Wednesday, October 9, 2019

Terpikat Jang Man Wol di Hotel Del Luna



Sebelum lanjut membaca, saya sarankan jangan nonton Hotel Del Luna kalau kamu takut hantu! Jujur, saya takut nonton drama yang ada hantunya. Mau nonton drama Master's Sun aja mentok di episode 1 karena nggak berani nontonnya sendirian. Ah, saya emang secemen itu. Cuma ama hantu di drama aja kok takut.

Begitu ada drama Hotel Del Luna dari writernim yang sama, yaitu Hong Sisters, saya nekad nonton! Pertama, karena nggak ada yang ditonton lagi selama nungguin Arthdal Chronicles part 3. Kedua, karena penasaran baca liputan bahwa drama yang bercerita tentang hotel hantu ini bagus ceritanya.

Ternyata, saya nggak salah. Hotel Del Luna emang keren! Ceritanya nggak bisa ditebak, para tokohnya punya karakter yang kuat, sampai efek CGI untuk latar hotel dan adegan para hantu yang canggih.



Sinopsis singkat Hotel Del Luna

Dikisahkan seorang pencuri cantik bernama Jang Man Wol (diperankan oleh IU) yang hidup pada masa lalu. Terjadi musibah yang mengubah takdirnya. Timbul kesalah pahaman terhadap orang yang dicintainya, juga banyaknya nyawa dibunuhnya membuat dia harus menerima hukuman dari dewa. Hukumannya adalah menjalani hidup abadi sebagai pemilik tempat persinggahan khusus untuk para hantu.


IU sebagai Jang Man Wol

Ribuan tahun kemudian, tempat persinggahan tersebut menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan berganti nama menjadi Hotel Del Luna. Man Wol juga pastinya berubah mengikuti tren dan jadi stylist pisan. Dari pendekar dekil jadi pemilik hotel yang berkelas.


Man Wol yang keceh badai

Seluruh tamu dan karyawan hotel adalah hantu. Terutama hantu penasaran yang belum bisa langsung kembali ke alam baka karena ada urusan yang tertunda di dunia. Hotel ini membantu mereka sampai urusan tuntas lalu mengantar para tamu ke alam baka. Ada yang diantar pakai bus, ada juga yang pakai limosin wkwkkw.


Mengantar pergi ke alam baka

Hotel ini tidak bisa dilihat oleh manusia. Hanya manusia yang punya kemampuan khusus yang bisa melihatnya. Kecuali saat bulan purnama terang benderang, baru manusia bisa melihat hotel yang nyempil di tengah kota ini.


Hotel Del Luna yang terlihat oleh manusia

Aslinya kayak gini nih Hotel Del Luna yang megah

Fasilitas di hotel ini melebihi hotel bintang lima. Lobi yang megah, fasilitas mewah, sky lounge paling tinggi, bar, restoran, taman bermain, sampai kolam renang yang berupa pantai beneran yang bisa diatur kekuatan sinar mataharinya :D 



Hotel yang paling menjulang, pantai, sky lounge, dan lobi.

Interior tiap kamar berbeda disesuaikan dengan tamu yang menempatinya. Ada tamu yang gemar membaca, maka kamarnya berupa perpustakaan besar yang super lengkap. Ada yang suka bersembunyi, isi kamarnya lorong panjang dan lemari buat tempat ngumpet.


Lobi, bar, taman bermain, dan korider hotel

Terus, ceritanya gimana...

Suatu hari, ada pria berwujud manusia yang nyasar di Hotel Del Luna. Kematian adalah solusi untuk kejadian ini. Karena tidak ingin mati dan meninggalkan anaknya sendirian, Jang Man Wol membuat kesepakatan dengan pria tersebut. Man Wol berjanji membiarkan dia tetap hidup asal sang anak harus bekerja di hotel jika dewasa nanti. Pria itu pulang ke rumah dan melanjutkan kehidupan bersama sang anak. Secara misterius, Man Wol mengirim dana pendidikan untuk anak tersebut hingga bisa bersekolah ke Amerika. 

