Wednesday, October 12, 2016

Tya Napitupulu. Blogger dan Relawan Kekerasan Seksual Pada Perempuan



Halo hai! Teman blogger kali ini mau ajak kenalan dengan seorang blogger yang sekaligus menjadi aktivis masalah kekerasan untuk perempuan. Siapa dia? Kenalan dengan Tya Napitupulu, yuk! Nama di akta kelahirannya adalah Cintya. Nama lengkap Cintya Napitupulu. Napitupulu adalah nama marga keluarganya. Dara kelahiran tahun 1996 ini cukup dipanggil dengan Tya saja.


Tya Napitupulu

  Tya masih kuliah di Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Sejarah (FIB UI). Sambil kuliah, Tya aktif sebagai relawan di Yayasan Lentera Sintas Indonesia. Lentera ini tadinya komunitas bagi penyintas kekerasan seksual, kemudian menjadi sebuah yayasan. Selain itu, Tya juga aktif menjadi Sahabat Jurnal Perempuan. Terutama saat ada event di luar jadwal kuliahnya, yaitu pada hari Sabtu atau Minggu. Wah hebat Tya. Tetap aktif di luar kampus dan kuliah jangan sampai keteteran.

  Apa itu kekerasan seksual pada perempuan? Berikut keterangan di blog Tya:
Kekerasan seksual adalah setiap tindakan baik berupa ucapan ataupun perbuatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menguasai atau memanipulasi orang lain serta membuatnya terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak dikehendaki. 
  Wah, salut dengan Tya. Masih muda dan punya kepedulian terhadap sesama perempuan. Semoga sukses ya untuk kuliah dan kegiatannya sebagai relawan. Keep inspiring

  Sekarang, kita bahas kegiatan Tya sebagai blogger. Tya yang suka jalan-jalan dan dandan ini mulai ngeblog kira-kira sejak kelas 3 SMP. Saat ini, selain ngeblog, Tya menulis di Qureta dan Archive of Our Own (AO3). Berikut pernyataan dari Tya tentang kegiatannya di dua paltform tersebut:.
"Qureta itu mirip Kompasiana, tapi tulisan di sana dimoderasi oleh admin sebelum diterbitkan. Kalau Archive of Our Own, saya menulis fanfiction di sana. Fanfiction itu semacam karya fiksi tapi tokoh-tokohnya bisa artis, orang terkenal, atau tokoh drama dan kartun. Sebenarnya saya juga menulis di Kompasiana dan Fanfiction.net, tapi sekarang saya ngga gitu aktif di sana."
  Sebelumnya, Tya menulis di Fanfiction.net (FFN), namun situs tersebut dibanned oleh Internet Sehat. Tya juga menulis di Kompasiana, tapi sudah tidak aktif lagi. Sama dong, akun Kompasiana punya saya juga sudah lama pingsan, hehe.

 Nah, sekarang kita intip blog Tya yang beralamat di www.tyanapit.com. Nama tyanapit diambil dari singkatan Tya Napitupulu. Jadi gampang diingat, ya.


Blog Tya Napitupulu

  Aih blognya simple dan manis. Kata "Ruang Berbagi Kisah" menyambut di blog ini. Blog Tya berniche-nya lifestyle. Ke depannya, Tya berencana mengisi blog ini dengan membagikan hal-hal yang Tya yakini dan diperjuangkan. Misalnya tentang kampanye anti kekerasan seksual. 


Blog www.ayoberdandan.com


 Oia, saya juga iseng main ke blog Tya yang satu lagi di alamat www.ayoberdandan.com. Blog khusus beauty ini sudah lama tidak diupdate oleh Tya. Idenya boleh juga nih, bikin blog khusus kecantikan. Kalau saya nggak berani bikin beauty blog. Cooking blog aja saya mah, hehe

  Tya yang pernah menjadi salah satu pemenang kompetisi blog yang diselenggarakan Blogger Perempuan bersama In Harmony Clinic ini sedang mengadakan giveaway di blognya, lho! Tema giveway adalah tentang isu kekerasan pada perempuan. Info selengkapnya tentang giveaway bisa klik di sini. Yuk, ikutan. Siapa tahu hadiah voucher MAP bisa kamu menangkan.


Giveaway di blog Tya

  Mau kenal lebih jauh dengan Tya Napitupulu atau bertanya tentang isu kekerasan seksual pada perempuan? Boleh kontak Tya di alamat media sosial berikut:

Blog          : www.tyanapit.com
Facebook : Tya Napitupulu
Twitter      : @tyanapit
Instagram : @tyanapit 
Email        : tya_napit@hotmail.com

No comments:

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^