Friday, December 28, 2018

Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Bagikan Saat Sedang Berlibur



Saat musim liburan tidak ada salahnya jika kamu ingin pergi ke suatu tempat untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas pekerjaan dan sedikit menjauh dari hiruk pikuk perkotaan. Menikmati waktu sendiri selama liburan menjadi fokus utama kamu berlibur. Tapi jangan sampai lupa dengan keadaan sekeliling kamu ya, apa lagi mengunjungi tempat yang punya adat istiadat yang sama sekali berbeda dengan kamu.

Ada beberapa hal kecil yang bisa kamu bagikan untuk menunjukan kepedulian kamu saat pergi berwisata ke tempat tempat baru. Beberapa diantaranya mungkin tanpa sadar sudah sering kamu lakukan, apa saja? 

1. Tidak membuang sampah sembarangan

Jika kamu berada pada suatu tempat wisata apalagi ke tempat yang alamnya masih terjaga pastikanlah kamu tetap menjaga kebersihan di tempat tersebut. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan sebaiknya kamu tetap menyimpan sampah sampai kamu menemukan tempat sampah untuk membuangnya. 

2. Selalu tersenyum 

Foto:@victoriano

Tersenyumlah saat bertemu dengan orang lain yang kamu temui karena itu bisa membuat kamu terlihat ramah dan orang lain pun akan merasa nyaman saat dilontarkan senyuman. 

3. Menolak sesuatu dengan lembut

Di tempat wisata pasti banyak pedagang pedagang yang berlomba lomba mencari pembeli dengan menawarkan barang yang mereka jual. Tidak ada salahnya jika kamu tidak berminat untuk membelinya, tapi kamu harus menolaknya dengan lembut agar perasaan si penjual tidak tersinggung. 

4. Menunjukan arah pada orang lain

Sama hal nya dengan kamu mungkin banyak orang yang tidak tahu banyak tentang jalan di sekitar tempat wisata oleh karena itu jika kamu sudah mulai memahami jalan di tempat wisata itu kamu bisa saja menunjukan arah kepada orang yang sedang kebingungan seperti petunjuk arah ke kamar kecil atau arah ke warung terdekat. 

5. Mempersilahkan duduk

Foto:standard.co.uk

Dalam perjalanan ke tempat wisata tidaklah jarang bus yang kamu tumpangi akan penuh sampai sampai beberapa orang tidak dapat duduk di kursi penumpang. Tapi cobalah untuk mengalah dengan memberikan tempat duduk kamu pada orang orang yang lebih membutuhkannya seperti lansia, ibu hamil dan para penyandang disabilitas. 

6. Berbagi makanan

Sambil menunggu bus kamu sampai ke tempat tujuan ada baiknya kamu ngemil untuk menghilangkan kebosanan perjalanan dan jangan lupa menawarkan makanan kamu dengan orang orang disekitar kamu. 

7. Mengajak ngobrol

Tidak ada salahnya kamu mengajak ngobrol orang orang disekitar kamu untuk menghilangkan bosan atau walau hanya menyapa saja, siapa tahu kamu bisa berkenalan baik dengan orang disekitar kamu. 

8. Menawarkan bantuan

Foto:lds.org 

Saat kamu akan menaiki atau menuruni bus pasti ada seseorang yang membawa bawaan yang banyak, sebaiknya kamu menawarkan bantuan untuk mengangkat barangnya saat menaiki atau menuruni bus. 

9. Mengantri

Mengantri adalah budaya di setiap negara yang sering ditemukan terutama ditempat - tempat umum, namun kebanyakan dalam pandangan orang Indonesia mengantri bukan hal yang mudah karena membutuhkan banyak tenaga untuk berdiri menunggu giliran, menghabiskan banyak waktu dan membosankan. Ada baiknya kamu mengubah cara pandang tersebut dan mulai mengantri dengan tertib. 

10. Berbagi pulsa

Foto: rawpixel.com

Pada saat kamu dalam perjalanan kemudian teman atau kerabat kamu memerlukan pulsa untuk menghubungi seseorang namun tidak tersedia konter pulsa dan koneksi internet yang kurang memadai apa yang akan kamu lakukan? Cara yang paling tepat adalah dengan transfer pulsa, bila kamu menggunakan 3 (Tri) kamu bisa cari tahu info lengkap cara transfer pulsa 3 di Traveloka.

Cara transfer pulsa 3 itu bisa dengan mudah kamu lakukan dengan hanya 3 langkah loh! Tak perlu menggunakan internet, cukup ikuti petunjuk dibawah ini :

1. Buka menu Telepon pada ponsel kamu, tekan *323#, lalu pilih 1
2. Masukkan nomor tujuan transfer pulsa
3. Masukkan nominal pulsa yang akan dikirim, lalu pilih OK

Bagaimana, diantara hal-hal kecil tadi mana saja yang sudah sering kamu lakukan? Untuk yang belum pernah mungkin bisa mencoba memulai dan melatih diri hingga akhirnya terbiasa ya.

34 comments :

  1. Bener banget akupun suka share pulsa ke sodara

    ReplyDelete
  2. Nah aku pernah ngalamin berbagi pulsa, ada yang butuh buat paket data, sementara tukang pulsa ga ada dan ga punya mobile banking, yowes..
    Hihiii...

    ReplyDelete
  3. Banyak hal-hal baik yang bisa dilakukan saat berlibur ya mbak. Menolak dengan halus itu saya masih susah, huhuhu...seringnya galak duluan.

