Friday, December 30, 2016

Menikmati Candu Raun di Blog Monda Siregar



Candu raun adalah tagline blog milik Mbak Monda Siregar. Nama itu disematkan karena Mbak Monda mengisi blognya sesuai dengan kecintaannya terhadap Indonesia. Boleh dibilang blognya berniche lifestyle yang fokus pada Indonesia, tempat wisatanya, sejarahnya, wisata kulinernya, musiknya, wastra atau kebudayaan. Selain itu ada juga tentang tanaman dan kesehatan.

Monda Siregar

  Ibu dua gadis remaja ini berprofesi sebagai dokter gigi PNS di Jakarta. Beliau mulai ngeblog sejak tahun 2009 di blogspot lalu pindah ke wordpress. Mendapat blog ber TLD dari Pakde Abdul Cholik pada tahun 2012 dan meneruskannya sampai sekarang. Ngeblog menurut Mbak Monda adalah:
"Ngeblog buatku jadi ajang cari teman yang sehobi, insya Allah masih terus berhubungan dengan teman-teman lama yang masih aktif maupun dalam masa tunggu. Jadinya nggak terlalu ngoyo ngejar DA, PA, PV, dan lain-lain. Nggak sanggup harus blogwalking dan posting terus. Tapi senang juga melihat perkembangan blog yang terus berubah dari waktu ke waktu. Senang belajar soal perkembangan blog masa kini. Selain itu dengan aktif ngeblog supaya nggak cepat pikun, dan mudah-mudahan bisa jadi kegiatan utama saat pensiun nanti."
   Kita intip blog Mbak Monda, yuk! Blognya ada dua. Keduanya berpenampilan simple dan sejuk dipandang mata, yaitu:




Blog ber TLD inilah yang mempunyai tagline 'candu raun'. Jalan-jalan ke blog ini bikin kita jadi banyak tahu tentang Indonesia tercinta ini. Jadi pengen jalan-jalan beneran ke tempat-tempat yang diceritakan oleh Mbak Monda.

Kategori di blog ini, yaitu: Blogging, Budaya (Musik. Wastra), Cagar Budaya, Gaya Hidup, Jelajah Kuliner, Kesehatan, Kuis / Kontes, Penulis Tamu, Potret, Review, Travel, dan Uncategorized.

2. Blog www.mondasiregar.wordpress.com


Kategori di blog ini ada banyak, yaitu: Anekdot, Angkutan umum, Blog, Budaya, Buku, Dapur, English Friday, Fitur, Flora, Foto, Hiburan, Ibu kota, Keluarga, Kesehatan, Kodar, Kuliner, Liburan, Lingkungan hidup, Museum, Musik, Olahraga, Peserta lomba, Reblogged, Sejarah, Tausiyah, Uncategorized, dan Wisata. 

  Wah, bikin betah deh baca postingan di blog Mbak Monda. Saya tertarik pada postingan terbaru di blog ini, yaitu tentang wisata kuliner di pinggiran kota Karawang yang berjudul "Wisata Kuliner Plus Sejarah di Karawang – Pepes Jambal Walahar". Ternyata, ada nama saya numpang nampang di situ... horee! 

  Banyak tempat yang sudah Mbak Monda kunjungi dan diceritakan secara detail di blognya. Saya melongo saat membaca postingan Mbak Monda yang berjudul "Selisik Candi Jiwa dan Blandongan di Karawang". Dulu memang saya tahu ada candi di Karawang. Tapi orang tua saya belum pernah mengajak saya ke tempat itu. Mungkin dulu belum terawat dan letaknya sulit dijangkau. Sebagai cicit yang punya kakek buyut orang Rengas Dengklok, saya jadi penasaran. Mudah-mudahan suatu saat nanti saya bisa ke sana dan menunjukkan pada anak-anak, ini lho tempat kakek buyut kita pernah tinggal.

Candi Blandongan di Karawang
   Terbiasa hidup berpindah tempat tinggal karena mengikuti tugas orangtua waktu masih kecil dulu, Mbak Monda menjadi pribadi yang mudah akrab dengan teman-teman barunya. Beliau pernah tinggal di beberapa propinsi di 4 pulau besar Indonesia. 

   Setelah membaca postingan Mbak Monda tentang pengalaman waktu kecilnya itu, saya teringat pada si sulung Aa Dilshad. Dulu, saya dan keluarga sempat merantau berpindah rumah di beberapa propinsi. Dan Aa selalu lebih dulu bisa berbahasa daerah plus logat setempat dengan mudah. Anak-anak memang lebih gampang beradaptasi ya.

   Pokoknya, baca blog Mbak Monda itu seru! Selain menulis di blog, beliau juga sudah menerbitkan tiga buku antologi bersama komunitas Warung Blogger. Buku-buku Mbak Monda yaitu: 
  1. The Blog of Leadership, 2013. Kumpulan artikel blog sebagai kejutan untuk ulang tahun sang pemilik Blogcamp. 
  2. Blogger Walking. Kumpulan artikel wisata dari warga komunitas Warung Blogger. 
  3. 24 Resep Kue Dari Dapur Blogger Kece. Postingan resep dari ajang giveaway yang dibukukan oleh admin Blogcamp. 
Buku antologi
   Seru bukan teman blogger kita kali ini? Mau kenal lebih dekat dengan Mbak Monda? Langsung saja kepoin dua blognya atau hubungi langsung di alamat sosial media berikut ini: 

Facebook : Monda Siregar
Twitter : @monda6
Instagram : @monda6
Blog : http://mondasiregar.com dan http://mondasiregar.wordpress.com

16 comments :

  1. terima kasih banyak ya mbak Inna..

    aku tuh belum bisa maintain dua blog hadeeh...
    itu blog gratisan agak terbengkalai dan acak2an, masih banyak yang harus dibenerin deh,

    jadi malu sama mbak Inna yang jago ngurus banyak blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba monda :)
      aih aku yg malu karna dipuji, alhamdulillah :*

      Delete
  2. Pengen kenalan sama Mbak Monda jadinya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada rejeki bisa ke Malang
      insha Allah dihbungi ya mbak

      Delete
  3. Salam kenal untuk Mbak Monda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh aku sudah pernah ke blogmu, he..he..
      udah lama nggak bw ke sana , maaf ya

      Delete
  4. Jadi pengen keetemu mba Monda karena selama ini lebih kenal dari dunia Maya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuk kapan2 kopdar, kita deketan lho lokasinya

      Delete
  5. Raun itu sudah semacam bahasa di mana-mana ya, Mbak. Di Kalsel juga pakai raun yang artinya jalan-jalan. Konon katanya dari kata around yang artinya keliling dalam bahasa Inggris ya. Hihihi...

    ReplyDelete
  6. salamkenal ya mba monda...kereen blognyaa

    ReplyDelete
  7. Iya.. mampir ke blog mba monda memang bikin tahu banyak hal. Cara penceritaan mba monda untuk suatu objek wisata detail dan padat info. Jadi bikin Candu Raun banget.. :-)

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen belajar sama Mbak Monda, bagaimana cara menceritakan objek wisata yang bermanfaat bagi pembacanya...

    ReplyDelete
  9. baru dengar istilah candu raun apa aku yang kudet ya hihi

    ReplyDelete
  10. Aku juga baru dengar istilah candu raun, unik ya dan kesannya gimana gitu

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top