Tuesday, October 25, 2016

Produktif Menulis Seperti Ernawati Lilys


Menjalani hidup sebagai ibu rumah tangga itu tidak mudah. Butuh energi ekstra untuk mengasuh buah hati dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Riweuh pokoknya mah kalau kata orang sunda bilang. Iyes, every mother is emak riweuh. Termasuk saya, hehe.

  Meski riweuh dengan urusan anak dan rumah, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa produktif menghasilkan karya. Lihat saja teman blogger yang satu ini. Masih bisa produktif menulis meski punya dua anak kecil, sedang hamil, tanpa asisten rumah tangga pula. Berasa dejavu kayak saya waktu masih di rantau dulu. I feel you pisan, hehe. Masa-masa itu sudah berlalu dan menjadi kenangan manis buat saya.

   Eh, kita ngomongin siapa nih??? Kenapa jadi semi curcol begini, hihi. Kenalin, Ernawati Lilys. Ibu muda yang berprofesi sebagai blogger, penulis, dan mentor kepenulisan baik online maupun offline. Satu lagi kesibukan Erna, yaitu sebagai owner toko online yang menyediakan kebutuhan rumah tangga di www.tokofamily.com. Wow, sibuk sibuk sibuk...
   
Erna bersama kedua anaknya, Fatih dan Fay


   Sebagai penulis, Erna sudah menerbitkan beberapa buku. Ada buku anak dan buku non fiksi remaja. Erna juga menulis artikel di majalah dan media online, suka membuat resensi buku dan menjadi ghost writer untuk artikel pesanan. Semua keahlian menulis yang dimilikinya pun tidak pelit dibagi dengan mengajar kursus menulis dan menjadi mentor.

  Buku antologi dan buku solo yang sudah diterbitkan oleh Erna yaitu:

  • Pramuka itu Menyenangkan (Grafika Utama)
  • Bogor Kasohor 
  • Cinta Monyet Never Forget (Leutika)
  • Mengejar Mimpi (Indiepublishing)
  • Pengantin-pengantin Al-Quds
  • Mesir, Pesona dan Tragedi (Halaman Moeka, 2014)
  • Bulan dimakan Grana (2015)
  • Super Father (Tiga Serangkai, 2015)
  • Panglima Tangguh (sygma, 2015)
  • Kuliah VS Kuliah (BIP, 2015)
  • Kalau Cinta Bilang Aja (BIP, 2016)

Salah satu buku Erna yang saya miliki

   Kilas balik sejenak tentang asal mula kecintaan Erna terhadap dunia menulis. Perempuan aseli Bogor ini menyukai dunia internet sejak tahun 2004. Ikut chating di MiRC, bikin akun friendster, bikin blog di Multiply dan di blog.com kemudian merambah ke wordpress dan terakhir mencoba di blogspot. Hobi menulis di media digital ini mengasah bakat menulisnya. Erna menulis mulai tentang curhat, impiannya, hingga menghasilkan banyak karya.

  Pada tahun 2005, Erna memilih tinggal di Bekasi untuk kuliah di Jurusan Sastra Jepang dan bekerja di sebuah perusahaan asing.  Bertemu jodoh di sana dan menikah pada usia 24 tahun. Babak baru menjadi istri sambil kerja dan kuliah pun dijalaninya. Kemudian, Erna resign dari pekerjaannya untuk sidang skripsi dan persiapan kelahiran anak pertama. Duh, hebat perjuangannya ya ibu cantik yang satu ini. 

  Kembali ke Bogor pada tahun 2014 bersama keluarga kecilnya. Di Bogor Erna melahirkan anak keduanya. Kini, Erna kembali pindah ke Bekasi untuk membantu sang suami tercinta membangun usaha software hardware. Tentu saja, Erna juga makin giat berkarya di bidang kepenulisan. 

  Bagi Erna, menjadi penulis sekaligus blogger adalah anugrah. Blog pribadinya menjadi wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman. 'Menulis untuk berbagi kebaikan' menjadi tagline untuk blog Erna. Berikut pendapat Erna tentang profesinya dan blog pribadi miliknya:
"Menjadi ibu rumah tangga, blogger, penulis dan mompreneur adalah satu kesatuan yang membuat saya belajar banyak dalam kehidupan. Sehingga ilmu yang saya dapat juga bisa saya bagikan kembali, seperti menuliskannya di blog personal ini. Karena bagi saya, menulis adalah untuk berbagi kebaikan."
  Kita main ke blog Erna, yuk! Blog beralamat di www.ernawatililys.com ini keren banget! Cocok buat siapa saja yang ingin mencari informasi seputar parenting, lifestyle, dan kepenulisan. Pada header blog terpampang buku-buku Erna. Saya sering bolak-balik main ke blog yang designnya kalem ini. Persis seperti pemiliknya, kalem. 


