Wednesday, December 18, 2019

Review Drama Korea Pegasus Market

"Dengan kebijakan gilaku dan keberuntunganmu, kita bisa melakukan apa saja."  Jung Bok Dong, CEO Cheonrima Mart
Kutipan kalimat terakhir dari drama Korea Pegasus Market atau Cheap Cheonrima Mart (ada juga yang menyebut Cheap Cheonlima Mart) sungguh mengena. Sebagai penutup, kalimat itu menjadi ending yang manis untuk membayangkan masa depan Cheonrima Mart yang pasti bakal menjadi lebih maju lagi.

Saya menikmati sekali nonton drama ini. Bergenre komedi, cocok banget buat hiburan bikin ketawa saat lagi setres. Diadaptasi dari webtoon, banyak adegan komikal yang absurd dan nggak masuk akal kalau ada beneran di dunia nyata. Yah namanya juga cerita drama, sang pengarang yang bernama Kim Kyu Sam cukup apik menata jalan cerita yang menarik. Saya belum liat versi webtoonnya sih, pastinya lebih kocak.



Ditayangkan pada bulan September 2019, saya kudu sabar menunggu drama ini tuntas karena cuma ada seminggu sekali. Total episodenya ada 12. Baru tamat awal Desember kemarin. Tapi worthed kok, seminggu sekali numpang ketawa gegara nonton Pegasus Market.



Review Drama Korea Pegasus Market




Drama Cheap Cheonrima Mart atau Pegasus Market berkisah tentang sebuah supermarket yang berdiri di tengah kepungan supermarket megah di sekitarnya. Supermarket ini didirikan oleh Daema Grup hanya karena sang cucu pimpinan demen belanja ke supermarket. Supermarket ini dianggap proyek gagal karena tidak mendatangkan keuntungan untuk perusahaan.

Suatu hari, salah satu karyawan handal Daema Grup di kantor pusat, Jung Bok Dong, di kantor pusat terkena masalah. Konsekuensinya Jung Bok Dong diturunkan pangkatnya dan dimutasi ke Pegasus Market. Karena dendam, Jung Bok Dong berniat menghancurkan Grup Daema dengan membuat Pegasus Market bangkrut.



Jung Bok Dong yang eksentrik 

Saat bekerja di Pegasus Market, Jung Bok Dong berhadapan dengan manajer toko yang setia mengabdi di supermarket tersebut, yaitu Moon Suk Go. Moon Suk Go ini adalah karyawan pintar yang berbakat. Dia bertahan di Pegasus Market dengan harapan suatu hari bisa direkrut ke kantor pusat.



Moon Suk Go lagi dikerjain sama bos barunya

Bertemu dengan Jung Bok Dong, Moon Suk Go kerap berbeda pendapat dengan bos barunya ini. Jung Bok Dong selalu meluncurkan strategi marketing dengan kebijakan baru yang tidak masuk akal bahkan kedengaran gila dalam mengelola Pegasus Market. 



Sering debat antara atasan dan bawahan


Dagangan di Pegasus Market mulai laris sejak Jung Bok Dong datang

Moon Suk Go tidak tahu kalau semua strategi itu bertujuan untuk membuat Grup Daema merugi. Awalnya kesel karena dia nggak bisa berbuat apa-apa dengan berbagai kebijakan baru yang dibuat. Namun siapa sangka, beberapa kebijakan nyleneh Jung Bok Dong justru malah membuat Pegasus Market laris dan penjualannya meningkat tajam. Selanjutnya, dengan polosnya, Moon Suk Go mengira Jung Bok Dong serius ingin memajukan Pegasus Market. 



Kebijakan baru bikin Pegasus Market makin laris dan terkenal


Deal epic dengan pengusahan asal Arab
Setiap episode menyuguhkan kebijakan baru Jung Bok Dong dan pengaruhnya pada Pegasus Market. Saya suka cerita yang satu masalah selesai per episode kayak gini. Apa saja yang dilakukan Jung Bok Dong? Banyak!

