Wednesday, January 22, 2020

Sinopsis Drama Korea Chocolate



"Please don't be affraid, I will always be here I will cry your tears, Share your sweet sad fearsPlease don't look away, take my hand in your handCome and rest my dear, I will always be here"

Cuplikan OST drama Korea Chocolate sudah mewakili isi ceritanya. Tayang pada akhir November 2019 sampai 18 Januari 2020, drama ini menyita perhatian karena kisah melodramanya yang menyentuh. Ditulis oleh Lee Kyung-hee dan sutradara Lee Hyung-min, nonton Chocolate nggak ngebosenin dan bikin penasaran dengan jalan ceritanya. 

Awalnya saya suka karena drama ini bercerita tentang profesi dua pemeran utamanya, yaitu dokter dan koki. Seneng aja lihat beberapa adegan medis dan masak-memasak sekaligus. 



Kedua, saya suka karena drama ini ada jalan-jalan ke luar negeri, yaitu di Athena Yunani. Memang nggak banyak, hanya di awal, sedikit flashback, dan di akhir cerita. Tapi itu cukup buat saya. 

Terakhir, kualitas akting pemainnya jadi daya tarik tersendiri. Sebenernya, saya bukan fans dari Ha Ji Won dan Yoon Kye Sang yang jadi pemeran utama. Biasanya kalau baru pertama nyimak drama yang pemainnya baru diliat, saya gugling dulu. Setelah tahu mereka bukan aktor atau aktris kaleng-kaleng, baru lanjut nonton deh hehe. Kok gitu? Yaa saya kan nggak mau rugi nonton drama yang pemerannya nggak oke.



Sinopsis Drama Korea Chocolate



Drama Korea Chocolate berkisah tentang cinta pertama di masa kecil yang dialami oleh Lee Kang dan Moon Cha Young. Keduanya bertemu di sebuah desa nelayan kecil. Saat itu Cha Young tengah berlibur bersama keluarganya. 

Dia tidak sengaja mampir ke kedai makanan yang dikelola oleh ibunya Lee Kang. Di kedai itu, Cha Young disuguhi oleh Lee Kang makanan yang lezat. Mereka pun janjian untuk ketemu lagi keesokan harinya. Lee Kang bilang akan membuatkan chocolate sasha untuk Cha Young. Sayang, sesuatu terjadi dan mereka tidak bertemu lagi. 

Cha Young kecil saat mampir ke kedai milik ibu Lee Kang

Lee Kang ternyata adalah cucu dari keluarga dokter yang kaya raya di Seol dan memiliki beberapa rumah sakit. Sang nenek menjemputnya dan membawa Lee Kang beserta ibunya pindah ke Seol untuk disekolahkan dengan baik. Sementara Cha Young mendadak harus mengakhiri liburannya dan pulang. Hubungan mereka tertunda oleh waktu dan keadaan. 

Lee Kang hidup menderita saat dibesarkan oleh keluarga ayahnya. Sementara Cha Young mengalami kecelakaan terjebak di reruntuhan mall dan nyaris meninggal. Beruntung saat musibah, Cha Young tidak sendirian. Ada seorang wanita yang menemaninya  bertahan hidup. 

Keluarga yang nggak peduli waktu ibunya Lee Kang kecelakaan

Sepotong coklat telah membuat Cha Young bertahan hidup. Wanita itu adalah ibunya Lee Kang yang pergi ke mall untuk membeli coklat kesukaan putranya. Cha Young diminta memakan coklat untuk Lee Kang agar bisa bertahan hidup. Usai memberikan coklat, ibunda Lee Kang pun meninggal.

Sejak kejadian itu, Cha Young selalu makan coklat jika hatinya sedih sebagai penyemangat hidup. Sebaliknya, Lee Kang justru menjauhi coklat karena mengingatkan pada kenangan bersama sang ibu dan musibah kecelakaan itu. Lee Kang makin terpukul karena keluarga Lee, sang nenek dan keluarga pamannya tidak peduli dengan musibah tersebut dan tidak mengadakan pemakaman karena mengganggap sang ibu adalah aib keluarga (ayah Lee Kang kawin lari dengan anak pembantu).

