Friday, December 16, 2016

Semangat Belajar dan Berbagi dari Nunu Amir


Halo semua! Duh, lama nggak jumpa dengan postingan teman blogger, nih. Kali ini saya mau ajak kenalan dengan seorang blogger yang berprofesi sebagai PNS. Daerah tempat tinggal asalnya jauh juga ternyata, yaitu di Makassar. Siapa kah dia? Kenalin, Nur Sahadati Amir, yang akrab disapa Nunu. Nunu ini orang pertama yang saya temui waktu acara pelatihan di Dilo Bogor. Kami berdua sama-sama datang kepagian. Sambil kenalan, waktu itu kami saling add akun Facebook.

   Nunu menggunakan nama Nunu Amir di akun Facebooknya. Sejak mulai menulis nama Nunu Amir Marewangeng digunakannya sebagai nama pena. Nunu menambahkan nama kakeknya agar  darah Bugisnya terlihat. Merasa nama tersebut kepanjangan, Nunu memangkasnya menjadi Nunu Amir. 


Nunu yang selalu ceria
  Nunu lahir dan besar di Makassar. Setelah lulus kuliah di D3 jurusan Manajemen Informatika, Nunu merantau di Jakarta sejak April 2015. Wah, welcome to the jungle ya, Nu. Kok bisa nyasar jauh ke Jakarta?  Berikut cerita dari Nunu yang dikutip dari grup Whatsapp:
"Bekerja di Jakarta bagi saya itu adalah takdir, sesuatu yang tak pernah terpikirkan dan terbayangkan sebelumnya, sesuatu diluar rencana. Padahal sebelumnya saya punya rencana untuk resign dari pekerjaan saya di Makassar dan ikut tinggal bersama Ibu saya di Tanjung Pandan Belitung. Manusia berencana tapi Tuhan yang menentukan, akhir 2014 saya iseng-iseng ikut tes CPNS, akhirnya lulus dan ditempatkan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian." 
  Wah, ternyata Nunu pergi jauh untuk mengabdikan diri sebagai PNS. Hebat! Kebalikan dari saya yang pernah ditawari lowongan PNS, tapi memilih kabur mengikuti suami ke luar kota, hehehe. Maklum, saya waktu itu nggak mau jauh dari suami. Ke mana pun dia pergi, pasti dibuntutin *eaa*

   Sekarang mau cerita awal Nunu aktif ngeblog. Punya blog sejak tahun 2006 tapi belum konsisten karena berganti blog dan lupa dengan passwordnya. Duh, sayang dong. Dulu Nunu gemar bermain game online, lho. Lalu Nunu merasa jenuh dan ingin punya kegiatan yang bermanfaat. Mulai serius ngeblog pada tahun 2011 karena ingin mempromosikan bisnis MLM yang diikutinya. Kayaknya saya tahu deh MLM apa itu.

   Untuk mengimbangi isi blognya yang kebanyakan iklan, Nunu mengisinya dengan beberapa tulisan pribadi dan beberapa tulisan copas dari website lain. Copas? Iya, waktu itu Nunu belum paham tentang aturan copas di blog. Sekarang sudah tidak ada tulisan copas. Bahkan tulisannya di blog dan berbagai media kian berkualitas dan menuai prestasi.

  Blog milik Nunu bernama www.nunusangpemimpi.blogspot.com. Nama tersebut terinspirasi dari tetralogi laskar pelangi karya Andrea Hirata. Bahkan salah satu karya Andrea Hirata yang berjudul “Edensor” menjadi favorit dan menginspirasi Nunu agar untuk bisa berkeliling Eropa dan Afrika. Aamiin, didoain. Jangan lupa, ajak-ajak yak!

   Saat ini, blog Nunu sudah punya domain sendiri dan berganti nama menjadi www.nunuamir.com. Aih, blognya rapi banget. Jadi gampang mau klik postingan yang dibutuhkan. Banyak artikel bermanfaat yang bisa kita baca. Ulasannya selalu komplit dan penuh manfaat. Tidak heran, tagline di blog Nunu adalah "Karena Hidup adalah Belajar dan Berbagi". Pas banget ya!


Blog www.nunuamir.com

  Berikut penjelasan Nunu tentang blognya:
"Blog saya pure hasil karya sendiri no copy paste (Don't do it). Blog ini isinya dogado... ada tentang reportase kegiatan-kegiatan yang saya ikuti dan laporan pandangan mata, review berbagai hal baik itu film, blog, buku, maupun produk. Selain itu ada kuliner yang pasti isinya tentang makanan, traveling yang berisi tentang catatan perjalanan saya, tempat wisata, dan oleh-oleh khas, dan juga ada menu berbagi isinya tentang berbagai hasil pemikiran, pengalaman, ilmu, wawasan, curhat saya."
  Nunu mulai aktif menulis sejak bergabung di komunitas ID Blog Network, IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis, dan blogger Makassar. Bersama blogger Makassar bernama Mugniar, Nunu mulai aktif di komunitas-komunitas tersebut dan menuai karya. Duh, saya juga ngefans sama Kak Niar yang keren.  