Saat baru mulai bekerja, Jung Bok Dong merekrut karyawan tanpa resume. Mulai dari supir taxi nggak produktif, preman gagal, pemusik rock batal tenar, satu grup suku pedalaman Bbaya, sampai anak kecil dengan ayahnya yang sudah menjadi hantu.



Suku Bbaya yang bekerja di Pegasus Market

Mau masuk supermarket? Olahraga dulu, dong! Jung Bok Dong mengganti pintu masuk supermarket dengan pintu putar yang harus diisi dayanya dulu baru terbuka. Jadi disuruh muter-muter dulu. Lumayan bikin keringetan hahaha! 



Pintu putar yang harus diisi dayanya untuk bisa terbuka

Pengen liat aquarium raksasa? Datang saja ke Pegasus Market. Ada aquarium raksasa lengkap diiringi dengan pertunjukan ngasih makan ikan. Duh, Moon Suk Go sampai speechless nggak tahu lagi mau nasehatin bosnya biar nggak mengambur-hamburkan anggaran.



Eyampun! Ada aquarium raksasa!

Tapi ada juga ide dari Jung Bok Dong yang bikin Moon Suk Go seneng, yaitu bikin game arcade di dalam supermarket. Moon Suk Go sendiri ampe ketagihan maen game. Apalagi anak-anak bukan? Tidak lama kemudian, supermarket langsung dibanjiri anak-anak dan remaja. Kekacauan pun timbul. Mau tidak mau Jung Bok Dong segera bertindak. Apa yang dia lakukan? Aneh tapi manjur deh pokoknya!



Cara Jung Bok Dong mengatasi masalah kekacauan di arcade game

Konsep pelayanan Pegasus Market nggak bakalan ada di tempat lain. Mulai dari troli manusia dengan nama aktor top Korea, kostum kerajaan untuk karyawannya, pengaduan pelanggan ibarat lapor ke raja, pakai topeng bunga, bikin tempat kasir ala warung jadul.  



Troli belanja manusia yang suka kreatip


Selamat datang di Pegasus Market!


Tempat kasir santai ala warung rumahan

Sejatinya untuk menghemat anggaran, supermarket meluncurkan produk buatan sendiri. Tapi kalo produknya aneh bin ajaib dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala gimana? Maunya bikin produk nyleneh biar duit kas cepet habis, eh anehnya semua produk hasil ide Jung Bok Dong malah laris diburu pembeli!



Jualan mie instan di Pegasus Market

Jualan kubis dari kebun sendiri pakai tenaga karyawan tambahan

Biar nggak bosen, sesekali Pegasus Market bikin event. Mulai dari konser musik rock, pesta dansa-dansi, dan merayakan halloween dengan kostum hantu. Buang-buang duit banget tapi bikin karyawan pada hepi.


Acara joget bareng yang bikin hepi

Suku Bbaya beraksi

Auto joget liat aksi Pak Bos.. I can feel it!


Halloween party di Pagasus Market

Sampe ada parodi Goblin segala :D


Carnaval Halloween ke jalan

Ide gila lainnya dari Jung Bok Dong adalah menggelar diskon dengan syarat harus menangkap sang manusia diskon terlebih dahulu. Manusia diskon ini licin banget, pengunjung kewalahan untuk menangkapnya. Bergerak lincah melompat kesana kemari. Sosok misterius sang manusia diskon ini hanya bisa ditangkap oleh... nonton sendiri deh!  



Tanggkap dulu baru dapat diskon

Nggak sekedar memanjakan pelanggan. Jung Bok Dong memberi penghargaan untuk karyawannya. Mulai dari sabuk berlapis emas untuk karyawan terpilih. Name tag keluargan desainer ternama. Sampai hadiah mobil mewah yang dimenangkan oleh karyawan paling rajin.



Sabuk emas dan jubah desainer

Selain bikin ketawa, nonton Pegasus Market juga kisah misterinya. Yaitu rahasia di Pegasus Market yang melibatkan Kwon Yeong Go, pesaing Jung Bok Dong di kantor pusat dan cucu pemimpin Daema Grup, Kim Gap. Mereka berdua ketar-ketir takut ketahuan. Dikira Jung Bok Dong bakal hancur bersama bangkrutnya Pegasus Market, nggak tahunya malah jadi sukses dan penjualan di supermarket itu terus meningkat.