Tahun berlalu, anak yang bernama Ko Chan Sung (diperankan oleh Yeo Jin-goo) sudah dewasa dan lulus kuliah dari Harvard University. Kembali ke Korea, dia langsung mencari Hotel Del Luna. Bukan untuk bekerja, melainkan untuk mengembalikan dana pendidikan yang sudah Man Weol berikan. Chan Sung menganggapnya sebagai hutang yang harus dikembalikan. Setelah lunas, dia merasa tidak harus bekerja di Hotel Del Luna seperti yang sudah disepakati antara Man Wol dan ayahnya.


Yeo Jin-goo sebagai Ko Chan Sung

Oia, dedek Yeo Jin-goo ini makin matang aja aktingnya. Saya pertama lihat dia di The Crowned Clown langsung merinding lihat perubahan ekspresinya saat memerankan dua tokoh sekaligus. Saya tahu dramanya dia banyak banget. Drama terbaru lanjutannya nggak saya tonton karena males ama ceritanya (yaitu My Absolute Boyfriend). Baru di Hotel Del Luna ini nih, aktingnya kerennya keluar lagi!


Cuma Yeo Jin-goo yang pas untuk peran ini

Tidak mau melepaskan Chan Sung, Man Wol malah memberikan kemampuan melihat hantu pada Chan Sung. Gara-gara inilah, akhirnya Chan Sung terpaksa mau bekerja menjadi manajer di Hotel Del Luna. 


Ditiup biar bisa melihat hantu. Kamu mau juga?

Kepandaian Chan Sung membantu manajemen hotel supaya tidak boros. Soalnya Man Wol punya kebiasaan buruk menghambur-hamburkan uang hingga hotel nyeris bangkrut. Chan Sung yang lulusan Harvard ini sebenarnya direkrut gawe di hotel bergengsi, tapi ditinggalin demi Hotel Del Luna.


Manajer hotel yang baru 

Seru juga menyimak bagaimana Chan Sung membantu Man Wol mengatasi masalah dalam menghadapi tamu-tamu hotel nan  ajaib di hotel khusus hantu tersebut. Hantunya emang nyeremin! Beneran, pertama nonton tuh deg-degan lihat hantu... eh lama-lama saya jadi terbiasa dan nggak takut lagi.


Sebagian hantu di Hotel Del Luna


Cute ghost

Pegawai hotel yang kompak dan kocak menambah warna di drama ini. Ada bartender Kim Seon-bi (diperankan oleh Shin Jung-geun). Resepsionis Ji Hyun-joong (diperankan oleh Pyo Ji-hoon/PO). Ikut bekerja juga ada anak SMA separuh manusia bernama Kim Yoo-na (diperankan Kang Mi-na). Dan ahjumma ekspresif Choi Seo-hee (diperankan oleh Bae Hae-sun).


Para hantu pegawai hotel yang kocak


Kisah cinta antara hantu dan manusia setengah hantu

Mereka punya latar belakang masa lalu yang pedih sehingga tidak bisa ke alam baka sebelum 'urusan' selesai. Meski tahu akan saling berpisah, mereka janji untuk saling berpamitan jika sudah tiba waktunya. So sweet banget.


Ketika Pak Manajer pake tuxedo cheetah
Pelayanan khusus yang bikin tamu hotel girang

Misteri tentang siapa sebenarnya Jang Man Wol pun perlahan terkuak. Satu demi satu orang-orang dari masa lalu Jang Man Weol muncul dengan perantara Ko Chan Sung. Dulu Man Wol hidup bahagia dengan dua orang yang disayanginya, yaitu sahabat dekat dan pria yang dicintainya.


Hidup bahagia di masa lalu

Kemunculan dimulai dari sahabat dekatnya Yeon-woo yang bereinkarnasi menjadi detektif Park Young-su (diperankan oleh Lee Tae-sun). Lalu Putri  Song Hwa  (diperankan oleh Park Yoo-na) yang bereinkarnasi menjadi mantan Lee Mi-ra, mantan pacar Chan Sung. Yang unik, keduanya yang jadi musuh di masa lalu, malah saling jatuh cinta di masa kini.


Musuh di masa lalu, jadi jodoh di masa kini.

Tinggal nungguin sang pujaan hati yang nyawanya terenggut di depan mata, yaitu Go Chung Myung (diperankan oleh Lee Do-hyun). Selama ribuan tahun, Man Wol menantikan arwahnya singgah di hotel. Maklum, masih cinta gitu walaupun benci. Tapi yang dinanti tak kunjung datang. Man Wol bahkan terobsesi bahwa Chan Sung adalah reinkarnasi dari Chung Myung. 


