Tuesday, June 14, 2016

April Hamsa: Fokus Pada Parenting dan Lifestyle Blog



Halo! Edisi Teman Blogger kali ini istimewa karena kebetulan dari dua arisan link keluar nama pemenang yang sama, yaitu April Hamsa! Yeay! Saya seneng banget karena kebetulan awal puasa ini lumayan riweuh dan nggak sempat megang netbook! Dengan kemenangan dobel ini, artinya saya cukup mengerjakan satu postingan untuk jangka waktu dua minggu (biasanya seminggu sekali). Alhamdulillah.

  Kenalin, April Hamsa. Ibu muda kelahiran Surabaya tahun 1984 ini mempunyai nama langkap Aprillia Ekasari. Menggunakan nama Hamsa sebagai singkatan dari namanya dan sang suami tercinta, Ilham dan Sari. Setelah menikah, April pindah ke Depok mengikuti suaminya. Sebagai ibu rumah tangga, April tetap menjalankan aktivitas yang disukainya sejak masih gadis, yaitu menulis dan aktif berorganisasi.

  Nah, seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa teman Blogger kali ini dipertemukan dari dua arisan link, yaitu arisan link Blogger Perempuan dan arisan link Dilo Bogor. Saya dan April tergabung di arisan link Dilo dari acara pelatihan "Taking Your Blog to The Next Level". Jadi, saya dan April sudah pernah bertatap muka pada acara pelatihan yang diadakan oleh Blogger Perempuan tersebut. Sebelum datang ke acara tersebut, kami sempat saling kontak untuk pertama kali. Dan, ketemu deh kita...

April, saya, dam Shine.

  Pada acara pelatihan “Taking Your Blog to The Next Level”, kami mendapat ilmu bergizi dari para pakarnya, yaitu mbak Nunik, Shinta Ries dan Kartika Putri. Nggak rugi deh datang ke pelatihan ini. Berkat pelatihan ini pula, para pesertanya berkumpul kembali dan mengadakan arisan link yang saya sebut sebagai arisan link Dilo Bogor.

  Usai pelatihan, saya kembali tenggelam dengan rutinitas riweuh seperti biasa. Maunya sih, materi pelatihan tersebut diabadaikan di blog biar nggak lupa. Apa daya apa daya... padahal saya sudah copas tweet saya untuk dijadikan blogpost sebelumnya. Kebetulan waktu itu saya menang live tweet dan dapat hadiah power bank. Seneng banget. Saking senengnya malah lupa bikin postingan, hadeuh...

  Beruntung mamah muda yang satu ini terbilang rajin dan selalu sigap membuat reportase postingan blog dari setiap kegiatan yang dihadirinya. Bukan hanya acara blogger atau event lainnya. Pelatihan di Dilo kemarin pun dengan lengkap diulas oleh April. Yay! Semangatnya patut ditiru nih! Jangan kayak saya yaa... kebanyakan menunda dan akhirnya malah jadi lupa.  

  Mau tahu liputan lengkap pelatihan Taking Your Blog to The Next Level? Simak catatannya di postingan blog April di link berikut ini http://keluargahamsa.com/cara-membuat-blog-naik-ke-level-lebih-tinggi/

Foto bareng nara sumber dan peserta pelatihan

   Mampir ke blog April Hamsa, yuk! Saat dibuka, kita akan disambut oleh April dan keluarga kecilnya. Ada foto April bersama suami dan kedua anaknya, Maxy dan Dema. Saya suka dengan desain minimalis blog yang berwarna hitam putih ini. Sederhana, rapi, dan enak dilihat.

Header blog Keluarga Hamsa

   Ada apa saja di blog April? Dinyatakan jelas pada tagline blognya: parenting and lifestyle blog. Isinya tentu saja seputar dua bidang tersebut. Terutama tentang parenting dan kesehatan ibu dan anak. April ternyata memang sengaja memfokuskan diri pada tema tersebut. Itulah sebabnya blog April ada kata “keluarga”. 

  Kategori di blog Keluarga Hamsa ada banyak. Saran saya, enaknya sih dibikin lebih sedikit lagi labelnya. Nanti baru dikelompokkan lagi ke dalam sub label. Biar kelihatan lebih fokus dalam satu label bisa meliputi beberapa tema. Halah, maafkan saran saya. Diri sendiri aja labelnya masih berantakan. Bukan nggak mau ngebenerin blog sendiri. Tapi saya nggak sempat bin belum ngerti ngoprek kode buat rapihin label, hiks... 

