Hyeok, kakak kandung Kapten Ri. 


drama korea
Kapten Ri dan Cho Cheol Gang

Usai diadili dan mendapat hukuman, Cho Cheol Gang malah kabur ke Korea Selatan dan mencari Yoon Seri. Dia ingin membawa Yoon Seri ke pengadilan Korea Utara untuk menjatuhkan Pak Ri Chung-Ryeol dan Kapten Ri. 

Merasa pujaan hatinya dalam bahaya, Kapten Ri menyusul ke Korea Selatan untuk melindungin Yoon Seri dan membawa pulang Cho Cheol Gang. Beruntung dia tidak sendirian. Sang ayah mengirim pasukan Divisi Lima untuk membantunya kembali pulang dengan selamat. 


drama korea
Kapten Ri nyusulin Yoon Seri ke Korea Selatan
drama korea
Senangnya ketemu Yoon Seri lagi di Korea Selatan

Bagaimana kelanjutannya? Tonton sendiri, ya!

Drama Korea Crash Landing on You bergenre romantis komedi dengan bumbu action. Plus ada jalan-jalan ke Swiss dengan pemandangan indahnya. Di Swiss pula pasangan ini sebenarnya pernah bertemu untuk pertama kali. Yaitu 10 tahun sebelum Yoon Seri mendarat darurat di Korea Utara. Saat itu, Ri Jung Hyuk sudah jatuh hati pada pandangan pertama.


drama korea
Nggak sadar pernah barengan di Swiss

Biar seru, ada second couple yang nggak kalah greget. Yaitu Seo Dan sebagai tunangan Kapten Ri dan Alberto Gu alias Gu Seung Joon yang pernah dijodohkan dengan Yoon Seri. Keduanya mengobati rasa patah hati hingga jadi saling jatuh cinta. Meski hubungan mereka tidak berakhir bahagia, buat saya itu sudah cukup realistis. Jangan sampai cerita jadi dipaksain semua tokoh bahagia yang nggak masuk akal. 

drama korea
Alberto dan Seo Dan

Drama Crush Landing on You berakhir happy ending buat first couple alias dua tokoh utamanya, yaitu Kapten Ri Jung Hyuk dan Yoon Seri. Cukup tegang di akhir episode karena Yoon Seri sempat kritis karena ditembak Cho Cheol Gang dan Kapten Ri beserta anak buahnya ditangkap badan intel Korea Selatan.

drama korea
Cobaan di akhir episode

Para pemeran pendukung di drama ini seru dan menghibur. Terutama para prajurit Divisi Lima yang kerap disebut Pasukan Ghibah oleh netijen +62. Juga Tim Julid alias emak-emak tetangganya yang membuat warna tersendiri di drama Crash Landing on You.

drama korea
Yoon Seri dan pasukan ghibah

drama korea
Tim emak julid

7 Karakter Crash Landing on You yang Bikin Jatuh Hati

1. Kapten Ri Jung Hyuk

Kapten Ri Jung Hyuk cocok banget diperankan oleh aktor ganteng Hyun Bin. Postur tubuhnya tegap dan jago berantem saat membela kebenaran. Kalau menurut seorang Youtuber top asal Korea Utara, model tentara kayak Kapten Ri itu nggak ada di sana. Iya lah, namanya juga drama.

drama korea
Kapten Ri cuma ada di dunia drama
drama korea
Masakin indomie yak!