Lee Do-hyun sebagai Go Chung Myung

Btw, kemunculan Chung Myung ini bikin gagal fokus. Selain wajahnya yang rupawan, aktingnya juga makin keren sejak terakhir saya lihat di Thirty But Seventeen. I know, dia bibit berbakat jadi ngetop suatu saat nanti.




Dari saling cinta jadi saling menghunus pedang


Penyeselan Chung Myung karena sudah menghianati Man Wol

Jika masalah antara dua orang yang pernah saling mencintai ini terselesaikan dan dendam Man Wol sudah tak tersisa lagi, dipastikan dia bisa berangkat ke alam baka dengan tenang. Konfik perang batin dua tokoh tersebut tertata apik dan lumayan bikin baper. 


Ketika diajak ke alam baka bareng pacar masa lalu

Bukan hanya cinta masa lalu Man Wol yang ada di drama ini. Kisah cinta baru pun hadir. Percikan cinta antara Chan Sung dan Man Wol pun muncul perlahan tapi pasti (eciyee). Antara mulai sayang tapi harus sadar diri. Bahwa mereka tidak bisa bersama karena yang satu manusia dan satunya lagi mahluk imortal yang harus kembali ke alam baka.


Sedihnya pacar masa kini yang ditinggal Man Wol

Terus, endingnya gimana? Nah, ini yang saya suka! Endingnya nggak bikin nyesek kayak Memories of The Alhambra atau dipaksain buat bikin seneng pemirsa kayak Angel Last Mission

Saya mikir dulu pas liat endingnya. Di saat sedang bertanya-tanya, ini ending maksudnya apa ya? Eh tetiba ada epilog nongol tentang masa depan hotel yang baru. Yaitu Hotel Del Luna berganti nama jadi Hotel Blue Moon dengan pemilik hotel baru yang ehm ehem! Bener-bener pengalihan isu, hahaha! Gapapa, saya terhibur, sumpah!




Pokoknya mah, recomended banget nonton Hotel Del Luna. Ceritanya bagus nggak njelimet, akting pemainnya keren, efek CGI-nya sudah saya sebutkan, OST-nya enakeun didenger, plus para cameo yang mengesankan (terutama yang terakhir ada Kim Soo Hyun).

Cameo favorit netijen: Lee Joon-gi. Partner IU dari drama
Moon Lovers: Scarlet Hearts Ryeo (saya belum nonton)

Terpikat Jang Man Wol di Hotel Del Luna

Sekarang saya mau bahas khusus tentang Jang Man Wol ah...

Ini adalah drama pertama saya menyaksikan akting IU alias Lee Ji-eun yang berperan sebagai Jang Man Wol. Saya tahu, dramanya udah banyak, tapi belum sempet nonton aja. Ketika masih ongoing nonton Hotel Del Luna, sambil nunggu episode berikutnya saya nonton film IU berjudul Persona. Terus, saya kepoin juga beberapa video klipnya. Wow, akting IU emang keren dan suaranya bagus! Fix, saya jadi fans barunya.

Berikut karakter Jang Man Wol yang saya suka di Hotel Del Luna:

1) Cewek jagoan

Jang Man Wol jago memainkan pedang. Dia nggak kenal takut dan berani maju melibas siapa saja yang menjadi musuhnya. Pada dekade berikutnya, Jang Man Wol juga jago menembak. Hati-hati dengan peluru khususnya, ya!


Siap menembak manusia jadi2an
2) Galak dan tegas

Sebagai pemilik hotel, Jang Man Wol sangat tegas terhadap bawahannya. Bahkan cenderung galak dan emosional. Saya malah gemes lihat Man Wol yang hobi ngomel ini, hihihi. Biar galak dan bawel, tapi tetep cantik kok.



Marahin hantu yang lagi joget2 di bus
3) Peduli penampilan

Pernah miskin dan dekil di masa lalu, Man Wol masa kini sungguh fashionable dan merawat kecantikannya. Dia benci miskin, makanya hobi ngabisin duit buat kesenangannya saja seperti belanja pernak pernik fashion, koleksi mobil, sampai rutin minum champagne.


