Saturday, December 8, 2018

10 + 3 OST Drama Korea Penyemangat Menulis

ost drama korea pembangkit semangat



Senengnya ikut tantangan #BPN30dayChallenge2018 adalah bisa nulis artikel organik alias tanpa sponsor. Etapi, nggak ada tawaran job juga blog ini sepi karena saya malas nulis. Kebetulan isi blog emang lebih banyak curhat daripada postingan berbayar. Saya lebih memilih sok sibuk di blog Dapur Ngebut buat posting resep masakan. Kasihan kan, blog ini jadi dicuekin.

Nah, sekarang ikut tantangan nulis 'memaksa' saya buat posting blog setiap hari dengan tema yang sudah ditentukan. Nggak usah mati gaya lagi bingung mau nulis tentang apa. Kebetulan saya punya label baru di blog, yaitu Cerita Drama Korea. Berhubung lagi nggak ada drama menarik yang pengen saya bahas, label itu dianggurin deh. Syukurlah, beberapa tema challenge bisa disambungin untuk label berbau drama korea.

Setelah cerita sinopsis dan sedikit review drama korea, sekarang saya mau ngebahas tentang soundtrack alias OST (original soundtrack) drama korea. OST di tiap drama korea itu jadi kewajiban. Kayaknya nggak afdol kalau nggak ada lagu pengiring ciamik di beberapa adegannya. Nggak harus lagu baru, ada juga yang pakai lagu lama.

Setiap habis nonton sampai beres satu judul drama, biasanya saya langsung kepoin OST-nya. Dengerin lagi lagu yang ada di drama bikin imajinasi saya membayangkan adegan dalam drama tersebut dan membuat saya semakin baper deh, hehe.

Belum banyak drama korea yang saya tonton. Beberapa OST yang saya suka langsung diunduh dan dikoleksi. Dari sekian sedikit koleksi playlist OST drama korea yang saya punya, berikut ini adalah 10 OST drama korea yang bikin saya bersemangat saat mendengarnya, yaitu:


1. OST She Was Pretty: Thumping by Kim Min Seung

Dengerin lagu riang ini membuat saya ikut bergembira. Saya seolah merasakan semangat dari tokoh utama drama ini yaitu Kim Hye Jin (diperankan oleh Hwang Jung-um). Dengerin OST ini, saya ngebayangin situasi seting drama yaitu kantor redaksi majalah dan keseruan pekerjaannya.

Baca juga: 5 + 3 Drama Korea Berseting Tempat Kerja yang Asyik untuk Ditonton



2. OST Oh My Venus: Beautiful Lady by Jonghyun SHINee

Saya menggunakan lagu Beautiful Lady sebagai musik pengiring di video dalam postingan Diet Aman dan Sehat. Lagu yang menjadi OST drama korea Oh My Venus ini menginspirasi saya supaya rajin berolah raga dan hidup sehat. Sayang, penyanyinya yaitu Jonghyun SHINee sudah almarhum.

Musik yang penuh semangat mengingatkan saya pada Kang Joo-eun (diperankan Shi Min-a) yang gigih menurunkan berat badannya. Digembleng pelatih John Kim (diperankan So Ji-sub) yang galak, usaha Joo-eun pun membuahkan hasil yang menakjubkan. Ingat: mau langsying? No pain no gain lah ya!




3. OST Chicago Typewriter: Satellite by SALTNPEPPER

Lagu Satellite yang dinyanyikan oleh SALTNPEPPER ini memang tidak bernada riang. Meski begitu, saya suka dengan semua OST-nya. Dengerin lagu ini langsung ngebayangin suasana ruang menulis sang tokoh utama Han See-Jo (diperankan oleh Yo Ah-In) yang berprofesi sebagai penulis novel.  Ngebayangin saya ada di situ juga dan jadi ketularan semangat buat menulis. Apalagi liriknya pake bahasa Inggris, jadi lebih dalem meresapinya...



