Tuesday, December 4, 2018

10 Akun Instagram Inspiratif untuk Memotret Makanan



Suka motret makanan? Bingung gimana bisa menghasilkan foto makanan  yang kece, instagramable, dan ngilerable? Sama, saya juga bingung. Pegangan bareng, yuk... eh nggak deng, kita belajar bareng, yuk! Belajar lewat Instagram juga bisa, lho.

Tinggal intipin aja foto-foto keren di beberapa akun Instagram berikut ini, kalau beruntung kita bisa tahu bts alias behind the scene pemotretannya. Mau tahu apa dan siapa saja akun Instagram yang sering saya intip? Ini dia 10 Akun Instagram yang  Memberi Saya Inspirasi untuk Memotret Makanan:

1. @uploadkompakan

Akun khusus buat latihan memotret ini sebenarnya tidak terbatas memotret makanan saja. Berhubung minat memotret makanan lebih dominan untuk para followersnya, saya lihat akhir-akhir ini banyak foto tema makanan yang hadir di @uploadkompakan. Meklum, para followernya sebagian besar adalah perempuan dan banyak yang sudah berumah tangga.

Siapa saja yang sudah menjadi followers @uploadkompakan boleh posting foto sesuai tema yang berganti setiap hari. Beberapa foto terbaik akan diumumkan pada malam harinya dan kadang ada hadiah jika sedang berlangsung challenge. Menarik bukan?

Saya sendiri sudah lumayan lama jadi followers akun ini dan sempat bergabung juga dengan para member asal Bogor di @kompakersbogor. Sayang, saya nggak bisa aktif lebih lama karena sibuk nulis blog. 

https://emakriweuh.blogspot.com/2015/02/pelatihan-smartphonegraphy-bersama.html

Saya ikut setor foto kadang-kadang aja kalau lagi mood, lagi iseng, lagi punya stok foto, dan lagi pas temanya buat masuk ke grid Instagram saya. Selama ini saya belum pernah masuk grid dan ngga masalah juga karena foto saya pake smartphone memang apa adanya, hehe.

Seneng aja liatin foto-foto yang ada di @uploadkompakan. Kita bisa belajar motret dari foto-foto member yang ngegrid, atau lihat bts yang kadang dibagikan. 

Akun upload foto lainnya juga pernah saya ikuti. Di sana saya pernah ngegrid atau masuk grid beberapa kali. Mungkin karena followersnya nggak sebanyak @uploadkompakan, hehe. Akun tersebut adalah: @motretforfun, @jepreiindah, @motogenik, terus apa ya saya lupa lagi.


2. @echisofwan

Follow @uploadkompakan, follow juga dong akun Instagram foundernya yaitu Mbak Echi Sofwan. Saya belum pernah ketemu langsung dengan beliau, tapi sampai sekarang masih terpukau dengan feed Instagram dan foto-fotonya yang keceh.

Bukan foto-foto keren aja yang ada di Instagram @echisofyan, captionnya juga bikin hati adem karena jadi reminder buat para muslimah yang membacanya.

3. @silva_sandriani


Baru satu kali saya mengikuti kelas fotografi dengan mentor Mbak Silva Sandriani di Jakarta. Karena datang terlambat dari Bogor, saya kebagian duduk di paling belakang dan kurang jelas melihat sosok nyata pemilik akun @silva_sandriani ini (dulu akunnya bernama @Oldhippie_silva). 



Saat praktek memotret, saya cuma berbicara sedikit dengan Mbak Silva karena beliau harus keliling mengecek peserta satu per satu. Waktu itu saya disarankan mengambil foto dari sudut lain karena pencahayaan dari jendela terbatas. 

Seneng juga sih, foto saya waktu itu ikutan menang challenge dan dikirimi banyak hadiah dari sponsor. Terutama dapat props foto yang unyu-unyu. Alhamdulillah. 