Ri Jung Hyuk sebenarnya nggak kepengen jadi tentara. Cita-citanya adalah jadi pianis terkenal. Makanya dia menimba ilmu di Swiss untuk belajar piano secara profesional. Sedangkan kakaknya, Ri Mu-Hyeok yang masuk militer mengikuti jejak sang ayah. Begitu sang kakak berpulang, Ri Jung Hyuk pun masuk militer karena merasa sebagai anak laki-laki harus ada yang jadi penerus ayahnya di militer.


drama korea
Main piano di pinggir danau

Ri Jung Hyuk juga punya alasan lain mengapa masuk militer dan meninggalkan piano yang dicintainya. Dia bertekad untuk menguak misteri kematian kakaknya yang diduga adalah pembunuhan.


drama korea
Pemakaman Ri Mu-hyeok

Menjadi atasan berpangkat kapten, Ri Jung Hyuk sangat perhatian pada anak buahnya. Tidak heran jika mereka pun setia dan selalu mendukung Kapten Ri dalam berbagai masalah. Ada adegan mengharukan saat Kapten Ri tidak sungkan memasangkan sepatu pada salah satu anak buahnya. Nggak gengsi gitu, lho! Pertemuan anak buah Kapten Ri di Korea Selatan adegannya seperti anak ayam yang baru ketemu dengan induknya.

drama korea
Anak ayam ketemu induknya

Karakter Ri Jung Hyuk sebagai anak bungsu kelihatan saat dia bermanja pada Yoon Seri. Kalau lagi ngambek, tampangnya lucu banget. Baik itu ngambek habis dimarahin bapaknya atau ngambek pada Yoon Seri.

drama korea
Kapten Ri lagi ngambek

Kapten Ri itu bucin parah Yoon Seri. Segitu cintanya pada Yoon Seri, dia rela mengorbankan nyawa. Bahkan menyelundup ke Korea Selatan lewat jalur darat yang sulit untuk melindungi Yoon Seri dari Cho Cheol Gang. 

drama korea
Saat ketakutan akan kehilangan Yoon Seri

drama korea
Pasang badan supaya Yoon Seri nggak kena tembak

2. Yoon Seri

Si cantik Yoon Seri diperankan oleh Son Ye-jin. Aktris kawakan ini daftar dramanya sudah banyak banget yang top, sama seperti Hyun Bin. Diceritakan Yoon Seri adalah anak hasil hubungan gelap sang ayah yang merupakan konglomerat di Korea Selatan. Ketika berumur 1 bulan, Yoon Seri diserahkan ke keluarga ayahnya. Dia dibesarkan oleh ibu tiri dan dua kakak laki-laki saudara tirinya.

Hidup bergelimang harta sebagai anak pengusaha kaya tidak membuat Yoon Seri bahagia. Dia tidak mendapat cinta dari keluarganya. Ayahnya kaku. Ibunya terlalu dingin. Dan kedua kakaknya merasa Yoon Seri adalah saingan yang bakal merebut tahta kerajaan bisnis sang ayah. 

Merasa tertekan, Yoo Seri sempat memutuskan untuk bunuh diri. Dia pergi ke Swiss, dan ingin mengakhiri hidupnya di tempat yang indah. Sayang usahanya untuk lompat dari jembatan gagal karena ditegur oleh Ri Jung Hyuk yang kebetulan sedang berada di atas jembatan yang sama. Tapi Yoon Seri belum ngeh sampai Ri Jung Hyuk duluan yang cerita kalau mereka sudah pernah bertemu sebelum Yoon Seri datang ke Korea Utara.

drama korea
Yoon Seri mau bunuh diri

Kesal dengan keluarganya, Yoon Seri dewasa pergi dari rumah dan membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Dia membuktikan dirinya sebagai pebisnis hebat dengan label Seri's Choice yang laris dipasaran. Label ini bergerak di bidang fashion dan kosmetik. Bahkan merambah ke interior rumah di kemudian hari.

drama korea
Yoon Seri sang pebisnis handal

Saat ingin menguji produk baju olahraga buatannya dengan naik paralayan, Yoon Seri kecelakaan dan jatuh di Korea Utara. Disembunyikan oleh Kapten Ri, Yoon Seri terpaksa hidup sederhana di kampung Korea Utara. Meskipun berdandan ala warga kampung, Yoon Seri tetap terlihat modis. Duh, orang cantik mah diapain aja bebas dan tetap memesona!