    ReplyDelete
  4. Aih seruuuu, bagi donk pulsaaa hehe :D
    Liburan itu menyenangkan ya, apalagi pas ke luar negerri trus ketemu sesama org Indonesia hehe. Eh nyambung gak sih komenku? xixixi

    ReplyDelete
  5. Waduh berharap banget deh saat liburan ada yang berbagi pulsa ke saya, hehehe. Rasanya gak mungkin deh ya, kecuali yang nyasar kali. Tapi adanya lays an traveloka ini pastinya memudahkan banget nih...

    ReplyDelete
  6. Bilang terimakasih juga penting banget tuh. Biasanya kalo belanja dan penjual capek, dia bakal seneng banget :))

    Tp itu nomer 10 boleh juga 🤣 jadi pengen dikirimin, hahaha

    ReplyDelete
  7. iyaaa senyum itu cara berbagi yang paling mudah ya nbakk. katanya juga bisa bikin badan lebih sehat. yuk tetap semangat berbagi.. bagi pulsa ke aku juga boleh kok mbak hehehe

    ReplyDelete
  8. Kalo berbagi makanan, saya lebih was2 karena haree geenee jarang ada yg benar2 baik. Jadi memilah2 dulu deh

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya jadi orang baik atau khususnya jadi wisatawan yang baik tidak sulit ya Mbak. Kita mulai saja dulu dari hal-hal yang mudah dan bisa diterima oleh nurani kita..Contohnya yang paling sederhana deh, tidak membuang sampah sembarangan

    ReplyDelete
  10. wah. banyak juga ya hal2 kecil yg bisa bagikan. pertama adalah menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah hingga berbagi pulsa dg orang lain. mantap banget lho...

    ReplyDelete
  11. Saya biasanya transfer pula dengan provider yang sama. Sekarang di Traveloka juga bisa? Makin komplit aja fitur Traveloka

    ReplyDelete
  12. Setuju banget nih ama tulisannya. Liburan mesti bikin sikap lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Nah hal kecil begini penting ya mba buat dibagikan. Termasuk berbagi pulsa ya. Jadi mudah ya beli pulsa kalau begini.

    ReplyDelete
  14. setuju banget yang menolak dengan lembut mba, kadang suka ada yang maksa gitu suka sebel cuman emang harus jaga juga jangan sampe membuat sakit hati y mba

    ReplyDelete
  15. Berbagi pulsa, heheh belum pernah aku lakuin siy ini saat liburan. Paling berbagi paket data ajah siy! Baru tau niy kalau di traveloka bisa transfer pulsa 3, makin lengkap ajah ya fiturnya.

    ReplyDelete
  16. Daku pengguna tri... Asik udah bisa transfer pulsa lewat Traveloka, makin asik traveling nih 😍

    ReplyDelete
  17. Setiap traveling selalu ada hal baru yang saya pelajari. Baik itu dari pengalaman melakukan suatu hal atau melihat kebiasaan orang lain. Termasuk masalah antre ini, saya banyak belajar melihat karakter orang hanya dari cara mereka mengantre bahkan menolak melakukannya sama sekali. Jadi benar donk, traveling itu memang membuka wawasan.

    ReplyDelete
  18. menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah..ini yang sering bikin kezeeel. Di tempat wisata orang seenaknya saja nyampah, bahkan di jalan, buka kaca mobil dan lempar sampahnya..duh!
    Terus antre...dah tau musim libur nyodok antrean orang.
    Hal sederhana yang sering dilupa memang ya

    ReplyDelete
  19. Iyaya karena kita di tempat asing bukan berarti kita bersikap cuek gitu aja ya mbak. Menawarkan bantuan pada orang lain misalnya juga perlu dilakukan karena suatu ketika kita juga butuh bantuan insyaallah ada aja yang akan membantu

    ReplyDelete
  20. Aku bagi-bagi senyuman aja deehhh. Senyuman aku pan maniss. Hihihi.. minta dibully

    ReplyDelete
  21. Kalau saya sih, berbagi senyum aja cukup. Ngobrol hanya kalau ketemu di hostel atau tempat wisata. Itupun sebisa mungkin nggak menyebutkan data diri. Kalau jaman sekarang, saya nggak berani sebar-sebar info diri. Serem.

    ReplyDelete
  22. penting banget ya sadar kebersihan ga buang sampah sembarangan, apalagi kalo liburan <3

    ReplyDelete
  23. Berbagi memberi kebahagiaan tersendiri ya Mba..

    ReplyDelete
  24. Bagi bagi senyuman hal paling simpel yang bikin perjalanan makin asik juga ya kak :D

    ReplyDelete
  25. Hal2 yg mgkn sepele tp berdampak besar ya mba. Siapa sih yg ga semang ditawati bantuan, disenyumin, dll? Hehe.

    ReplyDelete
  26. Berbagi pulsa tuh keren mbak... Mu dunk berbagi pulsanya.. Eh

    ReplyDelete
  27. Nah kalau begitu bagi aku pulsanya dong, hehe

    ReplyDelete
  28. waah berbagi pulsa?? iya juga sh gt mba

    ReplyDelete
  29. Setuju mba, kalau kitanya senyum, orang lain pun jadi bales senyum dan ramah. Malah bisa jadi ada teman ngobrol di perjalanan hehe

    ReplyDelete
  30. bener banget berbagi pulsa (plus wifi) supaya tetap eksis saat liburan

    ReplyDelete
  31. Senyuuum is the best.. 😊 sama pulsa nie .haha.. bisa jadi salah satu solusi buat yang bingung gimana beli pulsa.

    ReplyDelete
  32. Bener banget mbak. Terutama soal buang sampah dan keramahan ke orang lain. Kalau ada yang mau kirim pulsa ke saya waktu liburan juga boleh banget :D

    ReplyDelete
  33. Wah, idenya mulia banget nih. Berbagi pulsa.hehehe

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top