Friday, December 30, 2016

Menikmati Candu Raun di Blog Monda Siregar



Candu raun adalah tagline blog milik Mbak Monda Siregar. Nama itu disematkan karena Mbak Monda mengisi blognya sesuai dengan kecintaannya terhadap Indonesia. Boleh dibilang blognya berniche lifestyle yang fokus pada Indonesia, tempat wisatanya, sejarahnya, wisata kulinernya, musiknya, wastra atau kebudayaan. Selain itu ada juga tentang tanaman dan kesehatan.

Monday, December 19, 2016

Elisa Fatma and Her Digital Life



Digital life. Hari gini nggak punya kehidupan di dunia digital kayaknya aneh banget. Bisa dimaklumi jika seseorang yang tidak punya aktivitas di dunia digital itu sudah berusia lanjut. Wajar jika ada Kakek atau Nenek yang kurang update kecanggihan teknologi. Tapi anak muda sekarang, bahkan anak-anak sampai bayi sudah mulai eksis di dunia maya. Jadi, digital life itu sudah pasti dimiliki siapa saja yang mengikuti perkembangan jaman. 

  Sama seperti teman blogger yang akan saya kenalkan kali ini. Lewat nama blognya, beliau ingin mengabadikan kehidupannya di dunia nyata ke dalam dunia digital. Perkenalkan, Elisa Fatma Ariesta. Biasa dipanggil saya Elisa dan punya nama kecil yaitu Elis. Ibu muda ini tinggal bersama keluarganya di Desa Dengok Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Elisa bekerja sebagai karyawan di salah satu developer pengembang properti. Rencananya, beliau ingin menjadi full time blogger suatu saat nanti. Semoga lancar ya, aamiin. 

Friday, December 16, 2016

Semangat Belajar dan Berbagi dari Nunu Amir


Halo semua! Duh, lama nggak jumpa dengan postingan teman blogger, nih. Kali ini saya mau ajak kenalan dengan seorang blogger yang berprofesi sebagai PNS. Daerah tempat tinggal asalnya jauh juga ternyata, yaitu di Makassar. Siapa kah dia? Kenalin, Nur Sahadati Amir, yang akrab disapa Nunu. Nunu ini orang pertama yang saya temui waktu acara pelatihan di Dilo Bogor. Kami berdua sama-sama datang kepagian. Sambil kenalan, waktu itu kami saling add akun Facebook.

   Nunu menggunakan nama Nunu Amir di akun Facebooknya. Sejak mulai menulis nama Nunu Amir Marewangeng digunakannya sebagai nama pena. Nunu menambahkan nama kakeknya agar  darah Bugisnya terlihat. Merasa nama tersebut kepanjangan, Nunu memangkasnya menjadi Nunu Amir. 

Thursday, November 24, 2016

Bahagia Merayakan #UsiaCantik



Tepat di usia 35 tahun, saya memulai hidup baru bersama keluarga tercinta. Setelah 11 tahun merantau, saya dan suami memutuskan menetap di Bogor untuk fokus merawat orang tua. Beberapa bulan kemudian, kami mendirikan usaha toko obat di dekat rumah. Saya juga memulai bisnis online kecil-kecilan dengan membuat aksesoris handmade. Kesibukan saya bertambah dengan semakin rajin menulis blog dan mulai mendapatkan rejeki dari kegiatan tersebut.

   Saat ini, mulai bulan November 2016,  toko obat sudah pindah ke rumah. Jadi saya hanya berjualan di rumah saja. Pada saat bersamaan, suami sedang merintis usaha baru yang lain. Sebagai istri, saya mendukung penuh dan mendoakan semoga usaha baru keluarga kami bisa berjalan dengan lancar, aamiin. 

Wednesday, November 23, 2016

Cara Memilih Busana Muslim untuk Orang Tua


Ketika mengakses MatahariMall dan mengetik kata berikut: jual busana muslim murah, kita dijamin bakal tergiur untuk membeli banyak busana muslim. Koleksi busana muslim ala MatahariMall memang lengkap dan senantiasa menarik untuk disimak. Selalu ada saja model-model baru yang sedang menjadi trend. Sesekali belikan busana muslim untuk orang tua tercinta supaya hatinya senang mendapat perhatian dengan dibelikan baju muslim yang bagus.

  Membelikan busana muslim untuk orang tua memang terbilang susah-susah gampang. Tetapi kita bisa mencermati tips-tips ini terlebih dahulu sebelum memilihkan busana muslim yang berkualitas :

Tuesday, November 22, 2016

Mengatur Postingan Blog dengan Blogpost Agenda


Sudah hampir satu tahun saya menggunakan blogpost agenda untuk mengatur postingan blog. Kenapa harus pakai agenda? Karena saya orangnya pelupa dan harus bolak-balik diingatkan supaya tidak ada yang terlewat. Blogpost agenda juga membantu saya untuk mengatur jadwal postingan di tiga blog yang saya kelola. Dengan demikian, jadwal posting tidak akan pakepuk alias tabrakan satu sama lain.

   Saya memakai blogpost agenda sejak punya niat serius untuk memelihara tiga blog. Cuma tiga kok, nggak banyak. Bukan sombong, saya ini termasuk orang yang suka punya banyak ide. Jadi tiga blog cocok banget untuk menuangkan tulisan sesuai dengan nichenya masing-masing. Oia, ada blog keempat yang nanti baru bisa diupdate jika saya sudah mulai ngecraft. Mudah-mudahan lancar, ya.