Sebagai freelancer photographer, Instagram feeds Mbak Silva ini memanjakan mata banget. Nggak cuma berkutat pada food, product, dan stilllife, foto-foto memukau dengan digital imaging buatan Mbak Silva bikin saya mangap karena kagum. Salah satunya foto ini... keren banget!


4. @dapurhangus

Pertama jumpa langsung dengan  Mbak Ika Rahma  sebagai pemilik akun @dapurhangus adalah saat saya mengikuti pelatihan memotret di Bogor. Seneng banget bisa ketemuan langsung dengan Mbak Ika (akun pribadi @ikarahma_) yang foto-foto makanannya keren. Apalagi props foto yang dijual sendiri oleh Mbak Ika di akun @dapurhanguscom, bikin mupeng dan pengen borong semua kalau nggak inget kondisi dompet, hehe.

Keseruan pelatihan fotografi dengan mentor Mba Ika bisa dibaca di postingan ini: Playdate with Dapur Hangus: Belajar Tehnik Dasar Memotret Makanan

Mantengin akun @dapurhangus bisa ngeliat gimana menata objek dan properti foto supaya menrik dan menggugah selera. Inspiratif banget dan fotonya sukses bikin kita ngiler. Nggak cuma terpukau dengan foto-fotonya, saya pun terhibur dengan... captionnya! 



5. @ariana_arriana

Mbak Ariana adalah mentor saya untuk mendalami tehnik memotret dengan smartphone. Jangan kecil hati nggak punya kamera dan cuma ada  smartphone buat memotret. Dengan tehnik khusus dan banyak berlatih, hasil foto dengan smartphone nggak kalah keren dengan kamera canggih! 


Pelatihan memotret yang diselenggarakan di Depok itu saya ikuti dengan suka cita. Selengkapnya bisa dibaca di postingan ini: Kenapa Harus Motret Pakai HP?

Jika diamati, feed Instagram @ariana_arriana sekarang lebih banyak tentang home decor di rumahnya yang apik. Saya sih seneng-seneng aja dan tetap setia jadi penikmat feeds-nya meskipun foto makanan sudah jarang diupload lagi oleh Mbak Ariana. Pengen banget bisa punya desain rumah yang cakep kayak rumah Mbak Ariana...





_________________________________________________ Sore dari dapur semi outdoor. Sebelum ada yang tanya aku jelasin, dapur semi outdoor ini debunya ya biasa aja, karena udah kebiasaan setiap habis masak, selalu di lap bersih jadi debu gak sempet numpuk lama. Untuk urusan tikus, yang penting jangan ada sisa makanan di tempat terbuka dan sampah. Dijamin tikus gak bakal main ke dapur. Semoga jelas ya buat yg tanya lewat dm dan kolom komen Sore ini aku ganti gordyn dapurnya, kali ini dari @blossombedding.id , sekali sekali pilih warna cerah ceria, jadi dapur terlihat lebih berwarna 😍😍😍. Gordyn dari @blossombedding.id ini jahitannya super rapih, bahannya tebel, rempelnya banyak. Dan ukurannya pas dengan yang aku request Pokoknya aku rekomen @blossombedding.id kalau ada yang mau buat gordyn dapur, karena aku puas banget sama hasilnya . . . . . . . . . . #gordyndapur #kitcheninspiration #kitchenideas #homeinspo #homeinspiration
A post shared by Ariana Octavia (@ariana_arriana) on



6. @rikaekawati

Jika empat nama sebelumnya adalah orang-orang yang sudah pernah bertemu langsung dengan saya, maka yang berikut ini saya mengaku sebagai murid jarak jauhnya. Pemilik akun @rikaekawati, yaitu Mbak Rika Ekawati adalah mentor untuk belajar fotografi di dunia maya untuk semua followersnya.


Selain baik hati membagikan tips fotografi, Mbak Rika yang membranding diri sebagai food halal influencer ini kerap menyertakan caption sebagai reminder yang bikin hati adem.