Ketika dewasa dipertemukan kembali, keduanya membawa luka batin dari perjalanan hidup yang menyakitkan. Moon Cha Young (diperankan oleh Ha Ji Won) berprofesi sebagai koki yang berbakat. Terinspirasi coklat yang bikin siapa saja yang menikmatinya jadi bahagia, Cha Young menjadi koki karena dia ingin orang-orang bahagia lewat masakannya.


Koki cantik
Koki Cha Young lagi bikin kue

Sedangkan Lee Kang (diperankan oleh Yoon Kye Sang) sudah menjadi dokter yang kompeten. Dibesarkan di keluarga dokter, Lee Kang mau tidak mau berjuang untuk menjadi dokter terbaik untuk membuat neneknya bangga. 

Lee Kang mempunyai sepupu bernama Lee Jun (diperankan oleh Jang Seung-jo) yang selalu menjadi saingannya sejak kecil. Setelah keduanya menjadi dokter, persaingan semakin tajam karena ada tahta penerus perusahaan keluarga yang ditawarkan sang nenek untuk cucu yang terbaik.


Dokter Lee Jun, sepupu dokter Lee Kang

Lee Kang dan Lee Jun, dua saudara yang selalu bersaing

Cha Young dan Lee Kang akhirnya bertemu secara tidak sengaja di rumah sakit saat Cha Young dirawat karena usus buntu. Saat itu, Cha Young sedang jalan-jalan di luar rumah sakit. Dia nemu makanan nganggur. Karena lapar, langsung dimakan aja deh. Padahal itu makanan punya dr.Kang. Wah, pertemuan pertama malah kesannya enggak banget. Malu banget deh, Cha Young...

Cha Young yang laper, ngembat makanan dr. Kang :D

Pertemuan pertama Cha Young dan Lee Kang saat dewasa

Teringat nama Lee Kang, Cha Young akhirnya menyadari bahwa dialah anak laki-laki yang dulu ditemuinya di desa nelayan. Oia, Cha Young kecil sempat balik lagi ke desa tersebut setahun setelah mereka berpisah. Dia mendapati kedai sudah kosong dan seseorang mengabari bahwa keluarga yang menempatinya sudah pindah. Cha Young juga diberi tahu nama anak laki-laki yang baik hati memberikan dia makan.

Penasaran dengan cinta pertamanya, Cha Young pun kepoin dr.Kang. Dia senang, karena melihat sendiri bahwa Lee Kang tidak berubah sifat baik hatinya. Tidak kuat menahan perasaan, Cha Young nekad ingin memberitahu perasaannya. Sayang, begitu ingin menemui sang cinta pertama, dr.Kang sudah tidak ada di rumah sakit karena pindah tugas ke luar negeri.

Cha Young senang bisa bertemu kembali dengan Lee Kang

Kepergian  Lee Kang ke luar negri, tepatnya disuruh bertugas di rumah sakit daerah perang adalah berkat karena kelicikan sang paman. Apa pun bisa dilakukan oleh paman dan bibi Lee Kang agar dia tersingkirkan dan hanya menyisakan Lee Jun sebagai pewaris. Jadi maunya sang paman, biar Lee Kang sekalian mati aja di area perang. 

Apesnya, sebuah bom meledak dan  Lee Kang terluka parah. Kabar ini sampai ke Korea dan membuat sahabat dekat Lee Kang yang bernama Kwon Min-sung (diperankan oleh Teo Yoo) terpukul. Cha Young yang mendengar kabar itu juga ikut shock. Dalam suasana sedih itu mereka bertemu dan menjadi dekat bahkan Min-sung kemudian jatuh hati pada Cha Young. 

