Saturday, July 6, 2024

Belajar Trik Voice Over Ciamik dan Membuat Lagu dengan AI di Acara Moms Video Maker 1st Anniversary


Rugi kalau nggak dateng ke acara Moms Video Maker! 

Karena saya nggak mau rugi, maka bela-belain dateng ke perayaan ulang tahun pertama komunitas Moms Video Maker (MVM) pada hari Minggu tanggal 30 Juni 2024 kemarin. Subuh sudah masak sarapan sekaligus makan siang untuk suami dan anak-anak, biar aman. Berangkat naik krl dari Stasiun Cilebut, turun di Stasiun Depok Lama terus naik ojek online ke lokasi.

Masih di lokasi yang sama dengan event MVM yang pernah saya hadiri sebelumnya, yaitu di Hanggar Kopi Depok. Tepatnya saat workshop offline Upgrade Your Videography Skill di bulan November 2023. 

Kali ini acaranya adalah perayaan ultah pertama alias 1st anniversary MVM dengan tema “Be Inspiration To Others.” Beneran rugi lho kalau nggak dateng, karena acaranya seru dan sarat ilmu bermanfaat!

Perayaan MVM 1st Anniversary di Hanggar Kopi Depok

Talkshow Interaktif: Trik Voice Over Ciamik

Setelah registrasi, para member yang hadir dibagikan name tag dan goodie bag sponsor. Duduk manis dulu sambil ngobrol kangen-kangenan. Saya pilih duduk di baris kedua pinggir supaya biar bisa mondar-mandir dengan leluasa. Acara dibuka dengan sambutan dari co Founder Bubu Dita dan Founder MVM Mom Ruffie, juga Mom Ayu alias Bu Manager MVM dan owner Hanggar Kopi. 

Bubu Dita, Mom Ruffie, dan Mom Ayu

Coba yak itu siapa yang miring2 pegang hp (foto: admin MVM)

Acara pertama dimulai dengan pemaparan materi "Trik Voice Over Ciamik". Disampaikan oleh Mas Redi Sukardi yang berpengalaman sebagai voice over talent, MC, dan radio announcer. Mohon maaf, saya nggak sempat ambil foto yang layak saat materi (saking seriusnya menyimak). Jadi blur dan gelap nih fotonya.

Mas Redi pada talkshow pertama

Mas Redi dengan sabar mamaparkan materi kepada para emak di hadapannya. Biar kata udah jadi emak, semangat untuk belajar tetap ada. Sekarang kan semakin banyak emak alias ibu-ibu yang terjun jadi konten kreator. Selain untuk menyalurkan hobi, juga bisa mendatangkan tambahan penghasilan. Lumayan buat beli skinker pakai uang sendiri, hehe.

Dikutip dari depokupdate.co, Mas Redi mengatakan: 
“Para ibu sebenarnya memiliki keuntungan sendiri di era digital dan sosmed saat ini. Mereka lebih fleksibel dalam mengatur waktu sambil menciptakan konten-konten yang relevan. Dengan menguasai teknik voice over yang baik dalam konten maka akan menghasilkan suara yang menarik dan informatif sehingga dapat menarik perhatian audiens dan membuat video lebih berkesan,”
Sebagai emak pembuat konten video, istilah voice over tentu sudah tidak asing lagi. VO atau voice over beberapa kali disisipkan pada konten video yang kita buat. Tentu dong, kita pengen bikin video yang ciamik dengan voice over yang oke punya. Mau tahu caranya? Ada tips dan triknya lho!

Trik Voice Over Ciamik:

1. Kenali jenis suara. 
Apakah suara kita termasuk yang merdu, serak, tinggi, atau rendah? Ini nanti disesuaikan dengan karakter dan genre yang akan kita isi suaranya. Misalnya untuk VO acara resmi diperlukan suara yang agak berat atau ngebas.
2. Asah kemampuan membaca.
Melatih intonasi bicara dan diksi dalam kalimat. Tidak lupa menyisipkan emosi dan penekanan pada kata tertentu agar pesan tersampaikan.
3. Kuasai teknik vokal.
Latihan pernapasan agar suara stabil dan tidak mudah lelah saat berbicara. Mas Redi menyarankan untuk menggunakan suara dan pernapasan dari perut.
4. Membuat tempat khusus untuk merekam di rumah.
Cari ruangan khusus tanpa gangguan di dalam rumah untuk merekam suara. Yang aman dari suara bising jalanan depan rumah dengan berbagai mamang jualan yang lewat.
5. Memiliki peralatan rekam yang memadai.
Jika punya rejeki berlebih, investasikan untuk membeli mikropon, pop filter, dan software editing audio. Hayuk semangat nabungnya!

