Wednesday, November 28, 2018

5 Blogger Perempuan Inspiratif versi Inna Riana



O ow, kamu ketahuan... jarang blogwalking! Duh, malu aku malu pada semut merah jadinya deh. Bukannya sombong, saya memang nggak sempat blogwalking alias mampir ke blog teman-teman blogger karena riweuh. Riweuh ngerjain postingan sendiri atau dikejar deadline kerjaan padahal saya belum masak, dan itu bisa bikin panik.

Punya blogger favorit? Pasti dong! 

Saya punya blogger panutan meskipun saya sudah jarang berkungjung rutin ke blog mereka tersebut. Maapken ya para suhu. Penyebabnya adalah saya belum siap buat belajar. Mampir ke blog para suhu selalu mendatangkan pencerahan. Kalau nggak buru-buru disimpan dan dipraktekkan, keburu nguap ilmunya. Dan jeleknya, saya belum sempet aja buat praktek ilmu yang diperoleh dari postingan yang baru dibaca... hiks...


Perkembangan dunia blogging semakin pesat. Banyak bermunculan blogger-blogger berbakat dan menjadi inspirasi untuk membuat konten lebih bagus lagi. Bagaimana dengan saya? Pada dasarnya saya memang kurang banyak bergaul, pengetahuan saya tentang blogger ngetop pastinya terbatas dan kurang update. 

Meski bisa dibilang blogger jadul alias nggak kekinian, pilihan saya tetap setia kalau menyangkut blogger favorit yang menjadi sumber inspirasi saya. Nggak melulu lewat lewat blog mereka kita bisa dapat inspirasi. Postingan mereka di media sosial dan event pelatihan juga bisa membuat kita terpacu untuk jadi selangkah lebih maju.

Saya punya blogger favorit dan alasannya

1. Shintaries


Awal mula ngeblog, saya buta banget soal desain dan harus diapain blog ini supaya tampilannya menarik. Lalu ketemu Mbak Shintaries, yang kini menjadi Co founder Blogger Perempuan Network. Saat itu, saya diajari beliau melalu pelatihan online tentang desain blog. Langsung deh, saya yang gaptek ini jadi ngeh tentang tampilan blog.

Header blog www.shintaries.com


Kalau mau tampilan blog cakep, boleh cek dan ricek di blog www.shintaries.com. Selain membahas blog, tulisan Mbak Shinta tentang tips seputar traveling juga banyak dicari. Kalau baca tulisan tentang traveling, saya tuh jadi mupeng. Kapan yaa bisa keluran olangan yang jauh kayak Mbak Shinta, haha. 



Oia, blog utama yang sudah saya ganti jadi blog gratisan didesain oleh Mbak Shinta. Mari mampir ke www.emakriweuh.blogspot.com. Punten ah, numpang ngiklan :D


Heder blog www.emakriweuh.blogspot.com


2. Carolina Ratri


Setelah blog jadi, saya bingung lagi. Ini ngisinya gimana, ya? Masa saya tulis curhatan mulu nggak ada juntrungannya, haha. Kegalauan saya berakhir setelah dipertemukan dalam kelas online menulis dengan Carolina Ratri yang akrab disapa Mak Carra.Wah, seneng banget bisa belajar bikin konten blog yang bagus dan bisa menarik banyak pembaca.

Main-main ke blog www.carolinaratri.com dijamin bikin betah. Saya juga termasuk penikmat tulisan fiksi Mak Carra. Karya flash fictionnya bikin ternganga karena twist endingnya yang nggak bisa ditebak. Saya sampe punya salah satu buku flash fictionnya, lho!

Header blog www.carolinaratri.com

Ketika bergabung di tim penulis di website Rocking Mama, saya dapat banyak ilmu bermanfaat lagi dari Mak Carra sebagai mentornya. Meski Rocking Mama sudah tidak aktif lagi, semua tips menulis sudah saya simpan dalam folder khusus dan siap untuk dipelajari kembali.

Berhubung saya orangnya pelupa, saya merasa harus punya buku tentang blogging sebagai panduan. Termasuk buku 'Blogging: Have Fun and Get The Money' ini...






