Wednesday, October 25, 2023

Harapan Ngeblog untuk Diri Sendiri dan Komunitas Emak Blogger di Hari Blogger Nasional

Alhamdulillah sampai juga pada challenge one day one post hari ketujuh alias terakhir dari Kumpulan Emak Blogger (KEB). Tema kali ini adalah: hari blogger nasional, harapan untuk diri sendiri dan KEB ke depan.

Sebelumnya, kita bahas dulu tentang Hari Blogger Nasional. Berawal dari sebuah acara yaitu Pesta Blogger yang diadakan pada tanggal 27 Oktober 2007. Saat itu Mentri Komunikasi dan Informatika Prof Dr Mohammad Nuh menentukan tanggal tersebut sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada saat itu, penetapan Hari Blogger Nasional adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang manfaat blog untuk mendapatkan informasi yang terpercaya. Blog yang berisi tulisan ini juga bisa tempat mencari penghasilan tambahan. Alhamdulillah, berarti blogger sudah jadi profesi dan diakui keberadaannya bermanfaat untuk masyarakat umum.

Bangga Jadi Emak Blogger

Alhamdulillah sejak jadi blogger, saya sendiri juga ikut mencicipi rejeki lewat ngeblog. Mulai dari bayaran job review, fee dari event blogger, sampai dapat hadiah dari lomba blog. Untuk urusan job, saya nggak terlalu bernafsu lho. Nggak semua job yang datang saya terima. Kebanyakan difilter, maklum saya kan emak riweuh. Saya lebih mementingkan waktu untuk keluarga dibandingkan menghabiskan waktu untuk urusan blogger.

Bagi saya, jadi blogger itu menyenangkan dan saya bangga sebagai emak blogger. Karena emak blogger itu beda lho dengan emak pada umumnya. Bedanya di mana? Yaa kalau emak blogger bisa nulis, kalo emak biasa kan belum tentu, hehe.

Iya dong, jadi emak blogger bikin kita beda. Karena biasa menulis, emak blogger lebih santun dalam bersikap dan memecahkan masalah. Nggak emosian dan julid nggak jelas gitu. Dengan kata lain, well educated gitu lho.

Alasan lain yang bikin saya senang ngeblog yaitu dapat banyak ilmu dan teman-teman baru lewat berbagai komunitas blogger. Paling banyak dapat teman yaitu sesama emak blogger yang tergabung dalam komunitas Kumpulan Emak Blogger. Saya sudah gabung di masa KEB awal berdiri sampai sekarang. Jelas bangga dong jadi bagian dari KEB.

Acara KEB terakhir yang saya datangi yaitu HUT KEB ke 11

Lewat komunitas blogger, saya bisa berkembang menjadi blogger seperti sekarang. Kegiatan yang diikuti selain event blogger yaitu ikut berbagai pelatihan alias workshop blog secara online dan offline. 

Baca juga: Ketika Emak Pemalu Bergabung di KEB

Kerasa banget kalau kita jadi blogger ini kudu punya banyak skill alias keterampilan tambahan selain menulis. Ya itu tadi, blogger bisa memotret dengan baik. Karena foto adalah bahan tulisan juga yang diperlukan untuk melengkapi informasi. Kalau fotonya burem, nanti informasinya tidak sampai ke pembaca blog. 

Sekarang skill memotret kepake banget untuk berkarya di platform media sosial yang menampilkan foto. Menjadi content kreator dari foto-foto ciamik dalam menyampaikan informasi. 

Setelah foto, kini blogger dituntun untuk bisa membuat konten video. Beberapa syarat job blogger mulai menyertakan kewajiban posting di akun media sosial yang menggunakan video. Sekalian aja jadinya. Konten video untuk lampiran di blog bisa ditayangkan juga di akun media sosial.

Nggak masalah sih buat saya mengenai konten foto dan video yang dibagusin. Sekalian belajar hal baru rasanya seru. Dari blogger jadi bisa merangkap jadi fotographer dan videographer. Keren bukan?


