Friday, March 22, 2024

Alasan Memberi Reward Puasa untuk Anak


Reward puasa untuk anak, perlu atau tidak? 
Memberi hadiah atau penghargaan untuk anak-anak yang berpuasa di bulan Ramadan dilakukan pada beberapa keluarga muslim. Bisa berupa uang atau barang. 

Kalau reward berupa kata pujian, itu mah sudah pasti diucapkan oleh para orangtua yang bangga pada anaknya yang sudah berpuasa penuh selama bulan ramadan. Siapa sih yang ngga seneng anaknya bisa puasa dengan lancar? Terutama buat anak yang masih belajar puasa di usia balita atau awal usia SD.

Ada yang berpendapat, memberi reward dapat mengaburkan tujuan spiritual dari ibadah puasa. Kesannya anak semangat berpuasa supaya dapat hadiah uang atau barang yang dia inginkan. Tidak apa, semua bebas punya pandangan sendiri bukan?

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memberi Reward Puasa untuk Anak

Saya pribadi bersama suami setuju memberi reward puasa untuk anak. Namun sebelum memberi reward, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Menjelaskan makna Puasa pada anak
Berikan pengertian pada anak mengenai makna berpuasa di bulan ramadan. Puasa bukanlah sekadar menahan lapar dan haus selama sepanjang hari. Tetapi puasa membuat kita berlatih menahan diri dari perilaku negatif dan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

2. Ajari nilai spiritual puasa 
Ceritakan tentang kebaikan, kepedulian terhadap sesama, dan meningkatkan hubungan dengan Allah akan memberikan dampak yang lebih positif dalam menjalani ibadah puasa.

3. Membangun Motivasi yang Tepat
Agar reward tidak mengaburkan pemahaman mereka tentang tujuan sebenarnya dari puasa, bangunlah motivasi yang tepat. Yaitu dengan memberikan contoh yang baik dalam menjalankan ibadah, merangsang minat mereka untuk ikut serta menjalankan ibadah, juga mendukung serta memberikan pujian ketika mereka menyelesaikan ibadah tersebut. Misalnya: berhasil bangun sahur tanpa drama, tidak rewel minta makan di siang hari, lulus puasa sehari, shalat fardhu berjamaah dan pergi tarawih ke mesjid, rajin tadarus Al Qur'an, dan lain sebagainya.

4. Menghargai Usaha dan Perjuangan
Meskipun tidak memberikan reward dalam bentuk materi, tetapi menghargai usaha dan perjuangan anak-anak dalam menjalankan puasa adalah suatu hal yang sangat penting. Ini bisa dilakukan dengan memberikan pujian, memotivasi mereka. Dukung selalu kegiatan ibadah bersama anak agar mereka termotivasi untuk terus berbuat kebaikan ramadan.



Kalau keempatnya sudah mantap, anak juga memahami hakikat puasa, boleh saja kita memberi reward puasa pada mereka. Jika tidak ada reward juga tidak mengapa sepanjang anak sudah paham tentang keutamaan puasa dan menjalaninya dengan gembira.

Alasan Memberi Reward Puasa untuk Anak

Berikut ini adalah alasan kami (saya dan suami) memberi reward puasa untuk anak:

1. Mendorong Kebiasaan Positif
Memberikan reward dapat menjadi cara untuk mendorong dan memperkuat kebiasaan positif. Anak-anak mungkin memerlukan dorongan ekstra untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesadaran dan kedisiplinan. Dengan memberikan reward, mereka dapat merasakan konsekuensi positif dari usaha mereka dalam menjalankan puasa.

2. Mengapresiasi Usaha dan Perjuangan
Bagi anak yang belum terbiasa puasa, belajar puasa dengan reward menjadi cara untuk menghargai usaha dan perjuangan mereka dalam menahan lapar dan haus. Juga saat anak menjalankan ibadah dengan penuh kesungguhan. Mereka belajar tentang pentingnya pengorbanan dan keteguhan hati dalam menjalankan ibadah.

3. Membangun Motivasi yang Positif
Reward dapat menjadi pendorong motivasi yang positif bagi anak-anak. Ketika mereka merasakan bahwa usaha dan perjuangan mereka diakui dan diapresiasi, hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus berbuat baik dan menjalankan ibadah dengan lebih baik lagi di masa depan.

4. Menyemangati Pertumbuhan Spiritual
Memberikan reward kepada anak-anak yang berpuasa juga dapat menjadi cara untuk menyemangati pertumbuhan spiritual mereka. Ada rasa bahagia saat mendapatkan manfaat puasa. Ini menanamkan nilai ketakwaan dan meningkatkan kecintaan mereka kepada agama.

5. Memperkuat Hubungan Keluarga
Memberikan reward kepada anak-anak yang berpuasa juga dapat menjadi momen yang baik untuk memperkuat hubungan keluarga. Terwujud karena adanya kedekatan kita dengan anak-anak saat bersama-sama menjalankan ibadah dan mengapresiasinya. 


Kesimpulan

Memberikan reward kepada anak-anak yang berpuasa di bulan Ramadan dapat menjadi hal yang baik jika dilakukan dengan bijaksana dan sesuai konteks. Ini dapat menjadi cara untuk mendorong kebiasaan positif, menghargai usaha dan perjuangan, membangun motivasi yang positif, menyemangati pertumbuhan spiritual, serta memperkuat hubungan keluarga. Namun demikian, penting juga untuk tetap menjaga keseimbangan dan memastikan bahwa pemberian reward tidak mengaburkan tujuan spiritual dari ibadah puasa itu sendiri.

Yang terpenting adalah memastikan bahwa mereka memahami nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah puasa tersebut. Sebagai orangtua, kita punya peran yang besar dalam membimbing anak-anak dalam memahami tentang puasa ramadan dan nilai-nilai Islam lainnya. 

Jadi, sudah siapkan reward apa untuk anak-anak tahun ini?

No comments :

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top