Tuesday, September 25, 2018

7 Hal yang Saya Suka dari Thirty but Seventeen



Nonton drama korea baru saya lakukan dalam waktu tiga tahun terakhir. Awalnya karena nggak sengaja buka drakor donlotan yang dititip Melly (tetangga sekaligus teman blogger) di laptop saya. Setelah itu, keterusan minta file drakor ke teman-teman Asinan Blogger. Jadi, kalau saya kurang paham tentang dunia drakor, maapkan yaa. Harap maklum karena masih newbie.

Bosan nonton file donlotan, saya pindah ke aplikasi drakor Viu. Itu juga maunya gratisan. Sengaja, biar nggak ketagihan maksudnya, haha. Biasanya saya nonton drakor yang udah direkomen sama temen. Pastinya yang udah tamat. Saya jarang nonton yang on going. Tapi setelah mulai kenal nama-nama pemain drakor, mulai deh penasaran nonton drama on going terbaru mereka.

Salah satu drama on going yang menarik minat saya adalah Thirty but Seventeen atau Still 17. Dan beneran, nonton drama ini nyiksa banget karena bikin baper dan penasaran. Berikut 7 hal yang saya suka dari drama Korea Thirty but Seventeen.

1. Pemeran Utama Pria: Yang Se Jong sebagai Gong Woo Jin


yang se jong
Yang Se Jong sebagai Gong Woo Jin

Nggak bohong kalau alasan utama saya nonton Thirty but Seventeen adalah karena kepo sama aktor tampan ini. Pertama kali lihat aktingnya di drama Romantic Doctor, Teacher Kim sebagai dokter Do In-beom. Yang Se Jong jadi second lead yang gagal ndapetin cinta dokter Yoon Seo Jung yang diperankan oleh aktris cantik Seo Hyun Jin. 

romantic doctor teacher kim
Bareng Seo Hyun Jin di Romantic Doctor, Teacher Kim

Ini kok bikin saya keki. Karena itulah saya lanjut nonton drama Temperature of Love dengan mereka berdua sebagai pemeran utama. Dan saya puas banget karena Yang Se Jong sebagai chef On Jung-seon akhirnya bersanding dengan Seo Hyun Jin sebagai Lee Hyun Soo. Plus ikutan seneng karena doi dapet penghargaan Best New Actor dari SBS Drama Awards dan Best New Actor (TV) dari Baeksang Arts Awards karena perannya tersebut. 

temperature of love
Main bareng lagi sama Seo Hyun Jin di Temperature of Love 

Habis ini sudah dipastikan saya bakal kepo dengan perannya di drama populer lain yaitu Saimdang, Memoir of Colors dan Duel. Lumayan lah buat nyambung habis baper nonton drama Thirty but Seventeen.

duel
Jadi kloning di Duel 

Balik lagi ke drama Thirty but Seventeen. Yang Se-jong berperan sebagai Gong Woo Jin. Dia berprofesi sebagai set desainer. Pria berusia 30 tahun yang punya sifat tertutup karena suatu kejadian saat usianya 17 tahun. Kelakuannya yang ajaib dan anti sosial bikin geleng-geleng kepala. Termasuk penampilan awut-awutan Gong Woo Jin di awal episode.

yang se jong
Penampilan ala big foot di Thirty but Seventeen 

Gong Woo Jin yang kerap disapa Mr. Gong ini sebenarnya punya pribadi yang hangat. Karena trauma yang membayanginya, dia jadi tertutup dan anti sosial. Drama ini memperlihatkan perjuangan Mr.Gong mengatasi traumanya dan berhasil membuka diri menjadi pribadi yang menyenangkan seperti saat dia berusia 17 tahun. 

yang se jong
Foolish Mr. Gong dan sedotan wc pembuka jendela

Khusus untuk drama ini, totalitas Yang Se Jong dalam berakting patut diacungi jempol. Kita (engg... saya kali) terhanyut ikutan nangis saat Mr. Gong lagi nangis, dan ikut ketawa lihat adegan kocaknya yang polos. 

yang se jong
Mr.Gong yang tersiksa kalo inget traumanya

Ada lagi nih... akting Se Jong yang alami dengan anjing kesayangan bernama Deok Gu atau Fang. Padalah aslinya, doi punya alergi. Tapi karena sang anjing punya peran penting, mau nggak mau dia harus banyak berinteraksi dengan hewan berbulu yang satu itu, dan terus minum obat selama syuting. Makanya, meski syuting drama pas musim panas, Se Jong malah pakai baju lengan panjang terus. Mungkin untuk mengurangi atau menutupi efek alerginya. 

yang se jong
Tetap bisa berakting bareng anjing walaupun punya alergi

yang se jong
Kalo kumat alerginya, boboan dulu sana gih 

2. Pemeran Utama Wanita: Shin Hye-sun sebagai Woo Seo Ri


shin hye sun
Cantiknyaa Shin Hye-sun

Belum banyak drama Shin Hye-sun yang saya tonton. Saya cuma ingat perannya di Legend of Blue Sea bareng Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun. Oh, ini yang jadi cewek keGRan itu ya. Begitu yang ada di pikiran saya pas liat poster dan teaser drama Thirty but Seventeen.

