Thursday, April 28, 2022

Cara Mudah untuk Menghemat Uang THR


Teh yang paling ditunggu selama bulan Ramadan... adalah teh ha er. Hihi, garing ah. Etapi bener kan, siapa sih yang nggak berharap THR segera cair untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. 

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, tentu saja banyak keperluan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Sebagian besar pasti setuju, kalau uang THR banyak habis untuk mudik. Terus buat yang tidak mudik seperti saya ini bagaimana? Ya ditabung, dong.

Selama jadi menteri keuangan keluarga yang menerima gaji bulanan dan THR dari suami, alhamdulillah belum pernah merasa keteteran dan selalu merasa tercukupi. 

Cara mudah untuk menghemat uang THR adalah membuat skala prioritas. Tiap keluarga tidak sama kepentingan dan kebutuhannya. Sebaiknya dibuat daftarnya dulu, jadi bisa menentukan alokasi dananya berapa saja untuk setiap pos pengeluaran.

Berikut ini contoh daftar keperluan Lebaran dengan uang THR:

  1. Ongkos mudik. Karena sekarang tidak mudik, uangnya bisa ditabung atau dioper ke pengeluaran yang lain.
  2. Baju Lebaran sekeluarga. Ini jadi kewajiban walau hanya beli masing-masing 1 potong baju muslim untuk shalat Ied saja. Waktunya pas karena bisa berbelanja baju bareng sekeluarga.
  3. Belanja bahan makanan. Yaitu bahan makanan untuk memasak hidangan Lebaran seperti daging sapi, ayam, dan lain-lain. Juga termasuk membeli kue kering untuk di rumah (walau nggak ada tamu, nanti juga habis sendiri).
  4. Zakat Fitrah dan sedekah. Biasanya kami berzakat fitrah di mesjid dekat rumah. Tahun ini si bungsu diwajibkan berzakat di sekolah. Kemudian menyisihkan untuk sedekah.
  5. Angpau Lebaran. Khusus untuk orangtua dan anak-anak saudara saat bertemu silaturahim nanti.
  6. Bingkisan Lebaran. Untuk orang-orang yang setia bekerja pada keluarga kami. Seperti asisten rumah tangga dan ojek langganan.
  7. Melunasi hutang. Alhamdulillah, kami sampai saat ini sudah tidak ada hutang lagi pada seseorang. 
  8. Ditabung. Dua hari setelah THR diterima, suami mentransfer sisanya. Buat ditabung, katanya. Alhamdulillah. Dulu mah segitu bisa ludes buat mudik hihihi. Insha Allah tabungannya nanti dipakai untuk biaya sekolah anak-anak.
Nah, itu list yang saya buat untuk menghemat THR. Kalau sudah ada catatannya, jadi bisa mengerem diri sendiri dari membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

Sudah terima THR kan? Habis belanja apa saja nih? Atau jangan-jangan sudah dibawa mudik ke kampung halaman? Hati-hati di jalan ya. Semoga selamat sampai tujuan ^_^

No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top