Monday, November 21, 2016

Eskaningrum: Researcher plus Blogger Sebagai Profesi



Halo, jumpa lagi dalam edisi Teman blogger. Nggak terasa, arisan link dari grup peserta pelatihan di Dilo Bogor sudah mau berakhir. Ikut arisan ini membuat saya jadi mengenal para peserta dan kami pun menjalin keakraban lewat Whatsapp grup. Semoga silaturahim ini tetap terjalin ya, aamiin.

  Kali ini saya mau ajak berkenalan dengan seorang blogger yang baru saja menyandang status menjadi seorang ibu. Beliau tengah berbahagia dengan kehadiran seorang bayi cantik bernama Adzkia Halwa pada tanggal 1 Oktober 2016. 


Friday, November 18, 2016

Kartu Nama Untuk Dua Dunia


Kartu nama untuk dua dunia. Kesannya... saya hidup di dua dunia, dua alam yang berbeda, hihihi (ketawa kunti). Maksudnya dua dunia karena ada benarnya juga jika keduanya memang berbeda. Satu untuk dunia nyata, yaitu toko obat. Dan satu lagi untuk dunia maya, yaitu sebagai blogger. Kenapa dibedain? Ya harus dong. Nanti pakepuk kalau disamain :D

  Sebenarnya, tentang kartu nama ini sudah lama pengen diposting tapi selalu tertunda. Sampai akhirnya toko obat tutup beneran, kartu nama toko masih numpuk di meja. Belum habis disebar. Meski toko obatnya sudah tidak ada, saya mau cerita tentang kartu nama. Nggak apa-apa, ya.

Thursday, November 10, 2016

I Love Tote Bags!



I love tote bags! Jika ditanya jenis tas favorit, maka jawaban saya adalah tas karung alias tote bag. Jaman masih sekolah dan kuliah, tas favorit saya adalah tas punggung atau ransel. Setelah jadi emak begini, rasanya saya lebih cucok pakai tote bag daripada ransel. Betul tidak? 

  Memang sih, sesekali saya masih pakai ransel kesayangan dari jaman kuliah yang masih awet sampai sekarang. Tapi karena ransel itu modelnya sylish dan berbahan dari kulit, ukurannya kurang besar. Buntutnya, saya nenteng tote bag lagi disamping bawa ransel. Hiyahh...

  Tote bag yang penampakannya memang mirip karung itu bisa muat berbagai macam barang. Sagala aya pokona mah... Pas banget buat emak riweuh yang suka bawa sagala endah setiap bepergian. Apalagi masih punya anak kecil, duh satu tas bisa penuh berisi keperluan anak.

Thursday, November 3, 2016

5 Faktor Penyebab Toko Obat Trisad Harus Ditutup


Saya termasuk orang yang gampang terbawa perasaan. Dulu, waktu belum punya usaha sendiri, saya sering mengamati toko-toko yang ada di sepanjang perjalanan dari rumah menuju beberapa tempat yang rutin kami sekeluarga kunjungi. Saat melihat ada sebuah toko yang tiba-tiba tutup, saya ikut sedih. Menyayangkan kenapa usaha tersebut sampai harus gulung tikar.



  Lima tahun yang lalu, saya dan suami membuka toko obat yang diberi nama TRISAD. Nama tersebut diambil dari nama belakang ketiga anak kami: Dilshad, Rasyad, dan Irsyad. Saya mulai belajar membesarkan sebuah usaha. Seiring waktu berjalan, hasil dari penjualan berkembang dengan lambat. Akhirnya, kami terpaksa menyerah untuk menutup toko ini dalam waktu dekat. Jangan tanya betapa hancurnya perasaan saya...

Thursday, October 27, 2016

Nova Violita: Berbagi Kisah dan Menoreh Kenangan di Blog



Suka puisi? Saya termasuk orang yang gampang meleleh jika membaca puisi yang bagus. Saya nggak bisa bikin puisi karena bukan termasuk orang yang puitis. Tapi saya romantis lho! Aih, apa sih, hihihi. Kenapa ngomongin puisi? Teman blogger kali ini suka menulis puisi. Katanya sih, waktu masih single, beliau bikin puisi jika sedang galau. Biasanya puisi hasil ngegalau feel-nya lebih dapet lho. Saya suka baca puisi galau. Jadi berasa ikut hanyut gitu.

   Perkenalkan, teman blogger bernama Nova Violita yang biasa dipanggil Nov atau Nova. Ibu satu anak ini tinggal di  provinsi Riau tepatnya di Airmolek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam kesehariannya, Nova bekerja sebagai staff administrasi di PTAIS.

Tuesday, October 25, 2016

Produktif Menulis Seperti Ernawati Lilys


Menjalani hidup sebagai ibu rumah tangga itu tidak mudah. Butuh energi ekstra untuk mengasuh buah hati dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Riweuh pokoknya mah kalau kata orang sunda bilang. Iyes, every mother is emak riweuh. Termasuk saya, hehe.

  Meski riweuh dengan urusan anak dan rumah, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa produktif menghasilkan karya. Lihat saja teman blogger yang satu ini. Masih bisa produktif menulis meski punya dua anak kecil, sedang hamil, tanpa asisten rumah tangga pula. Berasa dejavu kayak saya waktu masih di rantau dulu. I feel you pisan, hehe. Masa-masa itu sudah berlalu dan menjadi kenangan manis buat saya.

Monday, October 17, 2016

Berdamai dengan Hati di Blog Ratna Dewi



Halo semua! Kali ini saya mau ajak kenalan dengan seorang teman blogger yang pernah menjadi jurnalis di TV One dan STV (Kompas TV Bandung). Namanya Dewi Ratnasari atau biasa dipanggil Ratna atau Dewi. Ibu muda ini memutuskan untuk pensiun dini dan  serius menekuni dunia blogging. Wah, design blognya keren dan enak dibaca sampai saya suka bolak-balik membaca blognya karena banyak tulisan bermanfaat di sana. 