legend of blue sea
Dapetin brondong di Legend of Blue Sea

Akting cewek cantik ini pastinya nggak kalah kece karena di drama My Golden Life Shin Hye-sun meraih empat nominasi penghargaan dan memenangkan dua penghargaan Best Couple (bersama Park Shi-hoo) dan Excellence Award, Actress in a Serial Drama. Saya sendiri baru sempat nonton episode 1 drama My Golden Life. Nanti lanjut lagi kalo udah kuat buat baper yang baru, hehe.

my golden life
Poster drama 'My Golden Life' 

Atau nunggu drama pendeknya Hymn of Death bareng Lee Jong-suk kayaknya cucok. Tapi saya penasaran pengen liat Shin Hye-sun main bareng di Five Enough bareng Sung Hoon. Maklum, saya lumayan kesengsem sama Sung Hoon di drama Oh My Venus dan My Secret Romance. Biar keponya sekalian :D

five enough
Bareng Sung Hoon di Five Enough 

Nah ngelantur lagi. Ayo, balik ke peran Shin Hye-sun di Thirty but Seventeen. Doi berperan sebagai Woo Seo Ri yang jago main biola dan koma selama 13 tahun karena kecelakaan. Ketika sadar, Woo Seo Ri sempat syok mendapati dirinya sudah berusia 30 tahun. Dia terperangkap dalam tubuh wanita berusia 30 tahun tapi mentalnya masih berusia 17 tahun.

shin hye sun
Cute Woo Seo Ri 

Shin Hye-sun pinter banget memerankan anak usia 17 tahun tapi secara fisik sudah berusia 30 tahun. Perlahan tapi pasti, Seo Ri berhasil menyusul 'ketinggalannya' dan bersikap dewasa serta bisa mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.

drama korea
Seo Ri dan biola kesayangannya 

drama korea
Seo Ri yang pantang menyerah

3. Jalan Cerita yang Menarik


drama korea
Salah satu poster Thirty but Seventeen

Naskah drama Thirty but Seventeen ditulis oleh Jo Sung He. Beliau juga yang sukses menulis drama She Was Pretty yang saya suka banget. Puas karena di drama ini karena Park Seo-joon bisa bersatu dengan Hwang Jung-eum yang sebelumnya gagal bersanding di Kill Me Heal Me. Saya mah gitu, dendaman kalo suka sama second leadnya, hehe.

Sementara sutradaranya adalah Joo Soo Won yang sukses menggarap drama I Hear Your Voice dan Pinocchio. Drama terakhir berhasil memberikan beliau penghargaan Best Director APAN STAR 2015.

drama korea
Joo Soo Won sebagai sutradara

Cerita Thirty but Seventeen pada episode 1 dimulai dari sudut pandang Gong Woo Jin yang berusia 17 tahun. Woo Jin remaja jatuh cinta pada seorang gadis (Woo Seo Ri) tapi malu untuk menyapa. Hingga akhirnya suatu hari mereka bertemu di bus. Belum sempat berkenalan, Woo Jin keburu turun duluan dari bus. 

drama korea
Pertemuan Woo Jin dan Seo Ri di bus 

Tragisnya, bus tersebut mengalami kecelakaan dan Woo Jin menyaksikan di depan matanya sendiri. Woo Jin langsung syok dan merasa bersalah pada sang gadis karena menyuruhnya turun di halte berikut. Woo Jin mengira Seo Ri tewas akibat kecelakaan tersebut. Kejadian itu membuatnya trauma hingga mengubah kepribadiannya menjadi tertutup dan anti sosial. Dia takut terlibat dalam hubungan sosial dan akan mengacaukan kehidupan orang lain karena kecerobohannya.

drama korea
Hobi pasang ear phone rusak biar nggak ditanya orang di jalan

Woo Seo Ri yang berada di bus itu saat kecelakaan ternyata tidak tewas, melainkan koma selama 13 tahun. Saat sadar, Seo Ri tidak bisa menerima dirinya sudah berusia 30 tahun. Setelah pulih dari syoknya, Seo Ri bangkit dan berjuang menata hidupnya yang lama tertunda. 

drama korea
Kaget pas bangun sudah berusia 30 tahun 

Takdir mempertemukan kembali Woo Seo Ri dengan Gong Woo Jin. Keduanya sama-sama tidak tahu bahwa mereka sudah pernah bertemu sebelumnya saat masih berusia 17 tahun. Seiring berjalannya waktu, perasaan cinta pun tumbuh bersamaan dengan proses penyembuhan dalam diri mereka masing-masing. 

drama korea
Ketika Mr.Gong butuh payung...
Curhat2an di pantai

drama korea
Eee... jahit kancing cara begini kan pamali! 

