Tuesday, November 22, 2016

Mengatur Postingan Blog dengan Blogpost Agenda


Sudah hampir satu tahun saya menggunakan blogpost agenda untuk mengatur postingan blog. Kenapa harus pakai agenda? Karena saya orangnya pelupa dan harus bolak-balik diingatkan supaya tidak ada yang terlewat. Blogpost agenda juga membantu saya untuk mengatur jadwal postingan di tiga blog yang saya kelola. Dengan demikian, jadwal posting tidak akan pakepuk alias tabrakan satu sama lain.

   Saya memakai blogpost agenda sejak punya niat serius untuk memelihara tiga blog. Cuma tiga kok, nggak banyak. Bukan sombong, saya ini termasuk orang yang suka punya banyak ide. Jadi tiga blog cocok banget untuk menuangkan tulisan sesuai dengan nichenya masing-masing. Oia, ada blog keempat yang nanti baru bisa diupdate jika saya sudah mulai ngecraft. Mudah-mudahan lancar, ya.
   Sampai saat ini, saya belum pernah ngalamin yang namanya mati gaya karena bingung mau posting apa. Yang ada adalah saya bingung kapan bisa posting saking penuhnya kepala ini dengan segala macam yang mau ditulis tapi nggak tahu kapan sempat nulisnya, hehe.

   Blogpost agenda membantu saya untuk lebih konsekwen menepati jadwal posting blog. Saya mengunduh agenda blogpost dengan jadwal mingguan. Berikut apa saja yang saya tulis di blogpost weekly agenda:
  1. Rencana tema postingan untuk setiap blog.
  2. Pengingat deadline untuk lomba, giveaway, atau job review.
  3. Rencana tema untuk postingan minggu depan.
  4. Ide tulisan yang kebetulan lewat (ditulis biar nggak lupa).
  5. Setelah posting, tulis judul postingan pada kolom tanggal tayangnya (jadi tahu kapan terakhir kali posting untuk setiap blog).
  6. Buat chek list apakah postingan baru tersebut sudah dishare di media sosial atau belum.
  7. Pakai pulpen berwarna-warni biar kelihatan ceria dan centil (itu mah saya, hehe).
  Sebelumnya, saya memakai blogpost agenda yang diunduh dari website Blogger Perempuan Network (www.bloggerperempuan.com) seperti pada gambar berikut:

Weekly blog planner dari website Blogger Perempuan
   Saya hanya megunduh dan mencetaknya satu lembar. Sisanya saya fotokopi, biar hemat. Tapi, saya merasa pembagian kolomnya terlalu kecil dan kurang pas untuk selera saya yang maunya nulis segala macam di agenda. Akhirnya, saya search lagi dan menemukan agenda yang mendekati selera saya di website www.LivingLocurto.com dengan design yang dibuat pada tahun 2010. 

Halaman blogpost agenda yang saya unduh

   Sebenarnya, design agenda ini belum pas dengan selera saya. Pengen cari yang ada checklist share sosial media. Karena tidak ada, jadi cheklist saya tulis sendiri disamping tulisan judul postingan blog yang sudah terbit. Saya malas browsing lebih lama lagi untuk mencari agenda yang pas. Terima apa adanya aja deh. Tahun depan mau cari yang lebih bagus lagi, itu niat saya.


  Berikut adalah sara saya membuat jadwal untuk posting di tiga blog dengan agenda:
  1. Setiap blog rutin posting seminggu sekali. Jadi saya usahakan seminggu ada tiga postingan yang diterbitkan. 
  2. Blog mana saja yang duluan posting tergantung ide yang duluan muncul atau ada sponsored post yang harus segera tayang.
  3. Mengumpulkan foto sudah saya lakukan beberapa hari sebelum posting. Misalnya saat jalan-jalan pas wiken, nanti bahannya bisa dijadikan postingan blog. Untuk blog khusus masak, saya punya banyak stok foto resep masakan step by step yang siap diedit dan diposting kapan saja. 
   Kadang, sebagai manusia biasa saya juga bisa letih dan jenuh. Pernah saya nggak nulis selama satu minggu karena sedang galau. Gimana rasanya nggak posting blog? Saya malah tambah galau! Ngeblog sudah menjadi kebiasaan. Jika lagi nggak mood, saya masih tetap posting walau di satu blog. Entahlah… mungkin karena sudah jadi kebiasaan. Kalau nggak ngeblog, hidup rasanya hampa *halah lebay*

