Saturday, July 7, 2018

Liburan Senang, Dompet Ikut Tenang ala Keluarga Surya



Halo semua! Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat ya, aamiin. Gimana? Sudah mulai sibuk beraktivitas, atau masih menikmati liburan? Libur kenaikan tahun ajaran baru tahun ini lumayan lama ya. Disatukan dengan libur Hari Raya Idul Fitri, ada mungkin sekitar satu setengah bulan anak-anak nganggur di rumah.

Mumpung liburan panjang dan lama, rasanya pengen banget ajak keluarga pergi liburan ke tempat yang jauh. Waktunya juga bisa lebih lama. Pokoknya, puas-puasain liburan deh! Waktunya bersenang-senang. Cuti kerja pun dibela-belain biar bisa pergi bareng kelurga tercinta. 

Kenapa liburan itu perlu? Buat saya, liburan itu ga sekedar refreshing. Bisa bikin bonding keluarga jadi lebih erat. Quality time banget gitu lho. Manfaat liburan yg paling penting adalah menorehkan memori indah untuk anak-anak kita. Di masa mendatang, kelak mereka akan ingat momen bahagia liburan bareng keluarga tercinta.


Liburan kemarin, saya dan keluarga pergi jalan-jalan ke Bali. Liburan ke Bali ini sudah direncanakan dari tahun lalu. Jadi, ngga ujug-ujug pergi, lho. Karena durasi liburan yang lama, pertimbangan biaya sudah dipikirkan jauh-jauh hari. Siapin dulu dana buat liburan, biar nggak tekor.


Sedikit cuplikan anggaran biaya liburan ke Bali

Liburan itu harus ada perencanaannya. Jadi bisa disesuaikan antara itenary dan dana yg tersedia. Itu yg saya dan suami lakukan kemarin sebelum kami berangkat liburan ke Bali. Berikut ini adalah pengeluaran yang perlu dicatat untuk liburan:

1. Tiket kendaraan umum atau ongkos perjalanan
Bisa tiket pesawat, bis atau kereta. Kalau naik mobil pribadi, hitung biaya bensin dan tol. Pesan tiket jauh-jauh hari sebelum berangkat, biar nggak ada drama kehabisan tiket. Apalagi tiket yang dibeli mepet waktu keberangkatan biasanya lebih mahal.
2. Akomodasi alias biaya penginapan atau hotel. 
Hitung berapa malam mau menginap dan di hotel berbudget berapa. Sebaiknya pesan kamar hotel sebelum berangkat, biar tenang dan nggak kelabakan mencari tempat menginap di lokasi wisata. 
3. Biaya makan. 
Hitung berapa kali makan dalam sehari. Jika dapat sarapan di hotel, ga perlu beli makan di luar lagi. Untuk menghemat, awal berangkat bisa bawa bekal makanan dari rumah. Atau bawa lauk kering matengan, nanti tinggal beli nasinya aja. Lumayan menghemat banget lho.
4. Biaya tiket masuk tempat wisata. 
Googling dulu berapa harga tiket masuk tempat wisata yg akan dikunjungi, lalu sisihkan dananya.
5. Biaya beli oleh-oleh. 
Bawa oleh-oleh pulang liburan buat tetangga yang sudah menjaga rumah kita selama pergi. Jangan lupa oleh-oleh buat saudara dan teman dekat, serta teman kantor. Ssst, kalo budget mepet jangan beli oleh-oleh yang mahal ya. 
6. Biaya darurat. 
Ini penting. Buat jaga-jaga jika anggaran tidak mencukupi karna berbagai faktor. Sekalian untuk dana darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ada yang sakit atau kecelakaan (duh, jangan sampe ya). 
7. Uang belanja sehabis liburan. 
Kedengerannya sepele tapi ini harus ada. Jangan sampai bawa semua uang buat liburan, pas pulang malah ngutang karna kehabisan uang buat biaya hidup sehari-hari. 

Menginap di Aditya Resort Lovina Beach Bali

Kalau liburan tanpa rencana keuangan gimana? Duh, gaswat... bisa bikin kantong jebol! Jangan sampai lho, pulang liburan nggak punya uang belanja yang cukup sampai waktunya gajian. Bisa gigit jari deh. 

Ngomongin perhitungan biaya untuk liburan, jadi ingat video web series Keluarga Surya. Pada episode keempat berjudul "Drama Liburan", tema yang dibahas adalah perencanaan keuangan untuk liburan. Pas banget ya!


Web series Keluarga Surya Episode 4 "Drama Liburan"

Keluarga Surya ini unik. Saya suka karena mereka semua kocak. Pesan yang disampaikan di setiap episode sitkom Keluarga Surya begitu menyentil dan tidak jauh dari keseharian kita. Menyimak video Keluarga Surya membuat kita sadar betapa pentingnya perencanaan keuangan.