  April mulai ngeblog pertama kali di platform Multiply (MP) dengan ID “sukmakutersenyum”. Pasca MP ditutup, blog gabungan April dan suaminya dipindahkan ke www.keluargahamsa.com. Sedangkan blog April dengan ID sukmakutersenyum dipindahkan ke www.sari.keluargahamsa.com. Ada juga www.maxy.keluargahamsa.com yang menceritakan tentang tumbuh kembang Maxy anak pertama April yang terlahir dengan berat badan rendah. Lambat laun dua blog tersebut dinonaktifkan. April memilih untuk fokus pada satu blog saja, yaitu blog Keluarga Hamsa.

   Blog Keluarga Hamsa sudah berumur 3 tahun lebih. Sempat tidak aktif karena kesibukan April mengurus Maxy dan toko onlinenya. Baru sekitar 6 bulan terakhir ini April mulai giat ngeblog karena online shopnya sudah sudah tidak aktif. Saat mulai rajin ngeblog, April mendapat tawaran menjadi content writer di salah satu web kesehatan ibu dan anak yaitu www.rumpibayi.com. Wah, hebat euy!

   Bakat menulis April semakin berkembang karena didorong oleh cita-citanya ingin menjadi jurnalis dan menggeluti dunia kepenulisan. Saat kuliah, April aktif di lembaga pers mahasiswa di kampus dan bahkan sempat jadi pemrednya. Saat kuliah sempat bekerja selama dua tahun sebagai Corporate Journalist di salah satu perusahaan IT Solution di Surabaya. April juga pernah menjadi Kontributor Majalah KIDS PKPU Surabaya (2010). 

  April juga aktif dalam berbagai organisasi dan ikut menjabat sebagai pengurusnya sejak mahasiswa. April juga bergabung di Forum Lingkar Pena Surabaya. Ikut aktif mendirikan FLP Kids Surabaya (wadah buat anak2 yang ingin menulis).

Rajin mengikuti acara blogger
  Tidak tinggal diam dan mengukir prestasi dibuktikan April dengan memenangkan beberapa lomba yang berhubungan dengan kepenulisan. Yaitu Juara Pertama Lomba Surat Lingkungan “Life for Live” oleh Kedai Baca WALHI dan Universitas Airlangga (12 Juni 2007). 

  Prestasi April lainnya yaitu menerbitkan dua buku antologi yaitu Kolak Ramadhan: Kumpulan Kisah Manis di Bulan Suci pada tahun 2008 (buku antologi bersama Komunitas Sekolah Kehidupan), dan Cinta dari Cikini pada tahun 2010 (buku antologi bersama Komunitas MP4Palestine). Selain itu, dua cerpen karangan April juga sempat dimuat di media massa. Saat ini April tengah menantikan satu buku lagi yang akan launching pada tanggal 20 Juni mendatang. Cita-cita April saat ini adalah menerbitkan buku cerita untuk anak-anak.

Dua buku antologi

  Jalan terbuka lebar untuk ibu muda berbakat seperti April. Saya doakan semoga sukses dan impiannya bisa segera terwujud, ya! Buat yang mau kenalaan lebih dekat dengan April, bisa hubungi media sosial berikut: 


Facebook: April Hamsa

Twitter: @april_hamsa 

IG: @april.hamsa 

email: april@keluargahamsa.com

13 comments:

  1. Kata Mbak Shintaries pas acara blogging kemarin, "lifestyle" itu bahasa keren dari gado2 hahaha

    Makasih buat tulisannya Mbak Inna, lumayan ngurangin detlen yak? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep memang istilahnya :)
      hihi alhamdulillah, arisan kali ini pengertian #eh

      Delete
  2. kalo liat dari organisasinya memang mbak aprilnya suka menulis ya, prestasinya juga banyak

    ReplyDelete
  3. go, April, semangat berkarya yakssss, masama meniti jalan blogger, haha^^

    ReplyDelete
  4. Mba April keren. masih sempat jadi admin juga. Terus juga sudah menerbitakan buku.. Harus belajar banyak nihh

    ReplyDelete
  5. pengen tembus media jg tulisannya euy, sukses mak April dan Mak Ina :)

    ReplyDelete
  6. Wah udah kopdaran sama Mbak April dan Mbak Shine juga ya, kapan-kapan kopdaran sama seluruh anggota arisan link kelompok 1 seru kali yaa.

    ReplyDelete
  7. Mba April sudah punya buku antologi yak. Kreatif banget Mba...

    ReplyDelete
  8. artikelnya bagus, thanks udah mau sharing.. semoga dapat menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka main ke blog Mbak April Hamsa sekarang Mbak

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^