Wednesday, May 18, 2016

Shine Bright Like Shine Fikri



Jumpa lagi dengan teman blogger! Kali ini kita akan berkenalan dengan Shine Fikri. Memiliki nama asli Nur’aeni, ibu beranak dua yang masih balita ini tinggal di Bekasi. Saya baru mengenal nama Shine Fikri ketika kami berdua sama-sama mengikuti arisan link di komunitas Blogger Perempuan. Nah, beneran bertatap muka saat acara pelatihan blog dari komunitas yang sama di Dilo Bogor. Terus, gabung lagi deh sama-sama ikut arisan link yang diadakan oleh peserta pelatihan. Jadi, kami sama-sama ikutan dua arisan link. Dua arisan? Bayarnya gimana??? Lumayan lah buat saya, hehe.



  Saat mengikuti pelatihan, beberapa peserta membawa anaknya ke dalam kelas. Termasuk saya yang membawa Kk Rasyad (8 tahun) dan Dd Irsyad (5,5 tahun). Shine juga bawa anak, lho. Kedua anaknya mana masih berusia batita pula! Ada Fathan Al-Farisi (3 tahun) dan Nusaiba Haritsah El-Najmi (1 tahun). Kalau 2 boyz mah udah gedean ya. Sudah bisa diatur untuk duduk di kursi paling belakang dan anteng main game di netbook. Lha, kalau masih imut-imut seperti anak-anak Shine gimana?

Shine dan buah hatinya

   Ternyata oh ternyata... kedua bocah mungil tersebut sudah sering diajak ibu mereka ke berbagai acara pelatihan blog maupun acara dari komunitas menulis. Ya, Shine Fikri adalah ibu rumah tangga yang aktif dan tidak betah diam.  Riweuh alias repotnya mengurus anak ternyata tidak menghalangi Shine untuk tetap berkarya, aktif di komunitas, dan semangat menimba ilmu.



 Mempunyai latar belakang pendidikan di bidang IT, Shine bekerja sambilan sebagai frelancer di sebuah perusahaan IT.  Kecintaan Shine terhadap dunia menulis ada sejak lama. Waktu masih SMP, Shine senang menulis surat dan diary. Ketika SMA, Shine mengikuti lomba menulis surat untuk Bupati Subang dan menang! 



  Mulai mengenal blog di Multiply sampai platform tersebut ditutup. Mencoba ngeblog  lagi dari platform wordpress sampai blogspot. Kini Shine bertahan di blogspot dan mengubah blognya menjadi domain pribadi dengan nama www.shinefikri.com.




Blog Shine Fikri

  Shine mulai serius ngeblog sejak berkenalan dengan para ibu yang punya anak namun bisa teap kreafit dan blog bisa menghasilkan uang. Shine mulai aktif dalam komunitas FLP (Forum Lingkar Pena) dan berkenalan dengan penulis-penulis keren. Kiprah Shine di bidang menulis mulai bersinar sejak menjadi anggota aktif FLP Bekasi. Shine pernah menjabat sebagai Sekertaris dan Kepala Sekolah Pramuda dan Kepala Sekolah Muda (the last).

  Sempat vakum dari FLP ketika menikah dan hamil. Mengangggur di rumah membuat Shine merasa jenuh. Terbisasa beraktivitas di luar rumah, tiba-tiba harus diam di rumah dan mengurus anak. Lewat ngeblog, Shine terhibur dan bangkit kembali hingga bisa menelurkan banyak karya. Selama di FLP, Shine sudah menerbitkan 10 buku antologi (kolaborasi) dan 1 buku solo bertema IT. Shine juga sering menjadi juara penulisan baik di internal FLP ataupun diluar itu. Wah, hebat ya Shine!

Buku karya Shine Fikri



   Konsisten untuk tetap berkarya. Selain menelurkan banyak buku, Shine mulai serius menjadi blogger dan mulai membenahi blognya. Blog Shine punya baragam tema alias gado-gado.  Kebanyakan berisi curhat, pengalaman sehari-hari, liputan event yang dihadiri, sampai postingan lomba. Shine senang jika postingan bermanfaat bagi orang lain yang membacanya. Beliau juga merasa bahagia karena sudah menuangkan apa saja yang ada di benaknya dalam bentuk tulisan.