Meski Lee Kang tidak ada kabarnya lagi, hati Cha Young belum berubah. Dia menantikan Lee Kang dan menolak cinta Min-sung. Tidak menyerah, Min-sung kembali menyatakan cinta saat hari Natal. Putus asa antara sedih dan terenyuh dengan usaha Min-sung, Cha Young setuju menjadi pacarnya. 

Di saat yang sama, datanglah Lee Kang yang sudah pulih kesehatannya. Dia membawa bunga dan memberi selamat kepada mereka berdua yang baru jadian. Ini scene yang lumayan mengobrak-abrik hati. Kebayang dong gimana perasaan Cha Young? Kaget banget! Mau seneng nggak bisa, tapi sedih iya karena baru jadian sama cowok lain di depan cowok yang selama ini dinantinya. Huhu, nyesek!


Cha Young yang sedih sendiri diantara dua orang yang lagi hepi

Mereka bertiga semakin dekat. Bahkan Min-sung meminta Lee Kang menemani Cha Young karena janji kencan nonton di bioskop yang batal. Namanya dokter, kerjaan di rumah sakit yang sibuk sering membuat Lee Kang kelelahan. Di bioskop, Lee Kang malah tertidur dan tidak sengaja menyender di bahu Cha Young. Ini bikin Cha Young nggak tahan lagi. 


Lee Kang merosot ketiduran, hati Cha Young langsung ambyar

Dia nggak kuat menahan perasaan cinta pada Lee Kang tapi nggak mau terus berpura-pura mencintai Min-sung. Cha Young memutuskan untuk kabur saja, pergi menjauh ke tempat di mana dia nggak bisa ingat lagi sama Lee Kang. Cha Young memutuskan untuk pindah ke Athena, Yunani. Jauh ajah.

Min-sung yang terpuruk ditinggal Cha Young pun curhat kalau Cha Young pergi karena terpikat pria lain. Lee Kang yang kesal melihat sahabatnya disakiti, langsung menemui Cha Young meminta penjelasan. Emang bener sih, Cha Young ninggalin Min-sung karena cinta sama yang lain, ya Lee Kang. Tapi dia nggak bilang itu pada Lee Kang. Ini yang membuat Lee Kang mulai membenci Cha Young.


Beranteman dulu sebelum berangkat ke Yunani

Waktu pun berlalu. Empat tahun kemudian, Min-sung sudah move on dan bertunangan dengan wanita lain. Sayangnya hidup Min-sung tidak lama lagi karena divonis kanker. Lama menyembunyikan penyakitnya, akhirnya Lee Kang tahu sahabatnya sakit keras dan langsung mendampinginya.

Min-sung dirawat di sebuah rumah sakit yang disebut sanatorium Gaesong, yaitu rumah sakit khusus pasien penyakit parah yang sudah menjelang ajal. Di rumah sakit ini, pasien diperlakukan dengan sangat baik agar mereka bahagia menjalani hari-hari terakhirnya. Kebetulan kepala rumah sakit adalah ayah Min-sung, yaitu dokter Kwon Hyun Suk (diperankan oleh Kim Won-hae).

Saat dirawat di sanatorium, Min-sung punya permintaan terakhir. Dia ingin memakan pangsit buatan Cha Young. Menurutnya, pangsit buatan Cha Young adalah pangsit terenak di dunia. Min-sung pengen banget memakannya sebelum meninggal.

Sempat kesal dengan permintaan terakhir Min-sung, Lee Kang akhirnya pergi ke Athena untuk mencari Cha Young. Pertemuan mereka di sebuah lomba masak tidak berjalan dengan mulus. Cha Young menolak bikinin pangsit buat Min-sung. Lee Kang pun balik ke Korea dengan kesal.


