Monday, February 18, 2019

Mampir Sebentar di Gunung Pancar

wisata bogor

Awal tahun 2019 ini, kami sekeluarga belum pergi piknik. Beberapa kali bepergian ke luar kota dalam rangka menemani Kk Rasyad mendaftar dan ikut tes masuk pesantren. Setelah itu, saya sibuk belajar hal yang baru dan 3 boyz sibuk sekolah seperti biasa.

Pengen piknik yang deket rumah aja, nih. Setelah berembuk dengan Bapa, kami pun bersiap main ke Gunung Pancar. Idih, tinggal di Bogor tapi belum pernah ke Gunung Pancar? Maklum, suka riweuh dan belum sempat, hihi. Yuk, cuss berangkat...

Minggu pagi pukul 7.30 WIB, kami berangkat ke Gunung Pancar. Lokasinya di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. 



Cara sampai ke lokasi Gunung Pancar

Bagaimana cara menuju kawasan wisata Gunung Pancar? Naik mobil dari Jakarta menuju ke Bogor masuk ke jalan tol Jagorawi. Kemudian keluar pintu tol Sentul.Ikuti jalan menuju Jungle Land yang tertera pada papan petunjuk. 

Ada papan petunjuk untuk belok ke kanan menuju arah Babakan Madang untuk sampai ke kawasan wisata Gunung Pancar. Jalannya menanjak. Waktu perjalanan sejak dari keluar gerbang tol adalah sekitar 17 menit untuk sampai di lokasi.


Indahnya Hutan Pinus Gunung Pancar

Ketinggian Gunung Pancar sekitar 300 meter sampai 800 meter. Sejuknya hawa pegunungan dan aroma dedaunan segar menyambut kedatangan kami. Lumayan  bisa ngadem sebentar dari rumah kami di pinggiran Kabupaten Bogor yang agak panas.


wisata bogor
Hutan pinus yang bikin adem

Tanaman yang ada di sekitar Gunung Pancar sebagian besar adalah pohon pinus. Vegetasi tamanam lain juga ada. Lembabnya aroma pegunungan dan suara serangga menambah syahdu suasana. 

Mendekati gerbang, kendaraan yang lewat dihentikan untuk dipungut tarif masuk. Untuk mobil dengan dua dewasa dan tiga anak, kami membayar 45 ribu rupiah. Rincian biaya sebenarnya untuk akhir pekan: Rp.15.000 untuk mobil, dan Rp.7.500 per orang. Mungkin kami dapat diskon karena membawa dua anak kecil. Alhamdulillah.

Dekat gerbang masuk, ada lahan parkir untuk pengunjung yang hendak berkemah. Bisa camping juga? Iya dong! Berkemah di sini nggak pake ribet. Bisa pilih bawa tenda sendiri atau pakai tenda yang sudah disediakan. Yang terakhir istilah kerennya glamping alias glamorous camping.

Spot foto kekian yang instagramable di hutan pinus Gunung Pancar

Awalnya kami mencari tempat supaya bisa berfoto di tengah hutan pinus. Tapi yang ditemui sepanjang jalan adalah spot foto melulu. Kayaknya emang harus masuk ke dalam lagi lewat jalan untuk tempat camping atau pintu lainnya.

Mampir dulu deh, biar nggak penasaran. Mobil diparkir dan begitu turun langsung didekati oleh para mamang yang menawarkan jasa spot foto. Tiap spot foto ada bagiannya sendiri. Misalnya sebelah sini punya mamang A, sebelahnya punya mamang B, dan seterusnya. Tarif per orang untuk tiap spot adalah 25 ribu rupiah untuk 7 spot. Hmm, kita lihat-lihat dulu ya...


wisata bogor
Spot foto kekinian
Senangnyaa bisa menghirup udara segar yang bawah pepohonan yang rimbun. Sambil santai melihat-lihat pengunjung lain yang sibut berfoto ria. Eh kayaknya Bapa dan boyz penasaran dengan tempat tidur gantung alias hammock yang jadi spot foto. Cobain yuk!