Awalnya hubungan mereka canggung karena merasa asing satu sama lain, lama-lama mereka mulai nyaman jalan bareng. Walau tadinya Mr. Gong sempat takut untuk membuka hatinya karena ingat trauma masa lalu. Tapi kemudian dia sadar tidak bisa hidup tanpa Seo Ri karena perasaan yang semakin mendalam... cie cie...

drama korea
Happy couple

drama korea
Dan saya naksir kameranya... Canon EOS M50

Bergenre komedi romantis, nonton drama ini bikin kita ikut terharu bahagia, sedih, bahkan tertawa karena akting ciamik dari para pemainnya. Bukan sekedar kisah cinta Seo Ri dan Woo Jin saja yang seru untuk disimak. Kisah lainnya juga nggak kalah menarik.

drama korea
Ekspresi Seo Ri saat choco pienya didudukin Mr.Gong 

drama korea
Adegan di rumah sakit 
drama korea
Ikutan konser musik

Kejadian yang melibatkan pemeran pendukung lain ikut menyemarakkan jalan cerita. Saya suka dengan hubungan yang hangat antara para tokohnya yang menjadi keluarga baru Seo Ri setelah dia siuman dan ditinggalakan oleh paman dan bibinya.

drama korea
Keluarga baru Seo Ri 

drama korea
Bareng Yoo Chan dan sabuk anti gelinya

Semua tokoh berjuang menghadapi masalahnya masing-masing. Perjuangan Seo Ri mencari jati diri dan keluarganya. Perjuangan Woo Jin untuk sembuh dari traumanya. Perjuangan Yoo Chan menjadi atlet dayung terbaik. Perjuangan Jenifer untuk membuka kembali emosinya. Dan seterusnya. 

drama korea
Semangat mendayung... catch, catch, catch!

Beberapa kejadian sedih terjadi di drama ini. Akting sedih para tokohnya sukses bikin saya ikutan nangis. Bahkan saya ikutan patah hati dan nangis bareng Yoo Chan. Sama dokter Hyun Tae juga saya nangis kasihan, hk hk hk... 

drama korea
Seo Ri yang nangis ditinggal pergi Mr. Gong

drama korea
Gantian Mr.Gong yang nangis karena nggak bisa ninggalin Seo Ri

drama korea
Akting anjingnya keren, ikutan nangis juga

Ada beberapa misteri dalam drama ini yang bikin kita gemes dan penasaran. Seperti siapa yang bayarin biaya rumah sakit selama Seo Ri koma setelah paman dan bibinya menghilang, misteri wanita bersepatu kuning yang kerap menemui Jenifer, penyebab paman dan bibi Seo Ri menghilang, dan tentu saja misteri saat kecelakaan bus yang membuat kehidupan Seo Ri dan Woo Jin berubah.


Salah dua dan tiga misteri di Thirty but Seventeen

Pada akhir episode dikisahkan tentang kejadian di bus menurut versi Woo Seo Ri remaja. Ini bikin saya merinding disko antara bahagia dan takjub. Halah, iya saya mah gampang banget terharu sama kisah cinta mereka berdua. So sweet pokoknya mah.

drama korea
Ending yang manis

4. Pemeran Pendukung dengan Karakter yang Unik


Biasanya, saya kalau nonton drama cuma fokus sama pemeran utamanya. Baru merhatiin pemeran pendukungnya kalo ada karakter yang menarik atau pemainnya cakep (menurut standar saya). Tapi di drama Thirty but Seventeen ini semua pemeran pendukungnya keren abis! Ada siapa aja? Yuk disimak...

Ahn Hyo-seop sebagai Yoo Chan

drama korea
Ahn Hyo-seop sebagai Yoo Chan 

Ahn Hyo-seop memerankan keponakan Mr. Gong bernama Yoo Chan, seorang siswa SMA yang menjadi atlet dayung. Yoo Chan jatuh cinta pada Seo Ri karena merasa nyambung sebagai teman seumuran (maklum Seo Ri waktu baru sadar kan mentalnya masih 17 tahun). Namun akhirnya dia merelakan sang paman tercinta yang menjadi rivalnya untuk berbahagia dengan Seo Ri. 

Karakter Yoo Chan yang ceria dan bersemangat menjadi warna tersendiri. Apalagi dia sangat sayang pada ibunya, pamannya, dan teman-temannya, juga nggak ketinggalan anak ayam peliharaannya, Chick Junior. He's so lovable!


Sayang mamah

drama korea
Paman dan keponakan yang kompak

drama korea
Sayang paman sayang paman...

Ye Ji Won sebagai Jenifer

drama korea
Please call me Jenifer 

Ye Ji Won berperan sebagai pembantu rumah tangga yang misterius bernama Jenifer. Meski namanya pembantu, Jenifer ini keren lho. Kerjaanya sergep dan rapi, jago masak, serta punya banyak pengetahuan bak kamus berjalan. Kalo ngomong lempeng banget kayak robot dan minim ekspresi. Ternyata, Jenifer punya alasan tersendiri mengapa dia menyembunyikan emosinya.

Saya suka banget sama back song kala Jenifer sedang berjalan. Lagu pengiringnya berjudul "Shape of My Heart" yang dinyanyikan oleh Sting! Aih, mantap buat Jenifer yang super!

drama korea
Jenifer yang super 
Yoon Sun Woo sebgai Hyun Tae 

drama korea
Jadi dokter demi Seo Ri 

Dokter Hyun Tae diperankan oleh Yoon Sun Woo. Sejak remaja, Hyun Tae sudah naksir Seo Ri. Begitu tahu Seo Ri kecelakaan, Hyun Tae sedih banget dan bertekad menjaga gadis itu sampai siuman. Bahkan dia mengubah cita-citanya jadi penyanyi rap menjadi dokter untuk bisa menyembuhkan Seo Ri. 