Ketemu Lee Kang di acara lomba masak

Merasa nggak enak, akhirnya Cha Young balik ke Korea. Dia mencari Min-sung dan menyusul ke sanatorium. Terjadi kesalah pahaman membuat Cha Young diterima di sanatorium untuk membantu di dapur. 

Suatu malam, Lee Kang masuk ke dapur untuk membuat pangsit. Karena ada panggilan darurat, adonan pangsit ditinggalkannya. Cha Young yang sedari tadi mengintip akhirnya nerusin masak. Pangsit dititipkan pada tunangan Min-sung. Dan Min-sung pun bisa meninggal dengan bahagia.


Pangsit buatan Cha Young untuk Min-sung

Usai kepergian Min-sung, Cha Young dan Lee Kang sama-sama sedih. Cha Young menemui Lee Kang untuk pamit kembali ke Athena. Saat Lee Kang mengantar Cha Young ke bandara, terjadi kecelakaan. Benturan di kepala membuat Cha Young harus segera dioperasi. Lee Kang sendiri yang mengoperasi Cha Young dalam keadaan terluka. 



Pamit pada Lee Kang sebelum kembali ke Athena

Ternyata Lee Kang juga cedera. Lee Jun, sang sepupu yang melakukan operasi pada Lee Kang. Sesuatu terjadi, ada yang salah pada operasi Lee Kang yang menyebabkan tangan kanannya sering gemetar. Lee Kang tidak bisa mengoperasi pasien lagi. 


Dianggap cacat karena tidak bisa mengoperasi pasien lagi, Lee Kang dikirim neneknya (diperankan oleh Kang Boo-ja) ke sanatorium Gaesong. Lee Kang ditugaskan untuk menutup sanatorium secara bertahap karena tempat itu akan dijadikan rumah sakit elit.

Dokter Kang merawat pasien di sanatorium

Cerita pun bergulir di seputar sanatorium. Usai dioperasi, Cha Young tidak jadi kembali ke Athena dan bekerja di sanatorium. Ternyata Lee Kang juga ditugaskan bekerja di sana. Mereka bertemu dalam suasana canggung. Lee Kang masih membenci Cha Young.  

Kehidupan sanatorium membuat dokter Kang berubah, begitu pula dengan Cha Young. Menghadapi pasien kritis menjelang ajal butuh kesabaran dan kelapangan hati. Dari para pasien inilah mereka belajar menghargai kehidupan yang sesungguhnya.


Ada perasaan damai di sanatorium Geosung. Lee Kang dan Cha Young sama-sama mengurus pasien agar bahagia di akhir hidupnya. Banyak pelajaran berharga yang mengharukan dari para pasien sanatorium. Ada yang meninggal sebelum bertemu dengan anaknya. Ada ibu yang pergi dan kembali lagi setelah tahu anaknya sakit keras. Juga ada yang putus asa ingin bunuh diri dan untungnya segera diselamatkan. 


Memperhatikan kebahagiaan pasien di hari terakhirnya

Karena seorang pasien pula, saudara kembar Cha Young, yaitu Moon Tae-hyun (diperankan oleh Min Jin-woong) yang menyebalkan mulai berubah tidak mau membuat keonaran lagi. Ini saudara kembar laki-laki yang memang nggak mirip sama sekali, hihi. 


Dua saudara kembar: Cha Young dan Tae-hyun

Cerita semakin ramai dengan kedatangan sepupu sekaligus saingan Lee Kang, Lee Jun  ke sanatorium. Lee Jun karena sesuatu hal harus bekerja sosial di sanatorium. Mulanya dia sebel banget disuruh kerja kayak pembantu. Tapi lama-lama dia betah juga di sanatorium. 

OOTD buat nyuci sepre ala dokter Lee Jun

Karena suka bantuin di dapur, Lee Jun jadi dekat dengan Cha Young yang baik hati. Cha Young juga yang mempertemukan Lee Jun dengan sang cinta pertama yang menjadi pasien di sanatorium. Kedekatan mereka berdua sempat bikin Lee Kang yang mulai naksir Cha Young jadi cemburu.