wisata bogor
Spot foto hammock
Kami berlima berfoto sambil bergaya di atas hammock. Harganya? Cukup membayar 10 ribu per orang untuk berfoto di sini karena kami tidak ambil paket yang 25 ribu itu. Kalau urusan manjat mah boyz semangat. Emaknya yang mantan pemanjat pohon kersen handal cuma bisa pasrah karena kehilangan kemampuannya. Saya ambil tempat aman di hammock yang paling bawah, hihihi.

wisata bogor
Foto bareng di hammock

Usai main di hammock, kami berkeliling. Duh, jalannya lumayan licin! Harus super hati-hati biar nggak kepeleset. Apalagi boyz suka pada becanda. Kadang ujug-ujug ada yang lari. Saya jadinya bawel ngingetin mereka biar nggak pecicilan. 


wisata bogor
Becanda melulu :D

Sejauh mata memandang, spot foto di mana-mana. Jujur, saya pribadi sebenarnya kuran suka dengan situasi seperti ini. Pengennya tempat wisata ya dibiarkan apa adanya saja agar tetap alami.

Well, kenyataannya tempat wisata jaman now nggak bisa dipisahkan dengan spot untuk berfoto. Tentunya dengan tampilan yang menarik biar keren saat dipajang di media sosial. alias instagramable. Bikin cakep Instagram feeds kita karena foto yang menarik.Buat generasi milenial jaman now, ikutan mejeng di sini nggak boleh dilewatkan dong.

wisata bogor
Tinggal pilh mau spot foto yang mana

Banyak sekali spot foto yang bisa dicoba. Rupa-rupa latarnya. Mau cobain semua boleh aja, asal kuat bayarnya, hehe. Rata-rata sih setipe semua. Yaitu pakai hammock, sarang burung, tenda unyu, ayunan gantung, pondok kayu, payung melayang, dan ada juga yang di pinggir jurang. Sebagian bisa dilihat pada foto-foto berikut:


wisata bogor
Aneka latar spot foto

wisata bogor
Atas: latar kemah. Bawah: numpang nampang ga perlu masuk sarang :D

Spot foto di pinggir jurang

Kami sekeluarga memang hanya melihat-lihat dan tidak menggunakan spot foto yang tersedia secara maksimal. Cuma berfoto sekali di spot hammock doang. Kami lebih suka berfoto dengan latar alami hutan pinus, bukan dengan latar kekinian. 



wisata bogor
Main ciluk ba walo nggak kompak :D

Kenapa nggak coba semua spot foto? Bukan karena pelit nggak mau bayar. Tapi yaa karena kami sekeluarga kurang suka berfoto eksis yang Instagramable layaknya keluarga kekinian lainnya. Mohon dimaklumi ya!

Aktivitas seru lainnya dilakukan di Kawasan Wisata Gunung Pancar

Saya penasaran, ada apa saja yaa di hutan yang menjadi kawasan wisata ini? Pastinya bukan melulu hutan pinus. Cuma sekedar jalan-jalan menikmati sejuknya hawa pegunungan banyak dilakukan oleh pengunjung. Kami termasuk yang ini, hehe.

Ternyata, habis browsing di websitenya Gunung Pancar, banyak lho kegiatan asyik yan bisa dilakukan di sini. Selain bisa berfoto dengan berbagai latar yang unik, berikut ini yang bisa dilakukan di kawasan Wisata Gunung Pancar:
1. Menikmati sejuknya udara pegunungan
2. Berkemah
3. Tempat berolahrga. Bisa hiking, bersepeda, lari lintas alam, bahkan naik kuda.
4. Bersantai di kafe
5. Berendam di pemandian air panas
6. Berziarah ke makam leluhur


Karena keterbatasan waktu, kami tidak sempat menjejah kawasan wisata Gunung Pancar lebih jauh. Cuma bisa mencapai pintu gerbang menuju tempat pemandian air panas. 
Jadi tidak tahu di dalamnya ada apa. Mau masuk, sepertinya harus membayar lagi. Berhubung sudah mau jam makan siang, kami segera berbalik arah dan pulang.

Oia, satu lagi. Tentang makam, tempat ini juga tidak sempat kami temukan. Makam yang dikeramatkan warga adalah makam Mbah Putih. Katanya sih, pengunjung boleh berziarah ke makam, dengan syarat harus menjaga kesopanan karena tempat ini tergolong anker.