drama korea
Tetap stylish walau di kampung

Yoon Seri yang pemilih soal makanan di Korea Selatan, tiba-tiba jadi doyan makan segala macam masakan sederhana di Korea Utara. Pikirnya, hidup sebentar lagi akan berakhir, makanya dia demen makan banyak selagi bisa menikmati :D

drama korea
Kerak nasi aja dia doyan

Begitu kembali ke Korea Selatan, semuanya jadi heboh karena Yoon Seri dianggap sudah meninggal. Yoon Seri tahu kehadirannya tidak diharapkan oleh kedua kakaknya. Dia pun membalas dendam dengan elegan perlakuan buruk mereka yang ingin menyingkirkan Yoon Seri dari daftar warisan bisnis sang ayah.


drama korea
Kembalinya Yoon Seri bikin heboh

Sebagai bos, Yoon Seri termasuk orang yang kejam terhadap anak buahnya. Setelah kembali dari Korea Utara, sikapnya berubah menjadi lebih hangat dan penuh perhatian pada karyawannya. Dia juga tidak dingin dan kaku serta jarang marah-marah nggak jelas.


drama korea
Yoon Seri sebagai bos

Di balik sikap dingin karena kurang kasih sayang, sebenarnya Yoon Seri orangnya lembut dan penuh perhatian. Terbukti saat bersama dengan pasukan Divisi Lima dan ibu-ibu tetangga. Apalagi sama Kapten Ri yang dicintainya, wah penuh perhatian banget pastinya. Bahkan dia rela pasang badan dan tertembak saat melindungi Kapten Ri. Saling rela berkorban ceritanya.



drama korea
Akhirnya bisa hidup bahagia bersama

3. Seo Dan

Karakter tsundere Seo Dan diperankan apik oleh Seo Ji-hye. Cocok banget peran dingin dan judesnya, hampir sama dengan perannya sebagai Sharon di drama Korea Black Knight The Man Who Guards Me. Bedanya, Sharon itu penyihir jahat, kalau Seo Dan cuma sebatas judes aja.
drama korea
Seo Dan yang cantik

Seo Dan dijodohkan dengan Ri Jung Hyuk atas keputusan keluarga kedua belah pihak. Tepatnya ketika keduanya masih belajar di luar negeri. Setelah 10 tahun berlalu, Seo Dan kembali dari Rusia untuk membicarakan rencana pernikahannya dengan Ri Jung Hyuk yang sudah menjadi kapten.

drama korea
Nemuin tunangannya di Swiss


Sayangnya, diantara Seo Dan dan Kapten Ri tidak ada perasaan cinta. Bagi Kapten Ri, yang ada hanya kewajiban memenuhi janji yang sudah disepakati oleh kedua orang tua mereka. 

drama korea
Cantiknya Seo Dan kalau udah senyum

Seo Dan adalah anak dari janda pengusaha kaya pemilik mall di Korea Utara. Dia menuntut ilmu sebagai pemain Celo di Rusia. Sebagai anak pemilik mall, tentunya Seo Dan tampil modis dan cantik. 
drama korea
Seo Dan anak pemilik mall

Sebagai anak tunggal, Seo Dan mendapat perhatian penuh dari ibunya. Dia pun terbiasa untuk mendapatkan apa pun yang dia mau. Dalam hubungannya dengan Ri Jung Hyuk, Seo Dan berharap mereka punya hubungan spesial. Cemburu dengan kehadiran Yoon Seri, Seo Dan pun memajukan tanggal pernikahan.

drama korea
Seo Dan yang jarang tersenyum

Lama-lama Seo Dan menyadari perasaannya pada Kapten Ri adalah obsesi, bukan cinta. Ini gara-gara pertemuannya dengan Alberto Gu yang sering menasehatinya saat patah hati dengan sikap Kapten Ri yang cuek.