Ngeblog di Tahun 2023

Bagaimana dengan ngeblog di tahun 2023 ini? Masih rame nggak?

Seriusan masih ngeblog sampai sekarang? Kenyataannya, mulai banyak temen-temen blogger yang beralih jadi content creator, videographer, photographer, atau profesi lain. Penyebabnya adalah semakin banyak orang yang bermain media sosial. 

Pesatnya kemajuan teknologi, membuat banyak platform informasi lain yang berkembang selain media blog. Makin beragam dan canggihnya fitur di media sosial, membuat orang-orang lebih banyak menggunakan media sosial. Dari sekedar mengabadikan momen pribadi sampai berbagi konten yang bermanfaat. 

Apalagi dengan memonetasi akun media sosialnya. Semakin banyak yang melihat konten kita di media sosial, tambahan penghasilan bisa didapat. Terutama konten video pendek ya. Mulai dari media sosial Tiktok, Reels Instagram, atau Youtube Shorts. Lebih lengkap tentang ini nggak akan saya bahas karena saya sendiri masih cetek ilmunya.

Meskipun gempuran konten video makin merajalela, konten tulisan blog tetap masih ada peminatnya lho. Contohnya saat tengah mencari info tentang hotel di Bogor. Tinggal ketik di kolom pencarian, langsung keluar deh semua konten tentang hotel di Bogor. Mau cari review jujur, bacalah blog. Jadi, blog masih ada pembacanya sendiri sampai saat ini.

Jadi... tenang saja, tulisan blog masih banyak peminatnya. Masih banyak orang yang mencari informasi yang dibutuhkan dengan membaca blog. So, rajin-rajin update blog dengan tulisan yang bermanfaat ya!


Tetap Setia Ngeblog Sampai Pensiun

Tetap setia ngeblog sampai pensiun, itu tekad saya. Saya akan terus menulis blog sampai pensiun nanti. Pensiunnya kapan? Entahlah... saya malah bingung kalau pensiun ngeblog kayaknya hidup kurang seru hahaha!

Saya suka menulis blog. Ini adalah zona nyaman saya. Konten tulisan sudah jadi bagian dari hidup saya. Kalau konten foto yaah kadang-kadang aja kalau lagi rajin. Terus, kalau bikin konten video saya masih megap-megap gapteknya, hahaha. Memang sih, saya juga belajar bikin video juga demi mengikuti perkembangan jaman. Tapi yaa gitu deh, saya kurang rajin belajarnya hehehe.

Tidak disangka, ngeblog sudah mengubah hidup saya. Jadi lebih bahagia karena ngeblog bagi saya adalah terapi jiwa, sarana untuk mengaktualisasi diri. Kalau nggak nulis blog sekian lama, bawaannya jadi galau dan gampang uring-uringan. Setelah nulis satu postingan aja, kok ada perasaan plong gitu. Padahal yang ditulis bukan tentang curhatan (seringnya nulis resep makanan sih).

Baca juga: Cara Mudah Meraih Kebahagiaan


Harapan Saya Sebagai Blogger

Harapan saya sebagai blogger yaitu bisa menjadi blogger yang memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Saya masih setia menulis resep masakan di blog www.dapurngebut.com. Bakal terus update tentang postingan lifestyle termasuk ulasan drama Korea di blog www.innariana.com. Juga menuliskan cerita jalan-jalan keluarga di www.emakriweuh.blogspot.com.

Semoga perkembangan jaman ini tetap mendukung blogger untuk terus eksis berkarya dan menjadi sumber informasi di dunia digital, aamiin.


Doa dan Harapan untuk Komunitas Emak Blogger

Doa saya untuk Komunitas Emak Blogger:

Semoga KEB terus menebar manfaat untuk para emak blogger dan blogger di seluruh dunia. Semoga berumur panjang dan kompak selalu antara makmin dan membernya. Semoga terus sukses menginspirasi masyarakat pada umumnya. Aamiin.

