Monday, April 11, 2022

7 Alasan Ikut BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022

 

Menantang diri sendiri ikut blog challenge (lagi).

Saat diberitahu oleh Mbak Alma di grup Whatsapp Asinan Blogger, bahwa ada blog challenge di Blogger Perempuan Network (BPN), hati saya tergelitik. Pengen ikutan juga ah, BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022. Yaitu menulis rutin di blog selama 30 hari berturut-turut selama bulan Ramadan.

Dulu banget, saya pernah ikutan challenge ini di tahun 2018 (cek postingannya di label #BPN30dayChallenge2018 Alhamdulillah lulus dengan selamat. 

Tahun berikutnya, saya absen. Nggak ikutan blog challenge. Begitu juga tahun selanjutnya. Waktu itu tidak bisa ikut karena belum bisa konsisten. Ikutan blog challenge di bulan biasa (selain bulan puasa) adalah tantangan yang berat, lho. 

Di bulan biasa, kita kesenggol dengan kegiatan sehari-hari. Naah ini di bulan puasa, kesibukan kita sebagai emak jelas meningkat drastis. Selain rutin puasa dan ibadah lainnya, kita juga bertugas menyiapkan makan sahur dan buka puasa untuk keluarga.

Ditambah keriweuhan jelang hari raya. Ada yang bikin kue lebaran atau sekalian jualan. Ada yang sibuk hunting baju lebaran, atau persiapan mudik ke kampung halaman. Kalau begini, yakin deh nggak kepikiran buat nulis blog hehehe.

Berkat tantangan alias challenge ini, kita DITUNTUT untuk bisa konsisten. Ups, kok capslock jebol Mak? Hoho iya, emang bener kok kita harus menuntut alias memaksa diri sendiri supaya konsisten meluangkan waktu untuk menulis blog.

Yakin bisa? Insha Allah bisa ya. Bismillah aja. 

Emang kenapa sih semangat banget ikutan blog challenge dari BPN ini? Ini dia alasannya:

1) Belajar konsisten dan komitmen tepat waktu

Menulis one day one post (ODOP) harus konsisten dilakukan setiap hari. Kita sudah punya komitmen untuk menuntaskan tantangan ini. Setelah terlaksana, rasanya lega dan puas banget dengan hasil kerja keras kita selama ini. 

Setelah terbiasa ikutan ODOP, kita jadi pengen nulis terus. Yang sebelumnya males-malesan buat update, berkat blog challenge jadi rajin dan semangat nulisnya.

2) Mengisi blog rutin dengan konten yang bermanfaat

Seneng nggak sih kalau postingan kita mendapat komentar dari pembaca bahwa dia merasa terbantu banget? Berarti kita sudah membantu orang lain dalam mencari informasi yang dia butuhkan. Berbagi itu indah dan menyenangkan.

3) Tidak perlu bingung nentuin tema harian

Pernah bingun mau posting apa? Saya sering kayak gini. Tapi kalau ikutan blog challenge dengan tema yang sudah ditentukan, kita nggak usah mikirin tema lagi. Tinggal gali ide dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Apalagi tema BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge itu selalu menarik dan bikin orang penasaran untuk membaca.

4) Memperbaiki traffic blog dan page view

Blog nggak ada yang baca? Sedih pastinya. Ya kalau kita jarang nulis, pembaca setia kita bakalan kabur karena nggak nemu update terbaru. Itulah pentingnya update blog secara rutin untuk meningkatkan traffic blog dan page view.

5) Rutin update di Instagram dan Sosial Media

Nggak lengkap rasanya kalau cuma nulis di blog doang, lalu nggak dishare di media sosial kita. Penyakit malas saya nih, habis posting blog langsung melarikan diri. Menunda share di media sosial.

Emang penting ya berbagi link postingan di sosial media? Yaa lumayan banget untuk bikin pengumuman ada blogpost terbaru. Syukur-syukur ada pembaca yang nyangkut.

6) Menambah teman baru sesama peserta challenge

Ketika submit link di halaman BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge, kita bisa lihat postingan teman-teman blogger yang lain. Bisa saling mampir dan blog walking. Jadi nambah teman baru bukan?

7) Me time

Tentang pentingnya me time sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Yup, menulis blog adalah salah satu me time penting buat saya. Melepaskan diri dari kepenatan di dapur. Membiarkan isi pikiran meloncat jadi tulisan blog. Setelah itu, langsung fresh deh.

Oia, tambahan untuk poin nomor 5 tentang media sosial. Berkat BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022, saya jadi kepikiran mau merapikan feed Instagram. Sebelumya saya gabut banget, nggak tahu mau pakai feed model gimana biar kelihatan menarik (minimal rapi or ada temanya).

Nah, saya menyediakan satu kolom di feed Instagram khusus untuk share postingan BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022. Demi kerapihan, selingan 2 postingan saya isi foto yang masih berkaitan dengan cover yang dipakai untuk blog challenge. Misalnya cover pakai foto tanaman, maka sebaris itu temanya tanaman semua. 

Itu keseruan share blogpost di Instagram. Jadinya setiap hari saya harus bikin 3 postingan: reels, foto, dan blogpost. Ditambah pada akun sebelah saya harus 3 postingan (reels menu ramadan, 2 foto makanan atau minuman). Jadi total setiap hari ada 6 postingan Instagram yang harus saya buat (2 diantaranya adalah video). Riweuh nggak sih...

Feed IG jadi rapi berkat BPN Blog Challenge

Menambah keriweuhan, saya masih ada tempat lain untuk share postingan blog challeng. Yaitu: 

Hmm emang yak, saya ini hobi banget ngaririweuh diri sendiri hahaha. Tapi nanti dong, setelah usai 30 hari. Saya pasti merasakan sendiri manfaatnya gedebukan begini. Anggap saja pelatihan mental. Biar makin setrong eh makin semangat ngeblognya ^_^

1 comment :

  1. Nah bener banget alasan utama ikut tantangan menulis pastinya ingin produktif dan konsisten, alasan lainnya ada tempat untuk me time agar me timenya lebih bermanfaat. Masih banyak lagi manfaatnya, mengasah kemampuan menulis dan disiplin jadinya, semangat!

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top