Tuesday, January 16, 2018

Jenis Dompet Wanita Sesuai dengan Fungsinya


Pernah ketinggalan dompet saat sedang bepergian ke luar rumah? Gimana rasanya? Pasti kesal. Jangan sampai ketinggalan dompet, deh. Dijamin bikin kacau berbagai urusan karena tidak bisa bertransaksi menggunakan uang tunai dan ketinggalan kartu identitas penting. Begitu tahu ketinggalan dompet, usahakan langsung balik lagi ke rumah untuk mengambilnya. 

Selain ketinggalan, ada lagi yang bikin dompet tidak ada di dalam tas, yaitu kecopetan. Kalau sudah kejadian seperti ini, segera lapor polisi untuk mengurus surat-surat penting seperti KTP dan SIM. Jangan lupa hubungi bank tempat kita membuat kartu ATM dan kartu kredit untuk segera diblokir.

Dompet tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pria dan wanita. Selain sebagai benda yang wajib dimiliki, dompet wanita kini jadi bagian dari fashion. Modelnya yang stylish akan menunjang penampilan sang pemiliknya. Bahkan warna-warna dompet yang cantik bisa di mix and match dengan busana yang dikenakan.

Saya sendiri setiap hari pasti keluar rumah dengan membawa dompet. Mulai pagi hari saat ke tukang sayur, ada keperluan di luar rumah, dan datang ke acara seperti acara sekolah sampai kondangan. Dari semua kegiatan itu, dompet yang saya bawa tidak selalu sama, lho. Semua disesuaikan dengan situasi dan tempat yang akan saya kunjungi. 

Untuk pergi ke tukang sayur misalnya, saya nggak mungkin bawa dompet yang sama untuk pergi ke pesta. Ternyata, selain penampilan yang disesuaikan dengan tempat yang dituju, dompet wanita punya banyak jenis sesuai dengan fungsinya, yaitu:

1. Dompet Uang Receh

Jenis dompet ini yang sering saya pakai saat pergi ke warung dekat rumah. Di dalam tas, dompet ini juga saya bawa untuk menyimpan uang receh sebagai ongkos. Jumlah uang dalam pecahan yang lebih besar saya simpan di dompet lain secara terpisah.

Dompet uang receh biasanya berbentuk seperti kantung untuk menampung uang koin. Bentuknya bisa persegi dengan resleting. Ada juga yang mempunyai desain ala dompet nenek jaman dulu seperti dompet burung hantu berikut ini:

Dompet burung hantu


2. Flap Wallet

Dompet ini mempunyai banyak sekat untuk menyimpan uang kertas dan beberapa slot untuk menyimpan kartu penting. Modelnya cantik dan elegan tanpa resleting. Karena hanya muat untuk uang kertas dan kartu saja, ukuran dompet ini lumayan tipis sehingga muat dimasukkan ke dalam tas. Saya selalu membawa dompet ini bersamaan dengan dompet uang receh di dalam tas. 
Flat wallet merk London Berry

Ada juga flap wallet yang menyertakan kantung uang receh seperti London Berry By HUER Leafa Small Flap wallet berikut ini:

Bagian dalam flap wallet

Biasanya, bahan yang paling umum digunakan untuk flap wallet adalah dari kulit (yaitu kulit sintetis maupun imitasi). Tapia da juga yang berbahan katun seperti flap wallet kepunyaan saya. Dompet berwarna merah ini adalah pemberian dari Kakak saya. Bagian depan ada border bunga. Sengaja tidak saya foto karena motifnya sudah pudar. Jadi. Saya perlihatkan bagian dalamnya saja ya…


Flap wallet milik saya

3. Compact Wallet

Disebut compact karena bentuknya yang simpel dan kokoh dengan resleting di sekelilingnya. Bisa memuat uang kertas, uang koin, dan aneka kartu. Kadang bisa memuat sebuah smarphone jika isi dompet tidak telalu banyak. Dijamin semuanya tersimpan dengan aman dan tidak akan berceceran karena dilindungi oleh resleting.

Contohnya adalah dompet wanita Chatelain Cats yang cantik ini:

Dompet compact merk Chatelain Cats

Compact wallet yang dipakai untuk kondangan punya desain mewah dan elegan serta berukuran lebih panjang. Seringkali disebut sebagai clutch. 

4. Wallet Organizer

Wallet organizer juga kerap disebut wrislet. Disebut organizer karena bisa menyimpan banyak barang di dalamnya. Sedangkan wrislet menandakan bahwa dompet jenis ini memiliki tali untuk diselempangkan di bahu. Tali ini bisa pasang dan dilepas sesuai selera.

Wallet organizer punya banyak sekat, ada kantung beresleting untuk uang receh, slot kartu, dan bahkan muat untuk dua smartphone sekaligus. Karena muat banyak barang, dompet ini bisa berfungsi sebagai tas. Praktis banget! Saya sering menggunakan dompet jenis ini jika bepergian ke tempat yang dekat dengan naik ojek seperti ke sekolah atau belanja ke minimarket.

Wallet organizer milik saya
Nah, itulah jenis-jenis dompet wanita sesuai fungsinya. Setelah menulis ini, baru sadar ternyata dompet flap katun milih saya sudah kelihatan kusam. Clutch untuk kondangan juga sudah kelihatan ketinggalan jaman. Sudah waktunya berburu dompet wanita model baru, nih! Biar punya dompet wanita kekinian.

Kalau kamu sendiri ladies, punya dompet jenis apa?

18 comments :

  1. Aku compact wallet kayaknya mbaa. Tapi sbnrnya buat kartu aja eh karena suka modelnya jadi buat uang juga ��

    ReplyDelete
  2. Sekarang pakai flap wallet, Mbak. Dulu pernah pakai wallet organizer juga. Simpel karena kartu2 juga di sana. Ponsel juga ada slotnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pake flap wallet. malah bisa sekalian masuk ke wallet organizer :D

      Delete
  3. yang suka ketinggalan saya itu, dompet koin. kalo ke minimarket kan suka butuh uang receh, tapi pasti ketinggalan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dompet koin berat isinya. kadang suka males bawa tapi butuh ya :D

      Delete
  4. Saya punya semua dompet itu haha dan saya pakai sesuai waktu dan butuhnya wkkwkwkw

    ReplyDelete
  5. saya biasanya pakai dompet flap buat sehari-hari. tapi kadang berasa gede banget dompetnya karena isinya kartu semua. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. tapi kalo ga dibawa gimana gitu...

      Delete
  6. dompet cewek, bentuknya aneh aneh
    punya cowok mah gitu gitu aja hahaha

    ReplyDelete
  7. Plaf wallet ada, sama dompet untuk uang koin mak..kepengen yg ringan tapi muat banyak yang kayak apa yak?? he he malahan nanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ringan ya susah atuh mak, hihi. koin n kartu aja udah lumayan.
      aku kalo males berat suka bawa koin sedikit dan kartu seperlunya aja (ktp n kartu diskon minimarket doang yang dibawa) :D

      Delete
  8. kalau aku punay dua dompet satu buat receh , satu buat uang kertas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kecampur jadi gampang nyarinya ya bu :)

      Delete
  9. banyak banget ya jenis dompet wanita, beda banget sama laki-laki yang cuma model lipet doang, ha..ha..ha..

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top