Behind The Scene. September 2018. __________ Assalammu'alaikum πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ Pagi dari foto #BTSTehRika Ini foto mangga kemarin. Dan foto bts yg sedikit berbeda dr stories. Karena memang 2xtake foto utk BTS ini. Arah pengambilan foto memang dr arah tteh moto ini. Posisi dan settingan scene merupakan salah satu hal penting dalam #foodphotography yg kemudian akan memperkuat konsep dari foto yg kita ambil. Apakah masuk dalam kategori lowkey atau highkey misalnya. Foto ini diambil pada malam hari. Namun, tidak dalam kondisi lowlight. Karena tteh menggunakan satu lampu. Ada yg tanya, teh kenapa cahayanya harus diblock? Tidak cukupkan hanya menggunakan difuser saja? .. . Oia, teteh menggunakan softbox yg berfungsi sbg difuser utk lampu. Teman2 bisa menggantinya dg kain tipis berwarna putih polos atau kertas kalkir, gamasalah. . Teteh menggunakan blocker & memiringkan posisi lampu. Kenapa? Agar mendapatkan cahaya yg mirip natural light. Ada gradasi cahaya dr gelap ke terang. . Gelap utk sebagian background. Terang dibagian objek utama. Dan gelap dibagian foreground. . Karena sejatinya foto itu adalah seni melukis cahaya. . . Kalo pakai natural light aka cahaya matahari gmn teh? Konsepnya sama saja. Letakkan props dekat sumber cahaya spt jendela. Gunakan gorden siang (vitrace) sbg difuser. Dan gunakan blocker. Diposisi arah dtangnya cahaya. Teteh menggunakan reflektor 5 in 1 sbg blocker tteh arahkan bagian yg berwarna hitam ke arah dtgnya cahaya. Kenapa? Agar yg bagian hitam memblock cahaya. Sdg bagian putih tetap memantulkan cahaya dr objek utama. Alurnya. Objek utama dpt cahaya dr lampu. Diarah berlawanan dipasang reflektor perak. Tapi agak soft. Untuk bagian objek utama (mangga). Tetap diberikan reflektor yg kuat. Teteh gunakan cermin bulat. Agar mangga jadi POI yg stand out. Duh panjang x lebar. . . Kalo ada yg ditanyakan, monggo πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜˜ . Jangan lupa bahagia ❤❤❤ . . Hasil foto, cek posting foto sebelum ini πŸ˜„πŸ˜‰ __________ @uploadkompakan @focusnusantara #ukchallenge209 #uk_jakartafocus #kompakersdepok #kdsalingmenghebatkan #TipsFotoTehRika
A post shared by Blogger Halal Food Influencer (@rikaekawati) on


7. @ratna17amalia

Nah, kalau yang satu ini mentor belajar motret yang bisa saya colek kapan saja, haha. Pemilik akun @ratna17amalia yang bernama Ratna Amalia ini nggak pelit berbagi ilmu memotret buat siapa saja yang mau serius belajar. Dateng ke rumahnya hayuk, diajak ngumpul bareng buat ngajarin teman-teman satu grup Asinan Blogger pun oke. Mbak Ratna, ijinkan aku merusuh ke rumah Mbak Ratna lagi ya, hehehe.

Sebagai blogger, tulisan Mbak Ratna bisa dilihat di www.mydairynote.blogspot.com. Mampir deh, pasti betah karena tulisannya enak dibaca dengan foto-foto yang ciamik.



8. @hmzwan

Blogger yang satu ini jadi favorit kalau saya buka Instagram. Masakannya nggak jauh dari masakan saya, yaitu masakan sehari-hari. Lumayan buat inspirasi kalau lagi bingung hari ini mau masak apa. Mak Hana, begitu saya menyapa pemilik akun @hmzwan ini rajin menulis resep di Instagram dan blognya www.wajanngebut.com.

