Monday, August 9, 2021

Desinfeksi Udara dalam Ruangan dengan Luminer UV-C dari Signify


Kangen nggak sih pengen jalan-jalan dengan leluasa ke mall, perawatan di salon, berbelanja ke supermarket? Situasi PPKM kali ini membuat ruang gerak masyarakat terbatas demi mengurangi resiko penularan Covid19. Selama pandemi, kita berdiam diri di rumah saja. Anak-anak masih belajar jarak jauh secara online. Bahkan suami saya hanya berangkat ke kantor 2 kali dalam seminggu. Sisanya yaa kami 'ketuwelan' di rumah seperti biasa.

Tapi gimana ya... kadang ada saja keperluan harus mendatangi ruang publik. Misalnya perkantoran, saat berbelanja kebutuhan harian, bahkan ke rumah sakit. Takut ketemu orang banyak di dalam ruangan? Bagaimana jika dalam ruangan itu ada orang yang positif Covid19? Kalau saya ketularan bagaimana?

Beruntung, saya tercerahkan dan merasa lebih tenang setelah mengikuti webinar Signify dengan tema Perlindungan Gelombang Lanjutan: Desinfeksi Udara dalam Ruang dengan UV-C untuk Mengurangi Risiko Transmisi Virus & Bakteri melalui Udara.

Zoom meeting Signify

Webinar pada tanggal 5 Agustus 2021 ini menghadirkan para nara sumber yang ahli di bidangnya, yaitu Dr. Dicky Budiman, Md, M.Sc.PH (epidemolog dari Griffith University, Australia), Deddy El Rashid (Praktisi Pengelola Bangunan Sekjen BOMA dan BOG ASHRAE Indonesia), Dedy Bagus Pramono, Country Leader and President Director at Signify Indonesia, Lea Kartika Indra, Head of Integrated and Marketing Communication Signify Indonesia, dan Wibawa Jari Kusuma (Commercial Operations Leader Signify Indonesia).

Nara sumber yang hadir

Pembicara pertama adalah Bapak Dicky Budiman. Informasi yang disampaikan adalah mengenai bahaya penularan virus melalui udara. Terkait dengan situasi pandemi saat ini, varian delta dari virus corona membuat droplet dari penderita mudah menyebar lewat udara selain melalui kontak langsung.

Penularan droplets virus di udara (sumber: webinar Signify)

Jadi, meski kita sudah ketat menerapkan protokol kesehatan berupa 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas), tetap harus selalu waspada agar terhindar dari bahaya tertular Covid19.

Jadi ingat, bulan lalu situasi di komplek cukup mencekam. Berita kematian yang disiarkan dari mesjid hampir ada setiap hari. Tetangga sekitar rumah mulai positif terpapar. Bahkan tetangga depan rumah menjalani isolasi mandiri sekeluarga.

Saat itu, saya berusaha untuk tetap tenang. Kalau stress, nanti malah jadi gampang terkena penyakit. Namun, tetap saja saya deg-degan. Tiap ke depan rumah untuk menjemur baju saja harus pakai masker. Saking parnonya, anak-anak saya larang ke teras sama sekali. Takut banget si virus terbang dari rumah tetangga dan terhirup oleh kami sekeluarga. Itu baru di luar ruangan yang berupa area luas, kalau di dalam ruangan lebih berisiko tinggi bukan?

Kualitas udara yang bersih dan bebas dari kuman penyakit jadi hal yang wajib diperhatikan. Seperti yang dijelaskan oleh nara sumber berikutnya, yaitu Bapak Deddy El Rashid. Beliau menekankan pentingnya mangatur ventilasi udara, terutama pembersih dan desinfeksi udara dalam pengelolaan gedung di masa pandemi.

Kasus positif Covid19 yang dialami tetangga saya sebenarnya berawal dari sang kepala keluarga yang terpapar dari tempat kerjanya. Berada dalam satu ruangan dalam waktu yang cukup lama, apalagi dengan ventilasi yang kurang baik membuat virus mudah menyebar. Sekali lagi, ventilasi udara yang bebas kuman dalam ruangan terbukti sangat penting untuk kesehatan.