Man Wol lagi dandan
4) Ahli bernegosiasi

Kalau menyangkut urusan duit, langsung deh Man Wol bersemangat. Untuk menambah pundi-pundi uang miliknya, dia nggak segan bernegosiasi. Tidak harus menyangkut urusan tamu hotel yang bisa mendatangkan uang, terlibat dengan manusia pun Man Wol bisa membuat kesepakatan bisnis. Seperti saat berbisnis dengan sahabat Chan Sung yang kaya, Sanchez (diperankan oleh Jo Hyun-chul). Aih, pinteran ngomongnya wkwkkw!


Temenan ama yang kaya biar ketularan kaya

4) Centil

Khas cewek muda, walau berusia tiga ribu tahun, Wan Wol ini bisa centil juga ternyata. Lihat saja aksinya waktu ketemu dewi duit. Langsung caper, deh. Centil pas ada maunya ini mah.  
Aih kok jadi genit manjah beginii

Man Wol amat eksis di media sosial. Ke tempat mana pun dia mau pergi, gaya busana kudu disesuaikan. Malah kalo mau kulineran, fashion yang dipakainya dimecingin sama makanan yang mau dicicipi. Misalnya makanan berkuah yang ada bola-bolanya, maka Man Wol pake baju yang ada aksesoris manik-maniknya biar mecing...


Baju yang disesuiakan dengan kulinernya
5) Polos

Lama hidup sendiri, kadang Man Wol nggak nyadar kalo dia itu polos banget. Itulah sebabnya Chan Sung demen banget ngegodain. Kadang Man Wol suka kegeeran sendiri. Duh, nasib jomblowati berabad-abad...


Bermain kata-kata sama Chan Sung


Ketika abis kegeeran sama Chan Sung

6) Jujur pada diri sendiri

Man Wol paham akan suara hatinya. Seperti keyakinan bahwa ada kesalahpahaman antara dia dan Chung Myung. Makanya walaupun benci, Man Wol tetep aja nungguin Chung Myung datang ke hotelnya untuk menyelesaikan masalah diantara mereka.

Dia juga tidak serakah ingin hidup abadi supaya bisa bersama dengan Chan Sung, Man Wol memilih menjalani takdir yang semestinya. Disimbolkan dengan adegan menuang air yang bisa bikin Man Wol kembali abadi jadi pemilik hotel. Isi air malah dibuang. Menandakan dia tidak ingin kembali ke alam baka yang artinya harus berpisah dengan Chan Sung.


Adegan nuang air yang bikin baper

Sebagai penutup postingan ini, mari kita simak foto-foto Jang Man Wol dari masa ke masa selama menjadi pemilik Hotel Del Luna. Lihat transformasinya dari abad ke abad. Jaman boleh berubah, tapi paras tetap cantik rupawan. 

Mau seperti Jang Man Wol juga? Pakai krim perawatan dong, hehehe!










Sumber foto: Soompi forum, Instagram Fullmoon







25 comments :

  1. Ah, laf banget sama drama ini. Suka banget sama aktingnya IU. Aku sampe ngepoin akunnya IU dan video2 musiknya. Ternyata dia emang serba bisa dan all out banget ya

    ReplyDelete
  2. banyak hikmah, pesan, filosofi yg terkandung di Drakor ini ya Mak.
    Kereeennn!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. aku udah lama nih males ntn Kdrama, baca di sini jd menggugah minat ntn kembaliiii

    ReplyDelete
  4. Wadowww...hantuuuu. Kalau aku nonton, pasti kebawa perasaan nih nontonnya.

    ReplyDelete
  5. Wuih, seru, temanya unik dan menarik banget, meski saya ragu sih berani nonton enggak ya, hehehe...

    ReplyDelete
  6. Aku udah unduh semua episodenya tapi baru sempat nonton sampai episode tiga karena sedang rempog banget. Sejauh ini sih suka, ini drama pertama iu yang kutonton, kalau pemeran cowoknya udah berapa kali nonton aktingnya dan suka..

    ReplyDelete
  7. Aku pribadi gak suka sama yg namanya Kdrama. Tp lihat sinopsinya disini kok jadi kepo juga ya, jd pgn nonton :))

    ReplyDelete
  8. Waini ada recomended drakor. Hantu-hatunya itu cakep yak mak >.< hihihi udah berapa kali nonton drakor genre horor, malah sukak.