Waktu saya masih rajin posting resep (sekarang lagi mager), Mak Hana mengajak saya berkolaborasi di blog. Boleh baca di label Wajan Ngebut  dan Wajan Ngebut Review

Yang bikin beda dari mentor saya sebelumnya, Mak Hana kreatif memanfaatkan properti foto yang ada dan bisa dibuat sendiri. Nggak harus beli props yang mahal, dompet aman deh, hehe. Hasil fotonya dengan smartphone selalu cakep. Apalagi Mak Hana nggak pelit berbagi tips dan bts seperti yang satu ini...



9. @ucigg

Mamah cantik food blogger yang satu ini pertama saya jumpai di suatu acara icip-icip kuliner Betawi bersama Ajinomoto. Agak syok juga sebenernya saya pas ikut acara tersebut karena ketemu banyak blogger keren, termasuk salah satunya Mbak Suciati Cristina. 

Boleh main-main ke blognya yang beralamat di www.cigrey.com. Selain sebagai food blogger, Mbak Suci yang demen food photography ini tergabung di Kompakers Tangerang (member Upload Kompakan di Tangerang). 

Sebelum ketemu, saya udah tahu kalau akun Instagram Mbak Suci yaitu @uciggg emang keren banget. Seneng aja lihat foto-foto makanan yang waktu itu kebanyakan ditata secara flat lay (yang saya nggak bisaeun, hehe) dengan cantik. Kayak yang satu ini nih...



10. @chikaafandi

Awal jumpa dengan Mbak Chika Afandi, pemilik akun @chikaafandi, saya nggak tahu kalau Mbak Chika sering menang berbagai macam kuis dengan hadiah spektakuler. Maklum, saya anak bawang banget soal dunia kuter. Kami bertemu saat sama-sama 'bertarung' di sebuah kompetisi memasak. Mbak Chika berhasil memenangkan hadiah utama berupa jalan-jalan gratis ke Belanda, keren banget ya!

Baca juga: Serunya Beraksi ala Master Chef di Kontes Memasak Royal VKB Alfamart 2017

Ibu dua anak yang hobi jalan-jalan dan fotografi ini mengabadikan hasil jepretan kameranya di Instagram. Bukan hanya untuk mengikuti kuis atau lomba, foto-foto cantiknya bisa menginspirasi kita lho! Mbak Chika bahkan nggak pelit berbagi ilmu ngebocorin bts-nya seperti apa.



Selain fotonya bisa dipelajari, ada resep yang bisa dipraktekkan di rumah juga. Apalagi untuk lomba, kreasi resep yang dibuat Mbak Chika selalu unik dan wajar jika juri pun terpikat. Saya aja terpikat parah kalau lihat postingannya Mbak Chika...





Dear @dapurumami.id Masakan khas daerah saya di Sumatera Utara, yaitu Arsik. Untuk memasak arsik konvensional dibutuhkan waktu yang lama dan banyak sekali bumbu yang diperlukan. Untung dengan adanya Sajiku varian bumbu Nusantara memasak Arsik menjadi lebih praktis dan modern. Ikan Nila Saus Arsik Bahan-bahan: 2 ekor ikan nila, bersihkan, beri perasan air jeruk lemon 1 sdm Sajiku Ikan Goreng 1 sdm Sajiku Gulai Padang 50 gram kacang panjang, dipotong2 sepanjang 5 cm. 1 buah kecombrang, belah dua 10 buah cepokak 1 batang sereh, dikeprek 2 potong asam gelugur 50 gram bawang batak/lokio, buang akar 100 ml santan 200 ml air 2 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk, buang tulang 1/2 sdt andaliman bubuk (diproses dari andaliman yg dikeringkan lalu disangrai dan dihaluskan) Minyak untuk menggoreng ikan Cara Membuat: 1. Ambil 1 sdm bumbu Sajiku Ikan Goreng, lumuri ke seluruh permukaan ikan dan perutnya, diamkan 15 menit. 2. Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang kecoklatan. Sisihkan. 3. Rebus air hingga mendidih, tambahkan kacang panjang, dan bumbu Sajiku Gulai Padang. 4. Tambahkan andaliman bubuk, daun salam, daun jeruk, bawang batak/lokio, sereh, asam gelugur, kecombrang dan cepokak. Aduk-aduk rata. 5. Tuangkan santan, masak sampai mendidih sambil diaduk. 6. Ikan Nila Goreng siap disajikan bersama saus Arsik khas Sumatera Utara. Rasanya menjadi lebih gurih tidak perlu menambahkan garam dan kaldu bubuk lagi, memasak menjadi lebih praktis dan mudah. Yuukk ikutan @silfiapratiwi @adianakitchen @ade2518 @deviyusnita30 @nazifa.fairuz @itaardy.panjaitan @ita_dwicandra @shan_aja @ridhaannisa1 @bernike.sh #SajikuCitaRasaNusantara
A post shared by Ika Zulia Sapta (@chika.afandi) on