Tentu saja, dokter ganteng ini gagal mendapatkan cinta Seo Ri. Saat patah hati, saya ikutan gemes. Kasihan bener, capek-capek 13 tahun jagain dan nungguin, sampe jadi dokter juga demi Seo Ri. Eh pas udah sadar Seo Ri malah sama orang lain. Hik hik... yang tabah ya dok!

drama korea
Dokter yang sabar 

Hebatnya, meski patah hati dan cemburu berat, nggak ada tuh adegan gontok-gontokan karena rebutan cewek. Pembicaraan 'man to man' antara Hyun Tae dan Woo Jin benar-benar dewasa. Ya iya lah, yang satu dokter satunya set desainer dan sama-sama berusia 30 tahun. Pemikirannya udah logis dan nggak terbawa emosi. Salut!

drama korea
Ketika dokter cemburu 

Wang Ji Won sebgai Kim Tae Rin

drama korea
Tae Rin yang merasa Seo Ri jadi saingannya

Kim Tae Rin yang diperankan oleh Wang Ji Won ini adalah pemain biola ternama. Waktu remaja, bakatnya kalah oleh Seo Ri. Ketika Seo Ri muncul 13 tahun kemudian, Tae Rin mulai ketakutan bakal disaingi oleh Seo Ri.

Seharusnya ini jadi tokoh antagonis. Karena awalnya kelihatan nyebelin. Tae Rin selama ini selalu menyiksa diri dengan membandingkan dirinya dengan orang lain dan segala sesuatunya harus sempurna.Tapi setelah ceritanya berkembang, Tae Rin justru jadi baik dan menawarkan peluang bermain biola lagi pada Seo Ri. 

drama korea
Main biola bareng Seo Ri 

Jung Yoo Jin sebagai Hee Soo

drama korea
Jung Yoo Jin sebagai Hee Soo

Berperan sebagai Hee Soo, aktris Jung Yoo Jin menjadi CEO di tempat Mr. Gong bekerja. Bos cantik yang satu ini baik banget dan sangat pengertian. Punya karyawan yang kelamaan cuti karena jalan-jalan teu puguh aja masih dipertahankan. Untung Mr.Gong berbakat, jadi nggak dipecat. 

Menyadari Seo Ri banyak tahu tentang musik klasik, Hee Soo merekrutnya untuk bekerja di kantor set desainer. Bikin konsep panggung untuk pertunjukan musik klasik jadi mudah berkat catatan dari Soe Ri. Hmm, udah tinggal serumah sekarang sekantor pula. Jadi makin nggak bisa dipisahkan deh Seo Ri dan Mr. Gong.

drama korea
Hee Soo bos yang baik hati dan peka

Hee Soo juga menangkap ada sesuatu diantara Mr. Gong dan Seo Ri. Sebagai teman kuliahnya di Jerman dulu, dia paham kalo partner kerjanya itu emang rada-rada ajaib. Dan Hee Soo merasakan perubahan sikap Mr. Gong sejak bertemu Seo Ri. Teman yang baik memang selalu mendukung. 

Teman-teman Yoo Chan

drama korea
Teman-teman Yoo Chan 
Pemeran teman-teman Yoo Chan, yaitu: Jo Hyun Sik sebagai Han Deok Soo, Lee Do Hyun sebagai Dong Hae Beom, dan Jo Yoo Jung sebagai Lee Ree An. 

drama korea
Ree An yang gigih untuk menaklukkan hati Yoo Chan

Ree An naksir berat sama Yoo Chan. Aksinya yang tengil dan kocak bikin kita tersenyum geli. Ree An sempat cemburu pada Seo Ri karena memakai baju Yoo Chan. Supaya baju cowok taksirannya nggak dipake cewek lain, Ree An ngembat baju adeknya selemari dan dikasiihin ke Seo Ri. Hihi, Seo Ri akhirnya punya baju-baju cantik deh!

Deok Soo dan Hae Beom. Dua teman dekat Yoo Chan ini kerap bikin suasana jadi kocak. Mereka kompak banget di tim dayung dan dalam keseharian. Yang satu ceritanya punya tampang ketuaan, sedangkan satu lagi bangga karena punya ortu kaya. Mereka berdua sering nginep dan numpang makan masakannya Jenifer. Bikin ngumpul bareng jadi seru!

drama korea
Kompak bak kembar tiga 

Teman-teman Yoo Chan juga menjadi warna tersendiri buat Seo Ri. Karena merasa sebaya, mereka pun nyambung dan menghabiskan waktu bersama dengan gembira. Pada awalnya Seo Ri memang masih seperti anak kecil dengan ikut melonjak-lonjak riang. Setelah waktu berjalan, Seo Ri menjadi dewasa dan teman-temannya dibuat kagum dengan perkembangannya.

drama korea
Teman-teman baru Seo Ri yang menyenangkan

Yoon Chan Young sebagai Gong Woo Jin Remaja 

drama korea
Yoon Chan Young

Satu lagi nambah stok dedek gemes idola emak, Yoon Chan Young. Kamu nomer dua setelah Nam Da Reum yak. Sayang, saya nggak punya anak perempuan. Pada gagal deh dijadiin calon mantu, hahaha. 