  Piawai menulis karena Ratna sudah lama melakukannya sebagai hobi. Berawal dari iseng menulis cerpen pada masa SMP hingga kuliah. Lalu beberapa kali mengirim cerpen ke majalah dan beberapa ada yang dimuat. Kegiatan menulis cerpen terhenti saat Ratna sibuk kuliah di Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Wah, satu almamater kita yak :)

Thursday, October 13, 2016

Hidup Tanpa Drama



"Hidup itu kurang kalau nggak ada drama.

Kalau perlu... mengundang bahaya!"

Jujur, saya sebel banget lihat iklan makanan ringan yang satu ini. Oke, hidup tanpa drama itu rasanya kurang. Tapi belum pernah kan, ngerasain hidup penuh drama? Hidup dengan drama SETIAP HARI? Belum pernah kaan...

Wednesday, October 12, 2016

Tya Napitupulu. Blogger dan Relawan Kekerasan Seksual Pada Perempuan



Halo hai! Teman blogger kali ini mau ajak kenalan dengan seorang blogger yang sekaligus menjadi aktivis masalah kekerasan untuk perempuan. Siapa dia? Kenalan dengan Tya Napitupulu, yuk! Nama di akta kelahirannya adalah Cintya. Nama lengkap Cintya Napitupulu. Napitupulu adalah nama marga keluarganya. Dara kelahiran tahun 1996 ini cukup dipanggil dengan Tya saja.

Monday, September 26, 2016

Serunya Traveling ala Backpacker di Blog Enry Mazni


Halo hai! Edisi teman blogger kali ini lain daripada yang lain. Kenapa coba? Postingan kali ini kita akan berkenalan dengan seorang blogger laki-laki. Biasanya, saya mengenalkan blogger perempuan di blog ini. Kok bisa? Ya bisa lah! Profil teman blogger yang merupakan peserta arisan link boleh siapa saja bukan? Etapi maaf sebelumnya, gambar judul teuteup harus pakai yang ini, yaitu gambar perempuan sedang pegang bunga. Nggak apa-apa yaa *iyaa*

Monday, September 19, 2016

Hotel Mewah dan Nyaman di Dekat Pantai Legian




Halo semua! Sudah punya rencana untuk berlibur? Kalau belum, segera persiapkan dengan baik muai dari sekarang, yuk! Bingung mau pergi ke mana? Bali bisa menjadi salah satu pilihan, lho. Suasana eksotik alam nan menawan yang ada di pulau ini bisa mengobati kejenuhan banyak orang dari hirup pikuk suasana perkotaan dan stress akibat tekanan pekerjaan.



  Ingin pergi ke tempat dengan suasana tenang? Coba datang ke pantai yang bernama pantai Legian. Pantai ini berada di Jalan Legian, sebelah utara pantai Kuta. Bedanya dengan pantai Kuta, pantai Legian cenderung lebih sepi. Hal ini disebabkan lokasi pantai yang jauh dari keramaian pusat kota.

Friday, September 16, 2016

Myra Anastasia: Konsisten Sebagai Blogger Parenting dan Family Traveling


Sebelum saya bergabung dengan komunitas blogger, saya ngeblog sendirian aja. Maksudnya, bener-bener sendiri dan nggak punya teman blogger. Saat itu, blog saya masih baru dan belum banyak yang berkomentar. Pelan-pelan, kolom komentar di blog saya mulai terisi. Ada seorang blogger yang lumayan rajin berkomentar di blog saya. Dasar gaptek, saya malah nggak tahu kalau namanya bisa diklik untuk menuju profil akun yang juga memperlihatkan blognya. Tapi, saya hapal nama sang komentator, yaitu Bunda Kenai.

   Gabung di komunitas blogger, saya langsung terbelalak dengan banyaknya teman blogger yang ada di jagat maya ini. Dan... saya ketemu lagi dengan Bunda Kenai. Ternyata, beliau aktif banget di beberapa komunitas blogger. Owalah, ternyata selama ini yang komen di blog saya adalah blogger beken. Aih kudet sangat ya saya.

Friday, September 2, 2016

Cerita Weekend Seru di Blog Nining Wahyoe



Mau jalan-jalan ke mana weekend nanti? Bingung cari inspirasi mau ngapain pas weekend? Atau lagi pengen jalan-jalan ke tempat yang seru? Mampir ke blog teman blogger yang satu ini, yuk! Dijamin habis blogwalking ke blognya, langsung deh mupeng pengen jalan-jalan.

  Tunggu, kenalan dulu dong dengan sang pemilik blog yang bernama Nining Wahyoe. Nama lengkapnya adalah Nining Wahyuningsih. Perempuan berdarah sunda ini lahir dan besar di Banten. Kemudian melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Gunadarma Depok. Saking cintanya dengan kota Depok, Nining memilih kota tersebut sebagai tempat tinggalnya bersama suami dan dua anaknya yang bernama Cantika Nuri Syabani (8 tahun) dan Maharaz Alif Dya'ban (5 tahun).

Thursday, September 1, 2016

Belajar Optimasi Blog dari Anisa AE



Belajar optimasi blog agar kualitas blog kita menjadi lebih baik mulai menjadi perhatian saya setelah beberapa tahun ngeblog. Padahal, niat awal bikin blog buat saya adalah untuk curhat dan mencatat kenangan, itu saja. Seiring bertambahnya waktu dan melihat perkembangan dunia blog yang dinamis, saya tertarik untuk mulai ngeblog dengan serius. Ceritanya sih, pengen jadi professional blogger. Saya pun memperbaiki ketiga blog yang saya kelola dan mulai bisa menghasilkan sedikit demi sedikit rejeki lewat ngeblog, alhamdulillah.