Setelah itu ada sesi tanya jawab dan praktek langsung cara voice over. Member yang berpartisipasi dianalisis jenis suaranya dan diajak untuk mengubahnya sesuai VO yang dibutuhkan. Misalnya jadi bersuara rendah atau tinggi... duh susah ternyata!

Paling seru ketika praktek teknik pernapasan perut. Satu member menjadi 'korban' karena disuruh tiduran untuk praktek teknik pernapasan perut. Yap, harus tiduran karena kelihatan perut naik turun jika teknik sudah benar.

Talkshow interaktif: praktek langsung dan dapat hadiah

Cara melakukan teknik pernapasan perut adalah menarik napas sampai perut kembung, lalu hembuskan napas sambil berbicara (jadi suara yang berasal dari perut). Buat orang biasa macam kita ya nggak terbiasa dengan yang satu ini. Kudu banyak latihan ya! Biar suaranya macam para MC yang keren. 

Member yang kepo... maju semua! (foto: admin MVM)

Satu hal yang saya ingat, kebetulan saya sudah mempraktekan sendiri tapi nggak tahu istilahnya apa. Yaitu smiling voice. Caranya adalah kita tersenyum, lalu berbicara. Suara yang dihasilkan terdengar lebih ramah dan ceria karena diucapkan sambil tersenyum.

Ternyata mau voice over itu banyak yang harus diperhatikan ya. Wah harus banyak latihan nih biar hasil VO kita makin enak didengar.

Talkshow Interaktif: Produksi Video Menggunakan Teknologi AI

Materi berikutnya adalah Produksi Video Menggunakan Teknologi AI (artificial intelegent atau kecerdasan buatan). Khususnya untuk mengisi voice over dan membuat lagu menggunakan AI. Talkshow interaktif kedua ini dibawakan oleh Mom Founder Ruffie Lucretia dan suaminya Mas Ian. 

Moms Ruffie dan suami (foto: admin MVM)

Menurut Mom Ruffie kepada rri.co.id, teknologi AI benar-benar membawa perubahan besar dalam produksi konten, membuat segalanya lebih mudah dan efisien. Asalkan digunakan untuk tujuan positif, teknologi AI sangat bermanfaat bagi content creator.

Beneran lho, penggunaan AI makin marak seiring dengan dunia digital yang berkembang. Artificial intelligent selalu update membuat sesuatu yang baru, alias generative AI. Kayaknya hampir semua aspek bisa dibantu proses pembuatannya dengan AI. Termasuk konten video bisa lebih mudah dan cepat plus hasilnya keren dengan bantuan AI!

Pada liputan6.com, Mom Ruffie menyatakan:
“Perkembangan teknologi AI sekarang sangat membantu konten kreator dalam produksi video, terutama dalam hal voice over. Salah satu teknologi yang sangat bermanfaat adalah AI voice cloning. Dengan teknologi ini, kita bisa “mengkloning” suara kita sendiri. Hasilnya terdengar alami dan bisa menyesuaikan emosi atau nada sesuai keinginan kita. Ini sangat membantu buat konten kreator yang sering kejar deadline atau yang harus tetap produktif meski kondisi fisik sedang tidak mendukung.”

Selanjutnya, Mas Ian mengajarkan cara memanfaatkan www.chatgpt.com untuk konten video. Chat GPT ini kan robot, jadi perintahnya harus spesifik aga hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Paling penting adalah penggunaan 'prompt' atau deskripsi perintah sesuai tujuan yang kita mau.

Contoh prompt chat GPT:

  • tolong bikin gambar dari contoh video berikut (lampirkan video)
  • tolong kasih ide konten yang kekinian
  • saya adalah admin komunitas buatkan caption ucapan selamat ulang tahun  pertama komunitas dengan bahasa santai

Jika merasa kurang cocok, kita bisa edit edit prompt tanpa mengulangi keseluruhan perintah. Cukup diklik 'quotes' pada bagian yang ingin diganti, lalu tambahkan kalimat koreksinya (misalnya: tolong ubah ke bahasa formal), klik tanda pensil untuk mengetik prompt koreksinya. Oia, untuk langkah ini tidak bisa dilakukan lewat hp ya, harus pakai laptop.

