Monday, November 26, 2018

5 Jajanan Berkuah yang Enak dan Mudah Ditemui di Bogor



Pertama menginjakkan kaki kembali ke kota Bogor, salah satu hal yang membuat saya exited adalah kulinernya. Ketika merantau, saya sering kangen makanan khas kota ini. Sekarang mau makan enak nggak perlu ngidam lagi karena semuanya ada dalam jangkauan. Kalau mau, tinggal cari dan dapat. Senangnya!

Tidak heran. berat badan saya cepat sekali naik karena banyak makanan enak yang menggoda iman. Namanya selera lidah sunda, apa aja yang ada di Bogor kayaknya saya mah demen aja. 

Kali ini saya mau ngebahas kuliner bogor berupa jajanan kaki lima. Lebih khusus lagi yaitu jajajan berkuah. Berhubung namanya jajanan kaki lima, makanan ini memang banyak dijual di pinggir jalan kota Bogor. Kebanyakan menggunakan gerobak dorong atau di warung makan sederhana.

Penasaran apa aja 5 jajanan berkuah yang ada di Bogor? Ini dia...

1. Soto Mie

Soto mie ada di peringkat pertama karena ini baanyak dijual di sepanjang jalan kota Bogor. Kebetulan, baru saja hari Sabtu kemarin saya dan suami sarapan soto mie di ruko depan komplek. Sedapnya!

Kalau mau tiap hari makan soto mie juga bisa. Buat sarapan oke, buat makan siang nggak masalah, buat makan malam apalagi! Soto mie berisi irisan daging yang dipotong, mie kuning dan bihun, risoles goreng yang dipotong, dan irisan tomat yang diguyur oleh kuah daging berwarna bening yang menggugah selera. Tambahkan sambal dan kucuran jeruk nipis, hmm makin nikmat! 

Soto mie... seleraku!
Penjual soto mie biasanya mengunakan gerobak yang dicat berwarna hijau, merah, atau perpaduan keduanya. Kurang kenyang makan soto mie doang? Bisa pakai nasi, lho! Wow, karbo ketemu karbo, hahaha! Nasi untuk soto mie dibungkus daun pisang berbentuk segitiga seperti tumpeng mini, cantik banget!

Harga semangkok soto mie tanpa nasi di komplek dekat rumah saya adalah 15 ribu. Di tempat lain pastinya nggak jauh, kok. Kalau udah masuk mall ya harganya sudah 20 ribu ke atas.

Gerobak soto mie. Itu sepeda biru saya ikut kepotret :D

Tentang soto mie saya pernah menulisnya di postingan ini

2. Soto Kuning Khas Bogor 


Peringkat kedua setelah soto mie adalah soto kuning khas bogor. Soto kuning ini mudah ditemui di pusat keramaian kota Bogor. Di dekat terminal bus ada, dekat rumah sakit, dekat mesjid besar, pasar, pertokoan, dan seterusnya.


Penjual soto kuning

Soto kuning menyajikan kuah soto yang berwarna kuning kental dengan isian yang bisa disesuaikan dengan selera kita. Bisa pakai daging sapi semua, mau campur babat, paru, kikil, otak, limpa, hingga lidah. Ditaburi daun seledri dan bawang merah goreng. Tambahin perkedel kentang, emping goreng, sambal dan kucuran jeruk limau... mantap rasanya!

Soto isi daging dan paru goreng (warna hitam)

Makan soto kuning yang paling terkenal di kota Bogor sudah lama tidak saya lakukan. Karena apa? Parkirnya susah, padat pengunjung, dan harganya mahal, haha! Padahal soal rasa mah menurut saya standar aja, soto kuning teuteup enak meski bukan merk terkenal.

Harga semangkok soto kuning tergantung isian yang kita pilih sebelumnya. Di tempat langganan saya, semua isian dihargai 10 ribu. Ambil dua macam juga sudah kenyang, lho! Sedangkan di tempat makan soto kuning yang lebih ngetop biasanya sepotong daging atau isian lainnya dihargai 15 ribu sampai 20 ribu per potong.

Soto isi daging dan paru goreng
Oia, keluarga saya biasa makan soto kuning Soto Kuning Pak Uwar di Jl. Ir. H. Juanda Bogor. Lokasinya dekat SMAN 1 Bogor. Tepatnya di seberang Kebun Raya Bogor dan di gang sempit sebelah Bank BCA. Parkir mobil gampang, nggak pake ribet atau harus jauh berjalan kaki.


Ajak keluarga menikmati soto kuning di pinggir jalan

Terakhir kami makan soto kuning yaitu seminggu sebelum berangkat umroh. Kira-kira sebulan yang lalu. Dan saat itu saya ketinggalan tempat minum hadiah event. Mau balik lagi, jauh lah. Ikhaskan saja, hehe.