Web series ini diluncurkan oleh Sunlife Financial Indonesia dalam rangka kampanye edukasi literasi perencanaan keuangan untuk masyarakat.  Melalui webseries ini, Sunlife Financial ingin mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan.

PT Sunlife Financial adalah perusahan penyedia jasa keuangan yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Perusahaan  ini berbasis di Kanada dengan sejarah panjang selama 150 tahun. Pelayanan terhadap nasabah dengan menyediakan berbagai solusi proteksi dan pengelolaan keuangan. Dengan perencanaan keuangan yang tepat, Sunlife Financial Indonesia membantu masyarakat mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. 

Pesan edukasi keuangan disampaikan dengan mengena pada adegan di serial komedi situasi keluarga ini. Akting para pemainnya sangat natural. Tokoh utama dalam Keluarga Surya ada empat orang dan semua namanya berhubungan dengan matahari, yaitu: 

* Edo Borne sebagai Ayah Surya
* Karina Nadila sebagai Ibu Mentari
* Bima Azriel sebagai Fajar
* Sandrina Michelle sebagai Cahaya 

Para pemeran Keluarga Surya


Jujur, saya kesengsem sama Bu Mentari. Dikisahkan pada sitkom ini bahwa Bu Mentari berprofesi sebagai blogger. Wah, kok saya merasa tersanjung ya. Senangnya Sunlife mengangkat kehidupan kami para emak blogger, hihi.


Ibu Mentari, emak blogger yang cantik dan pintar

Pada episode "Drama Liburan", diceritakan Pak Surya mau raker di Bali dan mengajak keluarganya ikut serta. Lumayan, nebeng liburan. Tergelitik ketika Bu Mentari merayu Pak Surya untuk memperpanjang liburan mereka di Bali karena Bu Surya mendapat job untuk mereview cafe di Bali. Fajar dan Cahaya, kedua anak mereka, langsung antusias mendukung sang ibu. Mau tahu apa reaksi Pak Surya? Tonton cerita lengkapnya di sini:




Gimana? Menggelitik bukan? Saya nggak sabar menantikan episode selanjutnya. Saya sudah lihat tiga episode sebelumnya dan sukses ngikik sendiri, hihihi. Selengkapnya tentang Keluarga Surya dan Sunlife Financial bisa dilihat di medsos Sunlife Financial Indonesia berikut ini:

* Facebook Fanspage: Sunlife Financial Indonesia
* Instagram: @sunlife_id
* Twitter: @SunLife_ID
* Youtube: Sunlife Financial Indonesia

22 comments :

  1. jadi penasaran dengan tayangan keluarga surya ini, belum pernah nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk nonton. lucu dan menghibur :D

      Delete
  2. Memang keluarga ini gemesin banget ya. Hahaha. Konten channel YouTube nya menghibur dan berfaedah. Senang belajar sambil hiburan nonton Keluarga Surya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin ga sabar nunggu episode selanjutnya :D

      Delete
  3. Yuk, kita Ramai-ramai nonton sitkom di yutub ^_^

    ReplyDelete
  4. memang sebelum liburan perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari biar bisa tenang ditempat liburan

    ReplyDelete
  5. Betul Mba, berencana berlibur juga harus berencana setelah pulang liburan. Jangan sampai pulang liburan dompetnya berubah jadi kopyah..hehehe, sepertinya wajib tonton yutubnya nih. Salam kenal Mba.

    ReplyDelete
  6. Nah iya bener mbak, poin dana setelah liburan harus juga diperhitungkan ya, jangan sampai malah jadi bokek, hehe. Sitkom komedi keluarga surya ini memang bagus ditonton, keren deh program Sunlife Finansial Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya programnya sunlife financial indonesia. jempoll

      Delete
    2. keren ya programnya sunlife financial indonesia. jempoll

      Delete
  7. Keluarga Surya langsung jadi faborfav para Blogger hehehe. Liburan memang harus direncanakan. Termasuk urusan financial. Biar gak manyun setelah liburan selesai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. palagi krna bu mentari juga emak blogger. berasa suara hati banget, hehe

      Delete
  8. sekarang lebih banyak orang nonton youtube ya daripada TV. Ini webseriesnya menghibur juga mendidik, patut di tunggu tiap episodenya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, buat jaman now bikin suatu tayangan kudu kreatip supaya tepat sasaran :)

      Delete
  9. wow keren, sampai rinciannya adaaa. Liburan sama mama iNna mah pasti asyik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk mau diajak liburan sama mama donna

      Delete
  10. Yg nomer 7 sering lalai aku mba. Krn kalo tiap liburan maunya maksimal banget, akhirnya hbs liburan selalu kere

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top