  Belajar ngeblog dari mana? Saya belajar dari para blogger senior yang sudah pakar dan mengelola blognya secara professional. Meski sudah banyak pundi-pundi rupiah yang dihasilkan, mereka tidak pelit berbagi ilmu. Salah satunya adalah teman blogger kita kali ini yang bernama Khoirun Nisa'ul Abidah dan punya nama top Anisa AE.

Monday, August 22, 2016

Amaris Hotel Thamrin City. Penginapan Modern Bertarif Ekonomis di Tengah Metropolitan



Jakarta merupakan salah satu kota penting yang berada di Indonesia. Kota ini ramai dikunjungi para pebisinis maupun para wisatawan. Tidak heran jika di Jakarta banyak sekali terdapat hotel mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang dan mewah. Para pendatang di Kota Jakarta bisa menyesuaikan penginapan seuai dengan standar masing-masing.

  Jika anda mencari hotel yang tidak terlalu mewah namun cukup nyaman, didukung dengan fasilitas modern dan harga yang ekonomis, Amaris Hotel Thamrin City bisa menjadi tujuan utama anda. Letak hotel ini berada di Gedung Thamrin City. Hotel ini mudah diakses dan cocok untuk para pendatang yang singgah sementara di Kota Jakarta.

Sunday, August 21, 2016

Percikan Semangat dari Prita HW



Halo! Teman blogger kembali menyapa. Kali ini kita akan berkenalan dengan perempuan muda berbakat dan sarat prestasi bernama Prita Hendriana Wijayanti yang punya nama beken Prita HW. Berasal dari Jember, Prita kini berdomisili di Bekasi mengikuti suami tercinta. Lulusan FISIP Universitas Airlangga Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Surabaya ini mantap mendedikasikan diri pada dunia literasi. 

  Prita mencintai dunia literasi dan hal yang berbau alam. Suka membaca, menulis, sharing, dan travelling. Beliau giat beraktivitas di bidang yang berkutat seputar menumbuhkan minat baca, membuat perpustakaan, menyediakan buku, aktivitas kepenulisan dan berbagai hal lain yang bias memfasilitasinya. Prita menyebut semangat dalam mengerjakan aktivitas tersebut sebagai gairah.

Thursday, August 18, 2016

Tuhan, Ijinkan Saya untuk Merasa Lelah


[Tulisan ini dibuat untuk menumpahkan isi hati. Pasca Lebaran, semangat ngeblog saya hilang karena kebanyakan ngegalau. Semoga setelah menulis ini, galau hilang dan saya menjadi normal kembali. Sebaiknya tidak usah dibaca jika tidak ingin membuang waktu untuk menyimak curhat saya]

Monday, August 15, 2016

Belajar Bahasa Arab Bersama Meutia Rahmah


Belajar Bahasa Arab? Jaman saya kecil pelajaran ini tidak ada di sekolah. Jadi wajar saja saya tidak mengerti bahasa Arab. Nah, ketika si sulung Aa Dilshad masuk SDIT, barulah saya ikut mengintip pelajaran bahasa Arab yang diajarkan di sekolahnya. Berhubung sudah tua, rasanya sulit bagi saya untuk bisa belajar bahasa asing dengan banyak kosakata yang dihapalkan. Jadi, saya cuma bisa kagum melihat si Aa bisa berbicara dalam bahasa Arab.

   Teman blogger yang akan saya kenalkan kali ini jago banget berbahasa Arab. Namanya Meutia Rahmah Mansur, biasa dipanggil Tia atau Meutia. Sedangkan Mansur adalah nama ayah Meutia. Perempuan berdarah Aceh ini adalah anak pertama dari enam bersaudara. Lahir pada tanggal 29 Mei 1984 dan tinggal di kota kecil Langsa. Profesi Meutia adalah dosen di IAIN Langsa Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Aktivitas lainnya adalah menjadi supervisor Qatar Charity Aceh untuk anak-anak yatim khususnya dalam bidang pendidikan.

Thursday, July 28, 2016

Memahami Anak Kembar dari Blogger Parenting Wiwid Wadmira


Teman blogger kali ini sukses bikin saya baper. Apalagi setelah main ke blognya dan menemukan banyak foto anak perempuan kembar yang menggemaskan. Oke, ini kelemahan saya. Nggak tahan kalau lihat anak perempuan yang lucu. Bawaannya pengen nyulik lalu dibawa pulang ke rumah. Maklum, saya nggak punya anak perempuan. Ketiga anak saya laki-laki semua. Bikin lagi? Emangnya kueh, gampang bikin lagi? Hahaha...

  Oia, kenalin... Wiwid Wadmira. Mom blogger dengan anak perempuan kembar bernama Kira Setyadi dan Kara Setyadi. Keduanya lahir pada tanggal 21 Juni 2010. Wah berarti sepantaran ya dengan anak bungsu saya, Dd Irsyad yang lahir bulan Agustus 2010. 

Saturday, July 23, 2016

Uchy Sudhanto: Lifestyle Blogger dan Animal Defender



Halo! Selamat kembali dari libur Lebaran ya! Lama vakum karena riweuh, agak ngos-ngosan juga buat bisa kembali ngeblog. Khusus menyambut Idul Fitri, arisan link teman blogger ini memang diundur tanggal DL-nya. Maklum, semua sibuk dan belum tentu di kampung halaman bisa nulis kan? Sstt, saya yang nggak pulang kampung aja nggak sempat nulis, hihi.