3. Bakso Bening

Siapa nggak doyan bakso? Saya mah kayaknya nggak bisa hidup tanpa bakso, haha! Begitu demennya makan bakso, saya sempat dijuluki muso alias muke bakso oleh teman-teman kost dulu. Abis, bakso itu bulet-bulet gemesin...

Sebetulnya banyak banget tempat makan bakso favorit saya dan keluarga. Bahkan ada yang selalu rutin kami datangi, yaitu bakso seuseupan di Bangbarung. Sayang, saya nggak nemu fotonya. Soalnya kalau makan di situ bawaannya kalap, nggak sempat foto langsung dimakan!

Berhubung saya cuma nemu foto bakso bening. Ya sudah, saya cerita tentang bakso bening aja, ya. Bakso bening ini banyak dijajakan di pinggir jalan kota Bogor (ya iyalah masa di tengah jalan). Bahkan ada yang keliling dan lewat di depan rumah setiap hari. Indahnya!

My fave: bakso urat plus kwetiau.

Selain berkeliling, penjual bakso bening di komplek saya juga buka tempat mangkal. Kebetulan tempatnya bersebelahan dengan mamang soto mie. Bikin saya galau, mau makan bakso atau soto mie... bakso soto mie... bakso soto mie...

Tuh, saya nggak bohong. Saat ini beneran mamang bakso bening lewat depan rumah pas saya lagi ngetik ini. Cegat!

4. Laksa Bogor

Sudah pernah coba laksa? Ini enak banget deh! Laksa disajikan dengan isian bihun, lontong, irisan ayam, telur rebus, tahu kuning, oncom merah, dan taburan serundeng. Sayuran yang ditambahkan ada toge dan daun kemangi. Disiram dengan kuah santan kuning pekat yang nikmat. Bikin hepi dah kalau makan ini.

Penjual laksa bogor kaki lima memang agak jarang ditemui. Saya pernah lihat ada di dekat jembatan merah. Saya sendiri belum coba makan di tempat itu. Karena laksa enak untuk sarapan, jadi saya lebih suka makan laksa yang lokasinya nggak jauh dari rumah.

Karena pengen nggak pergi jauh, tempat makan laksa yang sudah beberapa kali dikunjungi adalah laksa cibinong di Rumah Makan Pengarapan dekat flyover dan pasar Cibinong. Cibinong masih termasuk wilayah Kabupaten Bogor. Jadi tentunya hampir mirip dengan laksa bogor. Dari penampakannya, kelihatan jika laksa cibinong warna kuning pada kuahnya lebih soft dan tidak ditambahkan kemangi.

Laksa di RM Pengharapan
Laksa Cibinong di RM Pengharapan ini sudah ada sejak tahun 50-an. Tata ruangnya juga masih bernuansa jadul. Soal harga, dibandinkan harga kaki lima, laksa di tempat ini berharga lumayan premium. Karena makan di tempat ini menyajikan kenangan masa lalu. Sepadan lah ya.

5. Asinan Bogor

Pengen makan yang seger-seger setelah menyantap soto mie, soto kuning, bakso bening, dan laksa? Cobain asinan, yuk! Asinan adalah buah atau sayur yang disajikan dengan kuah asam manis yang segar.

Asinan buah dan sayur

Saya sering banget bawa asinan bogor buat oleh-oleh jika berkunjung ke rumah orangtua dan kerabat dekat. Buat oleh-oleh, saran saya sebaiknya beli asinan buah karena lebih awet dibandingkan dengan asinan sayur. 

Asinan buah
Gerobak penjual asinan bisa ditemui di pinggir jalan. Jadi gampang kalau mau beli, tinggal melipir sebentar lalu melanjutkan perjalanan kembali. Kalau pengen beli asinan yang sudah terkenal dengan kelezatannya, bisa datangi Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi, Sukasari Bogor. Sekarang di sana sudah ada tempat makan yang bikin kita betah nongkrong berlam-lama.

Sekian dulu sedikit cerita tentang jajanan berkuah yang enak dan mudah ditemui di pinggiran jalan kota Bogor. Sebenernya masih baanyaak kuliner khas bogor lainnya yang nggak kalah nikmat. Jadi, kapan mau mampir ke Bogor?


3 comments :

  1. Wah aku juga barusan sharing tentang kulineran Bogor. Emang nggak ada bosennya ya apalagi soto. Aduhh ujan2 gini makan soto enak banget kayaknya. Yang belum aku coba laksa, kapan2 mau coba deh. Makasih Mba sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Hadeuh mbak inna hujan hujan gini aku kepengen.. aku suka banget kuah >_<

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top