Kwon Yeong Go dan Kim Gap

Untuk mengetahui gerak-gerik Jung Bok Dong, Kwon Yeong Go mengirim mata-mata ke Pegasus Market. Mulanya dia meminta Moon Suk Go jadi mata-mata. Ealah gagal maning karena Moon Suk Go kelewat polos! Lalu Kwon Yeong Go mengutus Jo Mi Ran bekerja di Pegasus Market sekaligus jadi mata-mata.



Jo Mi Ran jadi mata-mata dari kantor pusat

Giat bekerja. Jo Mi Ran malah betah di Pegasus Market

Ada juga sedikit komedi romantis antara Moon Suk Goo dan Jo Mi Ran. Mulanya Jo Mi Ran yang merupakan karyawan pintar di kantor pusat ini kesel dikirim ke Pegasus Market untuk menjadi mata-mata. Lama-lama dia malah betah bekerja di Pegasus Market dan mulai berbunga-bunga hatinya karena sikap Moon Suk Goo yang baik.



Ngobrol saat jam istirahat

Ke kafe bareng saat pulang kerja



Sempat hadir orang ketiga yang bikin Jo Mi Ran cemburu. Munculnya Kwon Ji Na, anak dari Kwon Yeong Go ke Pegasus Market untuk jadi mata-mata. Dia seneng banget bikin Moon Suk Go panas dingin. Terutama saat mereka berdua jadi model untuk poster promosi Pegasus Market.


Dekati Moon Suk Go, Kwon Ji Na sukses bikin Jo Mi Ran cemburu

Oia, ternyata ada juga lho adegan sedih di Pegasus Market. Yaitu tentang ibunya Moon Suk Go. Sang ibu membesarkan anak tunggalnya sendirian dengan bekerja di sebuah restoran. Moon Suk Go berjanji pada ibunya untuk menjadi orang yang sukses dan sang ibu selalu mendukung putranya yang pandai ini.



Ibunya Moon Suk Go yang kalem

Nonton Pegasus Market juga bikin hati hangat melihat rasa kekeluargaan para karyawannya.  Di supermarket yang tadinya kurang berkembang ini, mereka kompak dan saling mendukung satu sama lain. So sweet pokoknya mah.



Saling menghibur kalau ada yang sedih


Baca juga: Drama Korea Berseting Tempat Kerja yang Asyik untuk Ditonton


Pemeran Drama Korea Pegasus Market

Drama Korea Pegasus Market diadaptasi dari komik Webtoon. Mencari pemeran yang sesuai tokoh komik itu tidak mudah. Mau mirip banget ya nggak mungkin lah. Tapi setidaknya para aktor dan aktris yang bermain di Pegasus Market sudah sukses mewakili tokoh kartunnya. 




Kim Byung Chul sebagai Jung Bok Dong. Saya pertama melihat aktor kawakan ini di drama Goblin sebagai hantu yang nyeremin. Aktingnya bikin merinding. Kalau di drama populer Sky Castle justru saya belum lihat. Sering berperan sebagai bapak, di Pegasus Market ini saya melihat aktingnya sebagai bapak bos yang eksentrik. Bisa joget lebay yang bikin ngikik.

Lee Dong Hwi sebagai Moon Suk Go. Pertama nonton Pegasus Market, saya mikir keras di drama apa saya pernah liat dia dengan tipe peran serupa. Cowok berkacamata yang polos tapi agak gokil. Aia, ketemu! Dia pernah main di Reply 88. Terus gugling lagi dan baru ngeh kalau dia main di film Extreme Job. Cuma di film itu penampilannye berkumis dan perannya agak serius.

Jung Hye Sung sebagai Jo Mi Ran ini jujur baru pertama kali saya lihat. Aktinya bagus. Wajahnya cantik rupawan dengan rambut yang selalu diikat. Kalau menurut karakter komiknya punya rambut yang disanggul.