Sudah dulu ya! Sudah 10 soalnya, haha!

Sebenernya, ada baaanyakkk akun Instagram inspiratif buat belajar memotret. Tapi yang saya tulis di sini adalah orang-orang yang pernah mengajari saya dan sekarang juga masih kalau saya rajin ngintipin akun Instagramnya. 

Saya sengaja menulis tentang akun Instagram yang ada hubungannya dengan memotret makanan. Karena setiap buka Instagram, kenyataaannya saya lebih banyak ngintipin food photography daripada kepoin akun Instagram K Pop idola :D

Kalau kamu, apa akun Instagram favoritmu?


13 comments :

  1. Mbaaa, yaampun terharu ada nama aku. Kucek2 mata dulu ah >.< semua listnya aku suka jugaa..
    aku mau salim dulu malah sama resep2mu mba ^^ dapur ngebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ada doong pan aku utamain yg udah kenal langsyung :)

      aku jadi malu krna dapur ngebutnya belum update lagi :D

      Delete
  2. Masya Allah, namaku masuk grid!! Miapa cobaa.
    Terima kasih sudah suka rela intip2 IG aku. Masih banyak juga yang aku harus pelajari, termasuk belajar dari IG yang nama2nya Inna sebut di atas. Hayuk atuh, kapan rusuhin rumah aku lagi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mikian mba hehehe
      horeee... boleh ngerusuh lagi ke rumah mba ratna :D

      Delete
  3. hwaa banyak yang aku nggak kenal...tapi jepretannya cakep2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jepretannya emang cakep2
      pas kenal orangnya lebih seru mba :D

      Delete
  4. Waaahhh ada nama saya mba Inna ������ Jadi malu nich mba, saya mah blm ada apa2nya nich. Terimakasih banyak ya mba Inna semoga pertemanan kita terus berjalan till Jannah Aamiin ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba chikaa... keep inspired yaa (cup cup muah)

      Delete
  5. Echi Sofwan mbak *koreksi :D

    Kalau aku suka mbak Silva juga, beliau pintar styling sama kuat di digital image. Sehabis workshop sama mbak Silva langsung tercerahkan hihhi

    Ada juga mbak Alleyna Sapta, teh Winda (dartz27), Sefa Firdaus yang suka bagi-bagi tips BTS.

    Untuk styling aku suka intip akun foodies luar negeri kayak : thekitchenmccabe, evakosmasflores

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa malu salah, maapin ya mba echi :)

      makasi koreksinya mak ranny. kalo lebih dari 10, aku masukin nama mak ranny juga lho :*

      makasi lagi masukannya mak (muah)

      Delete
  6. Sepertinya saya udah follow mereka semua mak ��

    ReplyDelete
  7. saya ngerasa motret makanan itu susah banget, mbak. udah coba trial & error, masih aja flat hasilnya. emang perlu perbanyak referensi macam 10 akun ig di atas nih.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top