Thursday, September 13, 2018

Lakukan 7 Hal Ini untuk Menghemat Budget Belanja Smartphone Online




Pengunaan smartpone erat dengan lifestyle jaman now. Keseharian kita tidak bisa lepas dari gadget yang satu ini. Mulai bangun pagi pakai alarm smartphone, mengatur agenda harian, urusan komunikasi via telpon dan sms serta aplikasi online, update status keeksisan di media sosial, dan segala hal yang berhubungan dengan internet. Semuanya bisa dilakukan oleh smartphone, telepon seluler pintar dalam genggaman.


Meskipun saya nggak terlalu mengikuti perkembangan jaman now, sebagai emak blogger mau tidak mau saya ikutan juga berurusan dengan smartphone. Yap, smartphone adalah a must have gadget demi menunjang pekerjaan sampingan yang satu ini.

Dahulu kala, saya pakai telepon genggam alias hp yang bisa sms dan nelpon doang. Begitu ekonomi keluarga meningkat plus sudah kenal internet, baru deh saya mempertimbangkan smartphone yang tepat untuk menjadi pendamping hidup eh untuk keseharian saya.

Mulanya, saya masih pakai smartphone apa adanya. Kemudian saya makin aktif ngeblog dan job jadi buzzer mulai berdatangan. Saya butuh smartphone yang mumpuni untuk memotret dan bisa share ke berbagai media sosial dengan cepat. Inilah awal petualangan saya berganti smartphone pun dimulai...

Aneka jenis dan merk smartphone pun singgah dalam hidup saya, ciee. Alhamdulillah, ada juga satu smarphone yang saya peroleh secara gratis dari hadiah lomba blog. Sampai saat ini, smartphone berembel-embel 'note' itu masih bernafas dengan sehat dan dipakai oleh suami tercinta.


Smartphone hadiah lomba blog

Suami saya memang tipe orang yang memakai smartphone sampai titik darah penghabisan. Jadi, kalau belum rusak ya nggak beli smarphone dulu. Terus, gimana ceritanya kok smartphone hadiah bisa dipakai suami? Kebetulan smartphone milik suami rusak dan harus ganti yang baru.

Setelah membeli smartphone baru, suami malas mengoprek gagdet berlambang buah apel ini. Saya disuruh memakainya dan mengoprek sendiri. Kami bertukar smarthone. Saya pakai yang baru, suami pakai smarthone hadiah. Keterusan ngoprek, eh malah jadi tukeran beneran deh, hehehe. Pas banget saya lagi butuh smartphone baru karena fungsi kamera smartphone hadiah ini mulai menurun. 

Terus, jadi mikir... ternyata pandangan suami saya tentang smartphone itu beneran bisa menghemat budget belanja smartphone. Nggak masalah juga sih kalau punya hobi gonta-ganti smarphone. Tidak sedikit orang yang bolak-balik ganti smartphone karena 'ingin', dan bukan karena 'butuh'. Tapi jika budget mencukupi, kenapa tidak? Apalagi sekarang sudah banyak situs penjual online yang bikin belanja smartphone jadi praktis.

Saya punya tips untuk mengehemat budget belanja smartphone online, yaitu:

1. Beli Smartphone Sesuai Kebutuhan


Ingat lagi, smartphone akan digunakan untuk keperluan apa saja. Mau smartphone untuk memotret, pilih yang fitur kameranya oke. Mau yang bisa multi tasking untuk pekerjaan kantor, atau handal untuk update status media sosial. Lalu mulai deh browsing smartphone seperti apa yang cocok.

2. Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia


Setelah tahu smartphone macam apa yang diinginkan, mari sesuaikan dengan budget yang tersedia. Ada bayangan bakal dapat smartphone merk dan tipe apa dengan dana yang tersedia. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Biasanya kita mudah tergoda smartphone canggih dengan harga lebih mahal. Hati-hati, nanti dikhawatirkan bisa mengganggu stabilitas dompet pada hari-hari berikutnya, hihi.

