Wednesday, June 1, 2016

Meniru Semangat Menulis Ina Tanaya



   Saya merasa kagum setiap selesai menulis profil teman blogger dari arisan link. Baik itu arisan link Blogger Perempuan (BP) maupun dari Dilo Bogor. Ternyata, dibalik status sebagai seorang blogger itu ada sosok hebat yang bisa menginspirasi kita. Dunia blogger memang tidak jauh dari kegiatan menulis. Tidak heran banyak teman blogger yang saya kenal sudah berpofesi sebagai penulis sebelumnya. Tapi jangan salah. Dunia menulis juga menarik minat berbagai profesi lainnya. Mulai dari ibu rumah tangga biasa seperti saya, perempuan pekerja kantoran, bahkan dari latar belakang medis pun bisa tertarik untuk menjadi blogger. 

    Teman blogger kita kali ini adalah Ibu Ina Tanaya. Saya bertemu dengan beliau saat mengikuti pelatihan di Dilo Bogor. Lewat kegiatan tersebut, para peserta berkumpul kembali di sebuah grup Whatsapp yang dipelopori oleh Bu Ina untuk membuat arisan link. Seperti arisan link di BP, ikut arisan ini bisa meningkatkan skor DA (domain autrhority) di blog kita dari backlink peserta yang lain, plus ikatan tali silaturahim pun terjalin. Sambil menyelam minum jus ya, hehe. Asyik bukan?



Ina Tanaya

   Memiliki nama yang sama dengan saya, yaitu Ina (bedanya saya pakai dobel n), kami berdua juga mempunyai minat yang sama yaitu menulis. Bedanya, saya masih belum bisa fokus untuk menekuni bidang menulis ini dengan serius. Belum bisa fokus. Padahal, kalau sudah fokus, saya selalu bersungguh-sungguh. Sesuai dengan arti nama daya dalam bahasa Arab, Inna artinya sesungguhnya. Jadi, kapan mau bersungguh-sungguh duhai Inna Riana?

   Alasan saya tidak bisa fokus adalah pikiran saya masih 'bercabang'. Banyak hal yang menyita perhatian saya sejak menikah dan mempunyai anak.  Ada satu orang suami yang butuh limpahan perhatian. Ada tiga anak laki-laki pecicilan yang masih butuh gandengan tangan. Ada satu orang tua sepuh yang punya banyak permintaan. Ada satu toko obat yang masih dalam proses berkembang. Ada rumah yang harus selalu ngebul dapurnya. Juga ada satu usaha online aksesoris yang mati suri dan menunggu untuk dihidupkan kembali. Dan  tidak ketinggalan, kegiatan tambahan menulis blog. Hadeuh, sok riweuh amat saya inih ^_^

   Meski punya banyak urusan, keinginan bisa serius menulis tetap ada. Saya mungkin belum menemukan waktu yang tepat. Saya ingin menunggu hingga masa itu datang. Masa di mana saya bisa bebas mengembangkan kemampuan menulis. Masa di mana saya bisa dengan tenang menghasilkan berbagai karya tulis tanpa gangguan konsentrasi. Ganggun konsentrasi? Yap, saya selalu menulis disambi mengerjakan pekerjaan yang lain. Saya sedang mengetik postingan ini sambil menjaga toko. Dilanjutkan lagi setelah beres menyuapi anak-anak makan siang sambil mengawasi mereka bermain. Sudah, itu saja waktu menulis saya. Mulai maghrib sampai pagi hari saya sudah tidak sempat lagi menyentuh netbook. 

   Saya ingin seperti Bu Ina Tanaya suatu hari nanti (seandainya saya diberi umur panjang). Bu Ina sudah berhenti dari pekerjaannya. Ibu dari seorang putri yang sudah menikah ini mengisi waktu luangnya dengan menulis dan aktif di berbagai kegiatan, termasuk rajin mengikuti pelatihan dan acara blogger. 

  Bu Ina bercita-cita menjadi blogger dan penulis profesional. Sejak pensiun dari perusahaan swasta asing pada tahun 2009, pada tahun 2010 Bu Ina mulai serius menekuni dunia menulis dengan mengikuti pelatihan menulis. Mulai membuat blog sejak bergabung di DIgital Mommy pada tahun 2012. Mulai tahun 2013 hingga sekarang, Bu Ina aktif ngeblog di Kompasiana dan di blog pribadinya yang bernama www.inatanaya.com.


Header blog Ina Tanaya

   Kita mampir ke www. inatanaya.com yuk! Blog Ina Tanaya dengan motif bunga dan nuansa pastel yang lembut ini terlihat manis. Blog ini berisi tulisan tentang parenting , kesehatan, dan banyak postingan untuk lomba blog. Tidak heran, kita akan disambut dengan tulisan 'My Challeng in Writing Competition' di blog ini. 