drama korea
Hidup Seo Dan jadi penuh warna berkat Alberto Gu

4. Alberto Gu

Alberto Gu alias Gu Seong Joon adalah orang Korea Selatan kebangsaan Inggris yang berprofesi sebagai penipu. Dia menipu kakak Yoon Seri untuk membalas dendam pada ayah Yoon Seri yang sudah membuat keluarganya berantakan bahkan menjadikannya yatim piatu. Tidak diceritakan bagaimana dia bisa jadi orang kaya. Mungkin dari hasil menipu.


drama korea
Alberto Gu alias Gu Seung Joon

Gara-gara sukses menipu kakaknya Yoon Seri, Alberto Gu hidup dalam pelarian dan bersembunyi di luar negeri. Merasa Korea Utara adalah negara yang aman untuk bersembunyi, dia ngumpet ke sana. Nggak nyangka di Korea Utara malah ketemu Yoon Seri, Kapten Ri, dan Seo Dan. Kemudian dia sering dilibatkan dalam urusan mereka bertiga.


drama korea
Alberto Gu si tukang tipu

Meski kelihatan ngeselin, Alberto Gu ini baik banget orangnya. Dia mudah tersentuh dengan penderitaan orang lain. Apalagi saat bertemu dengan anak-anak yatim piatu yang menyelamatkannya dari kejaran penjahat. Dia menangis sedih dan memberikan banyak uang untuk mereka.
drama korea
Merasa senasib dengan anak yatim piatu jalanan

Mulanya Alberto Gu masih menyimpan rasa cinta pada Yoon Seri. Dulu mereka berdua sempat dijodohkan. Sayang, niat jelek Alberto Gu menikahi Yoon Seri untuk menghancurkan keluarga konglomerat itu ketahuan oleh Yoon Seri yang cerdas. Dia menyuruh Alberto Gu untuk menipu kakaknya yang bodoh jika ingin menhancurkan keluarganya. 


drama korea
Alberto Gu dan Yoon Seri pernah dijodohkan

Setelah bertemu Seo Dan, perasaan Alberto Gu berubah. Karakter Seo Dan yang dingin dan ketus bikin Alberto penasaran. Apalagi Alberto sering menasehati Seo Dan yang patah hati gara-gara dicuekin Kapten Ri. Lama-lama Alberto jatuh hati pada Seo Dan.

drama korea
Pertemuan Alberto Gu dan Seo Dan

Tidak mudah meluluhkan hati Seo Dan yang masih mikirin Kapten Ri. Sering gangguin Seo Dan, lama-lama Seo Dan kesel direpotin tapi kok malah bikin kangen. Waktu Alberto sakit dan minta Seo Dan merawatnya, Seo Dan bukannya nyuapin malah ngegetok pake sendok!

drama korea
Minta disuapin tapi malah digetok :D

drama korea
Berhasil merebut hati Seo Dan 

5. Pasukan Ghibah Divisi Lima

Pasukan Ghibah, begitu sebutan netijen untuk anak buah Kapten Ri di Divisi Lima ini. Beranggotakan empat orang dengan karakter berbeda namun tetap kompak dan saling menyayangi. Kenapa ghibah? Karena mereka demen bergosip, hahaha!

drama korea
Pasukan ghibah lagi merenung

Kenalan yuk, satu per satu sama pasukan ghibah. Pertama ada Pyo Chi Su (diperankan oleh Yang Kyung Won) yang paling tua, paling cerewet, paling sok tahu, dan paling kepo. Katanya beliau ini yang paling sukses berakting dengan logat Korea Utara.  Awalnya dia beranteman mulu sama Yoon Seri, tapi sebetulnya dia gengsi ngakuin kalo dia peduli.


drama korea
Pyo Chi Su yang sering judes

drama korea
Si tukang ngomel

Kedua, ada Kim Ju Meok (diperankan oleh Yoo Su Bin) dan  tentara Korea Utara yang demen banget nonton drama Korea Selatan. Dia ngefans berat sama aktris Choi Ji Woo dan bermimpi bisa ketemu lansung dengan idolanya itu.