Tulisan Nunu ada di beberapa buku antologi berikut ini:

  • Bunga Rampai Seringkuh (2)
  • Cinta Membaca (2)
  • Dalam Genggaman Tangan Tuhan
  • Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis
  • Apa Kabar, Sahabat Dumay-ku
  Tulisan Nunu lainnya pernah dimuat di harian lokal Amanah, judulnya "One Day One Juz". Saat ini, Nunu merencanakan untuk punya buku solo sendiri. Sekarang sedang dalam proses untuk ditawarkan ke salah satu penerbit. Wah, semoga lancar ya!


  Nunu juga menuai prestasi lewat tulisan di blognya. Prestasi Nunu di dunia blogging adalah dengan memenangkan beberapa lomba berikut: 
  • Juara 3 Lomba Blog "Makassar Tidak Kasar"
  • Juara 2 Kontes Blog Semi SEO "Disabilitas Tanpa Batas"
  • Juara 3 Lomba Blog UseeTV pada Acara Blogicious 2012
  • Juara 3 Lomba Blog Kopi Oey Makassar
  • 7 Besar Lomba Blog Semi SEO Komunitas Blogger Maros tentang Bantimurung
  • Juara Lomba Blog Bugis Water Park yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Makassar (saya lupa juara berapa) 

   Saya suka membaca blog Nunu tentang pelatihan yang diikutinya. Iya, Nunu ini baik banget, tidak pelit berbagi ilmu. Nunu rajin mengikuti acara blogger dan berbagai pelatihan. Semua kegiatan itu tidak lupa ditulisnya di blog. Bermanfaat banget buat saya, emak mager yang nggak bisa ke mana-mana. Jadi bisa ikut 'kecipratan' ilmu pelatihan yang sudah Nunu ikuti. Makasih ya, Nunu.


Keseruan pelatihan di Dilo Bogor 
(Nunu berbaju merah, saya berbaju coklat di belakang)
  Meski menyandang disablitas daksa, dara single ini selalu terlihat ceria dan penuh semangat. "Saya berusia 30 tahun but my soul and spirit like a seventeen years old," kata Nunu. Aih, keren! Salut dengan semangat dan jiwa muda Nunu. Keep inspiring dan terus berbagi semangat dan kebaikan lewat tulisan ya.

   Buat yang penasaran, boleh intip blog dan akun sosial media milik Nunu berikut ini:

Facebook : Nur Sahadati Amir
Facebook Fanpage : Nunu Amir Blog
Twitter : @nunu_amir
Instagram : @nunu.amir
email : nunu.sangpemimpi@gmail.com


Seluruh peserta pelatihan di Dilo Bogor dan para nara sumber 
(plus anak2 peserta, hehe)
  Oia, postingan Teman Blogger ini adalah postingan terakhir dari Arisan Link Dilo Bogor. Meskipun arisan link sudah berakhir, semoga silaturahim kita tetap terus terjalin, ya. Senang sekali berkat arisan link ini, saya yang tadinya tidak kenal para peserta pelatihan jadi tahu lebih banyak tentang teman-teman semua. Nggak nyangka, ternyata teman-teman yang saya kenal sekilas pada bulan Februari 2016 adalah sosok-sosok blogger yang menginspirasi. Glad to know you all ^_^

Berikut profil para teman blogger dari Arisan Link Dilo Bogor:
  1. Fashion Blogger dan Entrepreneur Muda: Ifa Musyrifah
  2. Belajar Tips Cantik dari Amanda Anandita
  3. Shine Bright Like Shine Fikri
  4. Meniru Semangat Menulis Ina Tanaya
  5. April Hamsa: Fokus Pada Parenting dan Lifestyle Blog
  6. Belajar Menulis Novel dari Adya Pramudita
  7. Uchy Sudhanto: Lifestyle Blogger dan Animal Defender
  8. Percikan Semangat dari Prita HW
  9. Cerita Weekend Seru di Blog Nining Wahyoe
  10. Serunya Traveling ala Backpacker di Blog Enry Mazni
  11. Tya Napitupulu. Blogger dan Relawan Kekerasan Seksual Pada Perempuan
  12. Produktif Menulis Seperti Ernawati Lilys
  13. Eskaningrum: Researcher plus Blogger Sebagai Profesi
  14. Semangat Belajar dan Berbagi dari Nunu Amir

5 comments :

  1. Berbagi memang indah. Apalagi kalau bermanfaat buat orang lain. ^_^

    ReplyDelete
  2. Waaaahhh mba Nunu ini keren. Aku jadi pengen ikutan mampir ke blognya.

    ReplyDelete
  3. aku jadi penasaran ni mbak dengan blognya mbak nunu ini... nanti dilain waktu aku kunjungi

    ReplyDelete
  4. Wahh jadi tambah teman nii teh inna, salam kenal buat Nunu yang menginspirasi ternyata kita sekampung hihi

    ReplyDelete
  5. Maaf baru bisa mampir mbak Inna...
    Suka banget sama tulisannya. Terima kasih sudah direview ^^

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top