4. OST Healer: Eternal Love by MLTR

Sebagai fansnya Ji Chang Wok, tentu dong saya punya koleksi OST favorit dari drama yang dia perankan. Selain mengunduh album OST K2, saya juga mengkoleksi OST Healer. Satu lagu yang saya suka adalah Eternal Love yang dinyanyikan oleh Michael Leans to Rock. Iya, band bule itu. Liriknya tentu pake bahasa Inggris, jadi lebih nancep di hati.

Oia, lagu Eternal Love jadi OST drama Korea Healer. Saya nggak bosen nonton drama ini karena ngefans juga dengan pemeran tokoh utama wanitanya yaitu Park Min Young (jadi reporter tomboy Chae Young-shin). Cerita drama ini seputar dunia jurnalistik dan intrik politik. Jadi, dengerin lagu ini bisa bikin semangat menulis yang benar untuk kebaikan sepereti yang diperankan oleh para tokohnya.



5. OST Jelously Incarnate: Step Step by Suran

Album OST Jelously Inscarnate ada di playlist saya. Salah satu lagu yang saya suka adalah Step Step yang dinyanyikan oleh Suran. Drama ini menginspirasi saya dengan semangat bekerja para tokoh utamanya (diperankan oleh Jo Jung Suk dan Gong Hyo Jin) yang berprofesi sebagai pembaca berita. Kayaknya semua tokoh di drama korea emang digambarkan pekerja keras. Karena ketularan semangatnya, saya nggak boleh malas juga dong pas lagi nulis.



6. OST  30 But 17: Seventeen by Every Single Day

Berhubung saya suka banget sama drama 30 But 17, otomatis saya unduh semua OST-nya yang enakeun buat didengar. Satu lagu ceria yang bikin saya semangat adalah lagu berjudul Every Single Day yang dinyanyikan oleh Seventeen. Sambil dengerin lagu ini, saya ngebayangin cerita drama ini dengan dua tokoh utamanya sering salting yaitu Gong Woo Jin (diperankan Yang Se-jong) dan Seo Woo Ri (diperankan Shin Hye-sun).

Baca juga: 7 Hal yang Saya Suka dari Thirty but Seventeen


7. OST My Secret Romance: Same by Song Ji Eun & Sung Hon

Drama My Secret Romance sebenarnya bukan termasuk drama favorit saya karena alurnya lambat dan ceritanya sederhana. Tapi saya suka dengan semua OST-nya. Salah satu lagu yang saya paling suka adalah Same yang dinyanyikan oleh penyanyi Song Ji Eun dan pemeran utama pria drama ini yaitu Sung Hon.

Ada yang istimewa saat mendengarkan lagu ini karena berhubungan dengan cerita dramanya. Saya pernah punya cita-cita jadi ahi gizi (diperankan Lee Yoo-mi). Terus, nonton drama ini yang bikin betah hanya cerita seputar profesi tersebut... dan tokoh utama pria chaebol Cha Jin-wook yang diperankan oleh Sung Hon.



8. OST Whats Wrong With Secretary Kim: Love Virus by Yoo Ki Hyun (MONSTA X) dan Seol A (Cosmic Girls) 

Dengerin lagu Love Virus yang dinyanyikan oleh Yoo Ki Hyun (MONSTA X) dan Seol A (Cosmic Girls) bikin saya jadi semangat nulis, lho! Bayangin aja betapa rajinnya Sekertaris Kim (diperankan Park Min Young). Saya kan mau ketularan rajin juga. Kalau bisa, ketularan cantiknya juga dong, uhuk!




9. OST Familiar Wife: Love Me Again by SF9

Drama Familiar Wife ini ceritanya ringan tapi membuka pandangan kita tentang pernikahan. Kita disadarkan untuk saling menghargai pasangan setelah menikah dan menyingkirkan ego masing-masing jika ingin rumah tangga tetap harmonis. Akting Ji Sung dan Han Ji-Min keren banget sebagai pasangan suami istri.

