Saturday, June 11, 2016

Home Sweet Home



Home sweet home memiliki kedekatan arti dengan baitii jannatii. Dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai 'rumahku istanaku' atau 'rumahku surgaku'. Artinya, tidak ada tempat yang paling nyaman selain di rumah. Seperti layaknya istana atau surga, rumah adalah tempat yang menyenangkan. 

Setelah menikah dan membentuk keluarga sendiri, aku baru mengerti makna kalimat "home sweet home". Selain lingkungan yang nyaman, ada yang membuat kita selalu ingin berada di rumah yaitu kebersamaan dengan orang-orang yang dicintai.

Home sweet home tidak berarti harus punya rumah yang bagus dan megah. Sepuluh tahun pertama pernikahan, saya dan suami merantau dan tinggal di rumah kontrakan yang sederhana. Bersama buah hati yang satu per satu hadir, suasana bahagia pun semakin menyelimuti rumah mungil kami. 

Ketika kami berhenti merantau dan menetap di Bogor, kami tinggal di rumah milik sendiri. Berbeda dengan rumah kontrakan, kali ini kami bisa merenovasi rumah sesuka hati. Sedikit demi sedikit rumah mungil ini diperbaiki untuk mempercantik dan menambah betah pemiliknya.

Sudut favorit di rumah menurut saya adalah di kamar tidur utama. Rumah kami tidak memiliki sofa dan meja tamu. Setiap malam pada hari kerja, kami tidak menyalakan televisi dan memegang gadget. Jadi, kami sering mengobrol di atas tempat tidur ini sambil bercengkrama. 

Kk Rasyad di atas tempat tidur bersama Cilu

Sudut favorit lainnya adalah meja makan. Meja makan terletak di dapur, tepatnya di bagian rumah paling belakang dan di sebelah kompor. Sebenarnya, ada banyak sudut favorit di rumah ini. Namun saya akan menceritakan sudut favorit ini karena sesuatu hal. 

Tidak ada yang istimewa dengan meja makan ini selain lukisan yang ada di atasnya. Ada dua lukisan. Satu lukisan pemandangan buatan ayah saya. Satu lagi lukisan dari Bali yang dibeli ketika saya masih kecil. Memandangi kedua lukisan ini saat makan bisa menghilangkan rasa kangen saya kepada ayah dan mengingat kembali kenangan masa kecil yang tak terlupakan. 

Sudut meja makan dengan dua lukisan di atasnya

Bagi saya, rumah menjadi tempat untuk pulang. Rumah adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang kita cintai. Home is where the heart is, a home is where people you love are. Home sweet home. 

35 comments:

  1. waa masing2 lukisan punya cerita ya mbak....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. mau cerita ttg makna lukisannya, nanti kepanjangan :D

      Delete
  2. Itu si Cilu ikutan bobo di kasur ya...gak mau ketinggalan bercengkrama dengan keluarga hi..hi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul,teh... cilu mah gitu kucingnya :D

      Delete
  3. Kalau makan dimana Teh? Maksudnya itu kursinya hanya ada dua? Enggak makan barengkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, belum sempet diceritain. karena rumahnya mungil, meja makan terpaksa ditaro di pojok. makan di meja makan jadinya cuma bisa berdua aja. kalo mau makan bareng rame2 justru sambil lesehan di ruang tamu (merangkap ruang keluarga).

      Delete
  4. emang enak ya umpel2an dengan anak di kasur..
    di rumah masih gitu juga dengan gadis2ku
    goodluck GAnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya. mudah2an ma boyz juga masih mau umpel2an kalo udah bujang nanti :D
      makasih mba :)

      Delete
  5. Ayahnya Mbak Inna pelukis atau sennag melukis? hehe #kepoh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. beliau suka melukis. sayang, bakatnya ga nular ke anak2nya

      Delete
  6. wah..sudut meja makan yang unik cantik..clasic...

    ReplyDelete
  7. jd kangen rumah mak inaa :(

    ReplyDelete
  8. Masing2 punya tempat favorite.. hee

    ReplyDelete
  9. Wah kucingnya ikutan bobok di atas kasur ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...bahkan udah tidur duluan disitu sebelum majikannya :p

      Delete
  10. Meja makannya klasik banget mbak, jadi inget rumah si mbah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. meja makan aslinya pake kaca n ga ada kursinya. dipasangin ama kursi kayu dari meja makan jadul punya ortu :D

      Delete
  11. Sukses untuk GAnya mba inna... tempat tidur dan meja makan emang selalu jadi favorit untuk kumpul2 bareng ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting ngumpul bareng :)
      makasih, mba eska. alhamdulillah saya ga menang, hehe

      Delete
  12. Sudut favorit kamar utama, jadi ingat pesan ibu saya, yg selalu wanti2 kamar dibuat senyaman mungkin, biar dimanapun suami berada selalu kangen rumah >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena nyaman bikin penghuninya makin betah :)

      Delete
  13. Aku juga punya lukisan Mbak, terfavorit banget karena buatanku sendiri meski ya nggak sebagus milik Renoir *iyalah*, tapi lebih suka canvas art sih, jadinya gak cuma gambar tp juga bisa kukasih kutipan keren, hihi...

    Boleh dong Mbak mampir dan komentar disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat syifa bisa melukis sendiri.
      oke, saya sudah mampir

      Delete
  14. Paling menyenangkan adalah selalu bisa kumpul di rumah ya mba

    ReplyDelete
  15. wah 2 lukisannya berkesan bgt ya..

    ReplyDelete
  16. Runah tempat paling nyaman untuk kita

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^