Cha Young dan kecengannya Lee Jun

Suatu hari, Cha Young mengalami musibah. Akibat bekas operasinya yang terbentur, Cha Young kehilangan indra penciuman dan perasanya. Ini membuat Cha Young sangat sedih. Apa jadinya koki tanpa indra perasa dan pencium? Lee Jun yang melihat perubahan kondisi Cha Young pun bersimpati. Cha Young meminta Lee Jun merahasiakan penyakitnya ini terutama pada Lee Kang.


Jadi akrab sama Cha Young. Tenang, bukan naksir kok.

Hubungan antara Lee Kang dan Lee Jun yang sejak kecil tidak akur, perlahan berubah berkat Cha Young dan orang-orang di sanatorium. Awal ketemu di sanatorium, keduanya malah beranteman. Sebenarnya mereka berdua aslinya anak yang baik, cuma keluarga Kang aja yang bikin mereka tumbuh jadi saingan dan nggak akur.


Main basket yang berujung baku hantam

Lantas, selanjutnya gimana? Apakah Cha Young bisa jujur pada Lee Kang tentang kisah masa kecil mereka? Susah! Soalnya Lee Kang masih benci sama Cha Young karena menghianati Min-sung dulu. Jadinya Cha Young menderita memendam perasaan cintanya.

Sering bertemu dan sama-sama mengurus pasien di sanatorium membuat Lee Kang melihat sisi lain dari Cha Young. Mulanya sebel karena merasa Cha Young adalah cewek yang berkhianat pada sahabatnya (dia nggak tahu aja siapa cowok yang ditaksir Cha Young), lama-lama menjadi simpati.

Duh, ini yang gemesin! Nunggu Lee Kang nyadar kalau Cha Young adalah cinta pertama yang dia cari itu lama banget, haha! Ini gara-gara suatu kejadian yang membuat Lee Kang harus balik ke kampung halamannya dan kembali ke kedai makan milik ibunya.





Selanjutnya, mulailah hari-hari bahagia Cha Young dan Lee Kang. Etapi jangan mikir mereka langsung hepi-hepi. Ini cinta orang dewasa. Nggak napsuan grabak-grubuk gitu. Perasaannya udah dalem banget. Jadi yah pacarannya bijaksana gitu. Ehm, pacaran bijaksana tuh gimana Maak???


Melepaskan bayang-bayang Min-sung



Tidak bisa berlama-lama bahagia, hubungan mereka mendapat ujian. Lee Kang baru tahu kalau Cha Young kehilangan indra perasanya. Cha Young tidak bisa menjadi koki yang baik dan Lee Kang sebagai dokter bedah yang tidak bisa membedah pasien. Mau jadi apa mereka berdua karena kehilangan kemampuan terbaiknya?

Masalah besar datang saat sanatorium akan ditutup. Bagaimana dengan nasib para pekerja sanatorium? Lee Kang mau ke mana lagi mengungat dia tidak bisa bertugas di rumah sakit biasa karena kondisi tangannya.

Di tengah suasana genting penutupan sanatorium,  dan ada sebuah kejadian yang membuat Cha Young terpukul. Tidak kuat menahan kesedihan, Cha Young memutuskan untuk kembali ke Athena. 


Minta dihibur saat sedih

Terus, endingnya gimana? Yah begitulah. Tonton saja sendiri biar nggak penasaran ^_^


Hal Menarik Tentang Pemain Drama Korea Chocolate

First Lead Drama Korea Chocolate

Menurut saya, banyak hal menarik di drama ini. Seperti yang sudah saya sebut di atas, saya suka jalan ceritanya. Nambah lagi dengan setingnya, lalu soundtrack OSTnya juga enakeun. Bahkan dua pemeran utamanya, Ha Ji Won dan Yoo Kye Sang ikutan nyanyi juga dengan lagu berjudul You and I.



