Monday, September 26, 2016

Serunya Traveling ala Backpacker di Blog Enry Mazni


Halo hai! Edisi teman blogger kali ini lain daripada yang lain. Kenapa coba? Postingan kali ini kita akan berkenalan dengan seorang blogger laki-laki. Biasanya, saya mengenalkan blogger perempuan di blog ini. Kok bisa? Ya bisa lah! Profil teman blogger yang merupakan peserta arisan link boleh siapa saja bukan? Etapi maaf sebelumnya, gambar judul teuteup harus pakai yang ini, yaitu gambar perempuan sedang pegang bunga. Nggak apa-apa yaa *iyaa*

   Dua postingan sebelumnya membahas tentang blogger dengan niche traveling. Kali ini masih dengan niche yang sama. Ada travel blogger Nining Wahyoe yang memanfaatkan weekend untuk jalan-jalan berdua suami dan kadang bersama anak-anak. Lalu Myra Anastasia spesialis traveling bersama keluarga. Kali ini saya mau mengenalkan seorang blogger yang hobi traveling ala backpacker. Jadi penasaran pengen kenalan kan...

  Siapakah dia? Jreng jreng... kenalin, Enry Mazni. Pria berusia 33 tahun yang lahir dan dibesarkan di Tanjung Batu Kepulauan Riau.  Beliau melanjutkan SMA di Bukittinggi, lalu kuliah D3 di Padang jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Pernah bekerja di beberapa rumah sakit swasta saat di Batam dan di Pekanbaru. Kini Enry bekerja sebagai rekam medis informasi kesehatan di puskesmas, dan sedang melanjutkan pendidikan D4 Manajemen Informasi Kesehatan di Universitas Esa Unggul Jakarta. Waktu luang dan hari libur dimanfaatkan Enry untuk menjalani hobinya. Apa itu? Traveling! Apalagi saat sedang cuti bekerja karena tugas belajar seperti sekarang, Enry jadi lebih fleksibel mengatur waktu untuk traveling.


Enry Mazni versi kartun
  

  Hobi jalan-jalan Enry muncul saat pertama kali ke Singapore pada tahun 2012. Menemukan teman-teman dengan hobi yang sama, Enry bergabung di komunitas backpacker Pekanbaru. Cerita traveling Enry dikupas tuntas di blognya. Kita mampir ke blog milik Enry, yuk! Blognya keren, lho! Coba saja klik www.enrymazni.com. Tampilannya simple dan enak dilihat. Label postingan juga tertata rapi (nggak kayak blog saya, hiks), jadi mau cari postingan dengan tema tertentu lebih mudah. 


Blog Enry Mazni



  Kapan mulai ngeblog? Berikut penjelasan Enry di grup Whatsapp Arisan Link Dilo Bogor:

"Awal ngeblog pada tahun 2009. Alasannya karena hanya ingin ngeshare artikel artikel tentang dunia profesiku, rekam medis. Tapi, beberapa tahun terakhir ini blog saya jadinya gado-gado karena nulis tentang traveling juga. Dan masih banyak yang belum ditulis karena tripnya sambung menyambung *sombong* hahaha"

  Untuk mengembangkan hobi ngeblognya, Enry bergabung dengan komunitas Blogger Bertuah di kota Pekanbaru. Peran komunitas memang benar-benar membantu kita  untuk mengembangkan hobi, ya! Itu juga yang saya rasakan setelah bergabung di berbagai komunitas blogger. Bersama komunitas, kita menemukan orang-orang yang tepat. Bisa bertemu dengan teman-teman yang punya minat yang sama dan mau saling bantu untuk mengembangkannya minat kita.



Jalan-jalan ke Malaysia bersama keluarga #ehsalahya

 Selain bergabung di dua komunitas yang sudah saya sebutkan, Enry juga bergabung di komunitas CouchSurfing. Jadi, saat bepergian ke dalam atau ke luar negeri bisa sangat membantu dalam menghemat budget penginapan. Apa itu couchsurfing? Berikut penjelasan dari Wikipedia:

CouchSurfing adalah suatu neologisme yang mengacu pada praktik perpindahan dari rumah teman yang satu ke rumah teman lainnya, tidur pada ruang senggang apapun yang tersedia, baik lantai maupun sofa (couch), dan umumnya tinggal beberapa hari sebelum pindah ke rumah berikutnya.