Kemudian, untuk mengisi suara video juga bisa pakai AI. Bahkan kloning suara kita juga bisa. Caranya kirim contoh suara kita yang sudah direkam sebelumnya, upload, tunggu diproses. Setelah jadi, kita dapat kloning suara kita dan bisa digunakan tanpa kita ngomong. 

Melihat AI bisa meniru suara kita itu antara kagum dan agak ngeri sih. Kagum karena secanggih itu. Agak ngeri karena teknologi ini bisa disalahgunakan untuk voice phising (penipuan lewat suara). Voice cloning yang bagus masih berbayar, tapi barusan saya googling banyak juga kok yang menyediakan gratisannya. Googling saja: voice cloning.

Terus, kalau mau cari audio saja juga bisa. Cari ke podcast.adobe.com, login dulu baru bisa diunduh dalam bentuk mp3 untuk digunakan dalam konten video. Coba juga mampir ke www. elevenlabs.io yang direkomendasikan Mas Ian paling bagus untuk bikin voice over AI. 

Ada juga audiobox by meta www.ai.meta.com. Karena gratisan, hasil generate suara milik kita bisa dipakai oleh si meta pemilik berbagai akun media sosial ini (agak nggak aman ya).

Terus, yang seru nih: bikin lagu sendiri pakai AI! Daripada pusing scroll nyari musik yang cocok. Mending bikin sendiri. Mau bikin instrumennya aja, atau mau pakai suara penyanyi bisa. Mampir saja ke www.suno.ai, login dan isi prompt sesuai lagu yang diinginkan. Setelah jadi, tinggal download deh. Karena gratisan, jadi dikasih jatah cuma bisa dapat berapa lagu.

Kalau mau bikin lagu lengkap dengan lirik yang kita inginkan, mampir dulu bikin lirik lagunya di chat GPT. Setelah lirik jadi (dikoreksi bila perlu), copas ke suno.ai. Isi prompt, misalnya pengen lagu ala korea dengan penyanyi wanita dan bergaya pop... ketik: korea, kpop, female singer, pop, fun, dan sebagainya masukin aja prompt yang kamu mau. Setelah jadi, pilih yang paling oke (biasanya dikasih 2 lagu), lalu download deh.

Memang sih paling gampang pakai aja sound yang lagi trending, kan cepet juga naikin jangkauannya. Jujur, cara ini sudah saya hindari. Kenapa? Karena kalau ada masalah dengan sound atau lagu trending tersebut, reels video yang kita buat mendadak senyap tak bersuara. Kan sayang capek-capek bikin video eh musiknya disenyapkan (biasanya sama si meta) karena masalah copyright misalnya.

Berasa dapat pencerahan banget deh menyimak dua materi daging dari MVM ini. Bikin video nggak perlu dibikin ribet, kan ada AI yang bantuin. Asal... ingat penggunaanya untuk hal yang positif ya. Buat bikin konten video kita makin oke berkat voice over dan isi suara video pakai AI.

Perayaan Ulang Tahun Pertama MVM

Sekilas tentang MVM lagi ya buat kamu yang baru membaca postingan tentang MVM di blog ini. Moms Video Maker Community didirikan oleh Mom Ruffie dan Bubu Dita pada 22 Maret 2023. Komunitas ini dibentuk untuk mendukung para ibu konten kreator agar bisa membuat video yang keren pakai hp. 

Kiri: Mom Founder Ruffie dan Bu Manager Ayu
Kanan: Admin MVM dan tim sukses acara

MVM rajin bikin event seru dan bermanfaat. Ada pelatihan online dan offline. Gathering dengan membernya bikin acara jalan bareng yang seru. Juga berkolaborasi dengan brand untuk beberapa campaign yang melibatkan para member.

Saya juga pernah ikut jalan-jalan ngonten bareng bersama admin MVM dan member lainnya ke kawasan kota lama Jakarta sambil jelajah museum. Seru deh berasa lagi study tour sambil belajar ngonten dibimbing oleh para admin MVM yang baik hati.

