Saturday, October 21, 2023

Drama Korea Reply1988: Nggak Bosen Ditonton Berkali-kali


Tema challenge di hari ketiga dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) ini sesuai banget dengan blog ini. Namanya blog lifestyle alias gado-gado, saya iseng menulis review drama korea yang baru ditonton. Nggak disangka, ternyata banyak juga yang baca.

Meski banyak yang baca, saya nggak rutin update tentang drama Korea. Maklum saya mah orangnya gimana mood. Kalau lagi suka banget sama satu drakor, setelah tamat sering gagal move on. Terus tergiang di kepala. Setelah disalurkan lewat tulisan, langsung plong dan saya bisa melanjutkan hidup nonton drakor selanjutnya, hehe.

Balik lagi ke tema challenge KEB, yaitu: film atau drama favorit yang nggak bosen ditonton berkali-kali. Awal kenal drakor, saya bisa ngulang nonton setelah tamat. Makin kesini sudah nggak pernah lagi nonton ulang. Penyebabnya adalah karena bermunculan banyak drakor baru yang menggoda untuk ditonton. Saya kan harus mengatur waktu untuk menonton semuanya, haha!

Jelas ada dong drakor favorit yang kalau ditonton ulang nggak ngebosenin buat saya. Beberapa kali ditayangkan di televisi lokal, saya pasti ikutan nonton lagi. Drama apa hayo... yup ini sepertinya jadi drama favorit banyak orang. Yaitu drama dengan judul Reply 1988.

Hidup Bertetangga ala Reply 1988

Reply 1988 tayang di Korea tahun 2015. Berkisah tentang persahabatan 5 remaja sejak kecil yang tinggal berdekatan. Berlatar tahun 1988, pemeran utama drama ini adalah Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Ryu Jun-yeol dan Lee Dong-hwi.

Poster Reply 1988

Drama komedi tentang cinta, persahabatan dan keluarga ini relate banget dengan apa yang kita alami di kehidupan sehari-hari ini. Episodenya ada 20 namun nggak bikin bosen dan nggak terasa sudah tamat aja ketika nonton Reply 1988.

Berhubung ini adalah drama slice of life, jadi nggak ada tuh tokoh antagonis yang bikin kesel. Beneran cerita tentang hal nyata di kehidupan sehari-hari. Berasa naik mesin waktu ke tahun 1988. Bagi yang belum lahir, bisa lihat kayak gimana kehidupan tahun 1988 dan printilan serta suasana jadul yang nggak bakal ditemuin di jaman sekarang.

Disutradarai oleh Shin Won-ho, adegan kebanyakan diambil di lingkungan tempat tinggal para tokohnya. Yaitu di lingkungan Ssangmungdong di Distrik Dobong Seoul Utara. Seperti gang komplek di Indonesia, keluarga yang tinggal di sini menjalani hidup bertetangga yang akrab.

Gang penuh kenangan

Para Tokoh Utama di Reply 1988

Cerita seputar persahabatan lima anak SMA yang tinggal bertetangga sejak kecil. Mereka adalah Sung Doek-sun, Choi Taek, Sung Sun-woo, Kim Jung-hwan, dan Ryu Dong-ryong. Satu anak perempuan dan empat anak laki-laki. 

Lima tokoh utama Reply 1988

Siapa saja mereka? Yuk kita kenalan satu per satu dengan tokoh utama Reply 1988...

1. Sung Doek-sun 

Sung Doek-sun adalah satu-satunya perempuan. Sifatnya ceria dan agak sembrono. Dia adalah anak kedua dari tiga bersaudara (kakak perempuan dan adik laki-laki). Keluarganya hidup pas-pasan dan tinggal di rumah semi bawah tanah. 

Doek-sun kurang pandai di sekolah, sedangkan kakaknya Bora adalah murid berprestasi di kampus. Dua kakak beradik ini kerap berkelahi. Tentu saja Doek-sun selalu kalah karena Bora sangat galak.

Sung Deok-sun diperankan oleh Hyeri

Ada persamaan antara Deok-sun dengan saya. Sama-sama anak kedua, punya kakak perempuan dan adik laki-laki. Kakak perempuan saya pintar, dan adik saya juga pintar. Jadi saya aja yang kelelep nggak pernah juara kelas seperti mereka berdua. Tapi bedanya, kakak saya orangnya nggak segalak Bora dan baik hati. Terus, saya juga orangnya nggak seceria Deok-sun hehehe.

2. Kim Jung-hwan 

Kim Jung-hwan adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Perekonomian keluarganya sebelumnya miskin, lalu berubah membaik sejak kakak laki-lakinya memenangkan lotere. Keluarganya tinggal di lantai atas rumah keluarga Deok-sun. Sifat Jung-hwan agak cuek namun perhatian. 

Jung-hwan diperankan oleh Ryu Jun-yeol

Jung-hwan cukup pandai di sekolah. Berbeda dengan kakaknya yang mengganggur karena berulang kali tidak lulus ujian masuk perguruan tinggi. Mungkin karena kondisi fisiknya yang punya penyakit berat, sang kakak jadi agak ketinggalan. 

3. Choi Taek

Choi Taek tinggal berdua dengan ayahnya. Ibunya sudah meninggal. Dia tidak bersekolah karena berkaris sebagai pemain baduk yang sering memenangkan kompetisi. Sifatnya sangat kalem dan polos.

Choi Taek diperankan oleh Park Bo-gum

Karena kepolosannya itulah, Choi Taek kerap jadi sasaran kejahilan teman-temannya. Lucunya, Choi Taek nggak pernah marah walau diusilin dan hanya bisa nyengir pilu. Agak laen emang dibandingkan peran Park Bo-gum di drama Encounter yang bikin cewek bisa kelepek-kelepek hehehe.