Kang Hong Suk sebagai Oh In Bae. Baru aja beres lihat dia sebagai malaikat maut di Hotel Del Luna. Ada cuplikan adegan di mana Moon Suk Go nyebut Hotel Del Luna juga, hehehe. Tapi saya paling suka waktu Oh In Bae main di Whats Wrong with Secretary Kim. Dia jadi supir yang pendiam dan naksir temen sekantornya.


Baca juga: Terpikat Jang Man Wol di Hotel Del Luna

Pemeran lain yang saya nemu dengan figur komiknya bisa lihat di gambar berikut:







Ada juga kemunculan penyanyi Yeon Woo Momoland sebagai cameo memerankan Kwon Ji Na. Kalau soal K-Pop saya nggak paham. Jadi saya nggak tahu kalau dia ini ngetop banget. Tahunya cuma dia cantik dan manis aja.


Yeon Woo Momoland

Yah sekian dulu revie Pegasus Market versi saya. 

Sebagai penutup, simak soundtrack yang satu ini lumayan bikin bersemangat. Yuk ah!




29 comments :

  1. EYAAAA AMPUUUNNNNN

    eh malah capslock semua. bahagia aku kalo berkunjung ke web ini, pasti ada drakor baru yang ga ke-detect kecuali ama Inna bahahahhahaaa

    ReplyDelete
  2. Ulalaaaa jalan ceritanya seruuu pake banget yhaaa
    Kebayang deh, gimana kacaunya kalo ada arcade game d supermarket hihihiii

    ReplyDelete
  3. Huwaaa harus nonton niih. Sejak Memories of The Alhambra aku jarang nonton drakor, masih trauma banget sama ending kam***t. Hahaha. Tapi baca review dari Mbak kujadi pengen ngedrakor lagi.

    ReplyDelete
  4. Melihat ulasan drama korea Pegasus Market saja saya juga cukup ngakak. Gimana kalau saya nonton dramanya, pasti seru banget dan heboh. Ide gilanya Jung Bok Dong memang enggak masuk akal, tapi bikin laris manis, gokil juga. Apalagi yang pesta diskon dengan cara menangkap mister diskon yang licin. Wkwkwkwwk gokil abis.

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen nonton �� kok kayaknya seru. Ga pernah nonton drakor yg genre komedi. Biasanya paling puol drakor thriller

    ReplyDelete
  6. Seru banget, kocak-kocak idenya... Berarti bukannya bangkrut, supermarketnya malah makin laris ya :D

    ReplyDelete
  7. Aku skip drama ini karena... ngga ada waktu nonton. Hahaha.

    Iya ih, kata temanku, absurd memang drama ini. Dan oemeran utamanya emang.. biasa main yg absurd2. hahaha

    ReplyDelete
  8. Wow aku butuh tayangan komedi yang menghibur di kala padat deadline, mba. Asik asik asyik. Jadi rekomendasi drama pilihanku nih :)

    ReplyDelete
  9. Aku gak tahu juga bahwa Yeon Woo girlband Momoland. Seingatku di poster ada 2 cewek gitu deh. Pegasus Market salah satu drama yang gak bikin rugi karena udah nunggu tiap minggu. Cerita waktu Pak Manager ngalahin kekuasaan Pak CEO itu juga lucu

    ReplyDelete
  10. Makasih reviewnya, seneng banget sama drama ini ^^
    Menurutku apalagi kalau baca webtoonnya pasti suka liat dramanya karena visualisasi ceritanya dan adegan-adegan komikalnya bagus, walaupun untuk kepentingan alur dibeda-bedain dikit tapi hampir persis, mungkin kesamaan sampai 90%
    Para pemainnya juga bagus dan cukup sinkron dengan webtoon, tapi yang paling berkesan itu Park Hosan yang berperan jadi Kwon Younggoo, menurutku pribadi yang paling berhasil dalam mewujudkan karakter seperti webtoonnya ya Kwon Younggoo ini walaupun visualnya yang paling jauh sinkronnya.. Tetapi Jung Bokdong tetaplah kesayangan haha ~
    Dramanya cocok banget buat yang mau tontonan ringan dan gak ribet, kalau nonton stressnya bisa menguap semua :)

    ReplyDelete
  11. Aku lagi nonton ini juga mba. Bener-bener kocak deh. Baru eps 9 sih, aku kalo nonton lama. Suguhan drakor komedi baru banget ini Pegasus Market. Aku suka.