#RepostSave @stiletto_book with @repostsaveapp ・・・ BLOGGING: HAVE FUN AND GET THE MONEY Penulis: Carolina Ratri (@carra.artworks) . . Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalui kerja sama job review. Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup. Buku ini membahas berbagai tip, seperti menentukan tema blog, mencari ide tulisan, mempelajari teknik menulis yang baik, mempercantik tampilan blog, cara mendapatkan job review, cara kerja Google Adsense, memopulerkan blog dengan SEO dan media sosial. Buku ini juga dilengkapi dengan profil para blogger senior. Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring, serta personal branding. . #nonfiksi_stilettobook #BloggingHaveFunAndGetTheMoney #CarolinaRatri #stilettobook_bukubaru . -------------------- ✅ Harga: 54.000 diskon 25% > 40.500 . DI MANA BELI BUKU INI? ✅ Pesan melalui CS Stiletto (WA: 0822-2026-1010) ✅ Beli melalui marketplace: ✅✅ Tokopedia: StilettoBook ✅✅ Bukalapak: StilettoBook ✅✅ Shopee: Penerbit_StilettoBook ✅ Versi digital (ebook-nya) bisa didapatkan di Google Play Book (keyword: Stiletto Book). . #stiletto_book #bukupanduan #bukublogging #blogging #blogger #bloggerindonesia #indonesianblogger #bukubaru #bacabuku #bukubagus #tokobuku #tokobukuonline #publishinghouse #booklover #bookstagram #instabook #bookaddict #readingbook #readbook #onthetable #penulisindonesia #penerbit #publisher #stilettobook #blogginghavefun
A post shared by Carolina Ratri's (@carra.artworks) on

3. Lusiana Trisnasari


Ketika mulai sibuk buka usaha aksesoris handmade, saya banyak dapat inspirasi dari blog www.beyourselfwoman.com. Blog milik Lusiana Trisnasari yang akrab disapa Mak Lusi ini berisi tulisan tentang tutorial DIY (do itu yourself), craft, cooking, dan seputar life hack. 


Header blog www.beyourselfwoman.com


Awal berkenalan, saat itu Mak Lusi masih tinggal di Pekanbaru. Saya mengagumi kiprah Mak Lusi mendukung UMKM lokal lewat situs online Ladaka Handicraft yang dikelola Mak Lusi saat itu. 

Saya yang masih awam tentang merintis jualan di bidang craft jadi terpacu untuk maju. Bahagia banget ketika saya menang kuis dan dapat hadiah buku 'Berani Ikut Pameran Industri Rumahan. Raih Banyak Keuntungan' dari Mak Lusi. 




Sayang, usaha aksesoris saya keburu melempem karena saya kewalahan membagi waktu. Mudah-mudahan, suatu saat saya bisa menghidupkan kembali Inas Craft dan kembali menerima orderan.

Kini, Mak Lusi tinggal di Yogyakarta dan rajin membagi tutorial craft yang dibuatnya. Tentu saja, tutorial craft jadi favorit saya tiap melirik akun Instagramnya, lalu meluncur ngintip ke blog. Jujur. saya takut banget kalau mau mampir ke blog Mak Lusi. Takut jadi mupeng pengen ngecraft lagi, hihihi.

4. Diah Didi


Setelah ngecraft saya tinggalkan, kegiatan berikutnya yang adalah menenggelamkan diri di laut di dapur. Bongkar-bongkar koleksi resep masakan yang ada kok saya malas. Jaman sekarang tea, lewat smartphone tinggal browsing langsung ketemu resep yang dicari.

Blog Mbak Diah Didi jadi tujuan jika saya lagi bingung mau masak apa. Setelah dapat resep dari blog www.diahdidi.com, langsung deh dieksekusi. Beberapa resep biasanya saya modifikasi lagi sesuai dengan selera keluarga. 



Header blog www.diahdidi.com

Lagi-lagi, saya nggak klop kalau cuma lihat sesuatu yang penting di dunia maya dan cuma bisa lewat doang. Nggak puas cuma nyimak resep via smartphone. Saya beli juga dong bukunya Mbak Diah Didi. Seneng bisa liatin resep plus foto-fotonya yang keren sepuasnya tanpa mikirin kuota, hehehe.