4. Sung Sun-woo

Sung Sun-woo tinggal bersama ibu dan adik perempuannya yang masih kecil. Ayahnya sudah meninggal. Sun-woo rajin belajar dan bercita-cita menjadi dokter. Karakternya tenang dan bisa mengayomi teman-temannya yang rada sengklek.

Sung Sun-woo diperankan oleh Go Kyung-pyo

Sun-woo ternyata naksi Bora, kakaknya Deok-sun. Segala upaya dia lakukan untuk mencuri perhatian Bora. Apalagi Bora sudah punya pacar yaitu senior di kampusnya. Teuteup emang Go Kyung-pyo cocok banget meranin cowok yang punya kharisma seperti di drama Jelaously Incarnate dan drama romantis terbaru lainnya.

5. Ryu Dong-ryong 

Keluarga Dong-ryoo jarang ditampilakan dalam drama ini. Dia adalah anak tunggal yang kesepian di rumah. Ibunya pekerja kantoran dan ayahnya guru di sekolahnya sendiri. Sifatnya ceria dan suka membuat onar. Mungkin karena kesepian inilah dia sering membuat ulah untuk menarik perhatian orangtuanya.

Ryu Dong-ryong diperankan oleh Lee Dong-hwi

Saya baru ngeh waktu nonton drakor Pegasus Market, kok kayak nggak asing dengan pemeran utamanya. Ternyata itu adalah Lee Dong-hwi. Pernah lihat juga di film Extreme Job dengan tampilan beda pakai kumis. Drama lainnya Lee Dong-hwi saya belum nonton. Tapi pasti keren karena aktingnya oke punya.

Para Orangtua di Reply 1988

Bukan hanya anak-anaknya saja yang kompak menjalin pertemanan, para orangtua juga akrab dan saling peduli satu sama lain. Terutama para emaknya nih, tiga ibu yang hubungannya sangat dekat seperti saudara.

Selalu kompak bareng bestie

Para bapak juga nggak kalah seru kelakuannya. Sebagai kepala keluarga, digambarkan bagaimana mereka mencari nafkah. Lelah pulang kerja lalu pulang ke rumah ketemu istri yang lagi bawel. Kita jadi ikut capek lihatnya adudu.

Tetangga kompak... mau dong!

Namanya hidup bertetangga, ada aja masalah ya. Namun kalo dasarnya kompak dan saling perhatian, semua masalah bisa teratasi. Mulai dari masalah maling, saling kirim makanan, sampai tindakan gercep menolong tetangga yang sakit. Bikin hati jadi terasa hangat.

Kisah Persahabatan dan Cinta

Akrab sejak kecil membuat mereka kompak. Namanya anak remaja, ada saja kelakuan mereka yang lucu dan menghibur. Juga diramaikan dengan kisah cinta ala muda-mudi pada jaman itu. 

Kok bisa ya dari sahabat terus jadi cinta? Ya bisa banget. Seperti kisah Persahabatan dan Cinta di Drama Korea Soundtrack No. 1. Serasa melihat cinta lama yang bikin gemes seperti di drakor Our Beloved Summer.

Selain suka dengan persahabatan Deok-sun dan 4 bodyguardnya ini, ada persahabatan antar ciwi-ciwi juga. Deok-sun bersekolah di SMA khusus perempuan, dia punya 2 bestie yang bisa diandalkan walau kelakuannya rada absurd.

Bestie-nya Deok-sun di sekolah

Serunya menyimak kisah persahabatan ini jadi inget bestie sendiri di masa sekolah nggak sih? Uh, jadi kangen deh!

Oia lanjut ke cerita persahabatan Deok-sun dan cowok-cowok satu gang. Ternyata kedekatan mereka berlanjut sampai kuliah dan kerja lho. Padahal jaman itu kan belum ada media sosial yang bikin kita bisa kontakan kapan aja. Jadi mereka sudah janjian bakal ngumpul bareng setiap hari ulang tahunnya Choi Taek. Sesibuk apa pun dengan kerjaan saat itu.. pokoknya harus pulang dan ketemuan! So sweet nggak sih.

Ngumpul bareng di kamar Choi Taek

Setelah menonton Reply 1988, banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik lho. Yaitu tentang indahnya persahabatan, kasih sayang orangtua terhadap anaknya, hubungan dengan saudara kandung yang menyentuh, komunikasi anak dengan orangtua, suka duka jadi ibu rumah tangga, belajar giat untuk meraih prestasi yang baik, dan masih banyak lagi. Pokoknya nonton deh dijamin ikutan gemes dengan drama Reply 1988 ini.



2 comments :

  1. Ya ampuuuun aku kangeeeen Drakor iniiiii 😍😍😍😍👍. Bener sih mba, ini terbaiiiik banget, pas uh tamat, kayak ada yg kuraaang aja. Trus durasi 1.5 jam per eps pun ga bikin berasa lama yaaa.

    Aku paling ngakak pas ibunya Jung Hwan ikut lomba nyanyi dan kasetnya ketukar Ama kaset penjual telur, 🤣🤣🤣🤣🤣. Ya Allah sakit perut part itu 😂

    Tapi aku memang jarang nonton drama sampe berulang. Jadi biasanya cukup sekali. Soalnya list Drakor lain banyak banget yg masih antri hahahah.tapi utk slice of life genre, reply 1988 ini paling kereeen sih. Bikin susah lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ada aja emang kelucuan para emaknya ya :D
      bener... sama sekarang aku jarang nonton ulang krna banyak yang baru pada bagus2 :P

      Delete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top