Ngonten bareng MVM

Tidak menargetkan punya member sebanyak-banyaknya, MVM fokus pada kualitas membernya. Semua yang jadi member MVM adalah perempuan yang mau serius belajar bikin video keren. Untuk kesempatan mengikuti campaign kerjasama MVM dan brand, dipilih member yang bisa konsisten mengerjakan tanggung jawabnya. Iya dong, kalau mau  jadi profesional tentu harus serius mengerjakan tugas yang diberikan. Setuju?

Engg.. jujurly saya belum pernah ikutan job dari MVM. Maklum usia berasa jompo, followers seuprit dan nggak punya anak kecil untuk dilibatkan dalam konten bersama brand. Gapapa, toh era 'memanfaatkan' anak sudah pernah saya rasakan ketika masih rajin ngeblog, hehe.

Foto bareng semua yang hadir di acara 

Eh kok jadi panjang. Mana acara perayaan ultahnya? Nggak kerasa yah... MVM sudah 1 tahun! Usia pertama yang kalau anak bayik lagi lucu-lucunya. Gemesin dan pengen nyubit aja bawaannya. Perayaan ultah potong kue dilakukan oleh semua tim MVM yang kompak. Hore, selamat ya!

Cake cantik yang bikin gemes

Tiup lilin dan potong kue ulang tahun

Bangga Jadi Bagian dari MVM

Bangga dan seneng banget bisa jadi bagian dari komunitas Moms Video Maker. Di sini saya merasakan banyak kemajuan dalam membuat konten video. Awalnya takut banget kalau ada job blogger yang mengharuskan bikin video untuk review produk. Bingung gimana caranya. Hasilnya yah begitulah.

Begitu tahu Mom Ruffie bikin komunitas Moms Video Maker, langsung deh ikutan. Setelah gabung, eh kok gini... kok asyik ya! MVM nggak pelit ilmu ngajarin bikin video mulai dari teknik dasar ngesyut sampai cara editnya. Bikin nagih deh belajar di MVM. Saya sendiri sudah mengikuti pelatihan online juga offline di MVM. Dan hasilnya se-worthed itu buat meningkatkan skill edit video.

Ngerasain sendiri, sejak gabung MVM, saya nggak takut lagi bikin konten video. Sering kepoin tutorial yang dishare di grup khusus member MVM, buka lagi catatan, diingat semua tips dan mencoba praktek langsung. Engga nyangka, dari yang tadinya bengong gimana bisa bikin video, sekarang sudah bisa bikin video tanpa bingung lagi. 

Nyambung dengan skill edit video. Pada bulan Mei 2024, saya mengikuti pelatihan online yang diselenggarakan oleh Kompasiana, yaitu Crowds Meet Up. Video produk tas yang saya buat mendapat apresiasi sebagai Top 3 Short Video. Kemudian puncaknya, saya terpilih menjadi Top 3 Kompasiana Next Content Creator

Apresiasi dari Kompasian. Video produk bisa dilihat di sini

Alhamdulillah, jadi penyemangat untuk bikin konten lebih baik lagi. Terima kasih banyak untuk ilmunya, dear Moms Video Maker, tanpamu aku galau... nggak bisa bikin video keren.

Bertabur Hadiah dari Sponsor

Serunya hadir di acara ini adalah bertabur hadiah dari sponsor. Saat menyimak materi pun, member yang hadir kebagian hadiah dari bertanya, menjawab kuis, juga ikut game interaktif, sampai bikin reels on the spot. Setelah itu juga ada sesi permainan heboh rebutan sendok yang bikin seisi ruangan tertawa gembira.

Sebagian kecil sesi pembagian hadiah yang kefoto

Jangan kuatir kelaparan dan haus. Bertempat di @hanggarkopi, tentunya kita ngopi cantik bareng dan makan enak! Bahkan suami dan anak-anak yang menjemput pun saya belikan kopi dan minuman segar biar nggak tantrum nungguin. Mumpung pakai diskon member, tengkyu Bu Manager :)

Kopi dan makanan enak suguhan Hanggar Kopi

Mengulik isi goodies, wah seneng banget dapat banyak produk lucuk! Ada brownies @dedapur_, cookies karakter @bittersweetjkt, gantungan kunci MVM @tinuleutik.craftstore, oil esential @youngliving_indonesia, snack @alamii.food, minuman serat @fibrefirst.