drama korea
Gong Woo Jin remaja yang nggak kalah ganteng

Chan Young pernah main drama yang sama bareng Yang Se Jong di Romantic Doctor, Teacher Kim jadi Kang Dong Joo remaja. Aksinya ngamuk di IGD emang oke banget. Nggak heran, akting Chan Young di Thirty but Seventeen nggak kalah keren. Terutama saat adegan Woo Jin syok dan terpukul setelah melihat kecelakaan bus yang ditumpangi Seo Ri. Dari segi tampang, kebetulan kok mirip juga sama Yang Se Jong. Pas banget!

drama korea
Pemeran Gong Woo Jin dan Seo Ri masa remaja dan sekarang 

Park Si Eun sebagai Woo Seo Ri Remaja 

Cute and clumsy Seo Ri 

Woo Seo Ri remaja diperankan oleh Park Si Eun yang cute. Seo Ri remaja dijuluki ceroboh oleh teman-temannya. Kalau sudah serius baca buku musik, dia meleng nggak merhatiin jalan. Kadang kesiram air atau nyaris nyemplung ke got. Pake sepatu aja beda sebelah. Justu karena kelihatan unik itu, Woo Jin remaja jatuh hati padanya.

drama korea
Seo Ri remaja yang berbakat

Drama yang baru saya lihat ada Park Si Eun baru Queen for Seven Days dimana dia jadi sang ratu waktu masih kecil. Drama cewek imut yang ngetop lainnya seperti Signal dan Six Flying Dragons serta lainnya belum ditonton.

drama korea
Gemesin banget sih kamu. Sayang ketuaan buat jadi calon mantu Ateu 

Oia, ternyata Park Si Eun sudah pernah main bareng sama Yoo Chan Young di drama Six Flying Dragons. Sama-sama jadi peran anak kecil. Nah udah remaja ketemu lagi di Thirty but Seventeen. Semoga gedean nanti kalian dipertemukan buat maen bareng, ya!

drama korea
Nanti kalian maen bareng lagi ya! Ateu tungguin... 

Pemeran lainnya:
* Ahn Seung Kyoon sebagai Jin Hyun (rekan kerja Mr.Gong) 
* Wang Seok Hyeon sebagai Kim Hyeong Tae remaja
* Lee Seung Joon sebagai Kim Hyun Kyu (paman Seo Ri)
* Shim Yi Young sebagai Kook Mi Hyun (bibi Seo Ri) 
* Lee Ah Hyun sebagai Gong Hyun Jung (kakak Mr.Gong)
* Lee Seo Yeon sebagai No Soo Mi (teman Seo Ri remaja)
* Deok Gu/Fang sang anjing
* Chick Junior anak ayam dan ayam kesayangan Yoo Chan


5. Tentang Pendewasaan Diri

“Time goes by on its own, but it also never comes back. Anyone can regret the time that has already passed, but it’s up to you if you’ll let the feelings of sadness turn into unchangeable regret or into a memory you want to look back on.” (Episode 15)
Cuplikan kalimat itu diutarakan oleh Jenifer kepada Mr. Gong. Jenifer sendiri tengah berjuang melawan rasa bersalah akibat suatu peristiwa di masa lalu. Beberapa kalimat bijak alias quote ada di drama ini dan membuat kita berpikir lebih dalam tentang makna kehidupan.

drama korea
The only to cure for grief is action, quote by G.H. Lewis

Perkembangan Seo Ri dan Woo Jin menjadi bijak seperti orang dewasa 30 tahun pun ditampilkan dengan elegan. Thirty but Seventeen mengigatkan kita bahwa dengan menyesali apa yang terjadi, kita akan terperangkap di masa lalu dan kesulitan menjalani kehidupan saat ini.

drama korea
Seo Ri sudah menerima dirinya berusia 30 tahun

Woo Jin pun berubah menjadi lebih bijak setelah membuka dirinya dan berhasil mengatasi bayangan trauma masa lalu. Hatinya menghangat karena kehadiran Seo Ri. Semakin dekat hubungan mereka, keduanya sulit untuk berpisah. Ketika ada situasi dimana mereka harus berjauhan, Woo Jin mendukung Seo Ri dan menghargai apa pun yang menjadi keputusan Seo Ri. Meskipun berat, Woo Jin rela kekasihnya pergi demi mengejar impiannya menjadi pemain biola handal.

drama korea
Mr. Gong rela dengan keputusan Seo Ri walo akhirnya mewek juga

Sadar wanita yang dicintainya sedang dalam proses 'mengejar ketinggalan umur', Woo Jin tidak mau memaksakan proses hubungan mereka. Dia hanya ingin Seo Ri merasa nyaman bersamanya. Dan jika Seo Ri sudah siap, barulah mereka bisa melanjutkan hubungan ke tahap berikutnya.

drama korea
Jawaban Mr.Gong bikin Seo Ri kelepek-kelepek

Bahkan pemuda ceria Yoo Chan berhasil menemukan jalanya sendiri dan bersikap dewasa di usianya yang masih muda. Semboyan penyemangat yang kerap dilontarkannya adalah: DON'T THINK, FEEL! Yoo Chan pun menempel tulisan itu di tembok kamarnya lalu dikoreksi spellingnya oleh Jenifer :D 

drama korea
Don't think, feel! 

