Monday, February 4, 2019

Ketika Saya Pusing Mikirin Feeds Instagram

optimasi instagram


Ketika saya pusing mikirin feeds Instagram adalah saat ikutan kelas online Beautiful Instagram Feeds. Kelas yang terselanggara oleh akun Instagram @yukbelajarbareng dengan mentor Mbak Ningsih Ashila ini bermanfaat banget buat siapa saja yang pengen tampilan di profil Instagramnya terlihat cantik.

Kelas online Beautiful Instagram Feeds diadakan oleh komunitas Yuk Belajar Bareng atau disingkat YBB. YBB adalah online shop community workshop khusus untuk ibu-ibu muslimah pemilik toko online. Sesuai judulnya, kelas ini ngajarin kita mempercantik feeds Instagram.

Kenapa online shop perlu belajar mempercantik feeds Instagram? Kalau belanja online di Instagram, kita pasti langsung klik halaman profilnya kan. Nah, kejembreng deh itu feeds penjualnya. Kalau feeds-nya syantik, otomatis kita jadi tertarik untuk membeli bukan? Jadi, ikutan kelas ini tentunya supaya jualan kita dilirik dan sukur-sukur diborong juga.

Saya nekad ikutan kelas ini karena penasaran. Sesuai dengan resolusi tahun 2019 -bukan resolusi ganti presiden atau ganti bodi- saya pengen banyak menimba ilmu. Tentunya belajar mempercantik feeds Instagram jadi kursus pembuka di awal tahun ini.

Sejak punya akun Instagram, saya santai aja posting aneka foto random tanpa mikir. Maunya posting foto begini begitu, ya hayuk. Ada job yang harus diposting di Instagram, nggak masalah. Disuruh posting foto liputan event juga cincay. Apalagi ikutan challenge foto harian, hyuk kemon beybeh. Akhirnya... feeds saya makin random kan, hehe.

Nah, pas lihat ada info kelas online Beautiful Instagram Feeds, saya langsung daftar. Sebelumnya, nanya dulu ke Mbak Amika Aspar yang atur kelas di Yuk Belajar Bareng (YBB). Apa boleh ikutan walau nggak punya online shop? Ternyata boleh. Asyik! 

optimasi instagram
Banner kelas online Beautiful Instagram Feeds

Sebenernya saya punya online shop, tapi lagi mati suri. Siapa tahu dengan ikut kelas ini, saya tergerak untuk insap dan jualan online lagi, hihi. Oia, saya udah pernah ikutan kelas di @yukbelajarbareng sebelumnya. Yaitu waktu belajar motret pake hp di Depok, dan kelas motret produk di Jakarta. 

Baca juga: Kenapa Harus Motret Pakai HP?

Yang paling keren, dari kelas motret bareng Mbak Ariana tersebut, para pesertanya bikin grup di Whatsapp dengan nama Karima. Sampai sekarang silaturahimnya masih berjalan, alhamdulillah. Ketika sama-sama ikutan kelas motret bareng Mbak Silva Sandriani, kita ketemu lagi udah kayak reunian... 


Dan pada kelas online ini, saya nggak ketemu dengan Buibu Karima yang ikutan karena kepisah grup. Nggak apa-apa, toh kita juga nggak bisa rumpi di grup takut chat jadi OOT, hahaha. Maapken saya jarang ikut ketemuan karena lokasi kopdar di Depok dan saya riweuh mulu. 

Ini foto ketemuan yg bisa saya hadiri bulan April tahun lalu di rumah Mbak Ella yang jualan klappertaart enak. Bahkan yang terakhir ketemuan bareng Mbak Amika di Jakarta pun nggak bisa ikut karena anak mendadak sakit. Huhu, padahal udah kangen. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa lebih sering ketemu lagi ya...

optimasi instagram
Foto terakhir saya bareng sebagian Buibu Karima

Ok, lanjut omongin kelas online lagi. Belajar apa aja sih di kelas Beautiful Instagram Feeds? Ini dia...

optimasi instagram
Materi yang dipelajari di kelas online

Kelas dimulai pukul 7 malam teng. Hari pertama masih kenalan. Materi dibagikan pukul 9 malam dan lanjut diskusi di grup. Ada tugas yang harus dikumpulkan, lalu diperiksa oleh Mbak Ningsih dan Mbak Vivit. Dipandu dengan Mbak Amika, kelas berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Saya bisa menyimak materi dan chat penting ditandain semua. Berhubung faktor U, saya lebih suka belajar via Whatsapp Web karena tulisannya kelihatan lebih gedee...