Ngomongin akting keduanya tentu sudah jaminan mutu. Ha Ji Won banyak main di drama ngetop. Usianya ternyata sudah 40 tahun dan tetap cantik. Duh, pengen banget glowing kayak gini. Caranya? Perawatan atuh, Maak!

Ha Ji Won

Sayangnya saya belum nyimak tuntas satu drama dia, nggak beres mulu karena males nerusin hehe. Yaitu Secret Garden dan The Time We Were Not in Love. Kenapa nggak diterusin? Soalnya drama itu ada di laptop, donlot dari temen. Merasa gampang bisa nonton kapan aja makanya saya cuekin. Keburu kepincut drama ongoing soalnya.

Baca juga: Drama Korea Berseting Tempat Kerja yang Asyik untuk Ditonton

Nah kalau sama Yoon Kye Sang ini saya baru pertama nonton dia di Chocolate ini. Mantan anggota boyband ini pastinya jago nari dan nyanyi. Dia pernah main di melodrama juga, makanya akting di Chocolate begitu menghanyutkan.

Yoon Kye Sang

Etapi meskipun terlihat diam dan dingin di perannya sebagai dokter Lee Kang, aslinya Yoon Kye Sang itu gokil juga ternyata. Kelihatan dari behind the scene Chocolate, dia sering banget bikin Ha Ji Won ketawa.

Second Lead Drama Korea Chocolate

Second lead yang cuma muncul di episode 1 dan 2 ini meninggalkan kesan mendalam dan sering disebut dalam episode selanjutnya. Itulah kalau jadi second lead dan dibikin jadi almarhum, kenangannya nggak abis-abis... ciee!

Yoo Tae berperan sebagai Kwon Min-sung, pengacara yang jadi pacar Moon Cha Young. Aktingnya saat patah hati ditinggalin Cha Young oke banget. Saya udah liat aktingnya di drama lain, tapi sayang nggak pernah lama alias cuman bentar doang kayak di Chocolate.

Yoo Teo

Yoo Teo beberapa kali ditakdirkan mati mulu perannya. Selain di Chocolate yang mati karena kanker, di drama Vagabond dia mati juga sebagai penjahat. Sama juga waktu Yoo Teo jadi Ragaz, bapaknya Eunsom yang diperankan Song Jong Ki di Arthdal Chronicles. Dalam drama fantasi ini, Yoon Teo total banget meranin manusia purba berdarah hewan buas. 

Kalau lihat drama fantasi emang suka absurd tapi tertarik aja sama ceritanya, kayak drama Angel Last Mission yang berkisah tentang malaikat.


Baca juga: Review Drama Korea Angel Last Mission Love

Saat ini Yoo Teo udah main di drama lain. Saya belum intip sih. Pastinya Yoo Teo yang lahir di Jerman dan lama menimba ilmu akting di luar negeri ini mulai banyak punya fans. 

Selanjutnya ada second lead Lee Jun yang diperankan oleh Jang Seong-jo. Saya pertama lihat dia di drama Encounter, jadi mantan suaminya ooo yang diperankan oleh Song Hye Kyo. Karakternya hampir mirip: dingin, kaku, ambisius, tapi sebenernya baik hati.


Jang Seong-jo

Baca juga: Encounter: Drama Korea Santai dengan Dua Bintang Ternama

Peran Lee Jun tidak seperti second lead kebanyakan yang ditolak cintanya oleh first lead, yang satu ini justru punya cinta sejati sendiri. Jadi nggak ganggu percintaan tokoh utamanya. Paling sempet bikin cemburu aja. 

Setelah gagal dengan cinta pertamanya, Lee Jun dibikin bahagia dengan open ending oleh penulisnya. Yaitu kemunculan seorang wanita yang tidak sengaja menjadi dekat dengan Lee Jun. Istimewanya, yang berperan sebagai wanita tersebut adalah istri Jang Seong-jo, yaitu Lina. Iyes, ternyata Jang Seong-jo sudah menikah dan jadi papah muda dengan satu anak. 