Oia, doa buat KEB ini selalu diucapkan setiap KEB bertambah usia lho. Dan saya nggak bosan mendoakan yang sama. Karena memang secinta itu saya sama KEB, uhuk!

Baca juga: Belajar Ilmu Padi dari Komunitas Emak Blogger


Acara HUT KEB ke 3 di Bandung tahun 2015

Harapan saya untuk Komunitas Emak Blogger kayaknya lebih bersifat pribadi alias yang berhubungan dengan diri sendiri (nggak apa-apa ya, hehe), yaitu:

1. Event job blogger khusus calon lansia
Namanya emak, pasti banyak job yang berhubungan dengan anak dan keluarga. Berhubung anak-anak saya sudah besar (baca: tidak bisa diberdayakan hehe), jadi saya sering melewatkan job yang melibatkan anak-anak. Kalau bisa, kasih dong emak jelita (jelang lima puluh tahun) ini job blogger yang sesuai. 

2. Adakan Lebih Banyak Worskhop Online dan Offline
Kalau ini sih, saya lihat KEB cukup aktif membuat konten berbagi ilmu untuk para membernya. Saya sendiri pernah kebagian jatah untuk sharing materi (dua kali, malah). Terakhir saya sharing tentang Tips dan Trik Konsisten Menulis Blog MakananRasanya bangga dan terharu karena KEB masih inget sama saya, makasih ya. Nanti ajak saya lagi kalau ada workshop ya Makmin, aamiin.


3. Sering-sering Bikin Challenge Seru

Challenge seru seperti yang sedang saya ikuti ini benar-benar bikin saya 'bangun' dari kemageran nggak update blog. Ditantang untuk posting blog dan menulis minimal 1000 kata setiap hari. Nggak boleh dirapel pula. Postingannya kudu fresh dibuat pada hari yang sama. 

Biasanya, satu postingan blog aja saya ngerjainnya bisa beberapa hari. Apalagi yang ditarget harus minimal 1000 kata. Tambah lama lagi lah saya ngeberesinnya hahaha. Salut untuk ide KEB bikin challenge one day one post yang penuh tantangan dan tuntutan untuk konsisten ini.

Kesan setelah mengikuti challenge ini, ternyata bisa yaaa  update blog setiap hari. Malah nulis panjang segala. Ada unsur paksaan harus bisa menyelipkan waktu menulis ditengah keriweuhan aktivitas sehari-hari. 

Paling berat ngerjainnya saat akhir pekan, waktunya untuk keluarga. Sering juga pergi ke luar rumah. Sampe rumah dalam keadaan capek, disempetin untuk nulis blog. Kasih tepuk tangan dong untuk kita semua yang sudah menyelesaikan challenge ini! Selamat ya Mak!

4. KEB, main ke Bogor lagi dong!
Nah ini dia yang bikin saya kangen masa-masa makmin KEB main ke Bogor. Pertama pernah Kopdar Pertama Kali Bersama KEB di kafe dekat Mall Botani. Lalu acara Halbil KEB Jabodetabek di Kebun Raya Bogor sambil botram (piknik bawa makanan masing-masing). Penuh kenangan indah dan seru!

Sebuah kehormatan bisa menyambut para makmin KEB dan member KEB yang datang ke Bogor. Kami emak blogger dalam naungan Asinan Blogger pasti akan menyiapkan segala sesuatunya untuk acara di Bogor. Mau bikin event temu kangen, workshop, atau sekedar acara non resmi juga hayuk aja. Misalnya ada makmin atau member KEB mau main ke Bogor dan butuh guide buat kulineran... kita insha Allah siap!

Halbil KEB di Kebun Raya Bogor tahun 2015

Nah, harapan saya yang terakhir itu beneran saya ngarep banget. Berhubung saya sudah tua nggak kuat jalan jauh ke Jakarta untuk hadir di event, gimana kalau KEB mengulang lagi keseruan di Bogor? Seriusan lho ini. Saya tunggu yaa kehadiran KEB di Bogor. Love you full!


No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top