Karena faktor U juga, saya mau ngaku sama Bu Guru Ningsih. Mohon dimaafkan, ya. Saya nyerah nggak bisa ikutan diskusi setelah materi dibagi. Badan udah nggak kuwat. Apalagi di rumah saya, jam 9 itu saatnya matiin wifi biar 3 boyz tidur. Kalo emaknya melek, mereka ikutan melek juga. Bahaya kan, hehe.

Berikutnya, saya mau pamer hasil ngerjain tugas di kelas online. Ini yang dipajang bukan jualan online seperti peserta lain. Jualan saya sekarang ya begini ini, jualan postingan blog aja yang ada. Nggak papa kan, namanya juga sama-sama jualan.

optimasi instagram
Tugas bikin pake Canva
optimasi instagram
Tugas bikin foto melayang

optimasi instagram
Tugas bikin grid dan potongannya di feeds Instagram

optimasi instagram
Tugas bikin quote. Atas yang diupload.
Bawah: nggak jadi diapload, disimpen ajah.

optimasi instagram
Tugas bikin grid lagi dan potongannya di feeds Instagram


optimasi instagram
Terakhir, bikin testimoni

Nggak terasa, sudah selesai 6 hari belajar di kelas online. Selama 6 hari, saya merasa ada di 'dunia lain', yaitu sibuk ngoprek aplikasi hahaha. Emang yah pada dasarnya saya itu gaptek. Buat bikin satu postingan pake desain begini begitu aja bisa ngabisin waktu seharian! Dengan adanya tugas setiap hari, otomatis saya riweuh olangan wkwkwk.

Berikut testimoni sekaligus curhatan saya selama mengikuti kelas online Beautiful Instagram Feeds yang di-regran oleh @yukbelajarbareng (aih senangnyaa masuk tipi eh masuk feeds-nya YBB):





Maasyaallaah, tabarakallaah.. Jazakillaah khayr mbak Innađź’•⁣ ⁣ @Regrann from @innariana - Alhamdulillah, seneng banget bisa ikutan kelas Beautiful Instagram Feeds dari @yukbelajarbareng dengan mentor Mbak @ningsih_ashilla. ⁣⁣ ⁣⁣ Kelas di Whatsap grup ini khusus buat buibu pemilik online shop. Tapi saya nekad daftar ke Mbak @amikaaspar walau jualan online masih pingsan. Yah siapa tahu aja tetiba saya pengen jualan online lagi, hehe.⁣⁣ ⁣⁣ Atas nama blogger, saya nekad jual diri eh jual postingan blog ketika yang lain pamer dagangannya sekalian setor tugas. ⁣⁣ ⁣⁣ Ada tugas? Iya dong! Nggak Cuma tutorial yang dishare. Peserta langsung praktek dan hasilnya dikoreksi. ⁣⁣ ⁣⁣ Berikut ini materi yang dipelajari di kelas Beatiful Instagram Feeds selama 6 hari:⁣⁣ • Membuat tema feeds Instagram⁣⁣ • Penggunaan tools buat frame dan 3D⁣⁣ • Bikin desain tampilan quote, grid, dan IG story⁣⁣ ⁣⁣ Kalau bingung, bisa langsung nanya dan pasti dijawab. Diskusinya enak dan mudah dimengerti. Peserta lain sempat bantuin saya waktu ga tahu cara posting IG Story berikutnya (duh ketahuan gaptek). ⁣⁣ ⁣⁣ Terima kasih banyak untuk Mbak Ningsih, Mbak Vivit, Mbak Amika, dan manteman kelas grup 1 yang luar biasa ini. Yes, kita wisudaan! ⁣⁣ ⁣⁣ #ybbbigfeeds2 - #regrann
A post shared by Online Shop Community Workshop (@yukbelajarbareng) on

Setelah kelas ini usai, apa yang terjadi?