 Siapa teman blogger kali ini? Kenalin, Uchy Sudhanto. Nama lengkapnya Qudsiyah Ahmad. Uchy adalah nama panggilan sejak kecil. Sedangkan Sudhanto adalah nama ayah Uchy. Nama Uchy Sudhanto ini semakin dikenal sejak Uchy terjun ke dunia siaran pada tahun 2010. Wah, penyiar ya? Iya, teman blogger kita kali ini adalah seorang mantan penyiar alias radio announcer, dan pernah menjadi producer. Profesi lainya adalah menjadi MC (sekarang tidak terlalu aktif).

Tuesday, June 28, 2016

Memilih Kado Lebaran yang Bermanfaat untuk Anak



Semua orang tentu merasa senang jika diberi kado, termasuk anak-anak. Momen istimewa seperti hari ulang tahun biasanya menjadi saat yang dinantikan anak-anak untuk mendapatkan kado. Nah, mumpung momennya sebentar lagi Lebaran, untuk menambah ceria suasana Lebaran kita bisa menghadiahkan kado untuk buah hati tercinta. Dijamin, si kecil pasti melojak kegirangan karena mendapatkan hadiah setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

   Kado Lebaran menjadi penyemangat untuk anak-anak. Selain mendapatkan baju dan sepatu baru, momen suka cita merayakan hari kemenangan akan selalu dikenang sebagai saat yang membahagiakan. Sebagai orang tua ini juga menjadi momen untuk menjalin kedekatan dengan anak. Sah saja jika kita menyisihkan uang untuk memberi kado lebaran kepada anak. Jadi, pilihan kado apa saja yang cocok untuk anak-anak di momen lebaran ini?


Monday, June 27, 2016

Mengenal Yonna Kairupan dan Profesional Make Up



Halo, semua! Apa kabar? Kayaknya lagi pada sibuk ya? Sibuk ngabisin THR, hehehe. Iya, sekarang memang sudah masuk Indonesia bagian Tunjangan Hari Raya. Bawaannya pengen shopping melulu ya! Nah, Buibu sekalian kalau Lebaran, pasti pengen tampil cantik ya. Sebagai perempuan, untuk mendukung rasa percaya diri biar cantik biasanya diperlukan make up. Saya pribadi memang nggak jago untuk urusan yang satu ini. Tapi saya punya teman blogger yang jago banget soal make up. 



Sunday, June 26, 2016

Belajar Menulis Novel dari Adya Pramudita



Belajar menulis novel selalu menjadi keinginan saya yang terpendam. Kenapa terpendam? Karena saya belum bisa konsisten menyisihkan sebagian waktu untuk serius mempelajari bidang yang satu ini. Untuk bisa menulis novel, saya harus belajar fiksi terlebih dahulu. Belajar dari berbagai pelatihan dan sering berlatih menulis. Jika tidak bisa hadir dalam pelatihan tatap muka, bisa ikut pelatihan online. Sebelumnya, saya sudah pernah mengikuti pelatihan online tentang ngeblog dan menulis non fiksi. Hasilnya? Saya sulit berkonsentrasi! Maklum, penduduk di rumah masih membutuhkan saya untuk riweuh ini-itu, hehe.

  Nah, kebetulan teman blogger yang akan saya kenalkan ini memang ahlinya menulis fiksi. Namanya Adya Pramudita. Nama tersebut adalah nama pena yang kerap digunakan Adya untuk menandai hasil karyanya. Kita kenalan lebih jauh yuk dengan beliau.

Tuesday, June 14, 2016

April Hamsa: Fokus Pada Parenting dan Lifestyle Blog



Halo! Edisi Teman Blogger kali ini istimewa karena kebetulan dari dua arisan link keluar nama pemenang yang sama, yaitu April Hamsa! Yeay! Saya seneng banget karena kebetulan awal puasa ini lumayan riweuh dan nggak sempat megang netbook! Dengan kemenangan dobel ini, artinya saya cukup mengerjakan satu postingan untuk jangka waktu dua minggu (biasanya seminggu sekali). Alhamdulillah.

  Kenalin, April Hamsa. Ibu muda kelahiran Surabaya tahun 1984 ini mempunyai nama langkap Aprillia Ekasari. Menggunakan nama Hamsa sebagai singkatan dari namanya dan sang suami tercinta, Ilham dan Sari. Setelah menikah, April pindah ke Depok mengikuti suaminya. Sebagai ibu rumah tangga, April tetap menjalankan aktivitas yang disukainya sejak masih gadis, yaitu menulis dan aktif berorganisasi.

Saturday, June 11, 2016

Home Sweet Home



Home sweet home memiliki kedekatan arti dengan baitii jannatii. Dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai 'rumahku istanaku' atau 'rumahku surgaku'. Artinya, tidak ada tempat yang paling nyaman selain di rumah. Seperti layaknya istana atau surga, rumah adalah tempat yang menyenangkan. 

Setelah menikah dan membentuk keluarga sendiri, aku baru mengerti makna kalimat "home sweet home". Selain lingkungan yang nyaman, ada yang membuat kita selalu ingin berada di rumah yaitu kebersamaan dengan orang-orang yang dicintai.