OST yang saya paling suka dari drama ini adalah Love Me Again yang dinyanyikan oleh SF9. OST yang lain juga bagus, cuma melow aja. Dengerin lagu ini sebenernya semacam keingetan waktu saya kerja di bank. Maklum, seting drama ini adalah dunia perbankan. Saya jadi suka kasuat-suat memori betapa bersemangatnya dulu berangkat kerja naik bus demi bisa gajian, hehe.



10. OST Black Knight: I Hope It's Me by Maktub & Seo Young Eun

Drama Black Knight punya OST yang enak-enak, lho. Dari semua lagu, saya paling suka lagu I Hope It's Me yang dinyanyikan oleh Maktub dan Seo Young Eun. Drama yang diperankan Kim Rae Won dan Shin Se Kyung ini bertema fantasi.

Yang bikin saya semangat menulis setelah mendengar OST ini karena ngebayangin suasana di drama tersebut. Seting drama ini pada beberapa adegan mengambil tempat di Slovenia Pemandangannya indah banget. Aah enaknya kalau bisa nangkring di sana... ke Eropah...

i


Kayaknya kurang deh kalau cuma 10. Ini saya tambahin 3 lagi:

11. OST Descendant of The Sun: Everytime by Chen & Punch

Kalau ini sih karena saya suka semua OST yang ada di drama Descendant of The Sun. Salah satu yang bernada ceria dan bikin semangat adalah lagu Everytime yang dinyanyikan oleh Chen dan Punch. Drama keren dengan pasangan pemainnya yang fenomenal yaitu Song Jong Ki dan Song Hye Kyo ini tidak terbantahkan lagi jadi drama favorit para Kdrama lovers.




12. OST Goblin: Stay by CHANYEOL PUNCH

Nah, yang ini juga termasuk OST kesayangan para pencinta drama korea. Drama populer Goblin punya OST yang semuanya enak didengar. Salah satu OST pembangkit semangat nulis buat saya adalah lagu Stay yang dinyanyikan oleh CHANYEOL PUNCH ini. Setuju dong sama saya.




13. OST Welcome to Waikiki: Waikiki Wonderland by Ulala Session

Drama Welcome to Waikiki adalah drama Korea yang nggak berhenti bikin kita ketawa. Jalan cerita dan para pemainnya kocak semua. Dengerin lagu berjudul Waikiki Wonderland yang dinyanyikan oleh Ulala Session membuat saya membayangkan kecerian pada setiap adegan di drama tersebut. 




Sudah sudah... cukup sampai no 13 aja. Kalau mau diterusin, boleh tambahin lagi. 

Kalau kamu sendiri... apa lagu favoritmu buat bikin semangat menulis? Boleh share di kolom komentar ya ^_^

9 comments :

  1. Punch kayaknya spesialis OST Kdrama ya mbak. Coba dengerin Crush (feat. Punch) - Sleepless Night FMV (It's Okay, That's Love OST). Enak juga lagunyaa

    ReplyDelete
  2. Aku mah paling suka denger lagu OSTnya film my lover from the star mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dah denger juga. suka lagu my destiny.
      jadi bayangin do min joon deh :D

      Delete
  3. Secretary kim, descendats of the sun, sama goblin, saya juga suka soundtracknya itu mbak hheheee

    ReplyDelete
  4. Wah kalau OST Goblin saya suka yang lagunya Ailee - I will go to you like the first snow. syahdu mendayu-dayu. Eh, tapi banyak dari drama diatas yang saya belum nonton ternyata.

    ReplyDelete
  5. Waah kalo ost tuh aku susah ngapalin judulnya, tapi rata-rata tetep tau lagunya. Diantara list diatas, saya paling suka 'everytime'. Lagunya manis khas orang jatuh cinta gitu..

    ReplyDelete
  6. Waaah aku juga paling demen dengerin OST drakor. Sambil ngebayangin dan mereka ulang sama scene dari dramanya. Duhhh lgs meleleh gitu rasanya. Aku suka juga OST nya Familiar Wife yg Love Me Again. Ini film emang bagus banget ditambah lagunya cucok. Duh babang Ji Sung😍

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top