Saya pusing mikirin feeds Instagram lagi! Ternyata feeds cantik dan nyeni tidak cocok untuk saya. Sebagai blogger, saya ditakdirkan untuk posting foto random, nggak bisa bertema. Fotonya pada nggak nyambung blass semua. Kenapa? Karena ada foto untuk job buzzer, liputan event, banner lomba atau acara, produk review, dan kadang foto narsis, haha. 

Akhirnya, setelah bertapa selama dua hari dan browsing sana-sini, saya dapat jawaban mau diapain feeds Instagram ini. Yaitu: be yourself! Kembali ke postingan random namun lebih tertata, mudah-mudahan bisa.

Alhamdulillah, semua ilmu yang saya pelajari tidak sia-sia. Pasti kepake banget! Apalagi buat modal jika saya jualan online lagi. Duar! Langsung deh bikin feeds yang cetar di akun @inascraft (minta aamiin boleh? Aamiin). Tuh kan, gara-gara ikut kelas ini, saya jadi gatel pengen jualan lagi. Tulung...

Sebagai penutup, sekali lagi mau bilang terima kasih buat Mbak Ningsih, Mbak Vivit, dan Mbak Amika. Juga nggak ketinggalan teman-teman sekelas grup 1 yang baik hati. Semoga sukses buat YBB menginspirasi dan menebar ilmu kebaikan. Sukses terus buat dagangan online-nya buat semuanya. Barakallah.

Buat Buibu yang mau ikutan bisa banget lho. Mau pilih belajar via kelas online maupun offline. Materinya ada tentang optimasi media sosial, memotret, dan masih banyak lagi. Simak aja timeline di Instagram @yukbelajarbareng, online shop community workshop. Mau gabung ikutan YBB juga boleh. Terutama buat yang punya online shop, insha Allah diajak melejit bersama YBB, aamiin.

Yuk Belajar Bareng
Online Shop Community Workshop
Instagram: @yukbelajarbareng
Kontak WA: 085692883337



DISCLAIMER: ini bukan postingan berbayar. Aseli pengen bikin review dari lubuk hati saya yang paling dalam buat Komunitas Yuk Belajar Bareng.

48 comments :

  1. Jualan blog post?
    Okeh catet! Aku juga mau ah. Nyontek idenya Inna hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemon, mba ratna... kita gelar lapak barengan wkwkw

      Delete
  2. Wah seru banget ya. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya ada kelas belajar onlinenya :D

    ReplyDelete
  4. Itu belajar onlinenya di Instagram gitu a Bun?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih informasinya tentang kelas online beautiful instagram

    ReplyDelete
  6. Terus semangat Bun. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mba diana. yuk semangat bareng :)

      Delete
  7. Wih seru juga ya mbak, abis ini ig mbak inna makin kece lagi dongs.. makin 'menggiurkan' postingannya :D

    ReplyDelete
  8. Samaan mbak, aku juga pernah banget mikirin feed instagram biar cantik. Etapi kemudian pas ada yang mau dipoting tapi mikirnya gak sesuai dengan feed aku pusing sendiri. Gak jadi deh mikirin feed lagi. Suka-suka aja deh.

    Tapi yang namanya ilmu emang selalu baik ya pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes bener mba irni. insha Allah ilmu apa pun pasti kepake :)

      Delete
  9. Tadinya saya juga berusaha agar feed IG kayak orang-orang, rapi dengan tone yang hampir sama. Lama-lama nyerah juga, sering makan hati, apa lagi untuk foto luar ruang. Akhirnya ya nyerah saja, balik ke feed aca kadul. Tapi emang kagum banget Mbak Inna pada mereka yang rapi jali feed IG-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama mba. kalo aku lihat, para travel blogger feeds ignya tetep cakep krna foto2 mereka juga bagus. mba evi apalagi fotonya keren2 :)

      Delete
  10. Aku selama ini update IG suka-suka. Tapi kadang lucu lihat feed IG yang bagus. Penasaran hanya belum kesampaian nih buat belajar. Lagi mulai edit foto2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng emang liat feed yg lucuk bikin betah ya

      Delete
  11. aku masih penganut suka-suka mba buat feed IG hahaha pengen sih keliatan cantik tapi susah :D seru ya belajar online cuman kalau aku ga bisa ikut sih kalau dari jam 7 malam - 9 malam karena ini waktu aku buat anak-anak yang gede belajar yang kecil menyusui :p semoga next bisa ah ikutan kelas yang begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sebenernya gedebukan jg krna jam belajarnya pas boyz makan malam n belajar. lha ini emaknya malah mantengin laptop n hape :D

      Delete
  12. Meskipun saya sadae kalau postingan saya terlalu random, tapi mupeng deh pengen belajar juga :D Gimana inih, foto traveling melambai-lambai minta diedit cantik...