    ReplyDelete
  12. Hahhaaa kereen inii Drakornya.
    Apalagi buat karyawan di kasih mobil mewah, mauuu atulah, aku rajin ko..
    Angkat aku jadi karyawan beneran.

    ReplyDelete
  13. Kocak banget ini sepertinya mb..ada berapa elisode? Pemasaran pengen nonton euy...

    ReplyDelete
  14. Belanja disini pastinya jadi riweh ya teh... Penasaran aku mau lihat Juga.. baca ini aja aku dah kbayang lucu Dan repotnya.. carry nih buat liburan akhir tahun tontonannya drakor

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata dari komik ya? Lama tak nonton drakor nih mbak. Kira2 udah ada dunludannya blm ya? 12 episode kalau seminggu sekali emang lama tapi kalau marathon bisa cepet haha

    ReplyDelete
  16. Drakornya kocak sepertinya klo baca sinopsis ya. Coba di dunia nyata ada bos cem gini ya mak

    ReplyDelete
  17. Enak ya kalau nonton dalam satu episode satu topik dan langsung tamat, jadi nggak penasaran. Penasarannya, episode berikutnya topiknya apa ya.

    Seandainya ada manusia diskon dalam dunia nyata ya...

    ReplyDelete
  18. Wah, aku belom nonton nih drakor ini. Abis beres nonton yang misteri-misteri deh aku. Jadi penasaran. Nyoba nonton ahhh...

    ReplyDelete
  19. Yg bikin ngakak tuh ngapain rekrut pegawai gak jelas gitu. Tapi yaa tujuannya emang unik sih. Pengen liat deh serunya seperti apa

    ReplyDelete
  20. Melihat ulasannya, jadi pengin banget nih nonton drama pegasus market, soalnya lucu dan romantis, genre kesukaan saya nih.😀😁

    ReplyDelete
  21. Lagi ngebayangin Pegasus Market ada di Indonesia. Pastinya bisa dijadiin bahan viral ya Mbak hehehe. Bakal dicari banyak orang juga. Suka banget dengan jalan ceritanya, gak sekedar menghibur tapi ada banyak pelajaran yg dipetik.

    ReplyDelete
  22. Ealah, tadinya mau hambur-hamburkan uang malah jadinya bikin Pegasus Market berjaya ya. Unik sekali nih ide ceritanya. Kayaknya bakalan terhibur banget kalau nonton film ini.

    ReplyDelete
  23. Harapan tinggal hatapan ya mak, maunya bikin bangkrut malah ini kebalikannya, jadi laris. Kuingin menontonnya deh haha. Nonton ini yang komplit dimana ya mak?

    ReplyDelete
  24. Tetep banyak hikmah di balik sebuah ceeita ya mba. Setiap kebahagiaan sih emwng biasanya ada sesuatu di balik itu. Proses kesedihan saat membesarkan anak misalnya. Soswit

    ReplyDelete
  25. Eh lucu banget baca reviewnya, Mba. Mau juga ade dateng ke supermarket yg kudu olga dulu muter2.. xixixi.. jadi kepo deh mau nonton. Kebayang awal mau hancurin malah jadi sukses.

    ReplyDelete
  26. Kayanya banyak scene komedinya ya, aku noted dulu deh, udah lama ga liat drama bergenre banyak komedinya
    Masih nerusin Vagabond sama VIP

    ReplyDelete
  27. baca ulasannya jadi penasaran pengen nonton pegasus market yang komplit, di youtube ada yang komplit ga ya?

    ReplyDelete
  28. Lengkap banget kak ulasannya, hmm sepertinya layak untuk masuk wishlist nonton berikutnya

    ReplyDelete
  29. ish aku ga tertarik drama ini tadinya, baca ulasanmu yang bagus ini bikin penasaran apalagi aku suka yang bikin ngakak. Baiklah ku masukkin list drakor selanjutnya. haha. tulisanmu mengalir dengan lancar kek air mba. enak banget bacanya

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top