Sunday, January 21, 2018

5 Motif Batik Solo yang Jadi Oleh-oleh Paling Disukai Keluarga dan Teman Dekat



Mau jalan-jalan ke Solo? Sekarang, terbang ke Solo lebih mudah dengan rute penerbangan dari berbagai kota bersama Wings Air. Menikmati wisata belanja di Solo, jangan lupa membeli batik. Motif batik Solo menjadi salah satu motif batik terbaik yang ada di Indonesia. Kamu bisa memilih batik-batik cantik asli Solo ini sebagai koleksi maupun oleh-oleh untuk orang tersayang.

Melihat perkembangan batik yang semakin menunjang fashion, keluarga maupun teman dekat kamu pasti senang diberi oleh-oleh ini. Bahkan tanpa dijahit pun, kini kain batik bisa langsung digunakan sebagai rok lilit maupun scarp yang diikatkan di tas. Apalagi jika kamu memilih 5 motif batik terbaik berikut ini.

1) Motif Parang 

Bisa dibilang, motif ini merupakan yang tertua di tanah air. Bentuknya seperti huruf S yang tersusun saling menjalin dari atas ke bawah, berkesinambungan secara diagonal. Kesinambungan motif tersebut tampak seperti lereng, dan dalam bahasa Jawa lereng disebut dengan Parang. 

Motif parang (sumber: fimela.com)

Bentuk huruf S yang dijadikan motif ini adalah gambaran ombak. Bagi orang Jawa, ombak menjadi lambang dari semangat yang tak pernah surut. Makanya, jaman dulu para prajurit perang menggunakan batik ini sebagai bagian dari semangatnya dalam membela negara agar harapan untuk menang tak pernah padam. 

2) Motif Kawung 

Jika zaman sekarang ada kain dengan motif polkadot, maka sejak jaman dulu kain batik tradisional kita sudah mengenal motif tersebut dengan nama Motif Kawung. Bedanya, bentuk bulat pada motif ini agak lonjong, menyerupai buah kawung (kolang-kaling). 

Motif kawung (sumber: bukalapak.com)

Bentuk motif ini disusun secara geometris, dari berbagai sisi membentuk empat buah kelopak bunga seperti bunga teratai. Dalam kebudayaan Jawa, bunga teratai melambangkan kesucian dan panjang umur. Dahulu, biasanya mereka yang bekerja di kantoran menggunakan kain batik bermotif Kawung ini sebagai pakaian kantornya. 

3) Motif Satrio Manah dan Motif Semen Rante 

Kedua motif ini merupakan motif pada kain batik yang biasa dipakai untuk acara lamaran. Jadi, cocok untuk oleh-oleh sekaligus kado bagi teman kamu yang hendak lamaran atau tunangan.

Motif satriya manah dan semen rante
(sumber: museumbatikdanarhadi.blogspot.co.id)

Satrio Manah dengan motif bergambar kestaria yang sedang memanah adalah kain untuk calon prianya. Motif ini menggambarkan harapan sang pria agar lamarannya diterima. Sedangkan untuk calon wanita, motif Semen Rante menjadi lambang keterikatan antara dirinya dan calon pria yang juga menunjukan penerimaan terhadap lamaran tersebut. 

Dengan kado yang kamu berikan pada keduanya, kamu menyimpan harapan agar pasangan ini bisa saling menerima dan bisa sampai ke jenjang selanjutnya. Jadi pengin segera pesan Wings Air, ya? 

4) Motif Truntum 

Truntum artinya tumbuh lagi. Sebuah nama yang sesuai dan cocok dengan motif cantik batik ini. Motif taburan bunga kecilnya seolah tidak pernah habis.

Motif truntum (sumber: batiksolo.id)

Melihat arti nama motif tersebut, kain batik yang biasanya berlatar warna gelap dengan motif yang terang ini sering dijadikan kain untuk acara pernikahan. Kamu pun bisa menjadikannya kado bagi teman kamu yang baru saja menikah dengan harapan cinta mereka tak pernah padam, selalu tumbuh dan tumbuh lagi setiap harinya. 

5) Motif Sawat 

Jaman dulu, motif ini adalah motif sakral yang hanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Motifnya terdiri dari bentuk-bentuk lambang kekuasaan dan kekuatan raja, seperti sayap burung garuda. 

Motif sawat (sumber: batiklatarbiru.com)

Namun, kini penggunaan batik dengan motif Sawat lebih universal. Baik itu sebagai kain pengantin maupun untuk pakaian biasa, seperti kemeja dan rok.

Nah, jadi jangan bingung lagi ya saat memilih oleh-oleh Solo untuk orang di rumah. Bawakan saja batik-batik bermotif cantik ini. Pesan segera tiket Wings Air, ya.


4 comments :

  1. jadi inget kain2 yg dikasih ibu saat lahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga masuh punya dari almarhum mamah mertua :)

      Delete
  2. Entah ya, aku tu sukaaa banget motif parang. Kalau disuruh milih seragam kawinan keluarga, pasti aku mintanya parang.

    ReplyDelete
  3. Haha aku paling suka kalai dapet oleh oleh batik

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top