    ReplyDelete
  13. Sama sih mak akupun masih berantakan ga bertema. Cuma aku kebanyakan OOTD gitu hehee. Ato ga motoin kopi. Yang penting disesuaikan aja, kalo ada yg berantakan dikit aku kadang hapus foto sih mak

    ReplyDelete
  14. Duh, postingan IG saya berantakan banget. Kepingin deh, biar random tapi tetap cantik.

    Bagus2 mbak, hasil belajarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba nathalia. masih belajar jadi perasaan belepetan :D
      yuk kita rarapih feeds ig

      Delete
  15. kalo feeds instagram mah sekarang aku rada cuek, malah posting apa yang mau aku posting dan jadi mikirin manfaatnya buat yang follow gimana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gppa suka2 aja mba yg penting kita tetep hepi. aku jg hepi dgn berantakan kok wkwkwk

      Delete
  16. Wah kece banget ya materi kelas onlinenya, feed IG ku juga berantakan Teh hihi soalnya posting sesuka hati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin jadi berantakan cantik yuk. ini juga lagi kupikirin gimana caranya hahaha

      Delete
  17. Wah selama ini saya jarang pake app canva karena masih bngung milih templatenya. Alhamdulillah dapat inspirasi dari sini, makasih ulasannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. canva ternyata banyak template-nya, asik sendiri deh pas ngulik2 :D
      masama, selamat mencoba ya

      Delete
  18. Mbak Innaaaa baik banget sih bagi2 ilmu terus, dua kali aku mampir ke blog-mu isinya seputar sharing yg berfaedah dan bisa dipraktekkan juga.

    Benar, feed IG kadang bikin lieur dan nengok feed orang lain bikin mupeng hahahaha contohnya adik2ku yg masih kuliah dan SMP, mereka tiap mau posting apa benar2 dipikirin foto dan caption. Tahun 2019 pengin juga feed rapi. Btw, thank you untuk info soal tempat belajar ini. Semoga kapan2 bisa ikutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih makasih dibilang baik, padahal aku cuman numpang curhat :)
      generasi jaman now biar anak sd aja feednya ada yg udah tertata lho, luar biasa!
      masama mba maria, selamat belajar ya :*

      Delete
  19. Hasil desain untuk feed ig nya keren2 ya mba. Jadi pengin belajar juga. Makasih infonya. Ayuk, belajar ^_^

    ReplyDelete
  20. Wuiw, thanks sharingnya, mba.Aku udah ga ikutan grup WA nya sejak hp error itu. Wag nya ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mawi. oo pantesan mawi ga keliatan di grup

      Delete
  21. aku puyeng sampai sekarang. HP udah diinstall banyak tools trus capek editnya. Hahaha, faktor U keknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadaw kalo emak sid krna faktor u, apa kabarnya diriku wkwkwk

      Delete
  22. pengen mpercantik feed instagram jd klo mau posting banyak mikirnya akhirnya malah jd jarang update ig karena kebanyakan mikir feed, sekarang mah pasrah aja dah random hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya malah kelamaan mikirnya, ketunda, trus ga jadi posting dah :D

      Delete
  23. Mbaaa, jgn dipikirin �� cakep hasil tugasnya. Dan iya bener, jadi diri sendiri tapi kan bisa dipoles ya mba. Aku jg random, kadang mau serius, sering bercanda.. jadi maafin yaa ��
    Pokoknya enjoy feed mba Inna
    Amiiin smoga maju ya mba usahanyaaa.. smangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiiq maming koki insaff :*
      kita saling memaafkan yaa hihihi
      aamiin, makasi buat doanya bumilcan

      Delete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top