   Saya tertarik  dengan postingan berjudul #BahagiadiRumah Dengan Tersenyum. Dalam postingan yang dilombakan tersebut, Shine menulis lima hal yang menjadi panduan untuk bahagia di rumah, yaitu :


  1. Ketika sedang berkumpul, sebisa mungkin gadget hengkang dari hadapan. Karena inovasi canggih ini yang justru memiliki 2 mata pisau, yang jika tak pintar-pintar menggunakannya akan bablas tak karuan hidup tanpa arah. 
  2. Saling empati, saling simpati. Peduli adalah hal penting yang harus ditanamkan disetiap individu dalam tatanan keluarga. Karena keluarga terlahir dari kepedulian itu sendiri.
  3. Senyum. Tersenyum adalah cara terbaik menghadapi segala tantangan rumah tangga. Senang, senyum. Kesal, senyum. Ingin marah, senyum. Dengan tersenyum, ia bekerja untuk menina bobokan tensi darah yang hendak meledak. 
  4. Children See, Children Do. Prinsip ini yang kami pegang. Dengan panduan tersebut, kita sebagai orang tua jadi tahu pakem saat hendak melakukan hal-hal konyol diluar nalar logika. Sehingga sebisa mungkin berusaha menjadi teladan yang baik. 
  5. Menerima dengan penuh kesadaran dan kesyukuran akan profesi saya sebagai Ibu Rumah Tangga. Karena tanpa kedua hal tersebut, sehebat apapun profesinya, you just get nothing!
   Wah, setuju banget dengan apa yang Shine tulis. Buat yang nomor 1, menjauh dari gadjet itu memang penting jika sedang menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Di rumah, saya menerapkannya setiap hari dengan menyetrap gadjet selepas maghrib sampai jam tidur anak-anak. Selain gadjet, televisi juga dimatikan. Kami sekeluarga pun bisa lebih banyak waktu berbincang satu sama lain :)


   Kembali lagi ke blog Shine. Blog ini mempunyai tagline: Dream Shine, Think Shine, Experience Shine. Berikut alasan beliau tentang tagline tersebut:
  • Dream shine. Pertama karena saya seneng banget bermimpi. Menuliskan beribu mimpi di banyak lembar kertas. Iya ketika dituliskan itu, kok ya tiba-tiba ada saja yang menurut saya keajaiban. Banyak banget yang saya sudah lupa menuliskannya dan ternyata terwujud. Bener kata Arai ya? Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi kita! Iya tapi jangan lupa juga effort-nya.
  • Think shine dan Experience Shine, karena isi blog itu adalah asli pemikiran dan kebanyakan dari pengalaman saya.
  Shine Fikri memang siap untuk bersinar. Tiba-tiba, saya jadi pengen nyanyi... Shine bright like a diamond... Shine bright like a diamond... *siapin kresek*

  Mudah-mudahan kiprah Shine Fikri di bidang menulis semakin eksis dan karya-karyanya bersinar. Semoga sukses buat Shine ^_^

Pelatihan di Dilo: April, saya, dan Shine.

Boleh kepo-in langsung Shine Fikri di alamat berikut:

Website : www.shinefikri.com 
FB : Shine Fikri 
Twitter : @shine_fikri 
Instagram : shinefikri.fisabilillah

10 comments:

  1. woww... semangatnya boleh juga ya, ikut pelatihan dgn membawa 2 balita. Salut :)

    ReplyDelete
  2. Sukses selalu yaa buat Shine dan kita semuaaaa

    ReplyDelete
  3. halo salam kenal mbak shine, nama pena-nya unik shine fikri

    ReplyDelete
  4. shine bright like a diamond *ikutannyanyi, hahaha.. saya selalu salut sama energi para emak riweuh semacam mak Inna, jg mahmud mb Shine. Smg bs seperti kalian nanti jika telah diamanahi ya :)

    ReplyDelete
  5. walaupun ibu rumah tangga, tetapi semangat blog dan ikutan event nya aktif banget

    ReplyDelete
  6. wah abis ini langsung mau bw ke blognya mba shine :)

    ReplyDelete
  7. ahaha, ikutan nyanyi jg :D

    makasih ya mak review-nya.
    senang bisa berkenalan dg sesama emak riweuh kece yg 1 ini :*

    btw, sarannya diterima, segera dilaksanakan ;)

    ReplyDelete
  8. Wah Shine, seneng bisa kenal sama orang-orang produktif

    ReplyDelete
  9. Mba Shine selalu bikin takjub karna penuh semangat membawa anak-anak ke manapun :)

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^