Punya kuota lebih banyak? Boleh mampir ke akun Youtube-nya Mbak Diah Didi. Saya mupeng dengan resep yang satu ini...



5. Endang Indriani


Food blogger panutan yang sudah tenar ini jadi favorit saya jika mencari resep masakan. Mbak Endang Indriani mengelola blog www.justtryandtaste.com yang ciamik. Aneka resep masakan berderet kumplit. Mau cari apa tinggal ketik nama resepnya. Tidak ketinggalan, tips dan trik cara mengolahan bahan makanan juga dibahas tuntas.

Header blog www.justtryandtaste.com

Terus, kenapa namanya ditaruh di nomor lima? Karena saya pemalu dan jadi silent reader doang. Saya belum pernah chat langsung dengan Mbak Endang dan belum punya bukunya, hehe. Insha Allah nanti saya cari di toko buku untuk menambah koleksi saya :) 

Jika sedang galau dan pengen cari inspirasi memasak, coba mampir ke akun Instagramnya Mbak Endang. Dijamin gemes pengen makan semuanya karena foto-fotonya yang keren. Seperti foto yang ini, yang kebetulan saya lihat pas jam makan siang... slurp!





Spaghetti dengan Pesto Brokoli - Broccoli Pesto and Pasta Pesto adalah sejenis saus a la Italia yang umumnya terbuat dari daun basil segar, kacang pinus (pine nuts)dan minyak zaitun. Sayangnya pine nuts mahal harganya, dan di Jakarta daun basil segar agak susah diperoleh. Untungnya saus ini bisa juga dibuat dari sayuran lain seperti bayam dan brokoli, kacangnya bisa menggunakan kacang almond, mete atau hazelnut. Menurut saya, kacang mete lebih sedap karena gurih dan berlemak. Saus tersisa tahan hingga 3 hari di chiller kulkas. Masukkan saus ke wadah dan tuangkan sedikit minyak zaitun ke permukaannya. Pesto sedap disantap bersama pasta, ayam panggang atau sebagai topping pizza. Sentuh gambar dan geser kekiri untuk resep dan prosesnya. #jtt #justtryandtaste #jttokbanget #justtryandtastedotcom #resepjtt #resepjusttryandtaste #resepjusttryandtastedotcom #jttrecipes #foodphotography #foodporn #reseppestobrokolijtt #reseppestojtt
A post shared by Endang Indriani (@justtryandtaste) on


Nah, selesai sudah postingan tentang 5 Blogger Perempuan Inspiratif versi Inna Riana. Namanya versi saya, tentu disesuaikan dengan minat saya yaitu blogging, writing, crafting, and cooking. Emang sih, tema #BPN30dayChallenge2018 kali ini nggak disuruh tentang blogger perempuan. Saya pengen aja share tentang blogger perempuan karena saya jarang mampir ke blog laki-laki, hehe.

Punya blogger favorit versimu sendiri? Share di kolom komentar ya... 

9 comments :

  1. Mereka memang blogger inspiratif ya mbak...yg tidak pelit berbagi ilmu

    ReplyDelete
  2. Wahhh,,,5 perempuan inspiratif yang sangat menginspirasi yah mbak
    aku juga sering kepoin IG nya Bunda Diah Didi heheee

    ReplyDelete
  3. Luar biasa memang blogger2 diatas, tapi Inna jg bisa disebut blogger yg menginspirasi loh, aku suka banget postingan Inna ttg masak makanan atau tempat wisata

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka liat resep diahdidi, tapi lihat doang :))

    ReplyDelete
  5. Wah aku kudet donk; yang twrakhir malah baru denger. Oke cuuss, tandain utk ditengok2 blognya. Thanks Innaaa

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka main ke blognya mbak Shintaries. Kalo baca tulisan mbak Shintaries, bawaannya masuk ke dunia lain. Haha

    ReplyDelete
  7. Blogger panutan jutaan umat blogosphere :D
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  8. Makasih ya, Mak ❤❤❤🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  9. Saya suka caroline sih. Emang cakep banget gaya menulisnya. Baca blog caroline bikin nambah ilmu. Salam kenal ya mba. Sudi kiranya mampir juga ke blog saya.

    Terima kasih

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top