drama korea
Kim Ju Meok yang demen nonton drakor

Ketiga, ada Park Kwang Beom (diperankan oleh Lee Shin Young) yang merupakan anggota paling tampan di Divisi Lima. Ketika mencari Yoon Seri dan Kapten Ri di Korea Selatan, dia kerap disapa agency yang menawarkan untuk casting. 


drama korea
Si tampan Park Kwang Beom


Terakhir, adalah anggota termuda yaitu Geum Eun Dong (diperankan oleh Tang Jung Sang). Usianya masih pelajar, jadi kelihatan masih anak-anak banget. Dia masuk militer karena keluarganya yang miskin. Suka main game dan ngiri lihat warga Korea Selatan yang memakai seragam sekolah.


drama korea
Geum Eun Dong yang termuda
drama korea
Minta dibeliin topi boneka

Para pasukan ghibah ini jadi warna tersendiri di drama Crash Landing on You. Tanpa mereka, kayaknya drama ini bakal garing deh. Mereka itu koplak banget! Bromance-nya dapet dengan melihat mereka saling peduli dan melindungi satu sama lain.

drama korea
Kompak nangkep ikan bareng

drama korea
Masak dan makan bereng di rumah Kapten Ri
drama korea
Makan bareng di Korea Selatan

Ada satu lagi nih yang ikut bergabung dengan pasukan ghibah ke Korea Selatan. Yaitu bapaknya U Pil (iya, nama anaknya adalah upil), yaitu Jung Man Bok. Tadinya Jung Man Bok adalah mata-mata anak buahnya Cho Chal Gang. Nah si U Pil ini dalam bahaya jika Jung Man Bok tidak menuruti perintah Cho Chal Gang.


drama korea
Jung Man Bok dan Jung U Pil 

Tapi kemudian Jung Man Bok insyaf dan membela Kapten Ri. Dia ikut ke Korea Selatan karena tahu banyak informasi. Namanya juga mata-mata yang biasa menyadap percakapan orang lain. 


drama korea
Jung Man Bok yang tugasnya menyadap pecakapan


6. Tim Emak Julid

Para tetangga di kampung tempat tingal Kapten Ri begitu kompak. Meraka rajin ngisiin bahan makanan di rumah Kapten Ri. Sebenarnya mereka itu perhatian pada Kapten Ri karena parasnya yang tampan. Duh, emak-emak ini ganjen juga ya. 


drama korea
Tim emak julid

Awalnya Yoon Seri sekedar pedekate dengan salah satu tim emak julid yang biar Kapten Ri naik pangkat. Lama-lama mereka pun berteman akrab. Keempat ibu-ibu ini tidak tahu jika Yoon Seri adalah orang kaya di Korea Selatan karena Yoon Seri mengenalkan diri dengan nama lain. 


drama korea
Jadi kompak sama tim emak julid


Meski para emak ini kayak yang saling bersaing, mereka sebenarnya saling menyayangi satu sama lain. Yuk kenalan sama tim emak julid...

Pertama ada Ma Yeong Ae (diperankan oleh Kim Jung Nan). Dia adalah istri dari kolonel senior. Sebagai yang tertua, sikapnya sombong dan sok ngatur karena merasa sebagai pemimpin dengan jabatan suami yang paling tinggi pangkatnya.


drama korea
Ma Yong Ae sang pemimpin tim emak julid

Lalu ada yang banyak omong bernama Na Wol Sook (diperankan oleh Kim Sun Young). Orangnya keras, bawel, tapi penuh perhatian. Tugasnya adalah menjaga keamanan desa dan sering menggerebek rumah warga. Ada yang ketahuan pakai barang-barang dari Korea Selatan sampai pasangan yang selingkuh. Bahkan keberadaan Yoon Seri di rumah Kapten Ri juga merupakan hasil penyelidikannya. 