Inovasi dari Signify: Luminar UV-C Desinfection  Upper Air

Dari webinar tersebut, saya mendapat informasi bahwa ada lampu khusus untuk membunuh kuman dengan memancarkan sinar ultraviolet C (UV-C). Sudah tahu dong, manfaat sinar ultraviolet. Makanya kita disuruh rajin berjemur untuk mematikan kuman berbahaya. 

Manfaat sinar UV-C

Sinar UV-C adalah jenis lain dari sinar UV-A dan UV-B. Gelombangnya lebih pendek, namun memiliki manfaat mematikan kuman berbahaya. Pemakaiannya sering digunakan untuk mensterilkan ruangan.

Teknologi canggih dari Signify dan Innovative Bionalysis memvalidasi efektivitas sinar UV-C untuk mendesinfeksi udara. Signify sudah dipercaya selama 35 tahun sebagai perusahaan lighting terbaik dan menjadi yang terdepan dalam teknologi UV.

Lampu  atau luminer UV-C Signify dirancang, dipasang, dan digunakan sesuai dengan instruksi keselamatan yang spesifik untuk masing-masing produk, dan diproduksi dengan proses industri yang terkontrol baik dan sesuai standar keamanan. 
Luminer UV-C disinfection upper air

Alat desinfeksi udara lapisan atas berupa lampu UV-C (luminer UV-C disinfection upper air) dipasang pada plafon atas. Ketinggian pemasangan luminer disesuaikan dengan desain dan luas ruangan. Dengan demikian sinar UV-C yang terpancar akan didistribusikan secara horizontal dengan sempurna ke seluruh ruangan. 

Digerakkan dengan ventilasi mekanis yang akan memutar udara yang telah didesinfeksi kembali ke bagian bawah ruang. Lebih dari itu, pelindung dan optik pada luminer dirancang untuk mencegah paparan yang tidak disengaja terhadap radiasi UV-C bagi orang-orang yang berada di bawahnya.

Contoh pemasangan luminer UV-C di cafe

Manfaatnya luminer UV-C desinfection upper air langsung dapat dirasakan, yaitu mendesinfeksi udara dengan tenang tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari di bawah tingkat perangkat tersebut. Penggunaannya dikategorikan ramah lingkungan karena tidak ada emisi ozon selama atau setelah penggunaan. 

Lampu UV-C terbukti secara efektif membasmi patogen yang telah diuji
Menggunakan lampu dan driver UV-C Philips. 
Hasil uji membuktikan bahwa luminer UV-C disinfection upper air menonaktifkan 99,99% virus SARS-COV-2 di udara suatu ruangan dalam waktu 10 menit dan virus berada di bawah tingkat yang dapat terdeteksi pada menit ke-20.

Lebih lanjut, riset di Laboratorium Referensi Keselamatan Bersertifikat CAP, CLIA, AABB di Costa Mesa (California) telah memvalidasi efektivitas luminer UV-C disinfection upper air dalam menonaktifkan SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

Hasil uji coba tersebut menunjukan kontribusi penting luminer UV-C disinfection upper air dalam memerangi virus corona dan virus-virus lain di masa depan. 

Perwakilan Signify, Bapak Dedi Bagus Pramono menambahkan bahwa luminer UV-C desinfection upper air selain memerangi virus juga menjaga kualitas udara dalam ruangan yang tertutup.

Pernyataan dari Bapak Wibawa Jati menutup webinar, yaitu hadirnya inovasi luminer UV-C desinvection upper air dapat menyediakan lingkungan bebas virus sehingga produktivitas meningkat dan perekonomian bangsa kembali bangkit. Aamiin untuk pernyataan yang satu ini.

Wah jadi seneng deh. Kalau sudah ada Luminer UV-C desinvection upper air, nggak khawatir lagi berada di ruang publik karena udaranya sudah dibersihkan dan bebas dari kuman. 

Yuk kita ke mall, sudah aman karena
ada luminer UV-C dari Signify


No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top