    ReplyDelete
  9. Benr banget ini, sejak ada spoiler2 yg nyebut hotel luna ada 'hantu' aku sudah memutuskan gak akan nonton, karena aku penakut banget, apalagi sering nonton sendirian

    ReplyDelete
  10. Ini banyak yang rekomen tapi baru tau klo ada hantu2annya dan ternyata itu yang bikin seru ya :D

    ReplyDelete
  11. Ya ampun mama Ina, aku beneran penasaran jadinya sama film ini,padahal saya penakut juga haha ntar deh, intip intip dikit filmnya, siapa tahu jadi berani :D

    ReplyDelete
  12. Waah...aku jadi tertarik nonton Hotel del Luna.
    Kemarin nonton eps 1, tapi belum dapet gregetnya.
    Gaktau niih...lagi pengin nonton drama thriller. Hahaha~
    Jiwa detektif aku kadang jadi terasah kembali.

    ReplyDelete
  13. Aku suka akting IU di sini dengan perubahan ekapresi yang berbeda-beda, walau sejujurnya aku nonton ini kara ada yoe jin go nya. Imut banget aktor satu ini.

    ReplyDelete
  14. Wah drakor seru nih kayaknya. Aku jarang nonton drakor mak, ga kuat melek hahahaha

    ReplyDelete
  15. Wooow.. Mba Inna kalau dilombain ini tulisannya juara bangeet. Komplit plit pliiit.. baru kali ini baca tulisan mba inna yg panjang banget dan ga bosenin. Iya lah yaaaa secara ngomongin hotel del luna.. xixixi.. ade suka tuh yg jaket macan. So sweet banget yaa. Dipake buat menghibur temennya. Menantikan blue moon nih jadinya.

    ReplyDelete
  16. berarti gak terlalu serem donk ya. apalagi ada humor tersendiri di beberapa bagian. malah kpengen nonton deh

    ReplyDelete
  17. Duuuh bener-bener setiap baca artikel tentang film drakor dari mbak, bikin aku penasaran sama kelanjutan-kelanjutan filmnya

    ReplyDelete
  18. Aku belum nonton nih. Soalnya udah lewat dan drakor drakor baru lebih menggoda imaaan. Tapi kalau sempat pingin nonton juga

    ReplyDelete
  19. Minggu kemarin baru selesai nonton. Dan memang alurnya ga ketebak banget. Menguak masa lalu jang man wol juga dikemas bikin greget banget mbak..


    Tapi kok aku suka chemistri antara jang man wol sama ku chang song ya. Xixixixixi... Endingnya menurutku agak gantung dikit.apa memang ada lanjutannya ya?

    ReplyDelete
  20. Aku awalnya gak niat nonton Hotel Del Luna ini karena hantu2 an. Cemen aku mah. Tapi karena efek CGInya muantul, jadi keterusan nonton. Kalau soal baju, favorit itu pas pakai gaun ungu dan bawa bedil. Keren!

    Yang lain, ntar aku review di blog, hahahaa

    ReplyDelete
  21. Waktu hestek menara saidah rame di twitter, banyak yg bahas soal hotel del luna. Kupikir apaaaa gituuu. Gak mudeng.

    Dari tulisan Mbak Inna aku jadi manggut2 sambil gigit bibir. Ngeri2 sedap ya liat hantunya hahahaha.

    ReplyDelete
  22. Sampai saat ini, aku belum nonton Hotel Del Luna. Ceritanya bagus, tapu hantunya kok nyeremin gitu ya Mbak... Penasaran tapi takut...hiks

    ReplyDelete
  23. Wah drakor...sy kapok mba nonton drakor pernah maraton 3 hari ga ngapain2 cuma nontonnkrn penasaran dgn endingnya. Udah gitu ga mau mulai lagi nonton hahaha takut ketagihan

    ReplyDelete
  24. Reviewnya lengkap banget Mbk, aku belum nonton. Baca ini begitu ya endingnya, ikut nyimak komentar teman-teman soal drakor ini.

    ReplyDelete
  25. Asyik udah ada reviewnya. Makasih, mbak. Kemarin memang pengen nonton ini tapi nunggu tamatnya dulu biar enggak penasaran. Soalnya genre ceritanya unik. Fantasi gitu. Aku suka.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top