drama korea
Na Wool Sok sang petugas keamanan kampung

Ketiga ada Hyun Myung Soon (diperankan oleh Jang So Yeon), dia adalah istri dari Jung Man Bok. Dia orangnya kalem dan nggak banyak bicara. Dia sering tertekan dengan omongan orang lain tentang pekerjaan suaminya sebagai mata-mata dan dituduh jadi penghianat.  
drama korea
Hyun Myung Soon

Terakhir ada Yang Ok Geum (diperankan Cha Chung Hwa). Hobinya membeo omongan orang lain. Pekerjaannya jadi penata rambut di salon miliknya sendiri. Dia juga yang mendandani Yoon Seri agar penampilannya sesuai dengan gaya warga kampung Korea Utara.


drama korea
Yang Ok Geum

7. Ibu dan Paman Seo Dan

Ibu Seo Dan bernama Go Myeong Eun (diperankan oleh Jang Hye Jin). Sebagai pemilik mall di Pyongyang Korea Utara, Go Myeong Eun menjadi pengusaha wanita yang sukses. Sikapnya sombong dan tidak mau kalah dari orang lain. 

Dia mengincar Ri Jung Hyuk untuk dijodohkan dengan Seo Dan karena Ri Jung Hyuk lebih tampan dari kakaknya dan pandai bermain piano. Pikirnya, Seo Dan yang bermain Celo akan cocok dengan Ri Jung Hyuk karena keduanya sama-sama musisi.

Saat pindah ke kampung tempat Kapten Ri tinggal, ibu pengusaha keren ini tidak sungkan bergaul dengan tim emak julid. Cukup sogok mereka dengan kosmetik bermerek, langsung deh mereka yang tadinya curigaan berubah jadi ramah.

drama korea
Seo Dan, ibunya, dan tim emak julid

Lalu ada pamannya Seo Dan bernama Go Myeong Sok (diperankan oleh Park Myung Hoon). Myeong Sok adalah Jenderal Bintang Satu yang sikapnya kocak dan sering salah omong kalau menasehati Seo Dan dan ibunya. Buntutnya, kedua kakak beradik ini kerap beranteman. 

drama korea
Paman dan ibunya Seo Dan

Oia, kedua aktris dan aktor ini pernah main bareng sebelumnya. Kocak aja lihat keakraban mereka berdua mengingat peran mereka sebelumnya di film Parasite adalah sebagai musuh.

Bonus Pemeran Cameo yang Bikin Gemes

Biasanya di setiap drama Korea, pasti ada cameo alias peran numpang lewat dari aktor atau aktris ternama. Saya nggak berhenti ketawa begitu cameo Kim Soo Hyun muncul. Berperan sebagai Bang Dong Goo (perannya di film Secretly Greatly), mata-mata Korea Utara yang sedang menyamar di Korea Selaan. Penampilannya yang epic sempat membuat pasukan ghibah terpukau (saya juga deng).

drama korea
Bang Dong Gu (Kim Soo Hyun)

drama korea
Nggak nyangka ada peran ini lewat :D

Baca juga: Cameo Kim Soo Hyun di Drama Korea Hotel Del Luna

Satu lagi cameo berkesan di Crash Landing on You versi saya adalah kemunculan aktris cantik Choi Ji Won yang memerankan dirinya sendiri. Waktu di Korea Utara, Yoon Seri berjanji pada Kim Ju Meok untuk mempertemukan prajurit itu dengan aktris drama favoritnya yaitu Choi Ji Won.

drama korea
Bumil cantik Choi Ji Won

Ketika datang ke Korea Selatan, Yoon Seri pun memberi kejutan dengan memenuhi janjinya tersebut. Kebayang dong gimana girangnya Kim Ju Meok  bertemu sang idola. Adegan pertemuan mereka berdua ini kocak banget dan penuh haru.

drama korea
Ketemu artis idola

Okede... itu tadi karakter Crash Landing on You yang bikin jatuh hati dan ngangenin pengen nonton ulang dramanya lagi. Sudah nonton drama Korea Crush Landing on You? Kamu paling gemes sama siapa? 