3. Cari Informasi tentang Spesifikasi Smartphone


Cari informasi tentang spesifikasi smartphone bisa dilihat di website resmi merk smartphone, review di sosial media, situs penjualan online, bahkan bisa bertanya pada teman yang menggunakan smartphone merk yang sama. 

Dengan budget sekian bisa dapat smartphone merk A. Coba pelajari lagi spesifikasi smartphone tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kita? Siapa tahu dalam pencarian informasi ini malah ketemu smartphone merk B dengan spesifikasi agak canggihan sedikit tapi punya harga yang sama. Asyik banget kan, jadi lebih hemat!


4. Bandingkan Harga


Sudah pas mau cari smarthone merk apa? Biar makin mantap, coba kita bandingkan harganya. Cari harga smartphone yang paling murah sekarang nggak usah ribet browsing kepoin satu-satu akun jualan mereka. Sekarang ada situs www.iprice.co.id untuk menemukan harga jualan online termurah di berbagai lapak penjual online.

Misalnya, saya lagi cari harga Iphone X terbaru dengan harga yang paling murah. Tinggal ketik 'Iphone X' pada kolom search, langsung deh keluar hasilnya seperti ini...


Hasil pencarian pada situs iPrice

5. Pilih Penjual Online Terpecaya


Belanja online maupun beli langsung bisa kena tipu. Untuk mencegah hal tersebut, pilih penjual online terpecaya. Baca review dan testimoni pelanggan pada toko online tersebut. Browsing dulu apakah pernah ada konsumen yang merasa dirugikan atau tidak.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah garansi toko. Jika terjadi sesuatu pada saat proses pengiriman misalnya, ada garansi penggantian barang. Atau barang rusak sebelum dipakai bisa langsung ditukar.


6. Lihat Cara Pembayaran


Lihat cara pembayaran toko online tersebut. Ada yang menggunakan rekening langsung atau lewat pihak ketiga melalui rekening bersama. Jika rekening bersama yang digunakan, konfirmasi antar pihak ketiga dan penjual harus lancar sehingga transaksi lekas diproses dan barang bisa segera dikirim.

7. Pilih Cara Pengiriman Barang


Pengiram barang di situs penjualan online biasanya menyediakan via paket atau diantar dengan ojek online. Saya memang sudah pernah menerima paket berisi smartphone, berarti keamanannya terjamin. Pilih pengiriman paket dengan asuransi. Pastinya ada biaya tambahan. Tidak banyak kok, tapi sepadan untuk berjaga dari hal yang tidak diinginkan.

Saya sendiri lebih memilih cara pengiriman barang dengan ojek online. Maklum, saya orangnya nggak sabaran, hehe. Harganya lebih mahal namun hati saya lebih tentram karena smartphone dipastikan sampai beberapa jam setelah transaksi. Bikin girang nggak sih? 


Nah, itu tadi tips untuk mengemat budget belanja smartphone online versi saya. Mudah-mudahan bermanfaat. 

Terakhir, saya mau bilang kalau saya seneng banget waktu jalan-jalan ke website www.iprice.co.id. Mulanya cari perbandingan harga smarthpone eh jadi merembet ke yang lain. Saya malah lanjut mencari perbandingan harga elektonik, komputer, perlengkapan main game, kamera, televisi, peralatan rumah tangga, mainan anak. sampai fashion dan kecantikan. 

Browsing harga di iPrice bisa dilakukan sambil santai melalui smarthone. Tampilannya seperti ini...

Tampilan website iprice di smarthone

Mudahnya mendapatkan barang yang diidamkan dan sesuai budget dengan iPrice. Cukup search, compare... and save! Kita bisa langsung klik ke toko online yang dituju dengan mudah lewat situs ini. Sangat membantu kita untuk menghemat waktu, this is your one stop shopping destination. Think shopping think iPrice.


Website: www.iprice.co.id
Facebook: iPrice Indonesia
Twitter: @ipriceID

1 comment :

  1. iya bener sekarang banyak banget penjual online, jadi harus bener - bener memastikan beli di penjual terpercaya yah

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top