  Wow, asyik juga ya! Sudah pasti backpacker ala couchsurfing ini menambah pengalaman dan teman-teman baru. Gaya traveling ini yang dilakukan oleh Enry bersama teman-temannya. Duh, jadi iri. Rasanya pengen muda lagi kalau tahu begini *minumramuan*berubah*enggak*wongminumjamudoang*
Jalan bareng teman-teman

  Tujuan Enry selanjutnya adalah Nepal atau Khasmir. Enry ingin melihat salju di sana. Kalau ke Eropa, nggak sanggup katanya, hehe. Terus, Enry ini kan jalan-jalan melulu. Biaya yang dikeluarkan pasti tidak sedikit. Gimana caranya mengelola budget untuk traveling? Tips dari Enry adalah harus rajin mencari tiket pesawat murah. Enry rajin memonitor maskapai Airasia yang kerap memberikan tiket promo.


  Wah oke juga tipsnya. Sayang nggak bisa diterapkan untuk saya. Rencana traveling saya dan keluarga lebih sering dilakukan secara mendadak. Maklum, lihat kondisi anak-anak dulu. Yah, beginilah nasib kalau sudah jadi emak-emak. Tapi... jangan salah. Tunggu pembalasan dari saya! Nanti kalau my 3 boyz sudah abege, saya mau kukurilingan sepuas hati bersama mereka, hahaha *ketawasetan*
Snorkeling di Karimun Jawa

   Saat traveling, Enry mengabadikannya di blog juga di akun Facebook, Instagram bahkan YouTube! Wow, keren kan! Nggak percaya, sana gih intip akun media sosialnya di alamat berikut: 

  • Facebook : Enry Mazni 
  • Fanspage : enrymaznidotcom 
  • Instagram : enrymazni 
  • Twitter      : enriedunan
  • Youtube    : BBC Traveling
  • Email        : enriedunant@yahoo.co.id


Akun Instagram Enry Mazni

  Buat Mas Enry, semoga sukses untuk pekerjaan dan studinya. Sedikit saran dari saya, tulisan dalam satu paragraf jangan terlalu panjang dan untuk tips bisa ditulis dengan nomor atau point. Biar lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Terakhir, terus kukurilingan dan menulisnya dengan ciamik di blog, ya! Seperti yang tertulis di blog Enry Mazni: Keep traveling, keep writing.


14 comments:

  1. ini mas Enry jalan2nya sudah banyak ya mba Inna,sukabaca artikel travelbackpackernya bikin pengen jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dijamin mupeng pengen jalan2 juga

      Delete
  2. Ih aku blm pernah kepoin blog nya mas enry ini #langsungMeluncur

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih dateng mas cum, pakar kukurilingan :D *kasihserodotan*buatmeluncur*

      Delete
  3. seru banget ya kalo jadi traveller backpacker gitu :)

    ReplyDelete
  4. Hai mbak inna wah komen kita sama wkwkwkwk. Ayo mas enry wujudkan komen kita aka jangan kepanjangan paragrafnya😊

    Wow statement mbak inna seru. Bakal kukurilingan pas the boyz udah abege. Aku bantu aminin yah mbak

    ReplyDelete
  5. hayook atuh di coba traveling ala backpacker nya, pasti seruuuuu banget karena semuanya harus di persiapkan sendiri, oh ya makasih sarannya mba, akan segera di eksekusi di tulisan berikutnya. Trip Belitung *PromosiDuluan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mauu...beneran. entar nunggu boyz gedean biar ga cape gendongnya :D
      aih asiiik ke belitung. moga lancar yaa

      Delete
  6. mbak inna, ketawasetan nya itu ga nguatin, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. CouchSurfing itu bakalan mendebarkan ya mba... baru kenal eh tiba2 numpang nginep...

    ReplyDelete
  8. Tips traveling murahnya ok juga... cek pesawat murah... mungkin kalau anak2 udah lebih gede... bisa diterapkan nieh...

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^