6. Lokasi Syuting

Saya sukaa banget sama rumahnya Seo Ri. Rumah yang kemudian dibeli oleh ayahnya Mr.Gong ini emang keren banget! Ada halaman dengan taman yang asri, ruangan tersembunyi di balik rak buku, kamar Mr. Gong yang berjendela atap, dan kamar Yoo Chan yang nyaman sampe muat ditaro kandang ayam. Ada balkon di atas buat santai sambil ngangin juga.

drama korea
Pintu pagar rumah dengan tembok dipenuhi tanaman merambat 

drama korea
Halaman depan dengan gudang yang terpisah di bagian belakang 

Santai di taman

drama korea
Kiri pintu masuk, tengah ruang tamu, kanan ke ruang makan dan dapur

drama korea
Tangga ke lantai atas dan rak buku di bawah tangga

drama korea
Kamar rahasia di balik rak buku di bawah tangga

drama korea
Kamar rahasia yang jadi kamar Seo Ri

Ruang makan

drama korea
Jenifer sedang beraksi di dapur

Letak kamar mandi ada di lantai bawah dan lantai atas. Sedangkan kamar Jenifer ada di lantai bawah dekat ruang tamu. Sekarang kita naik ke lantai atas...

drama korea
Ruang santai di lantai atas. Kiri kamar Mr. Gong, kanan kamar Yoo Chan

drama korea
Meja kerja Mr. Gong di dalam kamar dengan jendela di bagian atap 

drama korea
Enaknya nangkring di jendela atap 

drama korea
Kamar tidur Yoo Chan dan si kembar tiga 

Lokasi berikutnya adalah jembatan penyebrangan tempat Seo Ri dan Woo Jin pertama kali bertemu saat remaja. Setelah bertemu lagi saat dewasa, mereka kerap berbagi momen penuh kesan di jembatan penyebrangan ini.

drama korea
Girang bener yang ketemuan di jembatan penyebrangan

drama korea
Cintaku bersemi di jembatan penyebrangan

drama korea
Abis baca surat yang isinya kocak, langsung lari deh ke jembatan

Satu lagi lokasi syuting yang saya suka adalah kantor set desainer. Namanya pekerja kreatif, kantornya cozy banget. Ruang kerja yang diatur efisien, ada pantry, lantai dua untuk ruang santai, dan tempat nangkring di lantai atas buat cari angin dan inspirasi. Bikin betah gawe di sini. 

drama korea
Kantor tampak depan

drama korea
Pintu masuk kantor 

drama korea
Ada yang ngagetin di kolong meja 

Meeting di atap juga enakeun

drama korea
Karyawan yang hepi


7. Soundtrack yang Enak Didengar

Kebiasaan saya kalau abis nonton drama terus baper dan kesengsem adalah lanjut ngintipin BTS (behing the scene), kepoin pemainnya, dan dowload soundtracknya yang saya suka. Etapi di Thirty but Seventeen ini ketujuh OST-nya kok enakeun semua? Apa saya aja yang gampang baper sampe semua lagunya dibilang enak, hehe.

Berikut lagu pengiring Thirty but Seventeen yang ada di Youtube:
1. Every Single Day (에브리싱글데이) - Seventeen
2. Hyolyn (효린) - Just Stay 
3. Tarin (타린) - Thirty Waltz 
4. Lucia (심규선) - Tears In My Heart (내 맘 속의 눈물) 
5. Bonggu (이봉구) of Gilgubongu / GB9 (길구봉구) - Get Away 
6. MIGYO (미교) - This Perfect Moment (우리 지금) 
7. Parc Jae Jung (박재정) - Walk With Me (같이 걷자) 

Dari semua lagu, saya paling suka "This Perfect Moment" karena dengerinnya sambil bayangin Seo Ri remaja yang kasmaran. Sedangkan lagu "Walk With Me" menurut saya pas banget buat menggambarkan perasaan patah hati Yoo Chan.

Semua soundrack Thirty but Seventeen bisa disimak di link Youtube berikut:




Nah, itu aja sih hal yang saya suka dari drama Thirty but Seventeen. Setelah drama ini tamat, hari-hari saya terasa hampa. Nggak ada lagi Mr.Gong yang saya tungguin. Ada pendapat netijen yang bilang kalo drama ini kepanjangan karena misteri nggak kunjung terungkap dengan cepat. Kalo menurut saya, emang sengaja diperlambat pastinya itu strategi dari penulis biar bikin kita penasaran, hehe. 

Sah-sah aja kalo ada yang merasa bosan nonton drama ini. Toh hal yang sama saya rasakan waktu nonton drama Temperature of Love. Tapi demi Yang Se Jong teuteup saya terusin ampe abis walo pake acara dicepetin pas tokoh selain pemeran utama muncul, haha.Tapi buat drama Thirty but Seventeen ini nggak ada yang dicepetin karena saya menikmati ceritanya. Iya iya... beda lah yang udah ngefans mah begini. 

drama korea
Udah tamat kan? Bisa bobo dengan bahagia deh!