Goodies dari sponsor

Kue ultah, cookies dan brownies

Tidak ketinggalan sponsor untuk hadiah lainnya yaitu:

Booth Oriflamae dan oil

Bukan MVM namanya kalau nggak berbagi hadiah mevvah di perayaan ulang tahunnya ini. Selain aneka produk dari sponsor, ada juga hadiah staycation gratis 
di The Alethea Villa Sentul @thealetheavilla untuk giveway di Instagram. Duh, pas diundi nama saya nyaris kena. Belum rejekinya nih. 

Selamat buat Mbak Leni @keluargashidqi

Semoga saya bisa menang hadiah staycation di Lenirra Villa & Resto atau di Sarga Resort untuk kategori reels terbaik, aamiin. Atau kalau nggak dapet, menang voucher Cibinong City Mall 300K dong biar saya seneng, hehe. Nanti kalau saya menang, pasti bakal direview di reels Instagram dan blog ini. Doain ya! 

Hadiah staycation di @sarga.resort

Hadiah staycation di @lenirra_resto

Hadiah voucher belanja @cibinongcitymall

Penutup

Membuat video bukan sekedar bikin konten untuk menunjukkan seberapa eksis kita di dunia maya. Manfaatkan skill yang kita miliki untuk membuat konten video yang berkualitas, yang bisa menjadi inspirasi dan sumber informasi untuk orang lain yang menonton. Sukur-sukur bisa mendulang rejeki alias cuan dari konten video yang dibuat.

Untuk saya pribadi, cuan bukan tujuan utama belajar bikin video. Betul, pasti seneng kalau ada duitnya dari video yang kita buat. Berkaca dari jumlah followers dan usia, saya sadar diri bakal 'nggak keudag' alias nggak terkejar untuk jadi konten kreator yang eksis. 

Teringat dulu, alhamdulillah saya pernah berkecukupan rejeki dari menulis blog. Saya tidak tergiur hal yang sama di era konten video saat ini. Sudah tua, Mak! Waktunya pensiun sambil selonjoran slow living haha. 

Kiri: bareng Mom Atra dan Mbak Nurul, member yang anaknya sudah kuliah
Kanan: Mbak Nurul jadi bestie tiap dateng ke acara MVM

Bisa upgrade skill bikin video aja sudah bahagia. Jelang usia 50 tahun begini bisa bikin video kayak gen Z! Menurut saya, itu udah keren. Siapa dulu yang ngajarin... di MVM semua ibu bisa bikin video keren!

Ucapan ultah untuk MVM

Happy 1st Anniversary MVM!

Happy 1st Anniversary dear Moms Video Maker!
Semoga terus menginspirasi untuk ngajarin kita para emak bikin video yang keren!
Semangat terus dan jangan lupakan member nini-nini yang satu ini yaa :)

Terakhir, inilah video reels Instagram yang saya buat tentang keseruan acara Moms Video Maker 1st Anniversary. Video dibuat sesuai yang baru dipelajari. Yaitu voice over dengan latihan pernapasan perut (belum berhasil kayaknya). Dan bikin lagu ultah MVM berikut liriknya dengan AI. Lirik lagu pada bagian awal sengaja tidak ditampilkan di reels karena ada vo suara saya.

Selamat menyimak...

        Moms Video Maker 1st Anniversary

Tak lelah menginspirasi
Moms MVM selalu berkreasi
Dengan kreativitas
Hasilkan konten video yang menawan hati

(Chorus)
Moms Video Maker, oh, MVM
Kita hebat tumbuh bersama
Bisa bikin video keren
Jadi kebanggaan tersendiri!

(Bridge)
Mari rayakan, hari yang spesial
Bersama kita, kuatkan ikatan
MVM, teruslah berkarya
Ciptakan video, yang mempesona

(Chorus)
Moms Video Maker, oh, MVM
Kita hebat, tumbuh bersama
Bisa bikin video keren
Jadi kebanggaan tersendiri!

(Outro)
Selamat ulang tahun, MVM tercinta,
Teruslah berkarya, menginspirasi semua
Kami bangga jadi bagian dari,
Moms Video Maker, luar biasa!