31 comments :

  1. Aku gemes sama semua apa-apa
    Tunggu reviewku nanti buat ngomong banyak. 1 yang kurang tuh, Mbak. Petugas BIN yang mengalihkan dunia, hahaha. Mas operator yang ganteng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha emang petugas BIN bikin kepo, siap2 jadi ngetop neh.
      kutunggu reviewmu :D

      Delete
  2. Hahhaaa.. Ga Bapeer iih, yang baper bloher tetanggaku pas cerita drakor ini. Menjadi pendengar setia.
    Aku mah Gemes sama yang nulis blog kalo dah bikin cemilan cepuluh, masakan, mo minta di kirim ke Bandung hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kalo nulis blog ga sambil ngemil makkk...
      kalo sebelumnya emang kudu makan banyak dulu amunisinya hahaha

      Delete
  3. Buatku, Tim Julid en Tim Ghibah adalah yang membuat drakor ini "hidup". Terharu biru saat Se Ri membuat produk kecantikan berdasarkan keanggotaan mamak julid :))
    Salut dengan ide cerita dan kemampuan penulis mengembangkan karakter-karakter itu. Keren banget ya. Envy dengan energi sang penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terharu yaa ampe bikin produk edisi khusus nama2 emak julid

      Delete
  4. Ini drama korea yang bener-bener bikin amu jatuh hati setelah goblin mba. Ceritanya dan acting pemainnya bagus banget. Udah gitu lucuuuuu. Aku suka. Setelah ini tamat aku malah bingung mau nonton drama apa yang bagus lagi. Katanya itaewon class rame ya. Bener ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itaewon class bagus menurutku. maklum penasaran jg sama bisnis makanan. tokoh utama ceweknya diceritain sbg blogger n influencer lho

      Delete
  5. puanjaaang, haruskah saya nonton setelah baca review yang bikin ter uwow uwow ini. Lagian gimana gak penasaran, gimana coba tu cewek bisa nyasar di rumah yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah. baca sinopsis di sini seru, panjang dan ternyata bersambung suruh nonton lanjutannya sendiri. saya kecewa. artinya saya jd penasaran pengen nonton. racun deh

      Delete
  6. Sukaa banget ama drama ini mba. Duh beneran deh dandan ala kampung aja modisnya mana tahan. Tapi aku sebal ama Choel Gang itu, pengen lenyapi dia dr dunia. Aku paling terhari itu pas kapten ri pertama kali ketemu anak buahnya di Korsel. terharuuuuu banget

    ReplyDelete
  7. Aku tergila2 Drakor kali iniii hahahahah. Fav ku Pyo ci su mbaaa hahahahah. Gemaaaaas Ama tingkah julidnya :p. Tp beneran sih, tanpa anak buahnya Capt Ri, pasti garing filmnya. Krn ada mereka, jd bisa ketawa bangett

    ReplyDelete
  8. Aku jatuh cinta sama semua karakternya. Semuanya punya cerita menarik. Ga cuma nunggu kisah riri couple aja di drama ini.

    ReplyDelete
  9. Di mana mana CLOY happening banget ya Mba
    Aku belum nonton nih, kuatir addicted :)

    ReplyDelete
  10. Karena aku bukan penggemar drakor jadi kurang bisa menikmati semuanya mbak ihihi. Tapi thanks sudah review yang begitu detail dan lengkap.

    ReplyDelete
  11. Baca reviewnya kayaknya ini drakor seruuu, yak!
    Kisah percintaan yang penuh pengorbanan bisa bikin baper.
    Kehadiran tim julid dan tim gibah bikin drakornya tambah rame, ya, Na.