Wednesday, June 1, 2016

Meniru Semangat Menulis Ina Tanaya



   Saya merasa kagum setiap selesai menulis profil teman blogger dari arisan link. Baik itu arisan link Blogger Perempuan (BP) maupun dari Dilo Bogor. Ternyata, dibalik status sebagai seorang blogger itu ada sosok hebat yang bisa menginspirasi kita. Dunia blogger memang tidak jauh dari kegiatan menulis. Tidak heran banyak teman blogger yang saya kenal sudah berpofesi sebagai penulis sebelumnya. Tapi jangan salah. Dunia menulis juga menarik minat berbagai profesi lainnya. Mulai dari ibu rumah tangga biasa seperti saya, perempuan pekerja kantoran, bahkan dari latar belakang medis pun bisa tertarik untuk menjadi blogger. 

    Teman blogger kita kali ini adalah Ibu Ina Tanaya. Saya bertemu dengan beliau saat mengikuti pelatihan di Dilo Bogor. Lewat kegiatan tersebut, para peserta berkumpul kembali di sebuah grup Whatsapp yang dipelopori oleh Bu Ina untuk membuat arisan link. Seperti arisan link di BP, ikut arisan ini bisa meningkatkan skor DA (domain autrhority) di blog kita dari backlink peserta yang lain, plus ikatan tali silaturahim pun terjalin. Sambil menyelam minum jus ya, hehe. Asyik bukan?

Tuesday, May 31, 2016

Gagal Masuk TV



Siapa yang nggak mau masuk tv? Pasti semua kepengen dong. Numpang nampang sejenak di layar televisi dan wajahnya disaksikan jutaan orang di seluruh nusantara. Apa yang akan kamu lakukan ketika mendapat tawaran untuk masuk tv? Langsung mengiyakan pastinya bukan? Jika tidak fast respon menanggapi ajakan tersebut, kesannya kita menolak atau enggan diajak masuk tv. Betul tidak?

Tuesday, May 24, 2016

8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Menjadi Ibu Bekerja dari Lid Bahawares



Lid Bahawares adalah teman blogger yang akan saya kenalkan kali ini. Memiliki nama lengkap Rachmawati Alida Bahaweres, perempuan aktif yang satu ini kerap disapa dengan panggilan ‘Alida’ atau ‘Lid’. Sedangkan keluarga memanggil beliau dengan nama ‘Chici’. Saya mau numpang akrab langsung menyapa dengan Lid boleh ya? 

  Lid adalah blogger yang kesehariannya berprofesi sebagai jurnalis. Wow, keren! Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS) jurusan Jurnalistik ini pernah bekerja selama delapan tahun di Gatra dan kini menjadi jurnalis di Kompas TV. Selain itu, Lis juga aktif sebagai anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI). 

Wednesday, May 18, 2016

Shine Bright Like Shine Fikri



Jumpa lagi dengan teman blogger! Kali ini kita akan berkenalan dengan Shine Fikri. Memiliki nama asli Nur’aeni, ibu beranak dua yang masih balita ini tinggal di Bekasi. Saya baru mengenal nama Shine Fikri ketika kami berdua sama-sama mengikuti arisan link di komunitas Blogger Perempuan. Nah, beneran bertatap muka saat acara pelatihan blog dari komunitas yang sama di Dilo Bogor. Terus, gabung lagi deh sama-sama ikut arisan link yang diadakan oleh peserta pelatihan. Jadi, kami sama-sama ikutan dua arisan link. Dua arisan? Bayarnya gimana??? Lumayan lah buat saya, hehe.



  Saat mengikuti pelatihan, beberapa peserta membawa anaknya ke dalam kelas. Termasuk saya yang membawa Kk Rasyad (8 tahun) dan Dd Irsyad (5,5 tahun). Shine juga bawa anak, lho. Kedua anaknya mana masih berusia batita pula! Ada Fathan Al-Farisi (3 tahun) dan Nusaiba Haritsah El-Najmi (1 tahun). Kalau 2 boyz mah udah gedean ya. Sudah bisa diatur untuk duduk di kursi paling belakang dan anteng main game di netbook. Lha, kalau masih imut-imut seperti anak-anak Shine gimana?

Friday, May 13, 2016

How To Be A Writerpreneur from Anita D'Caritas



Halo semua! Jumpa lagi untuk berkenalan dengan teman blogger di blog Inna Riana. Teman blogger sebelumnya adalah dokter cantik Amanda. Nah, sekarang kebetulan teman blogger yang akan saya ceritakan di sini juga seorang tenaga medis, yaitu bidan yang bernama Anita Tampubolon. Siapakah dia? Yuk, kenalan lebih jauh dengan beliau.

  Memiliki nama lengkap Anita Carolina Tampubolon, perempuan asal Pekanbaru Riau ini adalah pemilik blog www.anitadcaritas.com. Beliau memakai nama pena Anita D’Caritas di blog dan berbagai akun sosial medianya. Caritas berarti kasih. Tagline Anita adalah “Berbagi Kasih dalam deretan kata dan kreativitas”

Wednesday, May 4, 2016

Belajar Tips Cantik dari Amanda Anandita



Halo! Teman blogger kali ini adalah seorang beauty blogger. Jika tempo hari kita berkenalan dengan teman-teman blogger dari kalangan penulis handal, sekarang bertambah lagi pengetahuan saya tentang blogger yang khusus membahas tentang kecantikan. Siapakah dia? Jreng jreng... perkenalkan, Amanda Anandita Rizal. 