Blog lain milik Ina Tanaya


   Ternyata, Bu Ina punya blog yang lain lho! Wah, beternak blog juga ya, Bu? Sama dong! Tapi saya nggak bisa konsen 'ngasih makan' secara rutin ketujuh blog yang saya miliki. Sejak awal tahun 2016, saya putuskan untuk fokus pada tiga blog saja. Kalau Bu Ina sendiri punya berapa blog? Wah ada enam! Yuk, kita lihat ada blog apa saja. Blog lainnya milik Bu Ina Tanaya adalah: 
  1. Bright Diary dengan alamat www.inatanayajournal.blogspot.co.id
  2. Blog tentang kesehatan di  www.simpleadventurelife.blogspot.co.id
  3. Blog parenting di www.childparenting2.blogspot.co.id
  4. Blog untuk lomba di www.writingblogcompetition.blogspot.co.id
  Saya tertarik dengan blog pertama Bu Ina Tanaya di Kompasiana. Tulisannya selalu rutin terupdate. Akun Bu Ina Tanaya juga sudah terverifikasi. Alamatnya ada di www.kompasiana.com/www.inatanaya.com.

Blog Kompasian Ina Tanaya


  Kenapa saya tertarik dengan blog Kompasiana Bu Ina? Karena saya punya blog di Kompasiana juga. Tepatnya di www.kompasiana.com/innariana. Jangan lupa mampir ya *modus* Etapi nggak usah mampir deng. Saya malu. Blog Kompasiana saya tulisannya cuma sebiji. Sudah bikin sejak Maret 2012 dan belum ada postingan lagi. Coba bandingkan dengan blog Bu Ina, di Kompasiana beliau menulis sejak September 2012 dan postingannya sudah banyak. 

Blog Kompasiana saya yang lumutan 

  Sampai detik ini saya menulis, postingan di blog Kompasiana Ina Tanaya sudah ada 285 postingan! Dengan total dibaca sebanyak 76.560 kali. Beberapa postingan terlihat beruntun diupdate setiap hari! Wow, sungguh luar biasa semangat menuis Ibu Ina Tanaya ini!

   Selain salut dengan semangat menulisnya, saya juga salut dengan energi Bu Ina Tanaya yang aktif hadir di berbagai pelatihan dan acara blogger. Tengok saja waktu di Dilo tempo hari. Bu Ina datang jauh-jauh dari rumahnya di Bintro menuju ke Bogor! Wow! 

Pelatihan blog di Dilo Bogor (foto: Shintaries)

    Senangnya bisa mengenal sosok hebat seperti Bu Ina Tanaya. Berkat main ke blog Bu ina, saya jadi terpicu untuk menghidupkan kembali blog Kompasiana saya yang sudah lumutan. Pengen keren juga seperti Bu Ina. Semoga sehat selalu dan terus menginspirasi ya, Bu ^_^

Mau kenalan juga dengan Bu Ina Tanya? Sila kunjungi blognya yang sudah saya tulis alamatnya di atas. Boleh juga mengontak beliau langsung di akun sosial media berikut ini:
  • Facebook: Ina Tanaya
  • Twitter: @tanaya1504
  • Instagram: @ina_tanaya 

7 comments:

  1. Hebat.. Mengelola blog lebih dari satu.. Dan tetap konsisten.. Harus dicontoh nich ibu Ina... :)

    ReplyDelete
  2. Ibu Ina senang sekali ya punya hobi menulis atau hobi baru setelah pensiun. Betul mbak Inna, saya termasuk yang tidak bisa menulis kalau kurang konsentrasi. Saya butuh waktu khusus untuk menulis. Untuk satu posting di blog kadang saya butuh setengah hari atau 2 hari sambil di Sambi Sambi pekerjaan lain. Jadi blogger itu ternyata butuh usaha banyak juga ya :)

    ReplyDelete
  3. Hahaha iya jadi inget awal2 bikin grup WA mesti ketuker Ina dan Inna :))

    ReplyDelete
  4. duh si emak riweuhhh, lagi banyak cermin nih ye di tulisan ini, hehe. ayo mak semangat uga sama2. yess!

    ReplyDelete
  5. aku ada dibelakang sebelah mba Inanya, hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah ulasannya sangat lengkap dg foto.aku senang banget.tks mba Inna.semoga nama tak tertukar.

    ReplyDelete
  7. Waaaah keren.. Saya tadinya juga punya beberapa blog xD Sampai ada yang lupa password. Akhirnya tinggal 1 ajah. Itu aja bisa posting rutin udah syukur. Hehehe..

    Semangat nulisnya, Mbaaa ^^

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^