Sementara misteri belum terungkap, penonton disuguhkan hubungan Seo Ri dan Woo Jin yang berkembang secara bertahap. Ingat, mereka sosok 30 tahun tapi sikap mereka masih seperti anak 17 tahun. Jadi wajar kalo gaya pacaran mereka nggak 'grabak-grubuk' kayak orang usia 30 tahun pada umumnya. Mak, grabak-grubuk tuh ngapain? Yaa gitu deh!

drama korea
Nggak berani pegang tangan, cukup narik baju aja

Tapi teuteup adegan romantis harus ada di drama ini. Uniknya, bukan romantis gimanaa gitu di drama Thirty but Seventeen. Tiap ada momen buat adegan romantis, selalu ada yang bikin kita jadi senyum sendiri. Karena mereka berdua mau romantis kok nggak jadi. Adegan gagal romantis bikin saya tersenyum geli bahkan tertawa ngakak. Ah, betapa polosnya Seo Ri dan Mr.Gong. Cute couple! That's why i enjoyed this drama very much. 

drama korea
Salah paham yang ternyata... astaga... 

drama korea
Salah paham yang bikin saya tepingkal-pingkal 

Setiap karya pasti ada kekurangannya. Begitu juga drama Thirty but Seventeen yang sekarang masuk list drama favorit saya. Yang bikin sebel adalah... rush ending! Awalnya drama ini dijadwalkan untuk tayang sebanyak 36 episode (menurut Asianwiki). Akhirnya drama ini ternyata hanya tayang sebanyak 32 episode. 

Penyebab episode harus dipersingkat adalah karena drama tiap hari Senin dan Selasa ini sempat tidak tayang dua episode karena Asian Games. Jadwal tayang tidak bisa digeser karena keburu ada perayaan Chuseok sehingga drama Senin pun diperkirakan tidak akan tayang. Begitu yang saya simak dari Insta stories master Kdrama Teteh Erry. Nuhun Teteh...

drama korea
Insta stories @erryandriati 

Beberapa adegan banyak yang dipotong dan cerita dipersingkat. Ketahuan banget banyak scene yang didiskon kalo liat preview yang ada di akhir episode genap (kalau nggak salah). Kesannya buru-buru banget sehingga beberapa misteri terungkap dengan cepat jelang episode terakhir.

Yang jadi pertanyaan saya adalah apa yang terjadi dengan Ree An? Kegigihannya mendukung Yoo Chan seharusnya dapat apresiasi. Sempat menyatakan cinta pada Yoo Chan atau enggak atau setidaknya kita tahu bagaimana nasib gadis cerdas ini di drama Thirty but Seventeen.

drama korea
Gimana nasibnya si eneng Ree An?

Terus, satu lagi yang mengganggu saya adalah preview adegan yang hilang. Ada seorang nenek sedang bicara dengan Seo Ri. Namun di episode terakhir, adegan itu tidak ada. Dugaan saya, nenek itu ada hubungannya dengan kepergian paman dan bibi Seo Ri. Entah beliau ibu mertua pamannya yang menyuruh mereka untuk mengabaikan Seo Ri yang sedang koma di rumah sakit. Entahlah... itu cuma tebakan saya aja. 

drama korea
Salah satu scene yang menghilang: nenek misterius 

drama korea
Suaranya sih perasaan sama ama nenek yang di taman

Satu hal yang bikin drama Thirty but Seventeen ini berasa 'gue banget' adalah menyimak keputusan terakhir Seo Ri dan Yoo Chan terhadap pilihan masa depannya. Seo Ri melepaskan kesempatan belajar ke Jerman dan Yoo Chan melepaskan tawaran penting untuk menjadi atlet dayung profesional. Yoo Chan terinspirasi oleh pilihan Seo Ri. Kata Seo Ri, "Aku bukan menyerah. Aku hanya sudah memilih."

Sama seperti situasi saya sekarang. Saat semua rekan blogger berjuang keras untuk menjadi blogger yang kian eksis, saya malah santai begini-begini aja. Saya memang sempat menyerah pengen pensiun sebagai blogger, tapi nggak bisa karena terlanjur jatuh hati. 

Jadi, sama seperti Seo Ri yang menghargai waktu... saya juga bukan menyerah, tapi sudah memilih. Iya, saya pilih menikmati jadi blogger selama yang saya bisa. Jika saya ingin mengejar kesuksesan, banyak yang akan saya korbankan dan saya tidak ingin itu terjadi. Saya ingin lebih banyak menikmati waktu bersama keluarga tercinta. Begicu... dih, ujung-ujungnya kok numpang curhat yak :D

Terakhir, saya cuma mau bilang kalau drama Thirty but Seventeen ini recomended banget. Bukan karena ratingnya yang bagus, para pemainnya dan jalan ceritanya enak buat ditonton. Kalau pengen nonton drama yang ringan nggak pake mikir alur yang berat, cucoklah nonton Thirty but Seventeen. This is a warm hearted drama yang bikin hari-hari jadi penuh warna... i'm gonna miss u, Seo Ri and Mr.Gong!

Ikut seneng liat mereka bahagia walo cuma di drama

Ini adalah postingan pertama saya tentang drama korea. Kenapa saya bikin ini? Karena saya gemes, pengen menumpahkan rasa baper ke blog. Daripada dipendem jadi jerawat, ya nggak? 

Nonton drama Thirty but Seventeen bikin bahagia karena happy ending. Alur ceritanya nggak pake ribet, ringan, dan menghibur. Pemerannya punya karakter yang wajar. Nggak ada tokoh antagonis yang bikin kita pengen jambakin rambutnya. Endingnya juga manis banget menurut saya. 