Blog Ernawati Lilys


   Kok tahu Erna itu kalem? Saya sudah dua kali bertemu dengan Erna. Pertama kopdar yaitu ketika Asinan Blogger hendak bertemu Teh Ani di Hotel Salak Bogor. Saya lupa tanggal berapa. Oia, kami sama-sama bergabung di grup Asinan Blogger, grup blogger perempuan yang mangkal di Bogor (mangkal ceuu).  Saat jumpa pertama, Erna langsung menyapa saya dengan ramah. Wajahnya yang imut-imut terlihat ceria dan kami langsung akrab. 


Foto bareng waktu pertama ketemu

   Pertemuan berikutnya di acara pelatihan di Dilo Bogor. Sama seperti Erna, saat itu saya juga membawa dua anak selama pelatihan. Namanya anak-anak, ternyata anak-anak saya (Kk Rasyad dan Dd Irsyad) dan anak-anak Erna (Fatih dan Fay) cepat akrab dan bermain bersama selama ibunya belajar menyimak materi. Sayang, sekarang kami sulit untuk bertemu kembali. Erna sudah pindah ke Bekasi. Yahh, jadi jauh deh...


Anak-anak bermain  game bareng

   Balik lagi tentang kesibukan Erna. Saya bingung... gimana caranya Erna membagi waktu, ya? Riweuh mengurus dua balita aktif, menulis naskah buku, menjadi ghostwriter untuk naskah pesanan, artikel dan review produk, tak lupa pula menulis di blog sebagai sarana berbagi ilmu dan sharing pengalaman. Ditambah mengajar menulis dan mengelola toko onlinenya. Jangan lupa, sekarang sedang hamil pula. Wow, salut! Kalau saya mah sudah eungaph duluan dan memilih untuk bobok syantik daripada nulis, hihi.

   Cara Erna membagi waktu untuk menulis adalah pada pagi hari (jam 2 pagi-jam 5 pagi). Mengajar kelas online biasanya malam (sesuai schedule) biasanya mulai jam 8 sampai jam 10 malam (kadang sampai seberesnya menjawab pertanyaan peserta). Sedangkan mengajar offline disesuaikan dengan izin dari sang suami. Sama seperti saya, tidak mudah mendapatkan izin dari suami untuk pergi ke suatu acara. Maklum, keluarga menjadi prioritas. Untuk Erna, suami memikirkan anak-anak yang masih kecil dan dirinya yang sedang hamil.

Erna saat bedah buku di radio
   Membahas tentang prestasi menulis Erna tidak akan cukup satu halaman. Prestasinya dirangkum dengan rapi di bagian laman di blognya. Ada portofolio kepenulisan, portofolio bloger, dan portofolio lomba. Oia, Erna juga rajin ikut kuis, lomba, dan giveaway. Sering menang pula! Hebat ya! Cuplikan daftar prestasinya saya tulis di sini sebagian: 
  • Juara 1 menulis cerita mini FLP Saudi Arabia
  • Juara 1 lomba Blog Best Moment Indonesia Hijab Blogger
  • Pemenang sepuluh besar cerpen anak gurita
  • Juara Resensi Buku FLP Bekasi
  • Pemenang kompetisi menulis cerita humor ramadhan
  • Pemenang review terbaik film KMGP
  • Pemenang Giveaway Emakgaoel
  • Pemenang Kuis FLPBekasi
  • Pemenang hiburan Blog Competition Qwords
  • Juara Favorit II Giveaway Kehilangan
  • Pemenang Utama Giveaway SmartWriter
  • Pemenang Kuis Instagram ShopBack
  • Juara 3 Lomba Foto Sustagen Club 
  • Pemenang hiburan giveaway Dydie The Kitchen Hero's
  • 10 Postingan Terpilih Blog Competition Keuangan Syariah bersama OJK dan Blogdetik 
  • Pemenang 5 Kontestan Terbaik Ucapan HUT 69 Koperasi Indonesia
  • Pemenang ke 2 Giveaway Thing! Yes! Aku Bisa Berbisnis
  • Juara 3 Blog Competition Lactacyd Baby

  Wow, prestasinya banyak banget! Erna memang produktif sebagai penulis. Mau mengikuti jejak Erna? Sering-sering deh, main ke blognya dan menemukan beragam informasi bermanfaat seputar dunia menulis. Mau tanya langsung juga bisa di akun media sosial berikut: 

Blog : www.ernawatililys.com
Facebook : Ernawati Lilys 
Twitter : @nenglisojung 
Instagram : ernawatililys 
Fanspage : Ernawati Lilys 
Linkedin: Ernawati Lilys

   Buat Erna, keep insipiring ya! Terus semangat menebar manfaat lewat tulisan-tulisan kerennya. Semoga sehat dan lahirannya nanti berjalan dengan lancar. Salam sayang dari Bogor ^_^


3 comments :

  1. Salam sayang kaka, miss u. Semoga bisa kumpul lagi dengan kakak Inna :) Terimakasih juga tulisannya benar-benar membuat erna terharu dan bahagia kenal dengan Kak Inna :)

    ReplyDelete
  2. terus menjadi penulis ya mba dna teruslah berkarya..

    ReplyDelete
  3. wow, keren sangat ya mbak Inna si bumil satu ini

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top