Sayang banget ya, main ke Gunung Pancar cuma sebentar. Pengen deh balik lagi. Sekalian nyoba berendam di kolam air panas. Lalu masuk lebih jauh ke dalam hutan pinus. Pasti seru!

Wisata di Sekitar Gunung Pancar

Duh, kayaknya nggak cukup nih kalau cuma sehari buat ngubek-ngubek Gunung Pancar dan wisata di sekitarnya? Gimana kalau nginep aja? Biar lebih leluasa dan bisa jalan-jalan dengan santai. 

Banyak tempat wisata menarik di dekat kawasan wisata Gunung Pancar. Ada Jungle Land, Curug Bidadari, dan tempat makan Ah Poong yang terkenal.

Pesan Hotel di pegiegi.com

Pengen pesan hotel? Coba di Pegipegi, yuk! Cara browsingnya gampang banget. Langsung dapat apa yang kita mau. Saya coba buat mencari hotel di Bogor berikut ini. Pencarian dipersempit dengan mengklik lokasi terdekat, yaitu Jungle Land.

wisata bogor
Cari hotel di sekitar JungleLand yang terkenal

Terus, langsung muncul deh pilihan hotel sesuai dengan lokasi. Tingal sesuaikan dengan budget dan fasilitas yang diinginkan apa saja. Lalu klik booking, pilih metode pembayaran, konfirmasi bayar, tinggal berangkat deh!


wisata bogor
Tinggal pilih mau hotel yang mana. Eh, itu ada yang diskon lho!

Asyik banget nih ada PegiPegi. Bisa cari hotel sesuai keinginan kita. Pilih hotel murah, hotel bagus, hotel dengan kolam renang pribadi, hotel terbaik, hotel unik, dan masih banyak lagi. Nggak usah pusing browsing sana-sini lagi untuk booking hotel. 

Hmm, abis ini kita PegiPegi ke mana lagi ya?

26 comments :

  1. Aku juga belum pernah ke gunung pancar, tapi anak-anak udah pernah ke sana barengan sama sekolahnya. asyik juga ya udaranya sejuk & bagus buat foto2, mau ah ke sana kapan-kapan kalau gak musim hujan biar enak jalan-jalannya.
    Oh ternyata jalurnya sama kaya mau ke Jungle Land ya.

    ReplyDelete
  2. Toss dulu, Mbak! Saya juga sebetulnya lebih suka wisata ke tempat yang alami. Tapi, sekarang kebanyakan yang seperti itu

    ReplyDelete
  3. Sekarang di tempat wisata selalu ada spot foto kekinian buat narik pengunjung yah. Seruuuu... Lumayan lah buat kenang2an

    ReplyDelete
  4. Sekarang udah bagus ya Gunung Pancar. Dulu pas SMA dan tinggal di Bogor, beberapa kali ke daerah situ kemping sama temen2 PMR. Masih gondrong hahaha. Kalau sekarang enak banget bisa ajak keluarga juga.

    ReplyDelete
  5. Waah kalau keluargaku seneng banget mba dengan spot foto kekinian begini. Pasti langsung pada hepi jejepretan di macam2 spot.

    ReplyDelete
  6. Gunung Pancar, padahal deket tapi justru gak kesini-sini. Seru sekali bisa bonding time bareng anak.

    ReplyDelete
  7. Aku kok enggak sreg ya kalau kebanyakan spot foto begitu...kasihan pohonnya dan lingkungan sekitar.dieksploitasi habis-habisan jadinya. Padahal kalau yang ditonjolkan alamnya lebih keren rasanya.
    Harusnya sih secukupnya ya Mbak..ini dikapling-kapling perish pas aku ke Kawah Sikidang Dieng. Jadi kumuh lihatnya. Duh!
    Aku pengin ke sini ah kapan-kapan...dan keknya memang mesti nginep ya. Cus ah, kepoin Pegipegi

    ReplyDelete
  8. Wisata Gunung Pancar udah lumayan hits dari pas aku masih tinggal di Tangsel,sayangnya aku belum mampir ke sini.
    Foto yang di atas hammock keren banget mbak, sama spot yang di pinggir jurang juga instagrammable bingits.