My blogpost agenda untuk tahun 2016
   Buat saya, nulis blog itu penting. Terutama untuk menjaga pikiran saya supaya tetap waras. Maklum, cobaan di dunia ini cukup berat jika tidak dihadapi dengan kepala dingin. Dengan ngeblog, saya bisa menerima segala macam drama dengan pikiran yang tenang. Drama? Iya, kan saya punya peran khusus selama merawat orang tua. Jika tidak punya pikiran normal, dijamin bakal terseret arus dan terbawa lautan emosi *nahloh mulai ngelantur*

   Tertarik untuk punya blogpost agenda? Berikut langkah-langkah membuat sendiri blogpost agenda mingguan (weekly): 
  1. Bisa search di Google dengan kata kunci blogpost planner, blogpost agenda,blog organizer, dsb. Cari di Pinterest apalagi, ada banyak!
  2. Cari agenda yang bisa diunduh secara gratis. Mau pakai yang berbayar boleh saja. Kalau saya mah suka yang gratisan, hehe. 
  3. Pilih agenda sesuai selera. Mau yang bulanan, mingguan, atau harian.
  4. Donlot satu halaman agenda, satu saja. Kalau saya donlot beberapa yang erwarna untuk variasi. 
  5. Fotokopi sesuai jumlah minggu dalam setahun. Jilid rapi. Jadi deh, blogpost agenda buatan sendiri yang harganya lebih murah daripada beli di toko (dan saya masih belum tahu beli blogpost agenda di mana).
   Kertas yang sudah difotokopi lalu dijilid dengan sampul berwarna ungu dan cover plastik. Tidak ketinggalan, saya tempelkan kartu nama sebagai pemanis. Hasilnya jadi seperti ini:

Blogpost agenda setelah dijilid
  Eh, ada tulisan apa itu? Ada tulisan dari Teh Ani sebagai penyemangat. Saya menodong beliau untuk menulisnya saat menghadiri pelatihan bareng Asinan Blogger dengan Teh Ani sebagai mentornya. Maunya sih, halaman depan dipenuhi quote dari para master blogger. Apa daya saya jarang keluyuran di acara blogger dan bertemu para beliau ini. Selengkapnya tentang pelatihan tersebut bisa dibaca di postingan ini: Tips Mengelola Banyak Blog dari Teh Ani.

Fight never ending! Yes!

  Sebentar lagi tahun 2016 akan berakhir. Artinya saya akan membuat agenda baru. Nanti akan saya share lagi beberapa agenda hasil browsing yang bisa diunduh gratis. Yuk, siap-siap bikin blogpost agenda supaya makin konsisten ngeblog ^_^


8 comments :

  1. Ya ampun mba, rapih & teratur banget siih.. beda sama aku yg sekenanya -_-" harus belajar lbh teratur kayak Mba Ina niiih

    ReplyDelete
  2. Mba Inna, sehari berapa jam mba? hehehe. Kayanya lebih dari 24 jam ya

    ReplyDelete
  3. Wah perlu dicoba ini sih!... Biar makin teratur blog saya!...

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada blogpost agenda. Mau aah download, selama ini tulis manual di binder. Hehehhee

    ReplyDelete
  5. Aku belum sempet dunlut dan ngeprint agendanya, masih takut kdng suka gak konsisten ma apa yg diagendakan huhuhuhu
    Moga 2017 bisa lbh baik lg agenda ngblognya aaamiin

    ReplyDelete
  6. Selama ini kalau ada ide langsung kutulis di note hp, atau di buku catatan. Mungkin bisa dicoba blogpost agenda ini, thanks for share Mak :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih infonya mbak, kalau kek ginikan bisa lebih semangat ngeblognya! keren..,

    ReplyDelete
  8. Kayaknya saya emang udh harus punya ini juga deh, biar semakin semangat dan konsisten dlm ngeblog. Download juga aahh utk 2017 besok. Thanks ya Mbak :)

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top