    ReplyDelete
  12. Saya termasuk golongan yang nggak (atau belum?) mau nonton drakor karena takut adiksi hahahah. Jadi agak2 ngerti dikit dunia perdakoran itu karena baca blog. Ini menarik ya karena menyangkut korut dan korsel yang ibaratnya adalah pasangan cerai hihihi. Behind the film, gimana itu respon pemerintah korut sama film itu? kira2 kim jong un atau jajarannya nonton gak ya?

    ReplyDelete
  13. Aku belum tergugah untuk nonton drakor mba, jadi hanya sekedar tahu aja apalagi grup soba sobiku ya bahas drama ini aku palingan menyimak dengan kecantikan paripurna saja hehehe

    ReplyDelete
  14. Oalah ini to drama CLOY yang begitu heboh diperbincangkan. Thanks lho Mba Inna, aku jadi tau jalan ceritanya. Sama sekali enggak pernah lihat drakor soalnya.

    Kalau di dunia nyata, mana ada ya orang Korsel sampe disembunyiin tentara Korut selevel Kapten Ri gitu. Mari kita nikmati manisnya drakor agar selalu positif thinking. ;) Jadi terpesona lihat Kapten Ri yang care banget dengan Yoon Seri.

    ReplyDelete
  15. Wah mau nulis review Cloy jadi minder nih Teh lengkap banget, aku suka banget drama ini asli hihihi sayang cowoknya Seo Dan mati huhu writernim asli kejaaam...

    ReplyDelete
  16. Ini kemarin temanku sempat cerita, seru ceritanya. Tapi jadi ngakak karena video parodinya. Wah, baca reviewnya jadi tertarik nih..apalagi ceritanya hepi ending..

    ReplyDelete
  17. aku belum nonton nih..
    padahal biasanya kalo oppa Hyun Bin yang maen pasti deh langsung nonton on going..
    bagus ya mba ceritanya...kayanya harus nonton deh :)

    ReplyDelete
  18. Asli aku tuh belum bisa move on dari CLOY sampai-sampai nggak mau lagi nonton yang lain. Belum nemu yang cocok atau yang direkomendasikan teman-teman bagus untuk ditonton. Sepertinya sebulan ke depan nggak ada drakor lainnya di hatiku 😅

    ReplyDelete
  19. Wah serunya. Seneng bisa numpang baca reviewnya di sini. Kalau nonton ga sanggup aku mak. Sementara baca reviewnya dulu aja

    ReplyDelete
  20. Oalah ini yang hits akhir-akhir ini yang aku tetep belum nonton sampe sekarang *kaburrrrr

    ReplyDelete
  21. Beneran pada baper sama drakor ini ya. Aku belum nonton nih, blm langganan netflix, hehe. Tapi bolak-balik sudah baca reviewnya. Sudah tertarik juga, tinggal kuatkan hati biar segera nonton.

    ReplyDelete
  22. CLOY yang bikin aku susah move on banget deh. Drama ini suka mengaduk-aduk perasaan banget.

    ReplyDelete
  23. Wah mbak Inna suka nonton Korea yang drama ini juga ya haha. Aku blm nonton tapi tulisanmu cukup kasi gambaran kek apa dramanya. Tetep ya ada second couple. Korea suka gtu ta haha. Moga ntr kalau dah agak lowong bisa nih nonton CLOY ini sendiri haha

    ReplyDelete
  24. wkwkwk.. saya suka semua karakter baik di cloy. yang nggak suka karakter jahatnya aja. paling suka tuh lihat ekspresi bapaknya yang melihat riri couple lovely doowie. Ah, jadi mau rewatch lagi.

    ReplyDelete
  25. Ooh Cloy tuh ini ya, masih gagal paham. Sungguh kudet saat di wag ibuk ibuk pada gosipin film satu ini dan ada yang bikin status foto ala Cloy...wkwk

    ReplyDelete
  26. Lengkap amat ini review-nya, tinggal endingnya aja. hahah...
    Aku tertarik dengan paralayang soalnya dulu pernah belajar terbangin. Keren juga yaa ni cewe dari kalangan elite mainnya paralayang sampai lintas negara pula.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top