Thursday, April 7, 2022

Manfaat Kurma untuk Pencernaan di Bulan Puasa


Berbukalah dengan yang manis...

Eits jangan sembarang makan yang manis-manis saat berbuka puasa. Pilih yang manis dan sesuai dengan sunah Rasul, yaitu kurma. Kurma jadi makanan wajib untuk berbuka puasa.

Saya selalu menyimpan kurma di kulkas. Bahkan sehari-hari di luar bulan puasa, kurma selalu setia setiap saat eh selalu ready stok. Suami saya rajin berpuasa sunah, jadi kurma is a must buat buka puasa.
Kurma untuk kesehatan pencernaan (foto pribadi)

Manfaat mengkonsumsi kurma untuk pencarnaa sudah banyak dilansir pada berbagai sumber, yaitu:
  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mencegah sembelit 
  3. Membersihkan usus
  4. Menjaga kesehatan organ pencernaan
  5. Mencagah peradangan
  6. Bikin kenyang lebih lama
  7. Mengontrol nafsu makan berlebihan
Ngomongin kurma. Jenisnya ada banyak. Kalau kamu suka kurma jenis apa? 

Favorit keluarga kami adalah kurma sukhari. Kurmanya lembut dan empuk saat dikunyah. Rasa legitnya pun pas. Beberapa orang tidak terlalu suka kurma sukhari karena benyek. Tapi saya mah suka aja, hehe. Benyek alias penyek itu kan karena proses pengemasannya saja. Soal rasa mah teuteup enak.

Tempo hari, guru ngaji saya menawarkan murid-muridnya untuk beli kurma bareng di langganannya. 1 dus kurma sukhari beratnya 3 kilogram dengan harga 165 ribu rupiah. Langsung deh, otak emak-emak berhitung hemat. Saya aja biasa beli kurma sukhari 1/2 kilogram seharga 40 ribu. Cuss deh kami beli borongan buat semuanya.

Melihat harganya yang lumayan murah, suami keidean buat berbagi kurma sebelum bulan puasa. Langsung deh saya pesan lagi ke orangnya langsung. Sengaja beli cup plastik untuk memudahkan pembagian. 

Dilihat lagi, kok rasanya garing cuma ngasih cup kurma polosan gitu. Saya pesan stiker untuk ditempel di tutup kemasannya. Desain sendiri pakai Canva. Di bagian bawah ada nama keluarga saya, untuk kenang-kenangan.

Setelah dikemas semua, kurma yang disimpan di kulkas biar seger terus ini pun mulai dibagikan. Suami membagikan untuk keluarga dekat di Ciapus. Sedangkan saya bagian membagi untuk asisten di rumah, tukang ojek langganan, dan orang-orang yang membutuhkan.

Alhamdulillah, responnya baik sekali. Orang-orang yang menerima kurma dari kami terlihat bahagia. Apalagi kami yang memberinya, tentu lebih bahagia lagi. Semoga berkah ya, aamiin.



Sumber: Halodoc dan Liputan 6.com

No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top