Jang Seong-jo dan Lina

Terakhir, ada Min Jin Woong yang berperan sebagai saudara kembar Moon Cha Young. Namanya kembar fraternal, ya mereka nggak mirip lah. Moon Tae-hyun sebagai adik emang sering ngeselin dan merepotkan Cha Young. Dalam drama emang nggak seru kalau nggak ada yang ngeselin, kan.

Min Jin Woong

Peran ini bertolak belakang dari peran Min Jin Woong sebelumnya di drama Memories of The Alhambra. Min Jin Woong jadi sekertarisnya Yoo Jin Woo yang diperankan oleh Hyun Bin. Ceritanya dia mati dan hidup lagi dalam game. Nah setiap dia muncul dalam game itulah saya selalu meneteskan air mata karena sedih dan terharu...

Penyelamat di Memories of The Alhambra

Baca juga: Review Drama Korea Memories of The Alhambra

Okedee... segini aja dulu. Maaf lho kalau kepanjangan. Maklum sengaja biar tuntas rasa baper saya abis nonton Chocolate, jadilah sinopsis macam begini. 

Terima kasih sudah mampir. Sampai jumpa di review drama korea yang lain ^_^

26 comments :

  1. demen banget akuuu kalo DraKor banyak adegan masaknya. Karena kliatan sangaaattt sweet dan indah gitu Mba. Apalagi kalo didukung cerita dan pemain yang berkualitas

    ReplyDelete
  2. wow komplit banget hehe jadi kek ikutan nonton, makasih reviewnya yang super komplit ini

    ReplyDelete
  3. Huah panjang bener mba hahaha...sebagai yang ga suka drakor cukup terbayang sih filmnya gimana :) hehhee
    btw aku juga kalau ga mood suka makan coklat biar gembira :D

    ReplyDelete
  4. Alamaak lengkap sinopsisnya dan aku baca ludes saking penasaran ama jalan cerita. Tapi kayaknya mau nonton langsung juga ah :)

    ReplyDelete
  5. aku penasaran endingnya gimana....
    btw gimana itu pacaran bijaksana mbak, ayok dong deskripsikan

    ReplyDelete
  6. Ku tak tahu dulu apa itu arti "DRAKOR" kupikir plesetan dari drakula, hahahha, ternyata drakor itu drama korea.

    Teman kantor dan teman kos ku juga suka sama drakor, katanya lebih okeh daripada drama Indonesia, hehhehe...Seperti sinopsis drakor ini, kayaknya emang seru ya...

    ReplyDelete
  7. K-DRAMA yang aku lagi nonton gegara diracunin yaitu Crush Landing On You hahaha untungnya berlangganan NetFlix udah lama

    ReplyDelete
  8. Waaa ... kirain bakal diceritain sekalian endingnya. Menarik juga ya kalau dalam satu cerita ada tentang medis dan masakan. Biasanya saya suka tertarik kalau tentang kuliner

    ReplyDelete
  9. Seru banget ceritanya, kemarin abis baca review chocolate juga, tapi enggak sedetail review di sini, hoho...

    ReplyDelete
  10. Waaaa udah diduluin aja reviewnya. Aku belum. Tumben ya, hahaha

    Komen secara mendalam nanti aku ulas di blog sendiri deh

    Dan, Chocolate ini sebenarnya bukan perpisahan antara Ha Ji Won dan Hyun Bin. Tapi antara Hyun Bin dan Min Jin Woong. Gemes banget aku di awal-awal sama itu orang

    ReplyDelete
  11. Komplit nih ulasannya mba Inna, hihiii
    Itu aku membayangkan bapernya Cha Young pas abis jadian, eh yang ditaksir datang merhatiin dia. Kacau deh pasti hatinya

    ReplyDelete
  12. Wah, terbayang gimana bapernya kalau nonton ini..saya tu jarang banget nonton drakor. Soalnya suka gemes sama endingnya

    ReplyDelete
  13. Aku sudah nonton si Chocolate ini, sebenarnya kalau aku sendiri tuh gemes banget sama alur ceritanya. Tapi aku suka, bahkan theme songnya suka menjadi mood booster loh.