  Saya bertemu dengan Amanda saat menghadiri kelas Blogger Perempuan di Dilo Bogor. Keadaan yang ramai plus saya yang 'sibuk sendiri' karena membawa 2 boyz, membuat saya tidak sempat mengobrol banyak dengan Amanda. Maklum, emak riweuh tea ^_^

Sunday, May 1, 2016

Oilum Collagen Brightening Series Untuk Perawatan Kulit Kering dan Kusam

Oilum Collagen Brightening Series



    Sebagai wanita, siapa sih yang tidak ingi punya kulit cantik dan sehat? Buat saya yang sebentar lagi meninggalkan usia tiga puluh tahun, urusan kulit memang sudah harus mendapat perhatian ekstra. Namun sayang, saya bukan tipe yang rajin menjalani perawatan kulit. Datang ke klinik kecantikan saja belum pernah. Tapi belum ada kata terlambat. Saya masih bisa melakukan perawatan kulit. Meskipun tidak perlu datang ke klinik kecantikan, perawatan kulit bisa dilakukan di rumah saja. Lumayan, jadi hemat kan #eh

   Agar tetap sehat, kulit harus tetap dirawat. Kulit yang sehat adalah kulit yang masih kenyal dan elastis. Kulit yang mulai berkurang kadar elastisitasnya adalah pertanda zat kolagen berkurang. Kolagen  adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia sebagai truktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen dalam tubuh mulai menipis. Akibatnya, kulit menjadi kendur, kulit kering, dan keriput.

Thursday, April 28, 2016

When The Word Becomes Stories From Ida Tahmidah

when the word becomes stories

  When The Word Becomes Stories adalah tagline pada blog milik Ida  Tahmidah, teman blogger yang akan saya kenalkan kali ini. Mempunyai blog dengan alamat www.idatahmidah.com, ada beragam postingan sesuai dengan tema masing-masing: parenting, motivasi, Islam, kuliner, review, tehnologi, woman, dan lainnya. Main ke blog ini bikin betah karena tulisannya yang enak dibaca.

Wednesday, April 27, 2016

Bag Organizer Baru



Ceritanya saya baru membeli bag organizer baru. Apa itu bag organizer? Bag organizer adalah semacam tas kecil dengan banyak sekat dan kantung untuk menaruh berbagai macam barang. Dengan bag organizer, kita tidak perlu lagi mengaduk-aduk tas saat mencari sesuatu. Plus, bentuknya yang tidak terlalu besar memudahkan bag organizer untuk dipindahkan dari tas yang satu ke tas yang lainnya. Cocok buat yang hobi gonta-ganti tas seperti saya.

Monday, April 18, 2016

Fashion Blogger dan Entrepreneur Muda: Ifa Musyrifah



Jaman sekarang, anak muda sudah pandai berbisnis. Apalagi di era internet saat ini, bisnis online kian marak. Waktu jaman kuliah saya dulu, teman-teman yang berjualan membawa langsung barang dagangannya berkeliling kampus. Kalau sekarang sih, nggak usah capek. Cukup dengan modal smartphone, siapa saja bisa berjualan secara online. Pembeli juga lebih mudah mencari produk yang mereka butuhkan. Tinggal lihat foto-foto koleksi produk yang tersedia, chat dengan pembeli, transaksi, bayar, barang dikirim. Selesai. Gampang kan?



   Ngomong-ngomong tentang bisnis, sosok teman blogger yang akan saya perkenalkan kali ini adalah seorang blogger sekaligus entrepreneur muda. Namanya Ifa musyrifah. Ifa baru lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana dari IPB Bogor. Nah, satu kota dengan saya rupanya.

Thursday, April 14, 2016

6 Cara Mudah Mengusir Tikus di Toko

www.innariana.com


"Bu, dus obatnya digigit tikus," lapor Mbak Titin, karyawan toko saya pada suatu hari. Duh, sebel banget sama hewan pengerat yang satu ini. Ternyata, pindah ke bangunan baru belum menjamin bakal bebas dari tikus. Dua lokasi toko sebelumnya masih sering didatangi tikus. Biasanya tikus datang pada malam hari, saat toko sudah tutup. Saat buka toko keesokan harinya, kelihatan deh beberapa barang berantakan dan 'oleh-oleh' berupa kotoran tikus, hiii!

Monday, April 11, 2016

Tips Agar Tetap Semangat Menulis dari Ira Guslina



Halo! Teman blogger hadir kembali. Profil kali ini adalah seorang blogger yang kebetulan menjadi PIC dari Arisan link kelompok 1 Blogger Perempuan Network. Dia adalah Ira Guslina. Langsung saja saya ubek-ubek blognya untuk berkenalan lebih jauh. Yuk, kita kenalan bareng.

  Ira Guslina adalah pemilik blog www.duniabiza.com. Blog ini merupakan reinkarnasi dari blog sebelumnya, www.mantramagi.blogspot.com. Mengambil nama dari kedua buah hatinya (Bintang dan aZIzah), isi blog yang belum genap berusia 5 bulan ini sudah penuh dengan banyak postingan bermanfaat. Berbagai hal bisa dibaca di blog Dunia Biza. Ada parenting, lifestyle, financial, writing, dan inspirasi. Keren ya!

Sunday, April 10, 2016

Teman Blogger. Ajang Silaturahim Lewat Arisan Link

Halo semua!

Ada pengumuman singkat, nih. Mulai sekarang blog ini akan ramai kedatangan teman-teman blogger dari Blogger Perempuan Network. Profil pada blogger ini akan tampil seminggu sekali. Sebelumnya, saya menayangkan profil teman blogger di blog Emak Riweuh. Namun karena blog tersebut sudah 'terlalu penuh', maka tempat silaturahim saya pindahkan ke blog ini. 