    ReplyDelete
  9. Gemes amat sama spot2 foto di gunung pancar. Apalagi ada yg tenda piknik pake boneka,lucu gitu buat anak2 cewek ya..

    Btw aku malah jd penasaran kalo musim hujan yg ga tentu gini trus itu spot fotonya masih ada ga ya?

    ReplyDelete
  10. Sekarang ini, wahana wisata yang alami maupun buatan, rata-rata menyediakan spot yang menarik untuk berfoto. Dan nyatanya memang spot foto ini yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung

    ReplyDelete
  11. selalu suka dengan pemandangan dengan latar belakang pohon pinus, kesannya damai aja.
    di Salatiga ada tempat wisata yang mirip-mirip kaya gini juga, mba...tempatnya di Kopeng. tiap weekend pasti rame banget :)

    ReplyDelete
  12. Wisata di tempat hutan pinus begitu memang asyik ya. Bisa merasakan udara yang benar-benar sejuk. Menikmati hijaunya pohon dengan angin yang semilir. Ditambah lagi kalau naik hammock, bisa berayun-ayun diantara dua pohon. Bisa nyenyak deh kalau saya, hehehee.

    ReplyDelete
  13. Itu kan aku yg pernah tinggal di bogor tapi ga pernah ke gunung pancar �� makin kece aja ya..

    ReplyDelete
  14. Seru juga buat nginap ya Teh, aku belum pernah ih ke Gunung Pancar ini, baru yang air terjun aja..

    ReplyDelete
  15. wah serunya yaa main di Gunung Pancar. suasananya masih alam banget..

    ReplyDelete
  16. Main ke Gunung memang selalu seru dan bikin fresh otak ya mba. Ku pengen coba main ke gunung pancar.

    ReplyDelete
  17. Eh banyak ya spot instagramable yang kece di sana :D
    Tapi jdnya kangen sama nuansa alami ya hehe
    Owalah dia ini adanya di Bogor to mbak? Tadinya aku kira di area mana gtu Jatim or Jateng :D

    ReplyDelete
  18. Gunung Pancar ini dulu biasa jadi tempat kemping teman-teman pendaki gunung. Semakin hari semakin dikenal ya dan saya belum ke sini-sini juga haha. Kebanyakan planning.

    ReplyDelete
  19. Cantik cantik banget tempatnya Maak. Pingin putu putu di situ jugaa jadinya.

    ReplyDelete
  20. Saya lebih familiar dengan Jungle Land aja, Na hehehe
    Ternyata ada wisata Gunung Pancar di sekitar itu ya...

    Spot foto sekarang jadi salah satu fasilitas yang diunggulkan oleh hampir setiap tempat wisata. Sepertinya pengelola udah paham betul dengan kebiasaan wisatawan domestik, yang seneng berfoto ria. Hehehe

    ReplyDelete
  21. Dengan tiket masuk dan tiket parkir mobil segitu, termasuk murah ya, mbak. apalagi dapat spot foto yang banyakkkkk sekali menariknya.

    ReplyDelete
  22. Baru ke gunung Pancaaar? :p kitu ya klo dekeut mah. Aku suka camping disituu mbaa hihii. Tapi dulu banget. Skrg udah kekinian yaa. Dan boys berfoto.. emak paling geulis manaaaa?

    ReplyDelete
  23. Wah boleh juga nih idenya main ke Gunung Pancar, aku belum pernah kesini soalnya. Kebetulan aku pas ada kerjaan moto juga nih butuh outdoor yang super kece juga.

    ReplyDelete
  24. Ada kuburan juga kah?
    Asiknya liburan bersama keluarga.

    Paling pingin nyobain hanmock.
    Hihii~

    Rasanya kaya tiduran di ayunan yaa..kak?

    ReplyDelete
  25. Gunung Pancar salah satu tujuan wisata alam yang cukup ngehits nih..termasuk spot foto di hammock,keren mba

    ReplyDelete
  26. Udah sering ke Bogor tp blm pernah ke gunung pancar, abis jauh bngt sih dr kota. Klo ga punya mobil ga kejangkau deh 😭😭😭

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top