    ReplyDelete
  14. Wah jalan ceritanya penuh lika-liku ya, Na. Dari kisah percintaan yang banyak kesalahpahaman, profesi masing-masing yang banyak terjadi kesalahan, wah pokoknya banyak lika-liku ya...
    Seru juga ceritanya, nih :)

    ReplyDelete
  15. Ini saya Tanya ke anak mbarep, antusias mgejawab : Udah nonton Bund, sampe episode 6. Baguuuus lho..

    #emaknya melongo

    ReplyDelete
  16. Aku jd pengen langganan netflix nih. Duh, sakit hati tiap baca review drakor yg rame. Haha. Biasanya tau gak gimana aku nontonnya? Minta sma mahasiswi dong. Ckck.

    ReplyDelete
  17. Aku baca reviewnya sampe tuntas. Makasih mak jadi tau jlaan ceritanya. Seneng kalo bisa baca review drakor. Soalnya kalo nonton sendiri ga sanggup aku hahahaha

    ReplyDelete
  18. Aduh kujadi inget Moon Cha Young sama Lee Kang lagi deh. Walopun gemes-gemes di awal2, dan juga sedih-sedihan, akhirnya bisa bahagia. Suka deh sama pasangan ini. Masih baper kalo inget. :))))

    ReplyDelete
  19. Drama ini sering banget muncul di layar Netfixku, tapi nggak pernah ku-klik karena takut nggak bisa berhenti kalau episodenya sudah tayang semua. Haha. Ini masih nonton Crash Landing On You masih fokus ke sana dulu, bersyukur masih bisa nyicil tiap sabtu minggu. Dua hari ini tinggal dua eposide terakhir.

    ReplyDelete
  20. Ternyata rame juga ya ceritanya, temanku heboh nonton chocolate tapi daku belum tergerak nontonnya..

    ReplyDelete
  21. Ini serial kesukaan adikku. Aku juga ikut nonton sih tapi cuma beberapa episode. Itupun loncat-loncat. Tapi pas edisi terakhir happy ending kebetulan pas nonton.

    ReplyDelete
  22. Kalau kak Inna tuntas nontonnya dan bikin review keren begini, berarti dramanya menarik ya...
    ((ditonton sampai tuntas))
    Aku gak bisa nolak pesona Ji Won eonni. Aktingnya selalu total.
    Jadi inget Empress Ki ya...bareng Ji Wook.

    ReplyDelete
  23. Setelah selesai nonton CLOY aku jd ketagihan dan candu am Drakor :D. Sampe install viu segala dan aplikasi Drakor.id+ demi bisa nonton drakor lainnya :D. Lgs aku cari tau yg choclate ini mba. Tapi itu konflik kenapa rame amat yaaak hahahahah.

    Skr aku ngerti kenapa pecinta Drakor bis sampe segitunya kalo udh nonton ini. Akting yg sering bikin baper biasanya jd alasan utamaku kenapa bisa suka sih :D.

    ReplyDelete
  24. Pantes gak suka drama robot..pemainnya kaleng kaleng 😁

    ReplyDelete
  25. Temen kantor juga pada ghibah in drakor ini, katanya bagus. E baca review ini jadi makin ingin nonton.

    ReplyDelete
  26. kapan ya saya terpanggil buat nonton drama korea lagi, sejak cd player rusak udah gak pernah lagi hehehe tapi penasaran sama drakor yang ada bauk masak memasaknya nih

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top