Friday, April 1, 2016

Delapan Hari Terakhir


Perlahan aku membuka mata. Pusing sekali. Rasa ngilu berdenyut di belakang kepala yang tertutup perban. Di mana aku? Oh, di rumah sakit. Sekuat tenaga kutahan agar tidak pingsan lagi. Entah sudah berapa kali aku pingsan. Setiap membuka mata dan rasa pusing tidak tertahankan, pandanganku menjadi gelap.

Kulirik ke samping tempat tidur. Menoleh sedikit saja membuatku semakin pusing. Dia ada di sana. Bapa, suamiku tercinta. Melihat aku sudah sadar, Bapa langsung menarik tempat duduknya ke samping tempat tidur. Digenggamnya tanganku dengan erat. Tangan yang satu lagi mengusap rambutku. Aku lupa apa saja yang Bapa katakan karena aku sedang berjuang untuk tetap sadar. Lebih baik kupejamkan mata saja. Daripada memandang langit-langit kamar dan segala perabotannya yang berputar.

Thursday, March 17, 2016

Bidadari dari Bulan


Bidadari dari bulan adalah arti dari nama saya, Riana Wulandari. Alkisah, ketika Mami sedang mengandung saya, beliau bermimpi pergi ke bulan dan bertemu seorang bidadari cantik. Jadilah nama itu. Riana berarti bidadari. Wulan berarti bulan. Panggilannya? Boleh Riana atau Inna. Kenapa Inna, kok bukan Anna? Karena Anna sudah dipakai duluan oleh sepupu saya. Jadi, Inna sebagai nama panggilan rasanya masih nyambung dengan Riana.

"Wah, bakal jadi orang hebat kamu!"

"Kamu bakal sukses!"

"Kamu pasti nanti jadi kaya!"

Tuesday, March 15, 2016

Pengalaman Pertama Berbelanja di Asemka



Sebenernya, sudah lama saya penasaran pengen ke Asemka. Kayaknya seru ngeborong aneka barang dengan harga murah. Tapi, kapan bisa pergi ke sana, ya? Kalau pergi bareng dengan Bapa dan boyz kayaknya malah bikin riweuh deh. Nggak enak bawa anak-anak buat blusukan. Mau pergi sendiri kok takut. Ya iya lah takut. Kalau nyasar gimana? 

  Sampai akhirnya tetangga saya, Mama Ari, ngajak pergi ke Asemka. Asyik! Rencana tinggal rencana. Kami berdua yang 'sok sibuk' membuat acara belanja bareng ini tertunda sekian lama. Sampai akhirnya... jreng jreng! Jadi juga kami pergi ke Asemka kemarin!

Monday, February 29, 2016

Belajar Menulis Novel Bersama Smart Writer


Sejak kecil, boleh dibilang saya ini tukang ngelamun. Saat sedang sendiri, khayalan saya berkelana ke mana saja. Ketika di perjalanan, saya yang susah tidur di kendaraan ini lebih suka melihat pemandangan sambil melamun. Paling sering, saya melamun tentang kehidupan. Mempertanyakan, untuk apa dan mengapa Tuhan menciptakan saya di dunia ini. Waduh, kecil-kecil sudah berpikir seserius itu. Tapi, kenyataannya memang demikian.

   Sesekali, saya mengarang cerita. Cerita apa saja. Misalnya, ketika sedang melintas di hutan karet di daerah Purwakarta. Saya membuat cerita tentang seorang putri yang melarikan diri dari kejaran penjahat. Bayangan sang putri yang sedang berlari ketika mata menatap pohon karet yang berkelebat dari jendela mobil menciptakan suasana dramatis. Seru bukan?

Thursday, February 18, 2016

Karena Ibu Dilarang Sakit, Begini Caranya Agar Tetap Sehat



Saya pernah membuat postingan berjudul Ibu dilarang sakit. Waktu itu pula saya pernah memberikan beberapa tips supaya mengurus rumah tangga jadi tetap lancar walaupun sedang sakit. Jadi, semua pekerjaan rumah tangga tidak terbengkalai saat kondisi badan sedang kurang fit. 

  Tetapi, sekarang ada hal lain yang tak kalah penting lho. Hal penting itu adalah cara supaya tetap sehat dan bersemangat setiap hari. Jangan tunggu sampai sakit dulu, baru menyesal kemudian. Menyesal karena tidak menjaga kesehatan dengan baik. Jadi, ketika tubuh dalam kondisi sehat, kita tetap harus menjaga kondisi badan supaya tidak mudah sakit. Karena ibu dilarang sakit, begini caranya agar tetap sehat. Apa saja caranya?

Tuesday, February 16, 2016

Isi Tas Ibu Inna




Apa saja isi tas Ibu Inna? Sebenarnya, isi tas saya disesuaikan dengan jenis kendaraan yang akan digunakan hari itu. Lho? Iya dong. Kalau bawa bawaan berat sementara aktivitasnya lebih banyak berjalan kaki naik turun angkot, bisa capek   juga kan. Kesimpulannya, beda aktivitas beda gembolan eh beda isi tas. 

   Mau tahu apa saja yang saya bawa sesuai aktivitas? Ini diaa... 

Friday, February 5, 2016

Pemenang Giveaway di Instagram innariana

giveaway innariana


Halo hai! Mohon maaf sebelumnya, saya terlambat mengumumkan pemenang giveaway karena sesuatu hal. Giveway dalam rangka merayakan postingan ke 1000 di akun Instagram innariana diadakan mulai tanggal 19 Januari sampai 2 Februari 2016. 


  Terima kasih kepada 83 peserta yang turut meramaikan giveaway perdana saya. Oia, giveway ini sekaligus sebagai ajang latihan sebelum saya mengadakan giveaway di blog Emak Riweuh.
Back to Top