Berhubung disuruh buru2 tamat, wedding scene di drama ini terpaksa disingkirkan. Penonton cuma ditunjukkin foto pernikahan doang.  Sebenernya sayang juga, mereka kan udah capek-capek syuting tapi adegannya nggak kepake. Tapi buat saya lumayan cukup puas lah, hehe.




A post shared by Thirty But Seventeen K-Drama🌙🐰 (@thirtybutseventeen) on

Okede, selamat menonton Thirty but Seventeen ya! Buat yang udah nonton dan ngerasa baper, boleh colek saya biar kita baper bareng...



Sumber: 
Instagram @thirtybutseveenteen (thank you, min)
Soompi, Asianwiki, Twitter, and Google.

28 comments :

  1. Saya juga suka banget sama film ini mbak, selain ceritanya bikin baper tokoh-tokohya juga bikin gemes banget hihi

    ReplyDelete
  2. Setelah membaca ini, saya langsung pengen lihat fersi filmnya nih mbak :D

    ReplyDelete
  3. Betul banget mba, saya setuju banget sih kalau jalan ceritanya benar-benar sangat ringan sekali.

    ReplyDelete
  4. Pemainnya benar-benar bikin gemes banget mba :)

    ReplyDelete
  5. Hihihi nonton Thirty but Seventeen ini tuh emang bikin gemes banget mbak, apalagi kalau adegan romantis tapi gagal :D

    ReplyDelete
  6. Aduuuuh... saya juga pernah di bikin melelh dengan Thirty but Seventeen ini, apalagi sountracnya yang enak-enak banget.

    ReplyDelete
  7. Saya baru nonton episode awal awal, abis itu dan seterusnya gak bisa nonton lagi hiks. TV dibajak sama anak2 ampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nontonnya pas anak2 skola. kalo ga, tablet dikuasain mereka :D
      moga pembajakan tv nya segera berlalu ya makk

      Delete
  8. Mbaaak, aku juga sukaaa banget sama drama ini!
    Dan sesungguhnya masih belum siap banget waktu dramanya tamat lho. Seriusan aku pikir bakal 18 eps jadi pas dikasih tau tamat di 16 eps, akutu berasanya kayak ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya huhuhu

    Sampai sekarang pun hasrat ngedrama-ku masih anjlok, alhasil twiter dan instagram-ku jadi sepiiii banget, males ngebacot di sosmed hahaha. Semua gara-gara Mr. Gong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun aku pun... bencii akuu ga bisa mup on. beneran lopebel banget dah drama ini. jadi makin sayang tapi harus merelakan berakhir.

      mari kita baper bersama, teh eryy... huk huk huk

      Delete
  9. Awwww. Informatif dan lengkap bgt ulasannya. Baru tau juga kalau park si eun udh pernah main brg chan young di drama lain. Jd pgn mrk main juga besok kalau udh gede 😚😚

    Kenalin aku admin di ig thirty but seventeen 😊😊😊

    Keep it up!!

    ReplyDelete
  10. miminnn.... ehh haii ekaaa :D
    senang berkenalan denganmuu. updetan IGnya memuakan banget buat kepoin foto2 n spoilers thirty but seventeen.

    moga sukses buat proyek akun IG drakor selanjutnya yaa

    ReplyDelete
  11. wah lengkap banget pembahasannya, mbak. sampai hafal drama-drama yang dibintangi pemerannya. hihi. saya nonton drama ini sampai eps 4 aja kalo nggak salah. kemarin-kemarin lagi bingung mau nonton yang mana. akhirnya nonton mr. sunshine sama familiar wife

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil kepo mba, hehehe

      sambil nunggu, aku jg nonton familiar wife. pengen nonton mr.shunhine nanti dulu deh nunggu baperku yg satu ini ilang dulu :D

      Delete
  12. begitu baca ini aku langsung kepo penasaran brb buka viu..

    ReplyDelete
  13. Bening2 banget ya mba yang main.. bikin betah mata yang liat.

    Btw..aku kepo mba...gimana caranya loading blog nggak keganggu, sementara 1 postingan image nya buanyak banget gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua fotonya diedit dulu sbl uplot, dikecilin ukuran resolusinya. aku pake kebanyakan max 640 px

      Delete
  14. saya jg penonton setia kdrama ini..sayng emang ujungnya diprsingkat, penasaran adegan wedding dan lamaran yg beneran, krn yg pertama si seo wori ke gr an aja,salah ngira.., teman2 yoo chan lucu2..selalu bae2in mr gong biar dtraktir mul, slm knl sbg blogger yg suka nyambi ngdrakor jg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh bikin keki banget krna bnyk yg dipotong :(
      hiburan banget emang temen2nya yoo chan, kompak tukang makan tiga2nya.

      salam kenal juga mba rahma :*

      Delete
  15. Review-nya lengkap banget mba, sampe setting rumahnya segala. Ya ampun. Menggoda sekali bikin aku pengen ikutan nonton juga.

    ReplyDelete
  16. Panjang beeeuuuud review drakornyaaa! Terpampang nyata kalau nulisnya penuh penghayatan hehehe

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top