Selamat ulang tahun, MVM! Teruslah menginspirasi!

16 comments :

  1. Seruuu acaranya, nambah ilmu baru, dan tentunya semoga makin rajin update konten videonya ya Teh Inna. Pernafasan perut tuh memang kudu banyak-banyak latihan sih ya.

    ReplyDelete
  2. Seru banget mak acara anniversarynya. Kapan nih open member barunya? tertarik juga buat upgrade skill soal bikin video biar gak gitu-gitu aja. Btw, ngiler nih sama hadiah sponsornya banyak banget ya

    ReplyDelete
  3. Lengkap banget ulasannya. Beneran bertaburan ilmu juga. Hadiahnya juga keren keren sekali. Selamat ulangtahun MVM. Sukses selalu dan menginspirasi

    ReplyDelete
  4. wah seru banget acaranya mbak dan benar-benar nambah skill nih terutama yang berhubungan dengan voice over. aku kadang kalau bikin vo buat video berasa banget kehabisan nafasnya karena memang nggak pakai pernafasan perut sih dan masih belum bisa juga eh pakai smiling voice

    ReplyDelete
  5. Kemarin sempat lihat postingan mba Nurul di Ig tentang ultah Komunitas Mom Make Video Maker ini. Ternyata seru juga acaranya, bergizi banget bisa nambah ilmu. Happy first anniversary, membernya makin solid dan sukses yaa

    ReplyDelete
  6. Aaahhhh.... seru banget ini acaranya, selain bisa bersilaturahmi dan juga belajar mengenai membuat video ya mak. Pengin ah nanti kalau ada lagi bisa ikutan, kemarin diajakin sama mbak Dita dan Isti tapi belum pas waktunya.

    ReplyDelete
  7. Seru banget sih aku jadi pingin ikutan juga kalau ada acaranya apalagi bisa belajar bikin video ya. Mak Inna tau aja infonya ya. Aku mau banget belajar trik VO juga bisa dipakai kalau pas bikin video reels nih.

    ReplyDelete
  8. Banyak sekali ilmu bermanfaat yang sekaligus bisa saya setiap juga
    Senang banget ya bisa gabung di komunitas yang membawa manfaat untuk kita dan sekitarnya
    Selamat ulang tahun 1 semoga makin sukses ya komunitasnya

    ReplyDelete
  9. Asik banget ada komunitas seperti ini
    Ini sangat mendukung para ibu yang juga jadi konten kreator ya
    Duh, jadi pengen ikutan komunitasnya

    ReplyDelete
  10. Seru banget siiiy acaranya. Coba di Semarang buka cabang MVM yaaa.. pengin ikutan juga biar bisa bikin video yang kece.

    Sebagai sesama jelang 50, rasanya memang cape ya mba kejar2an dengan yang muda2. Mereka mah kayaknya udah otomatis pinter gitu hehehe... Nah giliran yang jelita gini, kok ya susaaaah amat kayaknya belajarnya.

    ReplyDelete
  11. Perintilan buat menjadi seorang voice over banyak juga nih yang harus dipelajari ya. Apalagi urusan artikulasi, dan teknik vokal kudu tepat. Pantesan aja, seseorang bisa voice over beragam suara karena udah tahu tekniknya ya

    ReplyDelete
  12. ini ulasannya panjang dan lengkap,liat foto2nya kebayang serunya kegiatan ini... rame banget, tapi banyak ilmu juga...

    ReplyDelete
  13. Saya mau gabung tapi katanya sudah tutup
    Semoga deh ya ada MVM area Surabaya
    Bisa saya bantu cari lokasi untuk event
    Btw, Happy Milad MVM

    ReplyDelete
  14. Selamaatt ka Riannaa..
    Belajarnya membuahkan karya dan hasil yang maksimal.
    Seneng deh.. gabung di komunitas Moms Video Maker.
    Berasa paket lengkap yaa.. Silaturahm, dapetin ilmu keren dan kekinian, trus mamam-mamam. Hehehe, kan lagi tasyakur bi nikmah..

    Selamat ulang tahun, komunitas Moms Video Maker.
    Sukses selalu untuk semua anggotanya dan semakin solid.

    ReplyDelete
  15. Acaranya seru banget. Sekarang tuh penting banget ya bisa voice over. Supaya video terlihat lebih menarik

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top